Soal ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD dan kunci jawabanan serta pembahasan soal kami bagikan untuk Anda selaku Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan Pendidikan Guru SD (PGSD) yang kini sedang menempuh pendidikan pada semester 3 sebagai bekal atau persiapan pembelajaran Anda dalam mengikuti ujian final semester nantinya. soal ujian UT PGSD PDGK4201 Pembelajaran PKN di SD.
Soal UT yang kami sajikan ini lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal serta kami juga menyiapkan pada setiap soal pembahasannya. Soal ujian UT ini bisa Anda pelajari secara online sebab dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanan. Makara tentunya sangat memmenolong Anda dalam mempelajarinya, Anda bisa mencar ilmu pribadi dari handphone Anda. Dan kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload setiap soal yang kami bagikan pada final posting, jadi Anda tidak perlu copy paste soal ini, tinggal download saja pada link yang sudah kami sediakan. Dan Anda bisa mendapat soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa pribadi Anda print atau cetak.
Soal Ujian UT PGSD Semester 3 lainnya:
Soal ujian UT PGSD ini tentunya sangat memmenolong Anda dalam memahami dan mempelajari materi, jadi Anda tidak perlu menguras banyak waktu dalam hal belajar. Dan tiruana soal tentunya tidak lepas dari materi yang ada pada modul, jadi sangat besar kemungkinan soal yang kami bagikan ini bisa keluar atau sama yang nantinya keluar pada waktu ujian final semester.
Nah diberikut ini kami bagikan pada Anda soal beserta kunci jawabanan serta pembahsan soal ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD. Sebagai bekal Anda dalam mempelajari materi serta bekal untuk menghadapi ujian final semester nantinya.
A. Sensori motor
B. Pre-Operasional
C. Konkret Operasional
D. Formal Operasional
Jawab:
C. Benar, sebab anak sudah berada pada tahap melakukan
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 ihwal Teori Piaget dabn penerapannya dalam pembelajaran IPA
2. Pembelajaran IPA dengan bahasan udara yang bergerak memiliki tekanan yang lebih rendah daripada udara membisu didiberikan alat peraga dua bola pimpong, benang, dan kayu. melaluiataubersamaini memakai pendekatan teori piaget, pembelajaran tersebut sempurna didiberikan pada anak pada tahap ....
A. Sensori motorik
B. Pre-Operasional
C. Konkret Operasional
D. Formal Operasional
Jawab:
C. Benar, sebab Konkret Operasional yakni perkembangan anak pada usia 7 - 11 tahun
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 ihwal Teori Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD
3. Taksonomi hasil mencar ilmu berdasarkan Gagne diantaranya diperolehnya keterampilan intelektual siswa. misal keterampilan intelektual siswa sanggup diketahui melalui ....
A. Penjelasan guru ihwal fakta dan konsep
B. Pertanyaan guru ihwal bagaimana membedakan atau bagaimana mendefinisikan suatu konsep
C. Pertanyaan ihwal nama penemu
D. Penejelasan ihwal generalisasi suatu konsep
Jawab:
B. Benar, sebab mengatakan proses berfikir dan keterampilan intelektual siswa
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 ihwal Pendekatan dalam pembelajaran IPA SD
4. Keterampilan intelektual sanggup dijelaskan sebagai keterampilan diskriminasi konsep konkret, konsep terdefinisim, dan hukum keterampilan diskriminasi suatu konsep sanggup dicontohkan sebagai diberikut:
A. Membedakan antara lingkungan membersihkan dan tercemar
B. Menunjukkan benda terapung, melayang dan tenggelam
C. Memdiberikan definisi ihwal bunga lengkap
D. Memdiberikan demonstrasi ihwal udara memiliki berat
Jawab:
A. Benar, sebab mendeskriminasikan lingkungan membersihkan dan tercemar
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 ihwal Pendekatan dalam pembelajaran IPA SD
5. Dalam pembelajaran IPA di SD dengan topik bahasan udara bergerak memiliki tekanan, memulai pembelajaran dengan memdiberi pertanyaan ihwal udara dan fungsinya untuk mengetahui pemahaman pertama siswa. Menurut Ausubel, yang dilakukan guru tersebut memakai prinsip ....
A. Diferensiasi progresif
B. Diferensiasi integratif
C. Rekonsiliasi progresif
D. Rekonsiliasi integratif
Jawab:
D. Benar, sebab rekonsiliasi integrative ialah konsep-konsep gres diintegrasikan dengan konsep-konsep yang sudah dipelajari sebelumnya
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 ihwal Teori Belajar Ausubel dalam pembelajaran IPA
6. Pendekatan pembelaran IPA yang memerlukan obyek konkrit eksplorasi, mendapat fakta untuk memahami sesuatu disebut dengan pendekatan ....
A. Faktual
B. Keterampilan proses
C. Konseptual
D. Lingkungan
Jawab:
C. Benar, sebab ialah rangkaian dari fakta-fakta dan menyajikan ilustrasi yang lebih konkret daripada pendekatan faktual
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 ihwal Teori Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD
7. Hasil mencar ilmu siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan konsep sanggup dilihat berdasarkan ....
A. ketercapaian kompetensi dasar yang sudah dirumuskan
B. ketercapaian dalam pemeilihan metoda pembelajaran
C. ketercapaian penyelesaian kiprah yang didiberikan
D. Kesesuaian antara kompetensi dasar dengan topik bahasan yang disajikan
Jawab:
A. Benar, sebab hasil mencar ilmu sanggup dilihat berdasarkan keteracapaian kompetensi dasar
Pembahasan:
Pelajari Modyul 2 ihwal pendekatan dalam pembelajaran IPA SD
8. Pembelajaran IPA ihwal air memiliki berat ditunjukkan oleh acara percobaan mengukur berat air pada volume : 1 liter, 2 liter, 3 liter, 4 liter dan 5 liter. Pernyatan yang benar untuk variabel bebas yakni ....
A. berat air
B. volume air yang tidak sama-beda ialah variabel bebas
C. perbedaan berat air ialah variabel bebas
D. volume air di final percobaan
Jawab:
B. Benar, sebab volume air yang tidak sama-beda ialah variabel bebas
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 ihwal Keterampilan roses dasar dan keterampilan roses terintegerasi
9. Siswa bisa mengelompokkan objek-objek atau menginformasikan berdasarkan karakteristik yang dimilikinya dengan mengacu pada metode tertentu. keterampilan yang dimiliki siswa tersebut tergolong keterampilan ....
A. Mengobservasi
B. Mengklasifikasi
C. Membedakan
D. Menjelaskan
Jawab:
B. Benar, sebab mengklasifikasi sudah bisa mencirikan berdasarkan karakteristik
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 ihwal keterampilan proses dalam pembelajaran IPA SD
10. Dalam pembelajaran IPA di SD ihwal perubahan wujud, guru menyiapkan seperangkat alat dan materi seperti, bak, thermometer, pemanas air, dan es. Sesudah siswa selsai melaksanakan percobaan, siswa diminta untuk pertanda hasil temuannya. Keterampilan yang diperoleh siswa pada pembelajaran tersebut yakni ....
