Soal ujian UT (Universitas Terbuka) PGSD PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD lengkap dengan kunci jawabanan diberikut ini kami bagikan untuk Anda Mahasiswa UT jurusan S1 Pendidikan Guru SD (PGSD) sebagai materi pembelajaran dalam menghadapi ujian tamat semester (UAS) nantinya. Soal ujian UT yang kami bagikan ini ialah rangkuman dari materi dan tes soal pada modul sesuai dengan instruksi mata kuliah.
Kami tahu bahwa dalam pembelajaran baik itu online maupun tatap muka Mahasiwa UT tidak mempunyai banyak waktu dalam mempelajari materi pada modul, hal ini dikarenakan kesibukan pekerjaan maupun hal ainnya dan yang mana kita tahu bahwa di Universitas Terbuka tidak tiruana Mahasiswa yang bisa mengikuti tutorial secara formal. Sebagian besar mahasiswa mengikuti tutorial spesialuntuk delapan kali pertemuan selama satu semester, setelah itu akan menghadapi ujian tamat semester. Hal inilah yang menjadikan materi yang ada tidak bisa dikuasai sepenuhnya, perlu mempelajari materi secara mandiri.
melaluiataubersamaini adanya soal-soal ini Anda selaku Mahasiswa bisa memahami materi secara cepat dengan mempelajari soal-soal pilihan ganda yang sudah ada kunci jawabanannya. melaluiataubersamaini demikian tentu Anda akan lebih siap dalam mengikuti ujian tamat semester nantinya. Dan kemungkinan besar Soal Ujian UT yang keluar tidak jauh dari soal ini, bahkan sebagian bisa keluar pada dikala ujian tamat semester nantinya.
Soal Ujian UT PGSD Semester 1 lainnya:
Pada setiap soal yang kami posting bisa Anda pelajari secara eksklusif (online) atau bisa juga Anda simpan dalam bentuk file dokumen untuk nanti Anda print dan pelajari di rumah. Kami tidak memisahkan anrata soal dan jawabanan, jadi Anda akan digampangkan dalam mempelajari soal ini. Pada tamat postingan ini, kami sudah menyiapkan link untuk download soal dalam bentuk dokumen PDF, jadi bagi Anda yang ingin menyimpan untuk nanti diprint silahkan download saja soal ini pada link yang sudah kami sediakan.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian tamat semester nantinya.
A. pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
B. adaptasi terhadap lingkungan baru
C. pewarisan budaya atau tradisi yang diajarkan turun temurun
D. pengadopsian tradisi budaya
Jawab:
A. Benar, pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa yaitu proses komunikasi
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 1, halaman 1.3 hingga 1.5
2. Wartawan ialah salah satu jenis profesi yang harus mempunyai keterampilan berbahasa ....
A. membaca dan menyimak
B. membaca dan menulis
C. membaca dan berbicara
D. membaca, menulis, menyimak dan berbicara
Jawab:
D. benar, lantaran idealnya seorang wartawan mempunyai 4 ketrampilan berbahasa untuk mendukung profesinya
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 1, halaman 1.6 hingga 1.7
3. Jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif yaitu ....
A. menulis dan membaca
B. mendengarkan dan berbicara
C. berbicara dan menulis
D. mendengarkan dan membaca
Jawab:
C. Benar, lantaran berbicara dan menulis yaitu jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 2, halaman 1.10 hingga dengan 1.13
4. misal acara berbahasa yang bersifat interaktif yaitu ....
A. mendengarkan khotbah Jumat di masjid
B. menyimak pidato pembukaan sebuah sentra perbelanjaan
C. rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat
D. menonton suatu pementasan teater di Taman Ismail Marzuki
Jawab:
C. Benar, lantaran dalam rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat terjadi interaksi antaranggota
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 2, halaman 1.10 hingga dengan 1.11
5. Yang ialah pola berbicara secara noninteraktif yaitu ....
A. berpidato secara eksklusif pada program peringatan Hari Kemerdekaan R.I.
B. bertelepon melalui telepon seluler
C. berusaha menawar alat elektronik di suatu pertokoan
D. berpidato melalui radio atau televisi
Jawab:
D. Benar, acara berpidato melalui radio atau televisi ialah pola berbicara noninteraktif, lantaran pendengar tidak sanggup melaksanakan interupsi atau tanya jawaban
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 2, halaman 1.10 hingga dengan 1.12
6. Berikut ini yang ialah keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menulis, yaitu ....
A. memakai bentuk kata dengan benar
B. mengenal sistem goresan pena yang digunakan
C. menentukan makna kata-kata, termasuk kosakata susah
D. menebak makna dari konteks
Jawab:
A. Benar, memakai bentuk kata dengan benar, ialah keterampilan mikro yang harus dimiliki dalam menulis
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 2, halaman 1.12 hingga dengan 1.13
7. Yang ialah persamaan antara keterampilan mendengarkan dengan membaca yaitu ....
A. kedua acara tersebut bersifat reseptif
B. kedua acara tersebut bersifat produktif
C. kedua acara tersebut ialah hasil penalaran insan dalam berbahasa
D. kedua acara tersebut ialah kajian dalam ilmu bahasa
Jawab:
A. Benar, baik keterampilan mendengarkan maupun keterampilan membaca ialah keterampilan yang bersifat reseptif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 3, halaman 1.21 hingga dengan 1.23
8. Sekalipun berbicara dan menulis ialah keterampilan berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya tidak sama, yaitu ....
A. berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak langsung
B. berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat langsung
C. berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan tempat
D. berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan tempat
Jawab:
A. Benar, komunikasi yang dilakukan dengan berbicara bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan menulis tidak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 3, halaman 1.21 hingga dengan 1.23
9. Tataran identifikasi dan seleksi tanpa retensi yaitu tataran menyimak di mana penyimak diharapkan bisa ....
A. mengenal bunyi-bunyi dan memahaminya dalam taraf terpimpin
B. mengenal aneka macam jenis bunyi suatu bahasa, kata-kata, frase-frase dan kalimat dalam kekerabatan timbal balik antarunsur
C. mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami sesuatu unit ujaran, tetapi belum dituntut adanya kemampuan merencanakan, menyimpan, dan memproduksi
D. menyimak kontinum wacana yang panjang, baik ragam bacaan, cerita-cerita menarikdanunik, diberita surat kabar, dan sebagainya
Jawab:
C. Benar, lantaran hal tersebut memang ada pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa retensi
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 2, acara berguru 1, halaman 2.3 hingga dengan 2.4
10. Dalam menangkap gagasan inti simakan, kita sanggup melaksanakan beberapa acara diantaranya yaitu ....
A. memperhatikan tanda-tanda baca, ejaan, dan berserius penuh dalam menangkap gagasan
B. memusatkan perhatian dan memuat catatan, dan menjawaban tes-tes yang ada.
C. menuangkan setiap gagasan dan pikiran secara tepat dan efektif
D. mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk tuturan
Jawab:
B. Benar, untuk sanggup menangkap isi simakan penyimak harus memusatkan perhatian dan memuat catatan, serta menjawaban tes-tes ialah seni administrasi untuk menangkap gagasan
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 2, acara berguru 2, halaman 2.18 hingga dengan 2.19
11. Menyimak kritis yaitu jenis menyimak yang ....
A. dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mempersembahkan evaluasi secara adil.
B. dilakukan untuk menyebarkan daya imajinasi dan kreativitas
C. dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapat informasi baru
D. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat
Jawab:
A. Benar, menyimak kritis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh biar sanggup mempersembahkan evaluasi secara adil
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 2, acara berguru 2, halaman 2.19 hingga dengan 2.20
12. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menceritakan yaitu ....
A. penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
B. mempersembahkan hiburan, mengajarkan kebenaran, mempersembahkan keteladanan
C. memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai olah suara
D. menentukan ide, menyebarkan ide, menuangkan ide
Jawab:
A. Benar, lantaran hal-hal tersebut harus diperhatikan ketika menceritakan
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.7 hingga dengan 3.8
13. Sebelum melaksanakan debat, peserta debat sebaiknya melaksanakan persiapan untuk ....
A. persiapan untuk menyusun materi dan argumentasi dengan tumpuan yang memadai
B. persiapan untuk membuat suasana yang dramatik
C. persiapan untuk menentukan topik yang menarikdanunik
D. persiapan untuk melaksanakan tanya jawaban
Jawab:
A. Benar, lantaran sebaiknya menyusun materi dan argumentasi dengan tumpuan yang memadai, sebelum memberikan argumentasi, biar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak serta baiklah dengan pendapat peserta debat
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.6 hingga dengan 3.7
14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil yaitu ....
