Ciri-Ciri Kalimat Saran Dalam Teks Prosedur

Salah satu ciri bahasa dalam sebuah teks mekanisme ialah adanya kalimat perintah, kalimat masukan, dan kalimat larangan. Ketiga kalimat ini bahwasanya ada dalam satu kelompok jenis kalimat yaitu kalimat imperatif.

Ketiga kalimat di atas, bahwasanya ialah kalimat. Namun, mempunyai kadar perbedaan antara kalimat perintah, kalimat larangan, dan kalimat masukan. Kalimat perintah ialah kalimat yang 'menyuruh' untuk melaksanakan sesuatu; Kalimat larangan ialah kalimat yang melarang pembacanya untuk berbuat sesuatu, berarti intinya juga memerintahkan suatu hal kebalikannya; sementara itu kalimat masukan ialah kalimat yang mempersembahkan penawara sesuatu yang dianggap lebih baik.

Dalam artikel ini, akan lebih banyak dijelaskan ihwal ciri-ciri kalimat masukan. Salah satu jenis kalimat yang terdapat dalam teks prosedur. Dalam klarifikasi artikel ini akan dijabarkan terkena ciri sintaksis kalimat masukan, ciri isi kalimat masukan, dan alasan mengapa dibutuhkan kalimat masukan dalam sebuah teks prosedur.

Ciri kalimat mekanisme dilihat dari segi bentuk dan penerapannya ialah dipertamai dengan kata yang berupa masukan.

Kata yang memperlihatkan masukan antara lain adalah:

sebaiknya....
seharusnya....
lebih baik jika...
pastikan....
perlu diingat...
usahakan....

dan seterusnya, kata dan frasa yang ibarat dengan bentuk masukan di atas.

Jika kata dan frasa di atas disusun menjadi kalimat masukan yang biasa dipakai dalam teks mekanisme maka sanggup diterapkan dalam pola kalimat dalam teks mekanisme untuk membuat nasi goreng diberikut ini:

sebaiknya haluskan bumbu sampai benar-benar halus.

seharusnya masakan sudah matang dalam lima menit pertama.

lebih baik jikalau yang dipakai ialah garam beryodium.

pastikan bumbu sudah tergabung rata dengan nasi.

perlu diingat bahwa nasi yang baik ialah nasi yang tidak terlalu lembut.

Usahakan gunakan sayur bebas pestisida sebagai hiasan dan lalapan pelengkapnya.

Untuk pola kalimat masukan yang lain, sanggup dibaca dalam artikel: Kumpulan misal Kalimat Saran dalam Bahasa Indonesia.


Nah, menurut ciri bahasa dan pola kalimat masukan di atas, sanggup diketahui ciri isi kalimat masukan. Berdasarkan contoh-contoh kalimat tersebut sanggup diketahui bahwa kalimat masukan mempersembahkan alternatif yang lebih baik. Ini ialah ciri isinya, sebuah kalimat masukan niscaya memperlihatkan alternatif.

Kita amati dari kalimat pola yang pertama: sebaiknya haluskan bumbu sampai benar-benar halus. Pada dasarnya ini ialah masukan yang sanggup diterapkan, sanggup juga tidak. Jika hiluskan sampai benar-benar halus maka cita rasa bumbu nasi goreng sanggup benar-benar merata. Seandainya tidak sanggup benar-benar halus bahwasanya sanggup juga dipakai sebagai bumbu nasi goreng.

Begitu pula dengan contoh-contoh yang kalimat yang lain di atas. Jika dijelaskan dalam bahasa yang gamblang pola kalimat yang terakhir begini penjelasannya: usahakan gunakan sayur bebas pestisida sebagai hiasan dan lalapan pelengkapnya. Nah, seandainya tidak sanggup menjamin sebuah sayuran ditanam secara organik bebas pestisida, maka sayur ibarat biasanya juga tidak mengurangi nilai rasa kelezatan sebuah masakan.

Penjelasan yang terakhir ialah jawabanan dari pertanyaan mengapa dalam teks mekanisme ada kalimat masukan. Berikut ini penjelasannya:

Teks mekanisme ialah sebuah jenis teks yang meliputi langkah-langkah atau panduan yang sanggup dipakai oleh sesorang untuk melaksanakan suatu hal. Baik membuat sesuatu, memakai sesuatau, atau melaksanakan suatu gerakan atau suatu tindakan.

Baca Juga:
- Mengidentifikasi Penggunaan Bahasa dalam Teks Prosedur
- Kalimat Perintah, Kalimat Saran, Kalimat Larangan Perbedaan dan Persamaannya

Nah, dalam proses melaksanakan aktivitas tersebut dibutuhkan tindakah yang efektif dan efisien untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik. Misalnya yang dipakai pola ialah membuat nasi goreng, maka diharapkan hasil yang didapat ialah cara membuat nasi goreng yang sangat gampang, sekaligus menghasilkan produk makanan nasi goreng yang sangat lezat. Untuk mendapat hasil yang terbaik tersebut maka dibutuhkan masukan-masukan yang penting selain juga kalimat perintah dalam tahap atau langkah-langkah membuat nasi goreng.

Semoga klarifikasi singkat dan sederhana ihwal ciri-ciri kalimat masukan dalam sebuah teks mekanisme ini sanggup memperdalam dan memperluas pengetahuan ihwal kalimat masukan.
close