A. Memprediksi
B. Mengobservasi
C. Mengklasifikasi
D. Mengkomunikasi
Jawab:
D. Benar, sebab pembelajaran tersebut pertanda hasil temuan
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 ihwal penerapan pendekatan dalam IPA SD
11. Di halaman sekolah terdapat 50 tumbuhan berdaun hijau. Pak guru meminta siswa mengamati bentuk / jenis daun dari seluruh tumbuhan yang tumbuh di halaman sekolah. Selain daun, siswa juga diminta mengamati 5 jenis bunga yang tumbuh pada tumbuhan tersebut. Ke-50 jenis daun dari tumbuhan yang ada di sekolah sanggup digolongkan sebagai:
A. Sampel
B. Populasi
C. Survey
D. Variabel
Jawab:
B. Benar, sebab ialah seluruh objek yang diteliti
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 ihwal keterampilan proses memformulasi hipotesis, mengontrol variabel, membuat definisi operasional dan menginterpretasi data
12. Pada pembelajaran IPA dengan bahasan "Air menekan ke segala arah dan semakin ke bawah tekanan semakin besar", memakai materi air dan peralatan ....
A. kaleng yang dilubangi dan plastisin sebagai epilog kubang
B. wadah / gelas dan pasir dan didiberi air
C. kaleng meliputi air dan digerahkan
D. wadah / gelas, pengaduk, garam, gula
Jawab:
A. Benar, sebab kaleng yang dilubangi dan didiberi air akan menekan ke segala arah
Pembahasan:
Pelajari Modul 5 ihwal alat peraga dalam pembelajaran IPA SD
13. Pembelajaran terintegrasi inter disiplin dengan tema Air dan kegunaannya untuk siswa kelas IV sanggup dilakukan melalui tahapan ....
A. mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air, manfaat air bagi makhluk hidup
B. mengkaitkan konsep-konsep sifat air, fungsi air, jumlah air yang dibutuhkan bagi maakurakat sekitar / penjernihan air
C. mengkaitkan konsep-konsep sifat air, jumlah debit air yang mengalir pada sungai, manfaat air
D. mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air, rumus molekul air dan fungsi air sebagai penghantar listrik
Jawab:
A. Benar, sebab konsep berasal dari 1 mata pelajaran sesuai untuk siswa kelas IV
Pembahasan:
Modul 6 ihwal merancang pembelajaran IPA terintegrasi
14. Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas tinggi sanggup didiberikan berdasarkan keterkaitan antar konsep dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Tema yang dipilih pada pembelajaran tersebut antara lain ....
A. Matahari
B. Pasar
C. Banjir
D. Benda padat, cair, dan gas
Jawab:
C. Benar, sebab topik banjir sanggup dikembangkan dari pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan IPS
Pembahasan:
Pelajari Modul 6 ihwal Merancang pembelajaran IPA terintegrasi
15. misal alat penilaian hasil mencar ilmu kepribadian diantaranya sanggup ditunjukkan melalui pernyataan ....
A. Dalam kerja kelompok, setiap anggota kelompok mendengarkan pendapat anggota kelompoknya
B. Penanaman pohon palem hendaknya berjarak minimal 3 meter
C. Harus ada dukungan kerja yang sama untuk setiap anggota kelompok
D. Siswa yang arif harus memmenolong siswa yang lambat dalam bekerja
Jawab:
A. Benar, sebab berkenaan dengan sikap
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 ihwal Evaluasi hasil mencar ilmu IPA di SD
16. Langkah-langkah pembelajaran yang sanggup dipilih guru dalam membelajarkan sistem pencernaan antara lain yakni melaksanakan acara pertama dengan ....
A. pertanda susunan alat pencernaan
B. menanyakan fungsi alat-alat pencernaan dalam tubuh
C. pertanda macam-macam alat pencernaan yang tertera pada alat peraga
D. meminta siswa memakan biscuit yang didiberikan guru, kemudian bertanya ihwal kemana jalannya makanan setelah ditelan
Jawab:
D. Benar, sebab dibandingkan jawabanan lain lebih tepat, sebab dipertama pembelajaran sebaiknya guru memancing perhatian siswa
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 ihwal merancang pembelajaran IPA kelas V
17. Komponen silabus yang dikembangkan oleh guru yang meliputi ihwal penjabaran kompetensi yang ingin diperoleh siswa ia final setiap acara pembelajaran tercantum dalam ....
A. Indikator
B. Materi pokok bahasan
C. Kegiatan pembelajaran
D. Kompetensi dasar
Jawab:
A. Benar, sebab indikator meliputi ihwal kompetensi yang diharapkan tercapai pada final pembelajaran
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 ihwal merancang Pembelajaran IPA kelas V
18. Dalam menyusun rancangan pembelajaran konsep esensial ihwal Perpindahan Energi, acara yang didiberikan guru antara lain yakni guru ....
A. mendeskripsikan perubahan energi listrik menjadi energi lain
B. menyajikan warta ihwal perpindahan dan perubahan energi listrik secara lengkap
C. pertanda cara perpindahan energi
D. mendemonstrasikan referensi banyak sekali cara perpindahan energi listrik
Jawab:
D. Lebih tepat, sebab acara mencar ilmu sanggup berupa demonstrasi atau eksperimen. Bila peralatan terbatas sanggup dipakai demonstrasi
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 ihwal merancang pembelajaran IPAkelas VI
19. Siswa Kelas III SD sudah berada pada tahap konkret operasional, pada pembelajaran IPA di kelas dengan bahasan "Perubahan Wujud Zat" referensi yang sanggup didiberikan guru yakni menunjukkan proses perubahan wujud dari ....
1. cair menjadi padat dengan memakai air dan alat pendingin
2. padat menjadi uap dengan memakai kapur barus
3. uap menjadi cair dengan memakai air dan alat pemanas
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar sedangkan Butir 3 Salah, sebab perubahan wujud uap menjadi cair atau mengembun tidak sanggup diperagakan di kelas
20. Perbedaan pengertian asimilasi dan fasilitas dalam membangaun pemahaman sanggup dijelaskan sebagai diberikut:
1. asimilasi ialah proses peningkatan pengetahuan kompleks melalui penerapan pemahaman sebelumnya
2. fasilitas yakni perubahan struktur mental pertama anak sesuai dengan pengalamannya
3. asimilasi ialah penanaman struktur mental yang mengikuti keadaan dengan struktur fisik
Jawab:
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah, sebab pengetahuan yang kompleks ialah proses akomodasi
21. Model mencar ilmu inovasi dipandang sebagai suatu mencar ilmu yang terjadi apabila siswa tidak didiberi konsep namun melaksanakan inovasi ihwal konsep tersebut. Model mencar ilmu tersebut dimaksudkan supaya siswa ....
1. menemukan pengetahuan secara aktif
2. bisa memecahkan masalah
3. mendapat pengetahuan yang bermakna
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar
22. Bruner mengembangkan pembelajaran yang dikenal dengan model pembelajaran penemuan. misal model pembelajaran inovasi bagi siswa SD diantaranya sanggup diterangkan melalui acara siswa ....