A. pidato
B. diskusi
C. musyawarah
D. kampanye sebuah partai politik
Jawab:
B. Benar, lantaran diskusi yaitu bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil, dengan tujuan mengambil keputusan
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.14 hingga dengan 3.15
15. Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif, sebaiknya dalam menentukan kata-kata, haruslah ....
A. mempersembahkan kebanggaan kepada khalayak atas prestasi mereka
B. memakai kata-kata yang sederhana, biar simpel dipahami dengan cepat
C. banyak memakai istilah gila biar lebih berbobot
D. memakai kata-kata bermakna konotatif
Jawab:
B. Benar, lantaran biar pidato menjadi efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang sederhana, yang simpel dipahami dengan cepat
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.17 hingga dengan 3.19
16. Teknik yang baik dalam memberikan sanggahan ketika berdiskusi yaitu ....
A. secara santun dan tidak berbelit-belit
B. dengan bunyi keras dan tegas
C. disertai kata pembuka dan penutup
D. mengemukakan aneka macam argumen yang sanggup mematahkan argumen pembicara
Jawab:
A. Benar, dalam memberikan sanggahan, peserta diskusi hendaknya memberikan dengan cara yang santun dan tidak berbelit-belit
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.14 hingga dengan 3.15
17. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersembahkan tanggapan ketika berdiskusi yaitu ....
A. mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya
B. berhemat dalam memakai kata-kata serta melembutkan nada/suara
C. dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
D. tanggapan harus bekerjasama dengan pembahasan bersifat adil dan memuaskan aneka macam pihak
Jawab:
D. Benar, lantaran ketika berdiskusi, tanggapan atau jawabanan harus bekerjasama dengan pembahasan bersifat adil, dan memuaskan aneka macam pihak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.14 hingga dengan 3.15
18. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
A. menghubungkan dengan insiden yang sedang diperingati
B. melukiskan latar belakang masalah
C. dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawaban
D. menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang tidak sama
Jawab:
D. Benar, lantaran pernyataan tersebut yaitu cara menutup pidato
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.18 hingga dengan 3.19
19. Membaca scanning yaitu jenis keterampilan membaca yang dilakukan dengan cara ....
A. menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
B. membaca teks dengan cepat guna memperoleh citra umum wacana teks tersebut
C. memahami wacana atau bacaan dengan tepat
D. mengulang-ulang belahan bacaan atau kalimat yang susah dipahami
Jawab:
A. Benar, lantaran membaca scanning dilakukan dengan cara menangkap kata kunci untuk menemukan informasi khusus dengan sangat cepat
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 4, acara berguru 1, halaman 4.1 hingga dengan 4.12
20. Berikut ini yang ialah pola acara yang memerlukan keterampilan membaca bersuara yaitu ....
A. para siswa berpidato
B. bermain drama
C. mendengarkan musik
D. menulis laporan
Jawab:
A. Benar, membaca naskah pidato/ berpidato memerlukan keterampilan membaca bersuara yag memadai
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 4, acara berguru 1, halaman 4.12 hingga dengan 4.14
21. Kalimat diberikut ini yang mempunyai kata bersinonim yakni ....
A. Kau selalu ada di hati setiap orang yang memujamu
B. Semua orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua, berbondong-bondong pergi ke pasar malam tersebut
C. Bunga Mawar yaitu bunga pujaan sebagian besar perempuan
D. Pencemaran udara mempersembahkan bantuan yang sangat besar terhadap rendahnya kesehatan masyarakat
Jawab:
A. Benar, kalimat tersebut ialah kalimat yang mempunyai kata yang bersinonim, yaitu kalbu
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.6 hingga dengan 5.13
22. Berikut ini yang ialah pola kata umum dalam sebuah kalimat yaitu ....
A. Alat komunikasi pada dikala ini sudah sangat canggih.
B. Surat kabar tersebut sangat memperhatikan penerapan bahasa dalam diberita-diberitanya.
C. Perahu sangat dibutuhkan di Pulau Kalimantan
D. Tidak ada kekerabatan antara jenis kelabuin dan usia produktif terhadap minat baca
Jawab:
A. Benar, lantaran kata alat komunikasi ialah kata umum
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.8 hingga dengan 5.9
23. Kata bergaris miring pada kalimat diberikut ini yang bukan ialah kata kajian yaitu ....
A. Kulit orang Indonesia berwarna putih kekuningan atau kuning kecoklatan, membuktikan kulit yang banyak mengandung pigmentasi.
B. Menurutnya, fenomena itu terjadi lantaran budaya Indonesia yang masih menilai perempuan lantaran kecantikannya.
C. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesejukan dan rasa susu yang lezat.
D. Kita terbiasa disuapi propaganda wacana apa yang baik dan jelek secara seragam
Jawab:
C. Benar, lantaran kata alami, ialah kata populer
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.11 hingga dengan 5.13
24. Syarat pemakaian kalimat efektif untuk penulisan sebuah karangan yaitu ....
A. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan
B. Sebaiknya terdapat pemenggalan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda baca
C. Sebaiknya terdapat gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas, contoh-contoh dan fakta-fakta
D. Sebaiknya memperhatikan penerapan kata yang bermakna sinonim dan antonim, denotasi dan konotasi, kata umum dan kata khusus, kata terkenal dan kata kajian
Jawab:
A. Benar, lantaran hal tersebut ialah syarat pemakaian kalimat efektif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.14 hingga dengan 5.22
25. Berikut ini penerapan yang benar untuk tanda baca titik dua, dalam penulisan diberikut yaitu ....
A. Kita harus menghindari hadirnya stres dalam hidup kita, hal tersebut ditandai dengan gejala-gejala seperti: timbulnya depresi dan kecemasan berlebihan.
B. Yulianto, B. 1996. Teori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP Surabaya.
C. Sukarton, Lastri Fardani. 1998 : Gunung Biru di Atas Dusunku. Jakarta, PN Balai Pustaka.
D. Hasil tes yang dilakukan menyerupai itu banyak mengandung kelemahan, diantaranya : frekuensi tes yang spesialuntuk dua kali
Jawab:
B. Benar, lantaran tanda titik dua juga digunakan antara tempat terbit dengan penerbit dalam penulisan daftar pustaka
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.21 hingga dengan 5.22
26. Penalaran deduktif yaitu ....
A. Pengembangan paragraf dengan cara menyajikan serangkaian kalimat penjelas terlebih lampau dan diakhiri dengan kalimat utama.
B. pengembangan paragraf kalimat utama yang meliputi gagasan utama diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas.
C. pengembangan paragraf dimana pokok pikiran utama yang dikemukakan kembali pada tamat paragraf.
D. paragraf yang dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek
Jawab:
B. Benar, lantaran pernyataan tersebut ialah klarifikasi dari paragraf deduktif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.22 hingga dengan 5.25
27. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang simpel naik darah, ada cara simpel dan murah menurunkan tensi darah. Anda cukup mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur atau dua buah apel dan dua tomat sehari. Menurut para peneliti dari Jerman, semakin banyak perempuan mengonsumsi produk segar, semakin rendah tekanan darah mereka. Hal tersebut disebabkan imbas kombinasi vitamin C, pottasium, kalsium, dan nutrisi lain dalam sayur dan buah segar tersebut. (Chic no.03-III. 28 Maret- 12 April 2007) misal paragraf tersebut memakai jenis penalaran ....
A. deduktif
B. induktif
C. deduktif – induktif
D. naratif No
Jawab:
C. Benar, lantaran pokok pikiran utama paragraf tersebut ada di pertama dan di tamat paragraf
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.24 hingga dengan 5.25
28. Paragraf narasi yaitu ....
A. Paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian insiden dan disajikan berdasarkan urutan waktu
B. Paragraf yang biasanya dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek
C. Paragraf yang di dalamnya terdapat data dan fakta yang digunakan untuk meyakinkan pembacanya
D. Paragraf yang isinya bertujuan untuk mensugesti pembacanya
Jawab:
A. Benar, paragraf narasi yaitu paragraf yang terdapat dalam rangkaian insiden dan disajikan berdasarkan urutan waktu
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.24 hingga dengan 5.25
29. Perhatikan paragraf diberikut ini! Jika dikala ini banyak produk memperlihatkan pemutih kulit, orang tidakboleh lantas percaya begitu saja. Beberapa waktu yang kemudian pernah ditemukan krim pemutih kulit yang mengandung logam berat menyerupai merkuri yang maksudnya untuk membuat kulit mulus dan putih. Namun tanpa disadari merkuri ini justru berbahaya lantaran bisa merusak organ tubuh, salah satunya ginjal. Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ....
