Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Pjok Permainan Bola Kecil (Soft Ball) Kls 8


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                    : VIII / 1
Materi Pokok                       : Permainan Bola Kecil (Soft Ball)
Alokasi Waktu                     : 3 Kali Pertemuan ( 9 JP )

A.       Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi dan menciptakan) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Materi
3.2 Memahami konsep gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
4.2    Mempraktikkan gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
3.2.1. Mengidentifikasikan banyak sekali gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
3.2.2. Menjelaskan banyak sekali gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
3.2.3. Menjelaskan cara melaksanakan banyak sekali gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
4.2.1.Melakukan banyak sekali gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
4.2.2.Menggunakan banyak sekali gerak melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan Soft Ball yang dimodifikasi.

C.       Tujuan Pembelajaran
1.     Pertemuan Pertama
a.     Siswa sanggup mengidentifikasikan banyak sekali gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball
b.     Siswa sanggup menandakan banyak sekali gerak melempar dan menangkap  bola permainan Soft Ball
c.     Siswa sanggup melakukan  dan  menggunakan berbagai gerak melempar dan  menangkap bola dalam bentuk permainan Soft Ball yang dimodifikasi
2.     Pertemuan Kedua
a.     Siswa sanggup mengidentifikasikan banyak sekali gerak memukul bola permainan Soft Ball
b.     Siswa sanggup menandakan banyak sekali gerak memukul bola permainan Soft Ball
c.     Siswa sanggup melakukan  dan memakai berbagai gerak memukul bola dalam bentuk permainan Soft Ball yang dimodifikasi
3.     Pertemuan Kettiga
a.     Siswa sanggup mengidentifikasikan banyak sekali gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball
b.     Siswa sanggup menandakan banyak sekali gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball
c.     Siswa sanggup melakukan  dan memakai berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan Soft Ball yang dimodifikasi

D.    Materi Pembelajaran

Tema                            : Permainan Bola Kecil
Sub Tema    : Permainan Soft Ball

1. Materi Reguler
a. Pertemuan kesatu
(1) Melakukan variasi kegiatan bermain prinsip dasar pelambung bola softball (pitcher),
(2) Melakukan variasi kegiatan bermain prinsip dasar memegang tongkat softball (stick),

b.       Pertemuan kedua
(1) Melakukan variasi kegiatan bermain prinsip dasar pukulan swing bola softball,
(2) Melakukan variasi kegiatan bermain prinsip dasar pukulan tumbuk (bunt) bola softball,

c.        Pertemuan ketiga
(1) Melakukan kombinasi kegiatan bermain prinsip dasar memegang tongkat dan  memukul bola
(2) Melakukan kombinasi kegiatan bermain prinsip dasar pelambung (pitcher) dan  memukul bola


  1.    Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
(1) Melakukan variasi kegiatan bermain prinsip dasar pelambung bola softball(pitcher),
(2) Melakukan variasi kegiatan bermain prinsip dasar memegang tongkat softball (stick),
(3) Melakukan variasi kegiatan bermain prinsip dasar pukulan swing bola softball,
(4) Melakukan variasi kegiatan bermain prinsip dasar pukulan tumbuk (bunt) bola softball,
(5) Melakukan kombinasi kegiatan bermain prinsip dasar memegang tongkat dan memukul bola
(6) Melakukan kombinasiaktivitas bermain prinsip dasar pelambung (pitcher) dan memukul bola

3.     Materi Pengayaan
Materi Reguler yang dikembangkan dalam bentuk permainan yang bergotong-royong dengan  peraturan  sederhana.

E.       Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
3. Perminan (Game)
4. Saling menilai sesama mitra (Resiprocal)
5. Penddekatan  model  pembelajaran Disovery Learning

F.        Media dan Alat / materi  
1.     Media Pembelajaran :
a.     Gambar variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, memukul bola, berlari  menuju base, dan sliding permainan Soft Ball.
b.     Model siswa atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, memukul bola, berlari  menuju base, dan sliding permainan Soft Ball.

4.     Alat Pembelajaran :
a.     Bola Soft Ball atau bola sejenisnya (bola terbuat dari karet, dll).
b.     Lapangan permainan Soft Ball atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket atau halaman sekolah).
c.     Tiang pancang atau sejenisnya.
d.     Peluit dan Stopwatch.
e.     Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).