1. mengamati perubahan wujud
2. menggambarkan referensi bunga lengkap
3. membuat rancangan aliran listrik searah dan parallel
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah, sebab tidak termasuk referensi model penemuan
23. Pandangan Piaget bila dikaitkan dengan pandangan Bruner sanggup ditunjukkan oleh hal diberiku:
1. anak pada tahap sensori motorik sejajar dengan anak pada tahap penampilan enaktif
2. anak pada tahap pre-operasional sejajar dengan anak pada tahap penambilan ikonik
3. anak pada tahap operasional formal / logis sejajar denghan anak pada tahap simbolik
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
24. Taksonomi hasil mencar ilmu berdasarkan Gagne diantaranya yakni ....
1. warta verbal
2. keterampilan-keterampilan intelektual
3. seni administrasi kognitif
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar, sebab ialah taksonomi hasil mencar ilmu berdasarkan Gagne
25. Berdasarkan denah disamping sanggup dijelaskan bahwa
1. Hewan memakai oksigen untuk mempertahankan proses hidup
2. Tumbuhan memakai binatang dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup
3. Tumbuhan mengeluarkan oksigen
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar, sebab Hewan memakai oksigen untuk mempertahankan proses hidup, Tumbuhan memakai binatang dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup dan tumbuhan juga mengeluarkan oksigen
26. Dalam pembelajaran IPA di SD, pendekatan yang dilakukan guru meliputi ....
1. Inkuiri Ilmiah
2. Bekerja dan bersikap ilmiah
3. Keterampilan berkomunikasi
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab ialah butir-butir yang diharapkan dalam pembelajaran dengan pendekatan IPA SD
27. Pembelajaran IPA ihwal makhluk hidup dan proses kehidupan di kelas III mendeskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Pendekatan pembelajaran yang sanggup dilakukan guru antara lain:
1. memakai lingkungan sekolah / halaman sekolah sebagai sumber belajar
2. pertanda ihwal penyebab sungai tercemar
3. pertanda cara mengasihi lingkungan supaya membersihkan dan sehat
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar
28. Hasil mencar ilmu siswa pada pembelajaran IPA kelas IV dengan topik bahasan Energi dan Perubahannya memiliki kompetensi dasar penerima didik bisa menyimpulkan dari hasilo percobaan bahwa gaya sanggup mengubah gerak dan bentuk suatu benda. Pendekatan yang sanggup dipakai guru dalam pembelajaran tersebut antara lain yakni ....
1. mendefinisikan perubahan energi gerak akhir imbas udara
2. melaksanakan analisis, sintesis dan penilaian dalam membuat parasut dari plastik
3. membuat kapal berbaling-baling dari logam
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar sedangkan Butir 3 Salah, sebab bukan pendekatan yang dimaksud
29. Metoda diskusi sanggup dipilih guru untuk melengkapi acara percobaan yang sudah dilakukan siswa. Namun guru perlu menguasai / memahami keaktifan tiap individu siswa sebab kelemahan penerapan metoda diskusi antara lain yakni ....
1. mempertinggi kiprah serta siswa secara perorangan
2. pembicaraan didominasi oleh pinpinan diskusi
3. siswa yang arif cenderung aktif berbicara
Jawab:
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah, sebab ialah kekuatan penerapan metoda diskusi bukan kelemahan
30. Pembelajaran IPA dengan topik terapung, melayang, dan karam untuk siswa kelas III akan lebih sempurna didiberikan bila guru memakai metoda ....
1. eksperimen
2. diskusi
3. demonstrasi
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar, sebab metoda eksperimen dan demonstrasi sanggup dipakai untuk pertanda konsep dengan memakai alat-alat sederhana, tidak berbahaya dan mudah didapat sedangkan Butir 2 Salah, sebab siswa kelas III belum sempurna bila didiberi diskusi
31. Pembelajaran IPA dengan topik bumi berutar pada porosnya dan bumi mengelilingi matahari, sanggup didiberikan guru dengan memakai metoda ....
1. ceramah dan gambar-gambar
2. simulasi
3. eksperimen
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkat Butir 3 Salah, sebab tidak mungking bereksperimen dengan sesungguhnya
32. Siswa melaksanakan penyelidikan ihwal macam-macam bentuk tulang daun, dari sejumlah tumbuhan yang tumbuh di halaman sekolah. Keterampilan proses terintegrasi yang diperoleh siswa antara lain yakni ....
1. mengobservasi
2. mengukur
3. mengklasifikasi
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sebab siswa mengamati / menilik dan hasilnya menyimpulkan dan sanggup dilakukan untuk melihat bentuk daun sedang Butir 2 Salah, sebab tidak bertujuan untuk mengukur
33. Guru mengajarkan materi "Aliran listrik seri dan parallel" melalui percobaan dengan mempersembahkan seperangkat alat dan Lembar Kerja Siswa Variabel yang terdapat pada keterampilan proses terintegrasi pada percobaan tersebut diantaranya yakni ....
1. membuat kesimpulan berdasarkan hasil observasi
2. mengamati hasil percobaan
3. menuliskan perbedaan dua benda yang diamati
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab siswa mengamati / memeriksa, melihat perbedaan, menuliskan hasil percobaan hasilnya menyimpulkan
34. Pernyataan yang benar untuk rumusan hipotesis yakni ....
1. kalau suhu air meningkat, maka jumlah oksigen yang terlarut di dalamnya akan menurun
2. mengurangi valomeair akan menyebabkan menurunnya berat air
3. meningkatkan hasil mencar ilmu siswa dilakukan melalui penerapan variasi media
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar sebab ditunjukkan dengan ada prediksi berkenaan dengan proses penerapan observasi. Sedang Butir 3 Salah, sebab tidak menggambarkan prediksi
35. Prinsip pemilihan media dalam pembelajaran IPA antara lain yakni ....
1. sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. memdiberi peluang siswa untuk mempelajari atau berpartisipasi dalam pembelajaran
3. mempertimbangkan kepraktisan, biaya serta sifat media
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
36. Peran alat peraga dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan proses yakni ....
1. membangkitkan keingintahuan siswa ihwal materi yang diajarkan
2. mempersembahkan pembelajaran yang bermakna bagi siswa sebab pembelajaran akan tersimpan usang dalam ingatannya
3. mempersembahkan pengalaman nyata kepada siswa sehingga terlatih untuk berdikari dalam bekerja
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab kiprah alat peraga memeng diantaranya sebagai membangkitkan rasa ingin tahu siswa, pembelajaran lebih bermakna bagi siswa dan memdiberi pengalaman mencar ilmu pada siswa
37. Dalam mendesain alat percobaan sederhana, guru hendaknya memperhatikan kelayakan penerapan alat peraga tersebut. Adapun pertimbangan yang dilakukan guru dalam pemilihan alat peraga yakni ....
1. alat peraga tersedia di lingkungan sekolah / tempat tinggal siswa
2. alat peraga muda / tidak rumit digunakan
3. tiruana siswa harus terampil menggunakanny
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkan Butir 3 Salah sebab tidak tiruana siswa harus terampil, nila alat terlalu susah sanggup dilakukan demonstrasi oleh guru
38. Pembelajaran terintegrasi yakni pembelajaran yang ....
1. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu disiplin ilmu
2. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu rumpun bidang studi
3. mengkaitkan konsep-konsep dalam banyak sekali disiplin ilmu
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab terintegrasi ialah keterpaduan konsep-konsep baik itu dalam satu atau banyak sekali disiplin ilmu. Pernyataan soal ini tidak membedakan antara inter dan anatar disiplin ilmu
39. Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas rendah sanggup dipakai tema "Gosok Gigi". Pembelajaran terintegrasi tersebut ialah keterkaitan antar konsep dan mata pelajaran ....