A. deskripsi
B. argumentasi
C. persuasi
D. narasi
Jawab:
B. Benar, paragraf tersebut ialah jenis paragraf argumnetasi lantaran paragraf tersebut menyajikan fakta dan data untuk memperkuat alasan yang terdapat dalam paragraf tersebut
Pembahasan:
nda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.24 hingga dengan 5.25
30. Berikut ini bukan kriteria yang sanggup digunakan dalam pemilihan topik karangan yaitu ....
A. menarikdanunik perhatian penulis
B. aktual
C. bahan-bahan yang diharapkan simpel diperoleh
D. topik yang dipilih berasal dari pengalaman sehari-hari
Jawab:
D. Benar, lantaran pernyataan tersebut berperihalan dengan kriteria penulis
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 2, halaman 5.29 hingga dengan 5.30
31. Pernyataan yang menggambarkan adanya kekerabatan antara keterampilan berbicara dengan keterampilan menyimak yaitu ....
A. proses berbicara secara alami selalu berpadu dengan proses menyimak, tidak ada orang yang mau berbicara tanpa ada yang mau menyimak
B. kemampuan yang meliputi beberapa aspek kedewasaan mental, penguasaan kosakata, kemampuan mengikuti urutan ide-ide, dan minat terhadap bahasa
C. keterampilan berbicara akan diperoleh secara terbaik apabila pembicara selalu berperan menjadi pendengar
D. keterampilan berbicara akan diperoleh secara optimal apabila kita sering melihat orang menulis
Jawab:
A. Benar, proses berbicara selalu berpadu dengan proses menyimak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 6.3 hingga dengan 6.7
32. Berikut ini yang termasuk pola keterpaduan keterampilan berbicara dengan serius menyimak yaitu ....
A. siswa mendengarkan penyajian seorang moderator wacana hal-hal yang berkaitan dengan acara diskusi, setelah beberapa kawannya ketika berdiskusi, setelah itu mereka mengajukan pertanyaan wacana topik diskusi
B. siswa membaca naskah pertunjukan drama, setelah itu guru mengadakan diskusi dengan siswa untuk latihan drama
C. siswa membuat goresan pena wacana kenaikan harga kebutuhan pokok, kemudian membacakannya di depan kelas
D. siswa berpidato di depan kelas kemudian guru dan kawan-kawannya mendiskusikan kelebihan dan belum sempurnanya pelaksanaan pidato tersebut
Jawab:
A. Benar, lantaran acara pertama, serius yang dilakukan siswa sekolah yaitu menyimak dilanjutkan dengan berdiskusi (berbicara)
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 6, acara berguru 1, halaman 6.5 hingga dengan 6.7
33. Pernyataan yang menerangkan kekerabatan antara membaca dengan menyimak yaitu ....
A. Menyimak dan membaca memerlukan kesiapan yang sama, yakni menguasai simbol-simbol bahasa, mempunyai pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa
B. Menyimak menjadikan seseorang lebih suka membaca
C. Membaca menjadikan seseorang lebih terpengaruh untuk sering menyimak
D. Menyimak dan membaca sanggup berlangsung dalam situasi formal saja
Jawab:
A. Benar, lantaran menyimak dan membaca membutuhkan penguasaan simbol-simbol bahasa, pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , acara berguru 2, halaman 6.10 hingga dengan 6.11
34. Berikut ini yang ialah pola acara keterpaduan keterampilan membaca dengan serius menyimak yaitu ....
A. Sesudah menyimak klarifikasi wacana penyakit yang berjangkit akhir-akhir ini, siswa ditugasi membaca wacana kesehatan yang berjudul “flu burung”. Kemudian siswa diminta menjawaban beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.
B. Siswa menyimak rekaman video terkena kenaikan harga bahan-bahan pokok. Kemudian guru meminta siswa menyimpulkan apa yang mereka lihat secara lisan.
C. Guru meminta siswa mengamati alam sekitar, kemudian membuat dongeng secara verbal berdasarkan apa yang mereka simak tadi.
D. Siswa didiberi kiprah untuk membuat goresan pena wacana peristiwa alam, kemudian salah satu dari mereka diminta membacakan hasil tulisannya di depan kelas, sementara itu kawan-kawan lainnya menyimak
Jawab:
A. Benar, acara tersebut berserius pada keterampilan menyimak yang dilanjutkan/dipadukan dengan keterampilan membaca
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , acara berguru 2, halaman 6. 12 hingga dengan 6.13
35. Kegiatan diberikut ini yang ialah pola keterpaduan keterampilan menulis dengan serius menyimak, yaitu ....
A. Sekelompok siswa membuat naskah drama 1 babak, kemudian dipentaskan di depan kelas, sementara itu siswa lain menyimaknya.
B. Siswa diajak untuk menonton pementasan pembacaan puisi. Sesudah itu mereka diminta untuk membuat parafrase dari salah satu puisi yang sudah dibacakan tadi.
C. Siswa diminta untuk membuat goresan pena argumentasi, kemudian mereka memasang goresan pena mereka di majalah dinding.
D. Siswa bersama guru mengulas terkena sebuah artikel wacana banjir dan dampak yang sedang dihadapi. Sesudah itu, guru menugasi siswa-siswa untuk menuliskan kesimpulan dari hal yang sudah didiskusikan
Jawab:
B. Benar, pola acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan menulis dengan serius menyimak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 6.17 hingga dengan 6.21
36. Berikut ini yang ialah pola acara keterpaduan keterampilan menyimak dengan serius berbicara yaitu ....
A. Siswa mendengarkan obrolan yang disajikan dalam bentuk rekaman kaset, kemudian mereka membuat kesimpulan dari obrolan tersebut secara tertulis.
B. Seorang siswa menceritakan/mendongeng di depan kelas, siswa lain menyimak dengan baik, kemudian mendiskusikan isi dan pelaksanaan/cara siwa tersebut menceritakan.
C. Sesudah menguasai naskah drama siswa mendemonstrasikan drama tersebut di depan kelas.
D. Guru menjadi model dalam membacakan puisi sementara itu siswa-siswanya menyimak pembacaan puisi tersebut
Jawab:
B. Benar, lantaran acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan menyimak dengan serius berbicara
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 1, halaman 7.5 hingga dengan 7.6
37. Teknik yang baik untuk menentukan tema karangan yaitu ....
A. mencari aspek tema, yang sesuai dengan kemampuan dan sanggup diolah biar simpel ataupun yang disukai
B. memperhatikan penerapan judul baik judul rangkap maupun judul lengkap
C. menentukan samasukan pembaca yang nantinya akan membaca hasil karangan tersebut
D. menentukan tema sesuai dengan keahlian
Jawab:
D. Benar, lantaran menentukan tema sesuai dengan keahlian ialah cara menentukan tema
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 2, halaman 7. 13 hingga dengan 7.17
38. Karangan yang memaparkan pengelolaan peternakan ikan patin, mulai membuat kolam pembibitan jenis pakan, hingga pada tahap pemamasukan ialah jenis karangan narasi ekspositoris. Adapun karangan narasi sugestif, biasanya menyajikan ....
A. Kisah legenda Gunung Bromo, yang di dalamnya terdapat unsur tema, alur, penokohan, latar tempat, sudut pandang dan amanat yang terdapat pada dongeng tersebut.
B. Ulasan diberita di surat kabar terkena tindak kekerasan yang meningkat di Indonesia.
C. Informasi wacana keindahan alam provinsi Sulawesi Selatan
D. Kisah nyata insiden tenggelamnya kapal penumpang di Laut Jawa
Jawab:
A. Benar, hal tersebut ialah jenis karangan narasi sugestif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 2, halaman 7.21 hingga dengan 7.23
39. Berikut ini yang ialah pola keterpaduan keterampilan menulis dengan serius berbicara yaitu ....
A. menulis sebuah dongeng anak-anak, kemudian menceritakan kembali dengan gaya mendongeng di depan kelas.
B. siswa menulis sebuah puisi, setelah itu guru membacakan sebuah puisi yang dianggap paling baik di depan kelas
C. siswa membaca sebuah puisi, kemudian memparafrasekannya menjadi sebuah cerpen
D. guru mempersembahkan salinan salah satu hasil goresan pena siswa, kepada siswa-siswa lainnya, kemudian mereka diminta menanggapi dari segi ejaan dan tanda bacanya
Jawab:
A. Benar, pola acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan menulis dengan serius berbicara
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 2, halaman 7.27 hingga dengan 7.29
40. Yang ialah acara keterpaduan keterampilan membaca dengan serius berbicara yaitu ....
A. Siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen, kemudian beberapa siswa menanggapi isi cerpen dan unsur-unsurnya secara lisan.