G.      Sumber Pembelajaran
1.     Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
2.     Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal ……………….; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2013.
3.     Muhajir, Buku Penuntun Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013, hal 32 - 36; Bogor: PT. Yudhistira, 2014.


H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Penlampauan
1.     Berbaris, memdiberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, kalau ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti kegiatan fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melaksanakan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis kegiatan yang akan diikuti melalui permainan. Saat melaksanakan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, kalau terdapat siswa yang melaksanakan kesalahan, guru eksklusif memperbaiki pada ketika insiden (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melaksanakan pemanasan sebelum melaksanakan kegiatan fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh mendapatkan beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melaksanakan kegiatan fisik, dan untuk membuat ruang gerak persendian lebih luas.
4.     Melakukan kegiatan permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.     Guru mempertanyakan “Siapa pemain Soft Ball idola kalian?”, Apa jenis keterampilan dasar permainan Soft Ball?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.     Guru memberikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : keterampilan gerak melempar dan  menangkap permainan Soft Ball.
7.     Guru memberikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melaksanakan klasifikasi, dan melaksanakan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap bisa atau teladan dari guru.
2)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam  permainan Soft Ball  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan  siswa  lain yang dianggap bisa atau teladan dari guru.
3)    Siswa mengamati keterampilan memegang pemukul bola dalam permainan Soft Ball  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap bisa atau teladan dari guru
4)    Siswa mengamati keterampilan memegang pemukul bola dalam permainan Soft Ball  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan Siswa lain yang dianggap bisa atau teladan dari guru.
5)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai kiprah masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua kiprah yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku melaksanakan kiprah keterampilan melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala gosip yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing mempunyai waktu / peluang melaksanakan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  secara berpasangan mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan di daerah (tidak bergerak). Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
2)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  secara berpasangan mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
3)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
4)  Siswa mempraktikkan keterampilan melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  
3)    Siswa menarikdanunik kesimpulan bentuk tes yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
2)    Siswa menerapkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati ialah apakah Siswa sudah sanggup menghubungkan jenis lempran dan tangkapan dipakai dengan samasukan yang akan dicapai, contohnya kalau samasukan jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, kalau samasukannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melaksanakan permainan dengan keras) eksklusif diperingatkan dan memberikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.     Salah satu siswa di bawah bimbingan guru melaksanakan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.     Guru memberikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul ketika melaksanakan praktik.
3.     Guru menginformasikan kepada siswa yang paling baik penampilannya selama melaksanakan permainan Soft Ball.
4.     Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan wacana keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball, otot-otot yang mayoritas bekerja ketika bermain Soft Ball, manfaat permainan Soft Ball terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai kiprah portofolio.
5.     Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan memberikan salam.
15 menit


Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Penlampauan
1.     Berbaris, memdiberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, kalau ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti kegiatan fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melaksanakan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis kegiatan yang akan diikuti melalui permainan. Saat melaksanakan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, kalau terdapat siswa yang melaksanakan kesalahan, guru eksklusif memperbaiki pada ketika insiden (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melaksanakan pemanasan sebelum melaksanakan kegiatan fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh mendapatkan beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melaksanakan kegiatan fisik, dan untuk membuat ruang gerak persendian lebih luas.
4.     Melakukan kegiatan permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.     Guru mempertanyakan “Siapa pemain Soft Ball idola kalian?”, Apa jenis keterampilan dasar permainan Soft Ball?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.     Guru memberikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 3, yaitu : keterampilanmemukul dalam permainan Soft Ball.
7.     Guru memberikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melaksanakan klasifikasi, dan melaksanakan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap bisa atau teladan dari guru.
2)    Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball. melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan  siswa  lain yang dianggap bisa atau teladan dari guru.
3)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai kiprah masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua kiprah yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku  melakukan kiprah keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala gosip yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing mempunyai waktu / peluang melaksanakan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball. secara berpasangan mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan di daerah (tidak bergerak). Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
2)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
3)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
3)    Siswa menarikdanunik kesimpulan bentuk tes yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
2)    Siswa menerapkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati ialah apakah Siswa sudah sanggup menghubungkan jenis melempar, menangkap dan memukul digunakan dengan samasukan yang akan dicapai, contohnya kalau samasukan jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, kalau samasukannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melaksanakan permainan dengan keras) eksklusif diperingatkan dan memberikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.     Salah satu siswa di bawah bimbingan guru melaksanakan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.     Guru memberikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul ketika melaksanakan praktik.
3.     Guru menginformasikan kepada siswa yang paling baik penampilannya selama melaksanakan permainan Soft Ball.
4.     Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan wacana keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball, otot-otot yang mayoritas bekerja ketika bermain Soft Ball, manfaat permainan Soft Ball terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai kiprah portofolio.
5.     Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan memberikan salam.
15 menit