1. Bahasa Indonesia
2. Ilmu Pengetahuan Alam
3. Ekonomi
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar, sebab ialah mata pelajaran yang terdapat di kelas rendah sedang Butir 3 Salah, sebab mata pelajaran ekonomi tidak secara khusus didiberikan di SD
40. Pengukuran keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran sanggup dilakukan dengan memakai alat ukur atau tes. Keberhasilan seseorang tersebut sanggup diukur tidak spesialuntuk berdasarkan penguasaan terhadap materi tetapi berdasarkan dampak penguasaan terhadap jenjang ....
1. Proses berfikir
2. Pengembangan kepribadian
3. Kemampuan keterampilan
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
41. Evaluasi proses yakni pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk ....
1. mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
2. mengukur kemampuan kognitif siswa
3. mengetahui kesusahan penerima didik dlam mencapai tujuan pembelajaran
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab kognitif yakni potongan dari kognitig, afektif dan psikomotor
42. misal alat penilaian proses dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang benar antara lain yakni ....
1. Mengukur suhu air dengan memakai thermometer yang ditempelken pada alat penahan
2. Memegang anak timbangan dengan tangan secara langsung
3. Mengenali anyir sampah akhir proses pembusukkan materi organik
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedang Butir 2 Salah sebab anak timbangan tidak dapt dipegang pribadi sanggup mengganggu berat akhir adanya zat atau keringat yang menempel
43. Pelaksanaan penilaian hasil mencar ilmu sanggup dilakukan melalui alat ukur tes tertulis atau lisan. Tes tertulis lebih serng dipilih guru dengan pertimbangan ....
1. sanggup meliputi beberapa aspek banyak siswa
2. waktu yang dipakai lebih sedikit
3. memiliki peluang memperoleh pertanyaan yang sama untuk tiruana penerima didik
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
44. Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dilakukan dengan mengacu pada peraturan ....
1. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 tahun 2006
Jawab:
Pernyataan 1 berkenaan dengan sistem Pendidikan Nasional
Pernyataan 2 berkenaan dengan standar Nasional Pendidikan
Pernyataan 3 berkenaan dengan standar isi dan standar kompetensi lulusan
45. Pengembangan KTSP ditujukan untuk pengembangan kompetensi penerima didik. Dasar pengembangannya yakni ....
1. adanya kebutuhan dan kepentingan penerima didik serta tuntutan lingkungan
2. memdiberi pengalaman pada penerima didik untuk memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
3. kepentingan pemerintah sentra dan kawasan untuk kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
46. Dalam penyusunan KTSP memerlukan sejumlah komponen terkait dengan pengembangannya. Komponen-komponen tersebut antara lain yakni ....
1. Merumuskan misi sekolah
2. Merumuskan tujuan Instruksional Umum
3. Tujuan satuan pendidikan
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedang Butir 2 Salah sebab TIU sudah tidak lagi dipakai tetapi dikembangkan Kompetensi dasar yang dijabarkan dari Standar Kompetensi yang sudah diputuskan
47. Dalam mengembangkan rancangan pembelajaran di kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, langkah-langkah pengembangan silabus yang dilakukan guru antara lain yakni ....
1. mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
2. mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkatian standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3. mengidentifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan potensi penerima didik
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
48. Materi essensial kelas IV diantaranya yakni lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Salah satu bahasan yang sanggup dipilih guru yakni pencemaran air. Rancangan pembelajaran yang sanggup dilakukan diantaranya yakni ....
1. mengajak siswa mengamati akses air di sekitar sekolah
2. mempertunjukkan gambar-gambar film ihwal sungai yang berwarna kelabu dan sungai yang membersihkan
3. mengamati gambar mencairnya pegunungan es akhir gerah yang tinggi
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar Sedangkan Butir 3 Salah sebab gerah tinggi diduga akhir pemanasan global
49. Dalam menyajikan pembelajaran IPA kelas V ihwal Lingkungan Sehat, metoda yang sanggup dipilih guru antar lain yakni ....
1. kunjungan lapangan / observasi di kawasan sekitar sekolah
2. eksperimen / demonstrasi di kelas ihwal uji kandungan zat berbahaya dalam air sungai
3. ceramah dan tanya balasan ihwal gambar-gambar lingkungan sehat
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah, sebab SD belum mencar ilmu ihwal kandungan zat pencemar dalam air sungai
50. Pembelajaran IPA di SD dengan topik bahasan Perpindahan Energi Listrik, guru merancang pembelajaran dengan memakai alat peraga rangkaian listrik sederhana menyerupai logam dasar, kayu, baterai, lampu, kabel, ulir lampu dan penjepit. Konsep-konsep yang dipilih guru melalui pembelajaran tersebut adalah
1. konduktor dan isolator
2. rangkaian listrik seri dan parallel
3. rangkaian tertutup
Jawab:
Butir 1 logam dasar baik dalam menghatar listrik, sedang kayu tidak
Butir 2 rangkaian listrik sanggup didiberikan secara seri dan parallel
Butir 3 rangakaian tertutup sanggup menghindarkan listrik dengan baik
Harapan kami dan Anda tentunya dengan adanya soal ini bisa memmenolong dan menghemat waktu Anda mempelajari setiap mata kuliah yang ada. melaluiataubersamaini mempelajari soal ini dan mengingat jawabanan dan memahami soalnya, tentu akan sangat memmenolong Anda dalam menghadapai ujian final semester nantinya. Tak kala terkadang soal yang keluar pada waktu ujian nantinya sama persis menyerupai soal yang Anda pelajari.
Nah itulah soal ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD, semoga bisa memmenolong Anda untuk menghadapi ujian final semester nantinya. Jika ada hal yang ingin Anda tanyakan atau Anda mengalami kesusahan dalam hal mencari soal yang Anda perlukan. Jangan sungkan untuk menghubungi kami melalaui halaman Contact. Serta kami juga berharap Anda bisa membuatkan soal atau merekomendasikan blog soal uas ut ini pada mitra Anda yang lainnya yang sama berkuliah di Universitas Terbuka, terima kasih.
Soal UT yang kami sajikan ini lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal serta kami juga menyiapkan pada setiap soal pembahasannya. Soal ujian UT ini bisa Anda pelajari secara online sebab dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanan. Makara tentunya sangat memmenolong Anda dalam mempelajarinya, Anda bisa mencar ilmu pribadi dari handphone Anda. Dan kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload setiap soal yang kami bagikan pada final posting, jadi Anda tidak perlu copy paste soal ini, tinggal download saja pada link yang sudah kami sediakan. Dan Anda bisa mendapat soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa pribadi Anda print atau cetak.