B. Siswa berdiskusi dengan kawan-kawannya terkena jenis-jenis karya sastra.
C. Seorang siswa membaca sebuah artikel wacana perindustrian, kemudian siswa lain mencatat istilah dari kata-kata yang tidak mereka pahami, terkena perindustrian.
D. Guru membacakan sebuah dongeng rakyat Jawa, yaitu Roro Jonggrang. Sesudah itu para siswa mengambil kesimpulan berupa amanat dari dongeng tersebut
Jawab:
A. Benar, acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan membaca dengan serius berbicara
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 3, halaman 7.36 hingga dengan 7.47
41. Berikut ini acara yang ialah keterpaduan keterampilan menyimak dengan serius menulis, kecuali ....
A. menyimak sebuah lagu, kemudian menulis isi lagu dengan bahasa sendiri
B. mahasiswa menyimak materi sebuah matakuliah, kemudian dosen meminta mahasiswa membuat ringkasan dari hasil simakannya.
C. siswa menyimak sebuah lagu karya Iwan Fals, yang berjudul “Oemar Bakrie”, setelah itu mereka diminta untuk membuat artikel atau yang bekerjasama dengan lagu yang sudah didengar tadi.
D. siswa Sekolah Dasar, mendengarkan dongeng yang diceritakan di depan kelas oleh gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat puisi berdasarkan dongeng yang sudah mereka simak
Jawab:
A. Benar, acara tersebut tidak memperlihatkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak dengan serius menulis
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 8, acara berguru 1, halaman 8.3 hingga dengan 8.15
42. Berikut ini yang ialah acara terpadu keterampilan berbicara dengan serius menulis, yaitu ....
A. melaksanakan wawancara untuk memperoleh data dalam rangka membuat laporan penelitian
B. menceritakan pengalaman pribadi yang berkesan dalam bentuk goresan pena kemudian dibacakan di depan kelas
C. menyimak sebuah obrolan interaktif di televisi kemudian menulis sebuah artikel terkena topik obrolan yang disimaknya
D. seorang siswa berpidato di depan kelas sementara siswa-siswa lainnya menyimak kemudian mempersembahkan tanggapan dalam bentuk tulisan
Jawab:
A. Benar, acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan berbicara dengan serius menulis
Pembahasan:
nda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 6.17 hingga dengan 6.21
43. Keterpaduan keterampilan membaca dengan serius menulis sanggup dilihat pada acara diberikut ini :
A. Siswa menulis sebuah naskah drama kemudian mereka ditugasi untuk mementaskan naskah drama yang sudah dibuat secara
B. Para siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen anak-anak, kemudian mereka melanjutkan membuat resensi dari cerpen tersebut.
C. Guru membacakan sebuah dongeng, setelah itu siswa mengungkapkan amanat yang terkandung dalam dongeng secara lisan
D. Siswa membacakan sebuah artikel yang menarikdanunik di depan kelas, dan guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal tersebut
Jawab:
B. Benar, acara tersebut menggambarkan adanya keterpaduan keterampilan membaca dengan serius menulis
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 8 , acara berguru 2, halaman 8.28 hingga dengan 8.34
44. Keterpaduan keterampilan menyimak dan berbicara dengan serius membaca terdapat pada acara ....
A. Sesudah membaca sebuah novel anak-anak, siswa kemudian menyimak diskusi terkena unsur intrinsik dan ekstrinsik, selanjutnya siswa lainnya mengajukan tanggapan maupun pertanyaan secara verbal berkaitan dengan kehidupan bawah umur pada zaman sekarang.
B. Guru membacakan sebuah puisi, siswa menyimaknya, kemudian mereka berdiskusi dengan guru, usai pembacaan puisi tersebut.
C. Seorang siswa membacakan puisi, siswa lain menyimaknya, kemudiam mereka membuat parafrase dari puisi yang sudah dibacakan tadi.
D. Siswa menyimak pementasan drama, kemudian mereka membaca sebuah novel dengan tema yang sama dengan drama yang sudah dipentaskan, kemudian mendiskusikannya dengan guru mereka
Jawab:
A. Benar, hal tersebut menggambarkan keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan serius membaca
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul, acara berguru 1, halaman 6.17 hingga dengan 6.21
45. Berikut ini yang ialah acara terpadu keterampilan menulisdengan serius membaca, kecuali ....
A. setelah membaca sebuah artikel yang berjudul “Kenaikan Harga-Harga Bahan Pokok” siswa-siswa diminta untuk mengisi bagian-bagian teks dengan tema yang sama, dimana bagian-bagian teks itu sudah dikosongkan.
B. setelah membaca sebuah cerita, siswa menceritakan kembali dongeng tersebut secara lisan
C. setelah membaca sebuah cerpen bertema kebangkitan nasional, siswa kemudian membuat kesimpulan dari bacaan tersebut
D. setelah membaca legenda suatu tempat di Indonesia, siswa kemudian mencari kata-kata yang susah dimengerti oleh mereka, untuk kemudian dicari maknanya di dalam engkaus
Jawab:
D. Benar, lantaran acara tersebut tidak menggambarkan keterpaduan keterampilan menulis dengan serius membaca
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , acara berguru 1, halaman 6.17 hingga dengan 6.21
46. Berikut ini yang termasuk manfaat menceritakan yaitu ....
1. mengajarkan kebenaran
2. mempersembahkan keteladanan
3. menguasai cerita
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2 benar, lantaran dongeng yang baik mengandung anutan kebenaran dan mempersembahkan keteladanan.
47. Berikut ini yang termasuk jenis membaca ekstensif yaitu ....
1. membaca sekilas
2. membaca dangkal
3. membaca sastra
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2, benar, lantaran jenis membaca ekstensif yaitu membaca sekilas dan membaca dangkal.
48. Kata bergaris miring pada kalimat diberikut ini yang mengandung denotasi yaitu ....
1. Upaya menjaga kemembersihkanan kuliner menjadi syarat utama dalam mengelola rumah makan
2. Kulit yang berkilau dan cerah menjadi dambaan setiap perempuan Indonesia
3. Susu ini diproses secara higienis
Jawab:
Pernyataan 1 dan 3, benar, lantaran kata kemembersihkanan dan bersih yaitu kata yang bermakna denotasi
49. Kalimat diberikut ini yang mempunyai kata abnormal yaitu ....
1. Restoran ini sangat cocok untuk pecinta kuliner
2. Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah
3. Saat diproduksi, tablet dibuat terlalu padat sehingga perut perlu waktu lebih dari 45 menit untuk memecahkannya
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2 benar, lantaran kata masakan dan kasih ialah kata abstrak
50. Berikut ini kalimat yang mempunyai kata gila yaitu kalimat ....
1. Akibat kemembersihkanan air yang tidak terjaga, kita beresiko terpapar air yang terkotori kuman.
2. Bank swasta tersebut mempunyai jumlah costumer yang cukup besar di Indonesia.
3. Jangan doloe mempersembahkan judgment bahwa seseorang tersebut tidak suka pada kita sebelum kita mengenalnya dengan baik
Jawab:
Pernyataan 2 dan 3 benar, lantaran kata costumer dan judgment yaitu kata asing
Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk eksklusif menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian tamat semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait soal ujian ut pgsd pdgk4101 keterampilan berbahasa indoensia SD, semoga soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca aneka macam soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk bergabung bersama kami di media sosial, terima kasih.
Kami tahu bahwa dalam pembelajaran baik itu online maupun tatap muka Mahasiwa UT tidak mempunyai banyak waktu dalam mempelajari materi pada modul, hal ini dikarenakan kesibukan pekerjaan maupun hal ainnya dan yang mana kita tahu bahwa di Universitas Terbuka tidak tiruana Mahasiswa yang bisa mengikuti tutorial secara formal. Sebagian besar mahasiswa mengikuti tutorial spesialuntuk delapan kali pertemuan selama satu semester, setelah itu akan menghadapi ujian tamat semester. Hal inilah yang menjadikan materi yang ada tidak bisa dikuasai sepenuhnya, perlu mempelajari materi secara mandiri.
melaluiataubersamaini adanya soal-soal ini Anda selaku Mahasiswa bisa memahami materi secara cepat dengan mempelajari soal-soal pilihan ganda yang sudah ada kunci jawabanannya. melaluiataubersamaini demikian tentu Anda akan lebih siap dalam mengikuti ujian tamat semester nantinya. Dan kemungkinan besar Soal Ujian UT yang keluar tidak jauh dari soal ini, bahkan sebagian bisa keluar pada dikala ujian tamat semester nantinya.
