Soal ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa Pendas Universitas Terbuka yang sedang menempuh pendidikan di jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Pada postingan sebelumnya kami sudah menyebarkan terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4101 Metode Pengembangan Kognitif lengkap dengan kunci jawabanannya. Soal UT yang kami posting pada blog sol uas ut ini ialah kumpulan dari ringkasan materi dan soal-soal pada modul, jadi tentu tak akan lepas dari mata kuliah yang terkait. Kesibukan serta banyaknya SKS dan mata kuliah yang ditempuh tentu akan sangat menguras fikiran Anda selaku Mahasiswa dalam mempelajari tiruana mata kuliah. Untuk itu dengan adanya soal-soal ini tentu bisa memmenolong Anda dalam membagi waktu Anda untuk memahami materi biar bisa mempersiapkan diri mengikuti ujian final semester nantinya.
Seperti yang sudah kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa, Anda bisa memelajari soal-soal yang kami bagikan secara offline maupun online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanan, bahkan pembahasan terkait soal tersebut juga kami sertakan. Makara Anda akan digampangkan untuk mempelajarinya secara online, dan kami juga tahu bahwa tak tiruana atau mungkin Anda lebih suka mempelajari soal secara offline, menyimpan kemudian print soal tersebut dan mempelajarinya. Untuk itu kami juga sudah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda download atau unduh secara pribadi pada link dibagikan final soal ini.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 1 lainnya:
Soal-soal UT PGPAUD Semester 1 yang kami posting ini tentu akan sangat memmenolong Anda dalam memahami setiap materi pada modul. melaluiataubersamaini mempelajari soal-soal yang sudah ada kunci jawabanan dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabanannya pada modul akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian final semester nantinya.
Berikut ini kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh pendidikan pada semester 1 terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.
A. moral
B. etika
C. moralitas
D. karakter
Jawab:
B. Benar, pengertian tersebut ialah makna dari etika
Pembahasan:
Pelajari materi modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana hakikat moral, moralitas dan etika
2. Kohlberg beropini bahwa moral anak usia dini termasuk dalam tahap pikiran sehat moral….
A. konvensional
B. heteronomous
C. prakonvensional
D. autonomous
Jawab:
C. Benar, prakonvensional ialah tahapan perkembangan moral menutut Kohlberg
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana tahapan moral anak Taman Kanak-kanak (anak usia dini)
3. Disonansi seringkali disebut dengan counter cultural values, artinya ialah ….
A. penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
B. penyangga masuknya imbas dalam perkembangan nilai-nilai budaya dan tradisi
C. pendorong masuknya nilai-nilai tradisi dalam kehidupan manusia
D. menyelia masuknya nilai-nilai baik dan jelek dalam hidup anak
Jawab:
A. Benar, counter cultural values artinya penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana disonansi moral
4. Premoral, konvensional dan autonomous ialah fase perkembangan moral yang dikemukakan oleh....
A. Kohlberg
B. Jean Piaget
C. John Dewey
D. Elizabeth Hurlock
Jawab:
C. Benar, Dewey membagi perkembangan moral menjadi premoral, konvensional dan autonomous
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 1 kegiatan mencar ilmu 3 wacana pola orientasi moral pada anak
5. Prinsip diberikut yang tidak termasuk dalam sebelas prinsip dalam pengembangan huruf biar efektif adalah....
A. membuat kurikulum akademis yang bermakna dan menantang
B. mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki
C. mengembangkan nilai-nilai etika inti sebagai fondasi huruf yang baik
D. menggunakan pendekatan yang komprehensif dan disengaja
Jawab:
B. Benar, mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki tidak termasuk dalam 11 prinsip berdasarkan Lickona
Pembahasan:
materi pada soal ini terdapat dalam modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana 11 prinsip dasar biar pengembangan moral anak usia
6. Di beberapa kawasan bermunculan “geng motor” yang cukup meresahkan masyarakat. Hal itu berdasarkan Lickona, termasuk sebagai salah satu tanda hancurnya tanda zaman, yaitu....
A. imbas peergroup yang besar lengan berkuasa dan tindak kekerasan
B. penerapan kata dan bahasa yang buruk
C. meningkatnya kecenderungan menyakiti diri sendiri
D. membudayanya ketidakjujuran
Jawab:
A. Benar, geng motor ialah citra adanya peergroup yang besar lengan berkuasa dan adanya tindak kekerasan
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana salah satu dari 10 tanda zaman menuju kehancuran berdasarkan Lickona
7. Dalam peningkatan kecerdasan moral anak usia dini, pendidik harus mempunyai keahlian dalam sikap positif dan melengkapinya dengan sikap sabar dan konsisten. Hal itu termasuk kiprah sebagai....