Soal Ujian UT PGSD Semester 3 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4201 Pembelajaran PKN di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4203 Pendidikan Matematika 1
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4204 Pendidikan Bahasa Indonesia di SD
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4205 Pembelajaran Terpadu di SD
Soal ujian UT PGSD ini tentunya sangat memmenolong Anda dalam memahami dan mempelajari materi, jadi Anda tidak perlu menguras banyak waktu dalam hal belajar. Dan tiruana soal tentunya tidak lepas dari materi yang ada pada modul, jadi sangat besar kemungkinan soal yang kami bagikan ini bisa keluar atau sama yang nantinya keluar pada waktu ujian final semester.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD Beserta Kunci Jawaban
Mempersiapkan diri Anda untuk memhadapi ujian final semester nantinya tentu sangat perlu Anda lakukan. melaluiataubersamaini mempelajari soal-soal in akan sangat baik sekali, hal ini bisa menghemat waktu Anda. Yang mana kita tahu bahwa kesusahan akan mempelajari tiruana materi yang ada sebab mata kuliah yang banyak serta SKS yang besar. Belum lagi kalau ada mata kuliah yang harus diulang, tentunya ini akan sangat merepotkan Anda sebab pada banyaknya mata kuliah yang harus diujiankan. Untuk melihat banyak sekali soal lainnya terkait Mahasiswa UT PGSD semester 3, Anda bisa mencari soal lainnya lengkap untuk tiruana semester, dari semester 1 hingga semester 10 pada artikel kami Soal Ujian UT PGSD.Nah diberikut ini kami bagikan pada Anda soal beserta kunci jawabanan serta pembahsan soal ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD. Sebagai bekal Anda dalam mempelajari materi serta bekal untuk menghadapi ujian final semester nantinya.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4202
1. Piaget membagi perkembangan mental anak menjadi empat tahapan. Tahapan dimana anak sudah sanggup melaksanakan konservasi logika ihwal kelas dikenal ....A. Sensori motor
B. Pre-Operasional
C. Konkret Operasional
D. Formal Operasional
Jawab:
C. Benar, sebab anak sudah berada pada tahap melakukan
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 ihwal Teori Piaget dabn penerapannya dalam pembelajaran IPA
2. Pembelajaran IPA dengan bahasan udara yang bergerak memiliki tekanan yang lebih rendah daripada udara membisu didiberikan alat peraga dua bola pimpong, benang, dan kayu. melaluiataubersamaini memakai pendekatan teori piaget, pembelajaran tersebut sempurna didiberikan pada anak pada tahap ....
A. Sensori motorik
B. Pre-Operasional
C. Konkret Operasional
D. Formal Operasional
Jawab:
C. Benar, sebab Konkret Operasional yakni perkembangan anak pada usia 7 - 11 tahun
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 ihwal Teori Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD
3. Taksonomi hasil mencar ilmu berdasarkan Gagne diantaranya diperolehnya keterampilan intelektual siswa. misal keterampilan intelektual siswa sanggup diketahui melalui ....
A. Penjelasan guru ihwal fakta dan konsep
B. Pertanyaan guru ihwal bagaimana membedakan atau bagaimana mendefinisikan suatu konsep
C. Pertanyaan ihwal nama penemu
D. Penejelasan ihwal generalisasi suatu konsep
Jawab:
B. Benar, sebab mengatakan proses berfikir dan keterampilan intelektual siswa
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 ihwal Pendekatan dalam pembelajaran IPA SD
4. Keterampilan intelektual sanggup dijelaskan sebagai keterampilan diskriminasi konsep konkret, konsep terdefinisim, dan hukum keterampilan diskriminasi suatu konsep sanggup dicontohkan sebagai diberikut:
A. Membedakan antara lingkungan membersihkan dan tercemar
B. Menunjukkan benda terapung, melayang dan tenggelam
C. Memdiberikan definisi ihwal bunga lengkap
D. Memdiberikan demonstrasi ihwal udara memiliki berat
Jawab:
A. Benar, sebab mendeskriminasikan lingkungan membersihkan dan tercemar
Pembahasan:
Pelajari Modul 2 ihwal Pendekatan dalam pembelajaran IPA SD
5. Dalam pembelajaran IPA di SD dengan topik bahasan udara bergerak memiliki tekanan, memulai pembelajaran dengan memdiberi pertanyaan ihwal udara dan fungsinya untuk mengetahui pemahaman pertama siswa. Menurut Ausubel, yang dilakukan guru tersebut memakai prinsip ....
A. Diferensiasi progresif
B. Diferensiasi integratif
C. Rekonsiliasi progresif
D. Rekonsiliasi integratif
Jawab:
D. Benar, sebab rekonsiliasi integrative ialah konsep-konsep gres diintegrasikan dengan konsep-konsep yang sudah dipelajari sebelumnya
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 ihwal Teori Belajar Ausubel dalam pembelajaran IPA
6. Pendekatan pembelaran IPA yang memerlukan obyek konkrit eksplorasi, mendapat fakta untuk memahami sesuatu disebut dengan pendekatan ....
A. Faktual
B. Keterampilan proses
C. Konseptual
D. Lingkungan
Jawab:
C. Benar, sebab ialah rangkaian dari fakta-fakta dan menyajikan ilustrasi yang lebih konkret daripada pendekatan faktual
Pembahasan:
Pelajari Modul 1 ihwal Teori Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran IPA SD
7. Hasil mencar ilmu siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan konsep sanggup dilihat berdasarkan ....
A. ketercapaian kompetensi dasar yang sudah dirumuskan
B. ketercapaian dalam pemeilihan metoda pembelajaran
C. ketercapaian penyelesaian kiprah yang didiberikan
D. Kesesuaian antara kompetensi dasar dengan topik bahasan yang disajikan
Jawab:
A. Benar, sebab hasil mencar ilmu sanggup dilihat berdasarkan keteracapaian kompetensi dasar
Pembahasan:
Pelajari Modyul 2 ihwal pendekatan dalam pembelajaran IPA SD
8. Pembelajaran IPA ihwal air memiliki berat ditunjukkan oleh acara percobaan mengukur berat air pada volume : 1 liter, 2 liter, 3 liter, 4 liter dan 5 liter. Pernyatan yang benar untuk variabel bebas yakni ....
A. berat air
B. volume air yang tidak sama-beda ialah variabel bebas
C. perbedaan berat air ialah variabel bebas
D. volume air di final percobaan
Jawab:
B. Benar, sebab volume air yang tidak sama-beda ialah variabel bebas
Pembahasan:
Pelajari Modul 3 ihwal Keterampilan roses dasar dan keterampilan roses terintegerasi
9. Siswa bisa mengelompokkan objek-objek atau menginformasikan berdasarkan karakteristik yang dimilikinya dengan mengacu pada metode tertentu. keterampilan yang dimiliki siswa tersebut tergolong keterampilan ....
A. Mengobservasi
B. Mengklasifikasi
C. Membedakan
D. Menjelaskan
Jawab:
B. Benar, sebab mengklasifikasi sudah bisa mencirikan berdasarkan karakteristik
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 ihwal keterampilan proses dalam pembelajaran IPA SD
10. Dalam pembelajaran IPA di SD ihwal perubahan wujud, guru menyiapkan seperangkat alat dan materi seperti, bak, thermometer, pemanas air, dan es. Sesudah siswa selsai melaksanakan percobaan, siswa diminta untuk pertanda hasil temuannya. Keterampilan yang diperoleh siswa pada pembelajaran tersebut yakni ....
