Soal Dampak Doppler

Soal Efek Doppler
1. Soal
Seujung  kelelawar sedang terbang mendekati sebuah dinding sambil memancarkan pulsa utrasonik dengan frekuensi 34 kHz dan panjang gelombang 1 cm. Jika ia menangkap gelombang pantul yang frekuensinya 38,25 kHz, maka kelajuan terbang kelelawar tersebut adalah? (SPMB 2006)
A. 14 m/s
B. 16 m/s
C. 18 m/s
D. 20 m/s
E. 22 m/s
Pembahasan
Kelelawar bergerak  sambil memancarkan pulsa ke dinding, maka sumber suara dianggap pantulan pulsa dari dinding  yang berasal kelelawar. Sedangkan pendengar suara ialah kelelawar . Untuk kecepatan sumber suara dan pendengar  sama dengan kecepatan kelelawar  ()



                  

                    
                     
Jawaban D
2. Soal
Suatu sumber suara bergerak relatif terhadap pendengar yang diam. Bila cepat rambat suara di udara  325 m/s dan kecepatan sumber suara 25 m/s, maka perbandingan frekuensi yang diterima pendengar itu ketika sumber suara mendekati dan menjauhi ialah (UMPTN 1996)
A. 5 : 6
B. 6 : 7
C. 7 : 6
D. 6 : 5
E. 5 : 4
Pembahasan
Sumber mendekati pendengar   negatif
Sumber menjauhi pendengar  positif



Jawaban C
3. Soal
Mobil A mendekati pengamat P (diam) dengan kecepatan 30 m/s sambil membunyikan sirine berfrekuensi 504 Hz. Saat itu juga kendaraan beroda empat B mendekati P dari arah berlawanan dengan kendaraan beroda empat A, pada kecepatan 20 m/s sambil membunyikan sirene berfrekuensi 518 Hz. Jika cepat rambat suara di udara ketika ini 300 m/s, maka frekuensi layangan yang didengar P adalah? (UMPTN 2001)
A. 14 Hz
B. 10 Hz
C. 7 Hz
D. 5 Hz
E. 4 Hz
Pembahasan
Terdapat 2 sumber suara A dan B dengan satu pengamat P
Pengamat P membisu maka  
v = 300 m/s
Sumber A
Sumber suara A mendekati bernilai negatif  

Sumber B

Maka frekeuensi layangan yang didengar pengamat P

Jawaban D
4. Soal
Sebuah garputala terpaku dimeja yang diam, bergetar dengan frekuensi 384 Hz. Garputala lain bergetar dengan frekuensi 380 Hz dan dibawa seoarang anak yang berlari menjauhi garputala pertama. Kecepatan rambat suara di udara 320 m/s, kalau anak itu tidak mendengar layangan, maka kecepatan lari anak tadi adalah? (SIMAK UI 2010)
A. 3,3  m/s
B. 3,6 m/s
C. 4,6 m/s
D. 6,3 m/s
E. 6,6 m/s
Pembahasan
Terdapat 2 sumber bunyi
Sumber 1 garputala di meja yang diam 


Sumber 2 garputala yang dibawa pengamat
alasannya dibawa pengamat maka 

Agar tidak mengalamai pelayangan   maka 
                     
          

                       
Jawaban A
close