Pertemuan Ketiga
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Penlampauan
1.     Berbaris, memdiberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan siswa, kalau ada yang sakit siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti kegiatan fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin melaksanakan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis kegiatan yang akan diikuti melalui permainan. Saat melaksanakan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, kalau terdapat siswa yang melaksanakan kesalahan, guru eksklusif memperbaiki pada ketika insiden (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melaksanakan pemanasan sebelum melaksanakan kegiatan fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh mendapatkan beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melaksanakan kegiatan fisik, dan untuk membuat ruang gerak persendian lebih luas.
4.     Melakukan kegiatan permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (saling mengoperkan bola secara beranting, dari samping badan, atas kepala dan bawah).
5.     Guru mempertanyakan “Siapa pemain Soft Ball idola kalian?”, Apa jenis keterampilan dasar permainan Soft Ball?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
6.     Guru memberikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball.
7.     Guru memberikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melaksanakan klasifikasi, dan melaksanakan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)    Siswa mengamati Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap bisa atau teladan dari guru.
2)    Siswa mengamati Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball. melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan  siswa  lain yang dianggap bisa atau teladan dari guru.
3)    Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai kiprah masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua kiprah yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku  melakukan kiprah Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball.
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala gosip yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing mempunyai waktu / peluang melaksanakan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)    Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball. secara berpasangan mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan di daerah (tidak bergerak). Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
2)    Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
3)    Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)    Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
2)    Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
3)    Siswa menarikdanunik kesimpulan bentuk tes yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)    Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  mencari jawabanan yang dipertanyakan guru dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, guru memberikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik kiprah Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan kawannya.
2)    Siswa menerapkan Variasi dan kombinasi metode melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan memberikan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawaban, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati ialah apakah Siswa sudah sanggup menghubungkan jenis melempar, menangkap dan memukul dipakai dengan samasukan yang akan dicapai, contohnya kalau samasukan jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, kalau samasukannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
3)    Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melaksanakan permainan dengan keras) eksklusif diperingatkan dan memberikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.     Salah satu siswa di bawah bimbingan guru melaksanakan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.     Guru memberikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul ketika melaksanakan praktik.
3.     Guru menginformasikan kepada siswa yang paling baik penampilannya selama melaksanakan permainan Soft Ball.
4.     Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan wacana keterampilan gerak melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball, otot-otot yang mayoritas bekerja ketika bermain Soft Ball, manfaat permainan Soft Ball terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai kiprah portofolio.
5.     Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan memberikan salam.
15 menit



I.         Penilaian Pembelajaran
1.    Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial

Nama Sekolah  :
Kelas/Semester : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran               : 2017/2018
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6








2.    Penilaian Pengetahuan
a.     Tes Tertulis
1)    Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3. 1. Memahami konsep  gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Soft Ball
1.     Siswa sanggup mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan Soft Ball
2.     Siswa sanggup Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan Soft Ball
3.     Siswa sanggup Menjelaskan cara melaksanakan konsep spesifik dalam permainan Soft Ball
Uraian




Uraian



Uraian
1




1



1

2)       Bentuk Instrumen
Nama                                  : ...........................................................
Kelas                                    : ...........................................................

No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.      Sebutkan banyak sekali keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball!
b.      Sebutkan banyak sekali keterampilan gerak memukul bola permainan Soft Ball!

2.
Konsep
a.      Jelaskan banyak sekali keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball!
b.      Jelaskan banyak sekali keterampilan gerak memukul bola permainan Soft Ball!