A. Memprediksi
B. Mengobservasi
C. Mengklasifikasi
D. Mengkomunikasi
Jawab:
D. Benar, sebab pembelajaran tersebut pertanda hasil temuan
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 ihwal penerapan pendekatan dalam IPA SD
11. Di halaman sekolah terdapat 50 tumbuhan berdaun hijau. Pak guru meminta siswa mengamati bentuk / jenis daun dari seluruh tumbuhan yang tumbuh di halaman sekolah. Selain daun, siswa juga diminta mengamati 5 jenis bunga yang tumbuh pada tumbuhan tersebut. Ke-50 jenis daun dari tumbuhan yang ada di sekolah sanggup digolongkan sebagai:
A. Sampel
B. Populasi
C. Survey
D. Variabel
Jawab:
B. Benar, sebab ialah seluruh objek yang diteliti
Pembahasan:
Pelajari Modul 4 ihwal keterampilan proses memformulasi hipotesis, mengontrol variabel, membuat definisi operasional dan menginterpretasi data
12. Pada pembelajaran IPA dengan bahasan "Air menekan ke segala arah dan semakin ke bawah tekanan semakin besar", memakai materi air dan peralatan ....
A. kaleng yang dilubangi dan plastisin sebagai epilog kubang
B. wadah / gelas dan pasir dan didiberi air
C. kaleng meliputi air dan digerahkan
D. wadah / gelas, pengaduk, garam, gula
Jawab:
A. Benar, sebab kaleng yang dilubangi dan didiberi air akan menekan ke segala arah
Pembahasan:
Pelajari Modul 5 ihwal alat peraga dalam pembelajaran IPA SD
13. Pembelajaran terintegrasi inter disiplin dengan tema Air dan kegunaannya untuk siswa kelas IV sanggup dilakukan melalui tahapan ....
A. mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air, manfaat air bagi makhluk hidup
B. mengkaitkan konsep-konsep sifat air, fungsi air, jumlah air yang dibutuhkan bagi maakurakat sekitar / penjernihan air
C. mengkaitkan konsep-konsep sifat air, jumlah debit air yang mengalir pada sungai, manfaat air
D. mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air, rumus molekul air dan fungsi air sebagai penghantar listrik
Jawab:
A. Benar, sebab konsep berasal dari 1 mata pelajaran sesuai untuk siswa kelas IV
Pembahasan:
Modul 6 ihwal merancang pembelajaran IPA terintegrasi
14. Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas tinggi sanggup didiberikan berdasarkan keterkaitan antar konsep dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Tema yang dipilih pada pembelajaran tersebut antara lain ....
A. Matahari
B. Pasar
C. Banjir
D. Benda padat, cair, dan gas
Jawab:
C. Benar, sebab topik banjir sanggup dikembangkan dari pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan IPS
Pembahasan:
Pelajari Modul 6 ihwal Merancang pembelajaran IPA terintegrasi
15. misal alat penilaian hasil mencar ilmu kepribadian diantaranya sanggup ditunjukkan melalui pernyataan ....
A. Dalam kerja kelompok, setiap anggota kelompok mendengarkan pendapat anggota kelompoknya
B. Penanaman pohon palem hendaknya berjarak minimal 3 meter
C. Harus ada dukungan kerja yang sama untuk setiap anggota kelompok
D. Siswa yang arif harus memmenolong siswa yang lambat dalam bekerja
Jawab:
A. Benar, sebab berkenaan dengan sikap
Pembahasan:
Pelajari Modul 7 ihwal Evaluasi hasil mencar ilmu IPA di SD
16. Langkah-langkah pembelajaran yang sanggup dipilih guru dalam membelajarkan sistem pencernaan antara lain yakni melaksanakan acara pertama dengan ....
A. pertanda susunan alat pencernaan
B. menanyakan fungsi alat-alat pencernaan dalam tubuh
C. pertanda macam-macam alat pencernaan yang tertera pada alat peraga
D. meminta siswa memakan biscuit yang didiberikan guru, kemudian bertanya ihwal kemana jalannya makanan setelah ditelan
Jawab:
D. Benar, sebab dibandingkan jawabanan lain lebih tepat, sebab dipertama pembelajaran sebaiknya guru memancing perhatian siswa
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 ihwal merancang pembelajaran IPA kelas V
17. Komponen silabus yang dikembangkan oleh guru yang meliputi ihwal penjabaran kompetensi yang ingin diperoleh siswa ia final setiap acara pembelajaran tercantum dalam ....
A. Indikator
B. Materi pokok bahasan
C. Kegiatan pembelajaran
D. Kompetensi dasar
Jawab:
A. Benar, sebab indikator meliputi ihwal kompetensi yang diharapkan tercapai pada final pembelajaran
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 ihwal merancang Pembelajaran IPA kelas V
18. Dalam menyusun rancangan pembelajaran konsep esensial ihwal Perpindahan Energi, acara yang didiberikan guru antara lain yakni guru ....
A. mendeskripsikan perubahan energi listrik menjadi energi lain
B. menyajikan warta ihwal perpindahan dan perubahan energi listrik secara lengkap
C. pertanda cara perpindahan energi
D. mendemonstrasikan referensi banyak sekali cara perpindahan energi listrik
Jawab:
D. Lebih tepat, sebab acara mencar ilmu sanggup berupa demonstrasi atau eksperimen. Bila peralatan terbatas sanggup dipakai demonstrasi
Pembahasan:
Pelajari Modul 9 ihwal merancang pembelajaran IPAkelas VI
19. Siswa Kelas III SD sudah berada pada tahap konkret operasional, pada pembelajaran IPA di kelas dengan bahasan "Perubahan Wujud Zat" referensi yang sanggup didiberikan guru yakni menunjukkan proses perubahan wujud dari ....
1. cair menjadi padat dengan memakai air dan alat pendingin
2. padat menjadi uap dengan memakai kapur barus
3. uap menjadi cair dengan memakai air dan alat pemanas
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar sedangkan Butir 3 Salah, sebab perubahan wujud uap menjadi cair atau mengembun tidak sanggup diperagakan di kelas
20. Perbedaan pengertian asimilasi dan fasilitas dalam membangaun pemahaman sanggup dijelaskan sebagai diberikut:
1. asimilasi ialah proses peningkatan pengetahuan kompleks melalui penerapan pemahaman sebelumnya
2. fasilitas yakni perubahan struktur mental pertama anak sesuai dengan pengalamannya
3. asimilasi ialah penanaman struktur mental yang mengikuti keadaan dengan struktur fisik
Jawab:
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah, sebab pengetahuan yang kompleks ialah proses akomodasi
21. Model mencar ilmu inovasi dipandang sebagai suatu mencar ilmu yang terjadi apabila siswa tidak didiberi konsep namun melaksanakan inovasi ihwal konsep tersebut. Model mencar ilmu tersebut dimaksudkan supaya siswa ....
1. menemukan pengetahuan secara aktif
2. bisa memecahkan masalah
3. mendapat pengetahuan yang bermakna
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar
22. Bruner mengembangkan pembelajaran yang dikenal dengan model pembelajaran penemuan. misal model pembelajaran inovasi bagi siswa SD diantaranya sanggup diterangkan melalui acara siswa ....