Soal Ujian UT PGSD Semester 1 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4102 Konsep Dasar IPS
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4103 Konsep Dasar IPA di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4104 Perspektif Pendidikan SD
Pada setiap soal yang kami posting bisa Anda pelajari secara eksklusif (online) atau bisa juga Anda simpan dalam bentuk file dokumen untuk nanti Anda print dan pelajari di rumah. Kami tidak memisahkan anrata soal dan jawabanan, jadi Anda akan digampangkan dalam mempelajari soal ini. Pada tamat postingan ini, kami sudah menyiapkan link untuk download soal dalam bentuk dokumen PDF, jadi bagi Anda yang ingin menyimpan untuk nanti diprint silahkan download saja soal ini pada link yang sudah kami sediakan.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD Beserta Kunci Jawaban
Soal ujian ini kami ambil dari rangkuman materi dan soal-soal pada modul dan pada setiap soal sudah disediakan kunci jawabanan serta pembahasannya yang bisa Anda buka pada modul dan pelajari eksklusif untuk memastikan kunci jawabanan tersebut tepat dan benar. Serta kami juga sudah menyiapkan soal ini dalam bentuk dokumen PDF, pada tamat artikel ini kami sudah menyediakan link download. Makara silahkan Anda download dan print biar bisa dibaca dan dipelajari secara offline. Untuk melihat kumpulan soal-soal ujian Universitas Terbuka PGSD semester lainnya silahkan Anda buka halaman Soal Ujian UT PGSD.Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indonesia SD lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian tamat semester nantinya.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4101
1. Proses komunikasi yaitu proses....A. pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
B. adaptasi terhadap lingkungan baru
C. pewarisan budaya atau tradisi yang diajarkan turun temurun
D. pengadopsian tradisi budaya
Jawab:
A. Benar, pengiriman dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa yaitu proses komunikasi
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 1, halaman 1.3 hingga 1.5
2. Wartawan ialah salah satu jenis profesi yang harus mempunyai keterampilan berbahasa ....
A. membaca dan menyimak
B. membaca dan menulis
C. membaca dan berbicara
D. membaca, menulis, menyimak dan berbicara
Jawab:
D. benar, lantaran idealnya seorang wartawan mempunyai 4 ketrampilan berbahasa untuk mendukung profesinya
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 1, halaman 1.6 hingga 1.7
3. Jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif yaitu ....
A. menulis dan membaca
B. mendengarkan dan berbicara
C. berbicara dan menulis
D. mendengarkan dan membaca
Jawab:
C. Benar, lantaran berbicara dan menulis yaitu jenis keterampilan berbahasa yang bersifat produktif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 2, halaman 1.10 hingga dengan 1.13
4. misal acara berbahasa yang bersifat interaktif yaitu ....
A. mendengarkan khotbah Jumat di masjid
B. menyimak pidato pembukaan sebuah sentra perbelanjaan
C. rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat
D. menonton suatu pementasan teater di Taman Ismail Marzuki
Jawab:
C. Benar, lantaran dalam rapat anggota Dewan Perwakilan Rakyat terjadi interaksi antaranggota
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 2, halaman 1.10 hingga dengan 1.11
5. Yang ialah pola berbicara secara noninteraktif yaitu ....
A. berpidato secara eksklusif pada program peringatan Hari Kemerdekaan R.I.
B. bertelepon melalui telepon seluler
C. berusaha menawar alat elektronik di suatu pertokoan
D. berpidato melalui radio atau televisi
Jawab:
D. Benar, acara berpidato melalui radio atau televisi ialah pola berbicara noninteraktif, lantaran pendengar tidak sanggup melaksanakan interupsi atau tanya jawaban
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 2, halaman 1.10 hingga dengan 1.12
6. Berikut ini yang ialah keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menulis, yaitu ....
A. memakai bentuk kata dengan benar
B. mengenal sistem goresan pena yang digunakan
C. menentukan makna kata-kata, termasuk kosakata susah
D. menebak makna dari konteks
Jawab:
A. Benar, memakai bentuk kata dengan benar, ialah keterampilan mikro yang harus dimiliki dalam menulis
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 2, halaman 1.12 hingga dengan 1.13
7. Yang ialah persamaan antara keterampilan mendengarkan dengan membaca yaitu ....
A. kedua acara tersebut bersifat reseptif
B. kedua acara tersebut bersifat produktif
C. kedua acara tersebut ialah hasil penalaran insan dalam berbahasa
D. kedua acara tersebut ialah kajian dalam ilmu bahasa
Jawab:
A. Benar, baik keterampilan mendengarkan maupun keterampilan membaca ialah keterampilan yang bersifat reseptif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 3, halaman 1.21 hingga dengan 1.23
8. Sekalipun berbicara dan menulis ialah keterampilan berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses komunikasi keduanya tidak sama, yaitu ....
A. berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak langsung
B. berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat langsung
C. berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan tempat
D. berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan tempat
Jawab:
A. Benar, komunikasi yang dilakukan dengan berbicara bersifat langsung, tatap muka/interaktif, sedangkan menulis tidak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 1, acara berguru 3, halaman 1.21 hingga dengan 1.23
9. Tataran identifikasi dan seleksi tanpa retensi yaitu tataran menyimak di mana penyimak diharapkan bisa ....
A. mengenal bunyi-bunyi dan memahaminya dalam taraf terpimpin
B. mengenal aneka macam jenis bunyi suatu bahasa, kata-kata, frase-frase dan kalimat dalam kekerabatan timbal balik antarunsur
C. mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami sesuatu unit ujaran, tetapi belum dituntut adanya kemampuan merencanakan, menyimpan, dan memproduksi
D. menyimak kontinum wacana yang panjang, baik ragam bacaan, cerita-cerita menarikdanunik, diberita surat kabar, dan sebagainya
Jawab:
C. Benar, lantaran hal tersebut memang ada pada tataran identifkasi dan seleksi tanpa retensi
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 2, acara berguru 1, halaman 2.3 hingga dengan 2.4
10. Dalam menangkap gagasan inti simakan, kita sanggup melaksanakan beberapa acara diantaranya yaitu ....
A. memperhatikan tanda-tanda baca, ejaan, dan berserius penuh dalam menangkap gagasan
B. memusatkan perhatian dan memuat catatan, dan menjawaban tes-tes yang ada.
C. menuangkan setiap gagasan dan pikiran secara tepat dan efektif
D. mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk tuturan
Jawab:
B. Benar, untuk sanggup menangkap isi simakan penyimak harus memusatkan perhatian dan memuat catatan, serta menjawaban tes-tes ialah seni administrasi untuk menangkap gagasan
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 2, acara berguru 2, halaman 2.18 hingga dengan 2.19
11. Menyimak kritis yaitu jenis menyimak yang ....
A. dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mempersembahkan evaluasi secara adil.
B. dilakukan untuk menyebarkan daya imajinasi dan kreativitas
C. dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapat informasi baru
D. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat
Jawab:
A. Benar, menyimak kritis harus dilakukan dengan sungguh-sungguh biar sanggup mempersembahkan evaluasi secara adil
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 2, acara berguru 2, halaman 2.19 hingga dengan 2.20
12. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menceritakan yaitu ....
A. penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat, pengekspresian yang alami.
B. mempersembahkan hiburan, mengajarkan kebenaran, mempersembahkan keteladanan
C. memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai olah suara
D. menentukan ide, menyebarkan ide, menuangkan ide
Jawab:
A. Benar, lantaran hal-hal tersebut harus diperhatikan ketika menceritakan
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.7 hingga dengan 3.8
13. Sebelum melaksanakan debat, peserta debat sebaiknya melaksanakan persiapan untuk ....
A. persiapan untuk menyusun materi dan argumentasi dengan tumpuan yang memadai
B. persiapan untuk membuat suasana yang dramatik
C. persiapan untuk menentukan topik yang menarikdanunik
D. persiapan untuk melaksanakan tanya jawaban
Jawab:
A. Benar, lantaran sebaiknya menyusun materi dan argumentasi dengan tumpuan yang memadai, sebelum memberikan argumentasi, biar pihak lawan menjadi yakin dan berpihak serta baiklah dengan pendapat peserta debat
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.6 hingga dengan 3.7
14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil yaitu ....