3.
Prosedur
a.      Jelaskan cara melaksanakan banyak sekali keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball!
b.      Jelaskan cara melaksanakan banyak sekali keterampilan gerak memukul bola permainan Soft Ball!


3)       Pedoman penskoran
a)    Soal nomor 1
Skor 5, kalau jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, kalau jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, kalau jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, kalau jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)    Soal nomor 2
Skor 5, kalau jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, kalau jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, kalau jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, kalau jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)     Soal nomor 3
Skor 5, kalau jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, kalau jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, kalau jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, kalau jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)    Soal nomor 4
Skor 5, kalau jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, kalau jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, kalau jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, kalau jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)    Pengolahan skor
Skor maksimum: 60
Skor perolehan siswa: SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa: SP/60 X 100
Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang







b.     Penugasan
1.     Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                     : SMPN
Kelas/ Semester    : VII/ Semester 1
Tahun Pelajaran  : 2017/2018
Mata Pelajaran                    : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3. 2. Memahami konsep  gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Soft Ball
Siswa sanggup menandakan keterampilan dasar melempar, menangkap dan memukul pada permainan Soft Ball
Penugasan

2.       Soal Penugasan
Deskripsikan mekanisme metode dasar melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball sertakan pula  gambarnya!


3.    Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melaksanakan modifikasi  permainan bulutangkis sesuai dengan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan Soft Ball
Sesudah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )





2) Bentuk Tes
Lakukan metode dasar melempar, menangkap dan memukul bola. Unsur-unsur yang dinilai ialah kesempurnaan melaksanakan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melaksanakan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap pertama
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                  Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                                           Jumlah skor terbaik

1)       Pedoman penskoran
(1)  Sikap pertamaan melaksanakan gerakan
Skor Baik kalau :
(a)  pandangan mata ke arah hadirnya bola
(b)  badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat tubuh terletak di antara kedua kaki.
(c)  lutut ditekuk, tubuh condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang kalau : spesialuntuk dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang kalau : spesialuntuk satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2)  Sikap pelaksanaan melaksanakan gerakan
Skor Baik kalau :
(a)       bola didorong dari depan
(b)       kedua lengan lurus ke depan
(c)       badan dicondongkan ke depan
(d)       pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
Skor Sedang kalau : spesialuntuk tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang kalau : spesialuntuk satu hingga dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(3)  Sikap simpulan melaksanakan gerakan
Skor Baik kalau :
(a)  badan tetap condong ke depan
(b)  pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(c)  kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor Sedang kalau : spesialuntuk dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang kalau : spesialuntuk satu kriteria yang dilakukan secara benar.

Kriteria evaluasi produk pukulan
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > 25 kali
……. > 20 kali
100%
Sangat Baik
20 – 24 kali
16 – 19 kali
90%
Baik
15 – 19 kali
12 – 15 kali
80%
Cukup
11 – 14 kali
8 – 11 kali
70%
Kurang
…… < 10 kali
…… < 7 kali
60%
Kurang Sekali


Kriteria evaluasi produk lemparan dan tangkapan
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > Angka 30
……. > Angka 25
100%
Sangat Baik
Angka 25 – 29
Angka 20 – 24
90%
Baik
Angka 20 – 24
Angka 15 – 19
80%
Cukup
Angka 15 – 19
Angka 11 – 14
70%
Kurang
……. < Angka 14
……. < Angka 10
60%
Kurang Sekali

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55

D
Kurang








4.         Program Remedial dan Pengayaan
a.       Remedial
1.     Keterampilan
Mengulang materi regular dengan lebih disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)    Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan atas (overhand throw).
2)    Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan samping (side arm throw).
3)    Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan lecutan tangan.
4)    Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang bergulir di tanah (ground ball).
5)    Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang melambung (fly ball).
6)    Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola lurus (straight ball).
7)    Gerak dasar keterampilan gerak memukul bola secara perorangan.

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







2.     Pengetahuan
a.  Jelaskan metode-metode dasar dalam permainan bola Soft Ball!
b. Jelaskan Teknik melaksanakan metode-metode dasar dalam permainan bola Soft Ball !

b.       Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang bergotong-royong dengan peraturan yang sederhana.

close