1. mengamati perubahan wujud
2. menggambarkan referensi bunga lengkap
3. membuat rancangan aliran listrik searah dan parallel
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah, sebab tidak termasuk referensi model penemuan
23. Pandangan Piaget bila dikaitkan dengan pandangan Bruner sanggup ditunjukkan oleh hal diberiku:
1. anak pada tahap sensori motorik sejajar dengan anak pada tahap penampilan enaktif
2. anak pada tahap pre-operasional sejajar dengan anak pada tahap penambilan ikonik
3. anak pada tahap operasional formal / logis sejajar denghan anak pada tahap simbolik
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
24. Taksonomi hasil mencar ilmu berdasarkan Gagne diantaranya yakni ....
1. warta verbal
2. keterampilan-keterampilan intelektual
3. seni administrasi kognitif
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar, sebab ialah taksonomi hasil mencar ilmu berdasarkan Gagne
25. Berdasarkan denah disamping sanggup dijelaskan bahwa
1. Hewan memakai oksigen untuk mempertahankan proses hidup
2. Tumbuhan memakai binatang dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup
3. Tumbuhan mengeluarkan oksigen
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar, sebab Hewan memakai oksigen untuk mempertahankan proses hidup, Tumbuhan memakai binatang dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup dan tumbuhan juga mengeluarkan oksigen
26. Dalam pembelajaran IPA di SD, pendekatan yang dilakukan guru meliputi ....
1. Inkuiri Ilmiah
2. Bekerja dan bersikap ilmiah
3. Keterampilan berkomunikasi
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab ialah butir-butir yang diharapkan dalam pembelajaran dengan pendekatan IPA SD
27. Pembelajaran IPA ihwal makhluk hidup dan proses kehidupan di kelas III mendeskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Pendekatan pembelajaran yang sanggup dilakukan guru antara lain:
1. memakai lingkungan sekolah / halaman sekolah sebagai sumber belajar
2. pertanda ihwal penyebab sungai tercemar
3. pertanda cara mengasihi lingkungan supaya membersihkan dan sehat
Jawab:
Butir 1,2 dan 3 Benar
28. Hasil mencar ilmu siswa pada pembelajaran IPA kelas IV dengan topik bahasan Energi dan Perubahannya memiliki kompetensi dasar penerima didik bisa menyimpulkan dari hasilo percobaan bahwa gaya sanggup mengubah gerak dan bentuk suatu benda. Pendekatan yang sanggup dipakai guru dalam pembelajaran tersebut antara lain yakni ....
1. mendefinisikan perubahan energi gerak akhir imbas udara
2. melaksanakan analisis, sintesis dan penilaian dalam membuat parasut dari plastik
3. membuat kapal berbaling-baling dari logam
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar sedangkan Butir 3 Salah, sebab bukan pendekatan yang dimaksud
29. Metoda diskusi sanggup dipilih guru untuk melengkapi acara percobaan yang sudah dilakukan siswa. Namun guru perlu menguasai / memahami keaktifan tiap individu siswa sebab kelemahan penerapan metoda diskusi antara lain yakni ....
1. mempertinggi kiprah serta siswa secara perorangan
2. pembicaraan didominasi oleh pinpinan diskusi
3. siswa yang arif cenderung aktif berbicara
Jawab:
Butir 2 dan 3 Benar sedangkan Butir 1 Salah, sebab ialah kekuatan penerapan metoda diskusi bukan kelemahan
30. Pembelajaran IPA dengan topik terapung, melayang, dan karam untuk siswa kelas III akan lebih sempurna didiberikan bila guru memakai metoda ....
1. eksperimen
2. diskusi
3. demonstrasi
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar, sebab metoda eksperimen dan demonstrasi sanggup dipakai untuk pertanda konsep dengan memakai alat-alat sederhana, tidak berbahaya dan mudah didapat sedangkan Butir 2 Salah, sebab siswa kelas III belum sempurna bila didiberi diskusi
31. Pembelajaran IPA dengan topik bumi berutar pada porosnya dan bumi mengelilingi matahari, sanggup didiberikan guru dengan memakai metoda ....
1. ceramah dan gambar-gambar
2. simulasi
3. eksperimen
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkat Butir 3 Salah, sebab tidak mungking bereksperimen dengan sesungguhnya
32. Siswa melaksanakan penyelidikan ihwal macam-macam bentuk tulang daun, dari sejumlah tumbuhan yang tumbuh di halaman sekolah. Keterampilan proses terintegrasi yang diperoleh siswa antara lain yakni ....
1. mengobservasi
2. mengukur
3. mengklasifikasi
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sebab siswa mengamati / menilik dan hasilnya menyimpulkan dan sanggup dilakukan untuk melihat bentuk daun sedang Butir 2 Salah, sebab tidak bertujuan untuk mengukur
33. Guru mengajarkan materi "Aliran listrik seri dan parallel" melalui percobaan dengan mempersembahkan seperangkat alat dan Lembar Kerja Siswa Variabel yang terdapat pada keterampilan proses terintegrasi pada percobaan tersebut diantaranya yakni ....
1. membuat kesimpulan berdasarkan hasil observasi
2. mengamati hasil percobaan
3. menuliskan perbedaan dua benda yang diamati
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab siswa mengamati / memeriksa, melihat perbedaan, menuliskan hasil percobaan hasilnya menyimpulkan
34. Pernyataan yang benar untuk rumusan hipotesis yakni ....
1. kalau suhu air meningkat, maka jumlah oksigen yang terlarut di dalamnya akan menurun
2. mengurangi valomeair akan menyebabkan menurunnya berat air
3. meningkatkan hasil mencar ilmu siswa dilakukan melalui penerapan variasi media
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar sebab ditunjukkan dengan ada prediksi berkenaan dengan proses penerapan observasi. Sedang Butir 3 Salah, sebab tidak menggambarkan prediksi
35. Prinsip pemilihan media dalam pembelajaran IPA antara lain yakni ....
1. sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. memdiberi peluang siswa untuk mempelajari atau berpartisipasi dalam pembelajaran
3. mempertimbangkan kepraktisan, biaya serta sifat media
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
36. Peran alat peraga dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan proses yakni ....
1. membangkitkan keingintahuan siswa ihwal materi yang diajarkan
2. mempersembahkan pembelajaran yang bermakna bagi siswa sebab pembelajaran akan tersimpan usang dalam ingatannya
3. mempersembahkan pengalaman nyata kepada siswa sehingga terlatih untuk berdikari dalam bekerja
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab kiprah alat peraga memeng diantaranya sebagai membangkitkan rasa ingin tahu siswa, pembelajaran lebih bermakna bagi siswa dan memdiberi pengalaman mencar ilmu pada siswa
37. Dalam mendesain alat percobaan sederhana, guru hendaknya memperhatikan kelayakan penerapan alat peraga tersebut. Adapun pertimbangan yang dilakukan guru dalam pemilihan alat peraga yakni ....
1. alat peraga tersedia di lingkungan sekolah / tempat tinggal siswa
2. alat peraga muda / tidak rumit digunakan
3. tiruana siswa harus terampil menggunakanny
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar, sedangkan Butir 3 Salah sebab tidak tiruana siswa harus terampil, nila alat terlalu susah sanggup dilakukan demonstrasi oleh guru
38. Pembelajaran terintegrasi yakni pembelajaran yang ....
1. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu disiplin ilmu
2. mengkaitkan konsep-konsep dalam satu rumpun bidang studi
3. mengkaitkan konsep-konsep dalam banyak sekali disiplin ilmu
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab terintegrasi ialah keterpaduan konsep-konsep baik itu dalam satu atau banyak sekali disiplin ilmu. Pernyataan soal ini tidak membedakan antara inter dan anatar disiplin ilmu
39. Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas rendah sanggup dipakai tema "Gosok Gigi". Pembelajaran terintegrasi tersebut ialah keterkaitan antar konsep dan mata pelajaran ....