A. pidato
B. diskusi
C. musyawarah
D. kampanye sebuah partai politik
Jawab:
B. Benar, lantaran diskusi yaitu bentuk tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil, dengan tujuan mengambil keputusan
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.14 hingga dengan 3.15
15. Agar pidato menjadi efektif dan komunikatif, sebaiknya dalam menentukan kata-kata, haruslah ....
A. mempersembahkan kebanggaan kepada khalayak atas prestasi mereka
B. memakai kata-kata yang sederhana, biar simpel dipahami dengan cepat
C. banyak memakai istilah gila biar lebih berbobot
D. memakai kata-kata bermakna konotatif
Jawab:
B. Benar, lantaran biar pidato menjadi efektif dan komunikatif gunakanlah kata-kata yang sederhana, yang simpel dipahami dengan cepat
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.17 hingga dengan 3.19
16. Teknik yang baik dalam memberikan sanggahan ketika berdiskusi yaitu ....
A. secara santun dan tidak berbelit-belit
B. dengan bunyi keras dan tegas
C. disertai kata pembuka dan penutup
D. mengemukakan aneka macam argumen yang sanggup mematahkan argumen pembicara
Jawab:
A. Benar, dalam memberikan sanggahan, peserta diskusi hendaknya memberikan dengan cara yang santun dan tidak berbelit-belit
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.14 hingga dengan 3.15
17. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersembahkan tanggapan ketika berdiskusi yaitu ....
A. mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya
B. berhemat dalam memakai kata-kata serta melembutkan nada/suara
C. dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
D. tanggapan harus bekerjasama dengan pembahasan bersifat adil dan memuaskan aneka macam pihak
Jawab:
D. Benar, lantaran ketika berdiskusi, tanggapan atau jawabanan harus bekerjasama dengan pembahasan bersifat adil, dan memuaskan aneka macam pihak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.14 hingga dengan 3.15
18. Bagaimana cara menutup pidato yang baik ....
A. menghubungkan dengan insiden yang sedang diperingati
B. melukiskan latar belakang masalah
C. dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawaban
D. menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang tidak sama
Jawab:
D. Benar, lantaran pernyataan tersebut yaitu cara menutup pidato
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 3, acara berguru 1, halaman 3.18 hingga dengan 3.19
19. Membaca scanning yaitu jenis keterampilan membaca yang dilakukan dengan cara ....
A. menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
B. membaca teks dengan cepat guna memperoleh citra umum wacana teks tersebut
C. memahami wacana atau bacaan dengan tepat
D. mengulang-ulang belahan bacaan atau kalimat yang susah dipahami
Jawab:
A. Benar, lantaran membaca scanning dilakukan dengan cara menangkap kata kunci untuk menemukan informasi khusus dengan sangat cepat
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 4, acara berguru 1, halaman 4.1 hingga dengan 4.12
20. Berikut ini yang ialah pola acara yang memerlukan keterampilan membaca bersuara yaitu ....
A. para siswa berpidato
B. bermain drama
C. mendengarkan musik
D. menulis laporan
Jawab:
A. Benar, membaca naskah pidato/ berpidato memerlukan keterampilan membaca bersuara yag memadai
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 4, acara berguru 1, halaman 4.12 hingga dengan 4.14
21. Kalimat diberikut ini yang mempunyai kata bersinonim yakni ....
A. Kau selalu ada di hati setiap orang yang memujamu
B. Semua orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, orang tua, berbondong-bondong pergi ke pasar malam tersebut
C. Bunga Mawar yaitu bunga pujaan sebagian besar perempuan
D. Pencemaran udara mempersembahkan bantuan yang sangat besar terhadap rendahnya kesehatan masyarakat
Jawab:
A. Benar, kalimat tersebut ialah kalimat yang mempunyai kata yang bersinonim, yaitu kalbu
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.6 hingga dengan 5.13
22. Berikut ini yang ialah pola kata umum dalam sebuah kalimat yaitu ....
A. Alat komunikasi pada dikala ini sudah sangat canggih.
B. Surat kabar tersebut sangat memperhatikan penerapan bahasa dalam diberita-diberitanya.
C. Perahu sangat dibutuhkan di Pulau Kalimantan
D. Tidak ada kekerabatan antara jenis kelabuin dan usia produktif terhadap minat baca
Jawab:
A. Benar, lantaran kata alat komunikasi ialah kata umum
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.8 hingga dengan 5.9
23. Kata bergaris miring pada kalimat diberikut ini yang bukan ialah kata kajian yaitu ....
A. Kulit orang Indonesia berwarna putih kekuningan atau kuning kecoklatan, membuktikan kulit yang banyak mengandung pigmentasi.
B. Menurutnya, fenomena itu terjadi lantaran budaya Indonesia yang masih menilai perempuan lantaran kecantikannya.
C. Semua diproses secara alami untuk menjaga kesejukan dan rasa susu yang lezat.
D. Kita terbiasa disuapi propaganda wacana apa yang baik dan jelek secara seragam
Jawab:
C. Benar, lantaran kata alami, ialah kata populer
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.11 hingga dengan 5.13
24. Syarat pemakaian kalimat efektif untuk penulisan sebuah karangan yaitu ....
A. Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan, kesejajaran, kevariasian dan penekanan
B. Sebaiknya terdapat pemenggalan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda baca
C. Sebaiknya terdapat gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas, contoh-contoh dan fakta-fakta
D. Sebaiknya memperhatikan penerapan kata yang bermakna sinonim dan antonim, denotasi dan konotasi, kata umum dan kata khusus, kata terkenal dan kata kajian
Jawab:
A. Benar, lantaran hal tersebut ialah syarat pemakaian kalimat efektif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.14 hingga dengan 5.22
25. Berikut ini penerapan yang benar untuk tanda baca titik dua, dalam penulisan diberikut yaitu ....
A. Kita harus menghindari hadirnya stres dalam hidup kita, hal tersebut ditandai dengan gejala-gejala seperti: timbulnya depresi dan kecemasan berlebihan.
B. Yulianto, B. 1996. Teori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP Surabaya.
C. Sukarton, Lastri Fardani. 1998 : Gunung Biru di Atas Dusunku. Jakarta, PN Balai Pustaka.
D. Hasil tes yang dilakukan menyerupai itu banyak mengandung kelemahan, diantaranya : frekuensi tes yang spesialuntuk dua kali
Jawab:
B. Benar, lantaran tanda titik dua juga digunakan antara tempat terbit dengan penerbit dalam penulisan daftar pustaka
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.21 hingga dengan 5.22
26. Penalaran deduktif yaitu ....
A. Pengembangan paragraf dengan cara menyajikan serangkaian kalimat penjelas terlebih lampau dan diakhiri dengan kalimat utama.
B. pengembangan paragraf kalimat utama yang meliputi gagasan utama diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas.
C. pengembangan paragraf dimana pokok pikiran utama yang dikemukakan kembali pada tamat paragraf.
D. paragraf yang dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek
Jawab:
B. Benar, lantaran pernyataan tersebut ialah klarifikasi dari paragraf deduktif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.22 hingga dengan 5.25
27. Jika Anda termasuk dalam kelompok yang simpel naik darah, ada cara simpel dan murah menurunkan tensi darah. Anda cukup mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur atau dua buah apel dan dua tomat sehari. Menurut para peneliti dari Jerman, semakin banyak perempuan mengonsumsi produk segar, semakin rendah tekanan darah mereka. Hal tersebut disebabkan imbas kombinasi vitamin C, pottasium, kalsium, dan nutrisi lain dalam sayur dan buah segar tersebut. (Chic no.03-III. 28 Maret- 12 April 2007) misal paragraf tersebut memakai jenis penalaran ....
A. deduktif
B. induktif
C. deduktif – induktif
D. naratif No
Jawab:
C. Benar, lantaran pokok pikiran utama paragraf tersebut ada di pertama dan di tamat paragraf
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.24 hingga dengan 5.25
28. Paragraf narasi yaitu ....
A. Paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian insiden dan disajikan berdasarkan urutan waktu
B. Paragraf yang biasanya dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek
C. Paragraf yang di dalamnya terdapat data dan fakta yang digunakan untuk meyakinkan pembacanya
D. Paragraf yang isinya bertujuan untuk mensugesti pembacanya
Jawab:
A. Benar, paragraf narasi yaitu paragraf yang terdapat dalam rangkaian insiden dan disajikan berdasarkan urutan waktu
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.24 hingga dengan 5.25
29. Perhatikan paragraf diberikut ini! Jika dikala ini banyak produk memperlihatkan pemutih kulit, orang tidakboleh lantas percaya begitu saja. Beberapa waktu yang kemudian pernah ditemukan krim pemutih kulit yang mengandung logam berat menyerupai merkuri yang maksudnya untuk membuat kulit mulus dan putih. Namun tanpa disadari merkuri ini justru berbahaya lantaran bisa merusak organ tubuh, salah satunya ginjal. Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ....
