Westernisasi


 









Westernisasi secara umum dan khusus sanggup diartikan sebagai kecenderungan untuk menjadi sama dengan negara Barat. Westernisasi paling simpel dilihat dalam sikap seseorang yang kebarat-baratan. Dampak yang ditimbulkan dari westernisasi salah satunya sanggup melunturkan rasa nasionalisme seseorang dan menghilangkan jati din bangsa. Selain itu, westernjsasi sanggup mematikan kreativitas seseorang jawaban peniruan budaya Barat secara berlebihan.

Pengertian Westernisasi Menurut Para Ahli
Pemahaman terkena westernisasi in juga banyak dilakukan oleh ahli-ahli dalam bidang Ilmu Sosial, diantarnya yaitu sebagai diberikut;
Soerjono Soekanto, berdasarkan mahir ini makna yang terkandaung dalam westernisasi yaitu proses kehidupan yang mengedepakan pada industrialisasi dan sistem ekonomi kapitalis. Sehingga kehidupan di dalamnya menggandakan atau sama persis dengan kehidupan masyarakat yang ada di dunia barat.
Koentjaraningrat dalam pandangannya westernisasi diartikan sebagai satu peniruan gaya hidup orang barat yang dilakukan masyarakat secara berlebihan, pergaulan, kebiasaan, proses gaya hidup danlain sebaginya. Sehingga hal ini mengindikasikan bahwa westernisasi tidak cocok untuk dipergunakan atau diterpakan di Indonesia yang notabene masyarakatnya masih memegang bersahabat kehidupan dengan budaya.
Ciri-Ciri Westernisasi
Ada beberapa ciri yang menempel pada istilah westernisasi, diantaranya yaitu sebagai diberikut;

Gaya hidup mengikuti perkembangan yang ada di dunia barat, contohnya berkehidupan glamor dan juga boros dalam membelanjakan sesuatu hal
Terjadinya korelasi sesama jenis yang hal tersebut sangatlah tidak boleh di Indonesia
Terjadinya perkara atau perniakahan yang tidak sah
Maraknya penyebaran video porno yang sanggup merusak generasi bangsa
Menyukai kehidupan yang memakai minuman keras, tarian dansa di bar, dan lain sebaginya.
misal Westernisasi

misal westernisasi yang terjadi pada ketika ini contohnya saja banyaknya anak  punk dan geng motor yang dianggap keren dan gaul. Padahal hal tersebut ialah salah satu bentuk hilangnya jati din bangsa. Kebudayan akan budaya lokal seolah mulai untuk ditinggalkan masyarakat yang lebih bahagia menikmati program konser musik mancguagara danipada menhadiri pentas-pentas seni tradisional.
close