1. Bahasa Indonesia
2. Ilmu Pengetahuan Alam
3. Ekonomi
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar, sebab ialah mata pelajaran yang terdapat di kelas rendah sedang Butir 3 Salah, sebab mata pelajaran ekonomi tidak secara khusus didiberikan di SD
40. Pengukuran keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran sanggup dilakukan dengan memakai alat ukur atau tes. Keberhasilan seseorang tersebut sanggup diukur tidak spesialuntuk berdasarkan penguasaan terhadap materi tetapi berdasarkan dampak penguasaan terhadap jenjang ....
1. Proses berfikir
2. Pengembangan kepribadian
3. Kemampuan keterampilan
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
41. Evaluasi proses yakni pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk ....
1. mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
2. mengukur kemampuan kognitif siswa
3. mengetahui kesusahan penerima didik dlam mencapai tujuan pembelajaran
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar, sebab kognitif yakni potongan dari kognitig, afektif dan psikomotor
42. misal alat penilaian proses dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang benar antara lain yakni ....
1. Mengukur suhu air dengan memakai thermometer yang ditempelken pada alat penahan
2. Memegang anak timbangan dengan tangan secara langsung
3. Mengenali anyir sampah akhir proses pembusukkan materi organik
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedang Butir 2 Salah sebab anak timbangan tidak dapt dipegang pribadi sanggup mengganggu berat akhir adanya zat atau keringat yang menempel
43. Pelaksanaan penilaian hasil mencar ilmu sanggup dilakukan melalui alat ukur tes tertulis atau lisan. Tes tertulis lebih serng dipilih guru dengan pertimbangan ....
1. sanggup meliputi beberapa aspek banyak siswa
2. waktu yang dipakai lebih sedikit
3. memiliki peluang memperoleh pertanyaan yang sama untuk tiruana penerima didik
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
44. Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dilakukan dengan mengacu pada peraturan ....
1. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 tahun 2006
Jawab:
Pernyataan 1 berkenaan dengan sistem Pendidikan Nasional
Pernyataan 2 berkenaan dengan standar Nasional Pendidikan
Pernyataan 3 berkenaan dengan standar isi dan standar kompetensi lulusan
45. Pengembangan KTSP ditujukan untuk pengembangan kompetensi penerima didik. Dasar pengembangannya yakni ....
1. adanya kebutuhan dan kepentingan penerima didik serta tuntutan lingkungan
2. memdiberi pengalaman pada penerima didik untuk memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
3. kepentingan pemerintah sentra dan kawasan untuk kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
46. Dalam penyusunan KTSP memerlukan sejumlah komponen terkait dengan pengembangannya. Komponen-komponen tersebut antara lain yakni ....
1. Merumuskan misi sekolah
2. Merumuskan tujuan Instruksional Umum
3. Tujuan satuan pendidikan
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedang Butir 2 Salah sebab TIU sudah tidak lagi dipakai tetapi dikembangkan Kompetensi dasar yang dijabarkan dari Standar Kompetensi yang sudah diputuskan
47. Dalam mengembangkan rancangan pembelajaran di kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, langkah-langkah pengembangan silabus yang dilakukan guru antara lain yakni ....
1. mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
2. mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkatian standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3. mengidentifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan potensi penerima didik
Jawab:
Butir 1, 2 dan 3 Benar
48. Materi essensial kelas IV diantaranya yakni lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Salah satu bahasan yang sanggup dipilih guru yakni pencemaran air. Rancangan pembelajaran yang sanggup dilakukan diantaranya yakni ....
1. mengajak siswa mengamati akses air di sekitar sekolah
2. mempertunjukkan gambar-gambar film ihwal sungai yang berwarna kelabu dan sungai yang membersihkan
3. mengamati gambar mencairnya pegunungan es akhir gerah yang tinggi
Jawab:
Butir 1 dan 2 Benar Sedangkan Butir 3 Salah sebab gerah tinggi diduga akhir pemanasan global
49. Dalam menyajikan pembelajaran IPA kelas V ihwal Lingkungan Sehat, metoda yang sanggup dipilih guru antar lain yakni ....
1. kunjungan lapangan / observasi di kawasan sekitar sekolah
2. eksperimen / demonstrasi di kelas ihwal uji kandungan zat berbahaya dalam air sungai
3. ceramah dan tanya balasan ihwal gambar-gambar lingkungan sehat
Jawab:
Butir 1 dan 3 Benar sedangkan Butir 2 Salah, sebab SD belum mencar ilmu ihwal kandungan zat pencemar dalam air sungai
50. Pembelajaran IPA di SD dengan topik bahasan Perpindahan Energi Listrik, guru merancang pembelajaran dengan memakai alat peraga rangkaian listrik sederhana menyerupai logam dasar, kayu, baterai, lampu, kabel, ulir lampu dan penjepit. Konsep-konsep yang dipilih guru melalui pembelajaran tersebut adalah
1. konduktor dan isolator
2. rangkaian listrik seri dan parallel
3. rangkaian tertutup
Jawab:
Butir 1 logam dasar baik dalam menghatar listrik, sedang kayu tidak
Butir 2 rangkaian listrik sanggup didiberikan secara seri dan parallel
Butir 3 rangakaian tertutup sanggup menghindarkan listrik dengan baik
Download Soal Ujian UT PGSD PDGK4202
Terkadang kami juga menemukan Mahasiswa yang kesusahan untuk menyimpan artikel ini untuk di pelajari dirumah. Tidak tahu atau paham bagaimana cara menyimpannya, jadi untuk itu menyerupai yang sudah kami sampaikan diatas bahwa kami tak spesialuntuk membagikan soal ini dalam bentuk artikel saja, kami juga sudah mempersiapkan artikel ini dalam bentuk file dokumen PDF yang bisa pribadi Anda download untuk nantinya Anda cetak. Nah diberikut ini link untuk mendownload soal ujian UT PGSD PDGK4102 Pembelajaran IPA di SD.Harapan kami dan Anda tentunya dengan adanya soal ini bisa memmenolong dan menghemat waktu Anda mempelajari setiap mata kuliah yang ada. melaluiataubersamaini mempelajari soal ini dan mengingat jawabanan dan memahami soalnya, tentu akan sangat memmenolong Anda dalam menghadapai ujian final semester nantinya. Tak kala terkadang soal yang keluar pada waktu ujian nantinya sama persis menyerupai soal yang Anda pelajari.
Nah itulah soal ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD, semoga bisa memmenolong Anda untuk menghadapi ujian final semester nantinya. Jika ada hal yang ingin Anda tanyakan atau Anda mengalami kesusahan dalam hal mencari soal yang Anda perlukan. Jangan sungkan untuk menghubungi kami melalaui halaman Contact. Serta kami juga berharap Anda bisa membuatkan soal atau merekomendasikan blog soal uas ut ini pada mitra Anda yang lainnya yang sama berkuliah di Universitas Terbuka, terima kasih.