A. deskripsi
B. argumentasi
C. persuasi
D. narasi
Jawab:
B. Benar, paragraf tersebut ialah jenis paragraf argumnetasi lantaran paragraf tersebut menyajikan fakta dan data untuk memperkuat alasan yang terdapat dalam paragraf tersebut
Pembahasan:
nda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 5.24 hingga dengan 5.25
30. Berikut ini bukan kriteria yang sanggup digunakan dalam pemilihan topik karangan yaitu ....
A. menarikdanunik perhatian penulis
B. aktual
C. bahan-bahan yang diharapkan simpel diperoleh
D. topik yang dipilih berasal dari pengalaman sehari-hari
Jawab:
D. Benar, lantaran pernyataan tersebut berperihalan dengan kriteria penulis
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 2, halaman 5.29 hingga dengan 5.30
31. Pernyataan yang menggambarkan adanya kekerabatan antara keterampilan berbicara dengan keterampilan menyimak yaitu ....
A. proses berbicara secara alami selalu berpadu dengan proses menyimak, tidak ada orang yang mau berbicara tanpa ada yang mau menyimak
B. kemampuan yang meliputi beberapa aspek kedewasaan mental, penguasaan kosakata, kemampuan mengikuti urutan ide-ide, dan minat terhadap bahasa
C. keterampilan berbicara akan diperoleh secara terbaik apabila pembicara selalu berperan menjadi pendengar
D. keterampilan berbicara akan diperoleh secara optimal apabila kita sering melihat orang menulis
Jawab:
A. Benar, proses berbicara selalu berpadu dengan proses menyimak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 6.3 hingga dengan 6.7
32. Berikut ini yang termasuk pola keterpaduan keterampilan berbicara dengan serius menyimak yaitu ....
A. siswa mendengarkan penyajian seorang moderator wacana hal-hal yang berkaitan dengan acara diskusi, setelah beberapa kawannya ketika berdiskusi, setelah itu mereka mengajukan pertanyaan wacana topik diskusi
B. siswa membaca naskah pertunjukan drama, setelah itu guru mengadakan diskusi dengan siswa untuk latihan drama
C. siswa membuat goresan pena wacana kenaikan harga kebutuhan pokok, kemudian membacakannya di depan kelas
D. siswa berpidato di depan kelas kemudian guru dan kawan-kawannya mendiskusikan kelebihan dan belum sempurnanya pelaksanaan pidato tersebut
Jawab:
A. Benar, lantaran acara pertama, serius yang dilakukan siswa sekolah yaitu menyimak dilanjutkan dengan berdiskusi (berbicara)
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 6, acara berguru 1, halaman 6.5 hingga dengan 6.7
33. Pernyataan yang menerangkan kekerabatan antara membaca dengan menyimak yaitu ....
A. Menyimak dan membaca memerlukan kesiapan yang sama, yakni menguasai simbol-simbol bahasa, mempunyai pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa
B. Menyimak menjadikan seseorang lebih suka membaca
C. Membaca menjadikan seseorang lebih terpengaruh untuk sering menyimak
D. Menyimak dan membaca sanggup berlangsung dalam situasi formal saja
Jawab:
A. Benar, lantaran menyimak dan membaca membutuhkan penguasaan simbol-simbol bahasa, pengetahuan, yang berkaitan dengan materi simakan, diksi dan gaya bahasa
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , acara berguru 2, halaman 6.10 hingga dengan 6.11
34. Berikut ini yang ialah pola acara keterpaduan keterampilan membaca dengan serius menyimak yaitu ....
A. Sesudah menyimak klarifikasi wacana penyakit yang berjangkit akhir-akhir ini, siswa ditugasi membaca wacana kesehatan yang berjudul “flu burung”. Kemudian siswa diminta menjawaban beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.
B. Siswa menyimak rekaman video terkena kenaikan harga bahan-bahan pokok. Kemudian guru meminta siswa menyimpulkan apa yang mereka lihat secara lisan.
C. Guru meminta siswa mengamati alam sekitar, kemudian membuat dongeng secara verbal berdasarkan apa yang mereka simak tadi.
D. Siswa didiberi kiprah untuk membuat goresan pena wacana peristiwa alam, kemudian salah satu dari mereka diminta membacakan hasil tulisannya di depan kelas, sementara itu kawan-kawan lainnya menyimak
Jawab:
A. Benar, acara tersebut berserius pada keterampilan menyimak yang dilanjutkan/dipadukan dengan keterampilan membaca
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , acara berguru 2, halaman 6. 12 hingga dengan 6.13
35. Kegiatan diberikut ini yang ialah pola keterpaduan keterampilan menulis dengan serius menyimak, yaitu ....
A. Sekelompok siswa membuat naskah drama 1 babak, kemudian dipentaskan di depan kelas, sementara itu siswa lain menyimaknya.
B. Siswa diajak untuk menonton pementasan pembacaan puisi. Sesudah itu mereka diminta untuk membuat parafrase dari salah satu puisi yang sudah dibacakan tadi.
C. Siswa diminta untuk membuat goresan pena argumentasi, kemudian mereka memasang goresan pena mereka di majalah dinding.
D. Siswa bersama guru mengulas terkena sebuah artikel wacana banjir dan dampak yang sedang dihadapi. Sesudah itu, guru menugasi siswa-siswa untuk menuliskan kesimpulan dari hal yang sudah didiskusikan
Jawab:
B. Benar, pola acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan menulis dengan serius menyimak
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 6.17 hingga dengan 6.21
36. Berikut ini yang ialah pola acara keterpaduan keterampilan menyimak dengan serius berbicara yaitu ....
A. Siswa mendengarkan obrolan yang disajikan dalam bentuk rekaman kaset, kemudian mereka membuat kesimpulan dari obrolan tersebut secara tertulis.
B. Seorang siswa menceritakan/mendongeng di depan kelas, siswa lain menyimak dengan baik, kemudian mendiskusikan isi dan pelaksanaan/cara siwa tersebut menceritakan.
C. Sesudah menguasai naskah drama siswa mendemonstrasikan drama tersebut di depan kelas.
D. Guru menjadi model dalam membacakan puisi sementara itu siswa-siswanya menyimak pembacaan puisi tersebut
Jawab:
B. Benar, lantaran acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan menyimak dengan serius berbicara
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 1, halaman 7.5 hingga dengan 7.6
37. Teknik yang baik untuk menentukan tema karangan yaitu ....
A. mencari aspek tema, yang sesuai dengan kemampuan dan sanggup diolah biar simpel ataupun yang disukai
B. memperhatikan penerapan judul baik judul rangkap maupun judul lengkap
C. menentukan samasukan pembaca yang nantinya akan membaca hasil karangan tersebut
D. menentukan tema sesuai dengan keahlian
Jawab:
D. Benar, lantaran menentukan tema sesuai dengan keahlian ialah cara menentukan tema
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 2, halaman 7. 13 hingga dengan 7.17
38. Karangan yang memaparkan pengelolaan peternakan ikan patin, mulai membuat kolam pembibitan jenis pakan, hingga pada tahap pemamasukan ialah jenis karangan narasi ekspositoris. Adapun karangan narasi sugestif, biasanya menyajikan ....
A. Kisah legenda Gunung Bromo, yang di dalamnya terdapat unsur tema, alur, penokohan, latar tempat, sudut pandang dan amanat yang terdapat pada dongeng tersebut.
B. Ulasan diberita di surat kabar terkena tindak kekerasan yang meningkat di Indonesia.
C. Informasi wacana keindahan alam provinsi Sulawesi Selatan
D. Kisah nyata insiden tenggelamnya kapal penumpang di Laut Jawa
Jawab:
A. Benar, hal tersebut ialah jenis karangan narasi sugestif
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 2, halaman 7.21 hingga dengan 7.23
39. Berikut ini yang ialah pola keterpaduan keterampilan menulis dengan serius berbicara yaitu ....
A. menulis sebuah dongeng anak-anak, kemudian menceritakan kembali dengan gaya mendongeng di depan kelas.
B. siswa menulis sebuah puisi, setelah itu guru membacakan sebuah puisi yang dianggap paling baik di depan kelas
C. siswa membaca sebuah puisi, kemudian memparafrasekannya menjadi sebuah cerpen
D. guru mempersembahkan salinan salah satu hasil goresan pena siswa, kepada siswa-siswa lainnya, kemudian mereka diminta menanggapi dari segi ejaan dan tanda bacanya
Jawab:
A. Benar, pola acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan menulis dengan serius berbicara
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 2, halaman 7.27 hingga dengan 7.29
40. Yang ialah acara keterpaduan keterampilan membaca dengan serius berbicara yaitu ....
A. Siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen, kemudian beberapa siswa menanggapi isi cerpen dan unsur-unsurnya secara lisan.
