Arti Rukyah, Rukyat, Dan Rukyatulhilal

Menjelang bulan puasa dan menjelang lebaran Idulfitri, pemdiberitaan media selalu diwarnai dengan informasi dan pelakasaan rukyah di beberapa tempat. Sementara sebagian kelompok lain tidak memakai metode rukyah, melainkan memakai metode hisab.

Nah, bahwasanya apa sih yang dimaksud engan kata rukyah?

Rukyah yang dalam bahasa Indonesia diserap dan diadapatasikan menjadi rukyat memiliki dua penjelasan. Jika mencari kata rukyah dalam KBBI niscaya akan dirujukkan (disuruh melihat) kata rukyat. Berikut ini arti rukyat dalam KBBI.

1. wacana melihat bulan tanggal satu untuk memilih hari permulaan dan penghabisan puasa Ramadan;

2. penglihatan; pengamatan


Rukyat yaitu Melihat dengan Mata


Kata rukyat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) didiberi arahan Ar yang berarti bahwa kata (istilah) tersebut berasal (diserap) dari bahasa Arab. Juga didiberi arahan n yang ialah abreviasi nomina alias kata benda. Jadi, rukyat adalah kata benda.

Mengapa ada yang memakai istilah rukyah (diakhiri dengan karakter h), ada pula yang memakai istilah rukyat (diakhiri dengan karakter t)? 

Hal ini tejadi alasannya yaitu dalam kaidah pelafalan bahasa Arab (sebagai bahasa sumber yang diserap ke dalam bahasa Indonesia), kata rukyah memang sanggup diucapkan dengan dua cara tersebut. Bisa dibaca rukyah dan sanggup dibaca rukyat. melaluiataubersamaini syarat dan kondisi tertentu.

Dalam bahasa Arab, kata rukyat ditulis (رؤية) diakhiri dengan ta' marbutoh). Huruf ini dikala berhenti dibaca sebagai h, sementara dikala dirangkai dengan kata lain, maka dibaca t). Misalnya ( الهلال‬‎رؤية) dibaca ruyatulhilal arti dasarnya: melihat bulan.

Permasalahan Penyerapan

Penyerapan dari bahasa sumbe acapkali diserap secara parsial. Tidak diserap secara utuh konsep dan maksud istilah tersebut. 

Kembali ke klarifikasi dalam KBBI yang ditulis di depan, rukyat dikategorikan sebagai kata benda alias nomina, padahal arti pertamanya rukyat adalah melihat. Kata melihat jelas yaitu kata kerja bukan kata benda.

Begitu pula dengan klarifikasi pada bab pertama:

1. wacana melihat bulan tanggal satu untuk memilih hari permulaan dan penghabisan puasa Ramadan;

Maksudnya yaitu perihal melihat bulan (satelit bumi, bukan perhituangan waktu) untuk memilih hari permulaan dan penghabisan puasa Ramadan;

Bagian pertamanyanya sudah benar, menentukan permulaan puasa Ramadan, tetapi tidak untuk memilih penghabisan puasa Ramadan, rukyatulhilal dilakukan untuk memilih tanggal 1. Baik tanggal 1 Ramadan maupun Tanggal  1 Sypertama yaitu Hari Raya Idulfitri.

Tidak spesialuntuk itu, metode rukyat juga dipakai untuk memilih pertama bulan Dzulhijjah, Bulan Haji. Tetapi Bulan Haji yang menjadi bulan Hari Raya Iduladha, tidak sesengit perdebatan dan perbedaannya antara rukyat - hisab menyerupai pada Idulfitri. Hal ini dikarenakan Hari Raya Idulkurban jatuh pada tanggal sepuluh bulan Zulhijjah, beda dengan Lebaran yang tanggal 1. Jadi, penetuan tanggal 1 selalu ditunggu-tunggu dan menerima antensi yang besar dari media dan masyarakat.

Rukyah dan Rukyat dalam Bahasa Arab

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rukyat dalam bahasa Arab berasal dari kata ro'a (رَأ), yang berasal dari akar kata روي yang diubah menjadi ro'a untuk megampangkan dalam pengucapan.

Rukyat dan Rakyat

Selain kata rukyat dalam bahasa Indonesia juga ada kata rakyat keduanya menyerupai secara morfologi dan fonologi. Mungkin ada kaitannya.

Arti rakyat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:

1. penduduk suatu negara
2. orang kebanyakan.
3. pasukan
4. orang bawah

Jadi, rakyat adalah orang kecil yang bisanya spesialuntuk melihat sehingga tidak berhak ikut andil dalam tindakan dan keputusan negara. Rakyat yaitu objek bukan subjek. Maka rakyat spesialuntuk sanggup rukyat (melihat) tidak didiberi dan diminta memdiberi andil dalam pembangunan negara. (Mungkin).

Salam Pustamun!

close