B. Siswa berdiskusi dengan kawan-kawannya terkena jenis-jenis karya sastra.
C. Seorang siswa membaca sebuah artikel wacana perindustrian, kemudian siswa lain mencatat istilah dari kata-kata yang tidak mereka pahami, terkena perindustrian.
D. Guru membacakan sebuah dongeng rakyat Jawa, yaitu Roro Jonggrang. Sesudah itu para siswa mengambil kesimpulan berupa amanat dari dongeng tersebut
Jawab:
A. Benar, acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan membaca dengan serius berbicara
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 7, acara berguru 3, halaman 7.36 hingga dengan 7.47
41. Berikut ini acara yang ialah keterpaduan keterampilan menyimak dengan serius menulis, kecuali ....
A. menyimak sebuah lagu, kemudian menulis isi lagu dengan bahasa sendiri
B. mahasiswa menyimak materi sebuah matakuliah, kemudian dosen meminta mahasiswa membuat ringkasan dari hasil simakannya.
C. siswa menyimak sebuah lagu karya Iwan Fals, yang berjudul “Oemar Bakrie”, setelah itu mereka diminta untuk membuat artikel atau yang bekerjasama dengan lagu yang sudah didengar tadi.
D. siswa Sekolah Dasar, mendengarkan dongeng yang diceritakan di depan kelas oleh gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat puisi berdasarkan dongeng yang sudah mereka simak
Jawab:
A. Benar, acara tersebut tidak memperlihatkan adanya keterpaduan keterampilan menyimak dengan serius menulis
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 8, acara berguru 1, halaman 8.3 hingga dengan 8.15
42. Berikut ini yang ialah acara terpadu keterampilan berbicara dengan serius menulis, yaitu ....
A. melaksanakan wawancara untuk memperoleh data dalam rangka membuat laporan penelitian
B. menceritakan pengalaman pribadi yang berkesan dalam bentuk goresan pena kemudian dibacakan di depan kelas
C. menyimak sebuah obrolan interaktif di televisi kemudian menulis sebuah artikel terkena topik obrolan yang disimaknya
D. seorang siswa berpidato di depan kelas sementara siswa-siswa lainnya menyimak kemudian mempersembahkan tanggapan dalam bentuk tulisan
Jawab:
A. Benar, acara tersebut ialah keterpaduan keterampilan berbicara dengan serius menulis
Pembahasan:
nda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 5, acara berguru 1, halaman 6.17 hingga dengan 6.21
43. Keterpaduan keterampilan membaca dengan serius menulis sanggup dilihat pada acara diberikut ini :
A. Siswa menulis sebuah naskah drama kemudian mereka ditugasi untuk mementaskan naskah drama yang sudah dibuat secara
B. Para siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen anak-anak, kemudian mereka melanjutkan membuat resensi dari cerpen tersebut.
C. Guru membacakan sebuah dongeng, setelah itu siswa mengungkapkan amanat yang terkandung dalam dongeng secara lisan
D. Siswa membacakan sebuah artikel yang menarikdanunik di depan kelas, dan guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal tersebut
Jawab:
B. Benar, acara tersebut menggambarkan adanya keterpaduan keterampilan membaca dengan serius menulis
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 8 , acara berguru 2, halaman 8.28 hingga dengan 8.34
44. Keterpaduan keterampilan menyimak dan berbicara dengan serius membaca terdapat pada acara ....
A. Sesudah membaca sebuah novel anak-anak, siswa kemudian menyimak diskusi terkena unsur intrinsik dan ekstrinsik, selanjutnya siswa lainnya mengajukan tanggapan maupun pertanyaan secara verbal berkaitan dengan kehidupan bawah umur pada zaman sekarang.
B. Guru membacakan sebuah puisi, siswa menyimaknya, kemudian mereka berdiskusi dengan guru, usai pembacaan puisi tersebut.
C. Seorang siswa membacakan puisi, siswa lain menyimaknya, kemudiam mereka membuat parafrase dari puisi yang sudah dibacakan tadi.
D. Siswa menyimak pementasan drama, kemudian mereka membaca sebuah novel dengan tema yang sama dengan drama yang sudah dipentaskan, kemudian mendiskusikannya dengan guru mereka
Jawab:
A. Benar, hal tersebut menggambarkan keterpaduan keterampilan menyimak, berbicara dengan serius membaca
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul, acara berguru 1, halaman 6.17 hingga dengan 6.21
45. Berikut ini yang ialah acara terpadu keterampilan menulisdengan serius membaca, kecuali ....
A. setelah membaca sebuah artikel yang berjudul “Kenaikan Harga-Harga Bahan Pokok” siswa-siswa diminta untuk mengisi bagian-bagian teks dengan tema yang sama, dimana bagian-bagian teks itu sudah dikosongkan.
B. setelah membaca sebuah cerita, siswa menceritakan kembali dongeng tersebut secara lisan
C. setelah membaca sebuah cerpen bertema kebangkitan nasional, siswa kemudian membuat kesimpulan dari bacaan tersebut
D. setelah membaca legenda suatu tempat di Indonesia, siswa kemudian mencari kata-kata yang susah dimengerti oleh mereka, untuk kemudian dicari maknanya di dalam engkaus
Jawab:
D. Benar, lantaran acara tersebut tidak menggambarkan keterpaduan keterampilan menulis dengan serius membaca
Pembahasan:
Anda sanggup membaca pembahasan tersebut pada modul 6 , acara berguru 1, halaman 6.17 hingga dengan 6.21
46. Berikut ini yang termasuk manfaat menceritakan yaitu ....
1. mengajarkan kebenaran
2. mempersembahkan keteladanan
3. menguasai cerita
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2 benar, lantaran dongeng yang baik mengandung anutan kebenaran dan mempersembahkan keteladanan.
47. Berikut ini yang termasuk jenis membaca ekstensif yaitu ....
1. membaca sekilas
2. membaca dangkal
3. membaca sastra
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2, benar, lantaran jenis membaca ekstensif yaitu membaca sekilas dan membaca dangkal.
48. Kata bergaris miring pada kalimat diberikut ini yang mengandung denotasi yaitu ....
1. Upaya menjaga kemembersihkanan kuliner menjadi syarat utama dalam mengelola rumah makan
2. Kulit yang berkilau dan cerah menjadi dambaan setiap perempuan Indonesia
3. Susu ini diproses secara higienis
Jawab:
Pernyataan 1 dan 3, benar, lantaran kata kemembersihkanan dan bersih yaitu kata yang bermakna denotasi
49. Kalimat diberikut ini yang mempunyai kata abnormal yaitu ....
1. Restoran ini sangat cocok untuk pecinta kuliner
2. Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah
3. Saat diproduksi, tablet dibuat terlalu padat sehingga perut perlu waktu lebih dari 45 menit untuk memecahkannya
Jawab:
Pernyataan 1 dan 2 benar, lantaran kata masakan dan kasih ialah kata abstrak
50. Berikut ini kalimat yang mempunyai kata gila yaitu kalimat ....
1. Akibat kemembersihkanan air yang tidak terjaga, kita beresiko terpapar air yang terkotori kuman.
2. Bank swasta tersebut mempunyai jumlah costumer yang cukup besar di Indonesia.
3. Jangan doloe mempersembahkan judgment bahwa seseorang tersebut tidak suka pada kita sebelum kita mengenalnya dengan baik
Jawab:
Pernyataan 2 dan 3 benar, lantaran kata costumer dan judgment yaitu kata asing
Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4101
Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang sudah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempergampang Anda menyimpan dokumen, lantaran terkadang ada dari Mahasiswa yang kesusahan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas PDGK4101 Keterampilan Berbahasa Indoensia SD, silahkan Anda klik link dibahwa ini.Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk eksklusif menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian tamat semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait soal ujian ut pgsd pdgk4101 keterampilan berbahasa indoensia SD, semoga soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca aneka macam soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk bergabung bersama kami di media sosial, terima kasih.