A. pelatih
B. pembimbing
C. penilai
D. model
Jawab:
A. Benar, kiprah tersebut ialah bab dari kiprah pendidik sebagai pelatih
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua kegiatan mencar ilmu satu wacana peranan guru dalam meningkatkan kecerdasan moral
8. Jika pemahaman wacana moral sudah dimiliki maka seseorang akan mempunyai kecenderungan untuk mempertimbangkan banyak sekali hal dengan standar hati. Artinya orang tersebut sudah memiliki
A. moral knowing
B. moral feeling
C. social action
D. social feeling
Jawab:
B. Benar, moral feeling ialah standar hati yang selalu jujur
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul dua kegiatan mencar ilmu dua wacana proses training yang berkelanjutan dalam mendidik anak
9. Metode kedua yang diterapkan oleh sekolah Semai Benih Bangsa ialah menanamkan huruf anak melalui banyak sekali sentra, diantaranya ialah sentra….
A. balok, persiapan, seni dan imtaq
B. imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasi
C. materi alam, micro dan macro play, imtaq
D. persiapan, materi alam, imajinasi dan eksplorasi
Jawab:
B. Benar, nama pusat tersebut terdapat pada sekolah Semai Benih Bangsa
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul dua kegiatan mencar ilmu dua wacana metode dalam pengembangan kecerdasan moral anak usia dini
10. “Ibu Lisa selalu mengucapkan”Tolong” ketika beliau meminta anak melaksanakan sesuatu. Hal itu dilakukannya pada tiruana anak didiknya tanpa kecuali. Tindakan Ibu Lisa mencerminkan pembentukan huruf pada anak usia dini melalui....
A. modelling
B. konsistensi
C. permisif
D. otoriter
Jawab:
B. Benar, konsistensi menerapkan sikap secara ajeg dan terus menerus
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada modul tiga kegiatan mencar ilmu satu wacana tiga faktor utama dalam pembentukan huruf pertama anak usia dini
11. Model pembelajaran yang meliputi konteks, pengalaman, refleksi untuk menangkap arti dan nilai dari hal yang dipelajari, agresi dan penilaian berdasarkan Diost termasuk model pembelajaran....
A. Ignasian
B. Tarakanita
C. Ora et labora
D. Raudhatul Athfal
Jawab:
A. Benar, pembagian terstruktur mengenai tersebut termasuk dalam model Ignasian
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada modul tiga kegiatan mencar ilmu satu wacana tiga faktor utama dalam pembentukan huruf pertama anak usia dini
12. “Andri gambarmu cantik sekali! Ibu ingin tahu, apa bekerjsama dongeng dalam gambarmu ini, coba ceritakan pada Ibu”. Ucapan Ibu Desi menggambarkan proses penanaman moral melalui proses....
A. informasi
B. konfirmasi
C. transformasi
D. partisipasi
Jawab:
B. Benar, konfirmasi: proses ketika guru mempersembahkan umpan balik dan pertanyaan atau kegiatan yang menantang
Pembahasan:
Pelajari materi modul tiga kegiatan mencar ilmu dua wacana acara yang sanggup dilakukan dalam penanaman nilai2 moral
13. Ketika Ani sakit, Ibu Dewi mengajak bawah umur kelompok A menjenguk Ani. Hal ini dilakukan biar kawan-kawan sekelas Ani ini mempunyai sikap....
A. toleransi
B. membutuhkan
C. setia kawan
D. partisipasi
Jawab:
C. Jawaban benar, menjenguk mitra termasuk salah satu sikap setia kawan
Pembahasan:
Pelajari materi modul tiga kegiatan mencar ilmu dua wacana kegiatan penanaman nilai2 moral dalam pembelajaran di TK
14. Setiap kali kegiatan menggunting atau mencocok, guru PAUD selalu menandakan ancaman gunting dan jarum cocokan kalau dipakai tidak benar. Hal itu dilakukan sebagai salah satu metode dalam membentuk sikap hati-hati pada anak, yaitu metode....
A. perjanjian
B. peringatan
C. meminta
D. sugesti
Jawab:
B. Benar, peringatan berupa ungkapan verbal dan non verbal yang bersifat adil untuk mengingatkan anak akan sesuatu
Pembahasan:
Materi siola ini terdapat dalam modul empat kegiatan mencar ilmu 1 wacana metode dalam membentuk tingkah laris anak
15. Salah satu taktik pengembangan moral pada anak usia 4-5 tahun, adalah….
A. menyusun agenda adaptasi yang sesuai dengan perkembangan anak
B. menitik beratkan pengembangan pada pertumbuhan fisik
C. mencari sumbangan dari forum yang peduli pada anak
D. mengisolir lingkungan anak secara terpadu
Jawab:
A. Benar, pengembangan moral memang sebaiknya dilakukan melalui pembiasaan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul empat kegiatan mencar ilmu 2 wacana taktik pengembangan moral yang perlu disiapkan guru pada anak
16. Pendidik harus menanamkan hukum yang sama terhadap tiruana anak didiknya tanpa memandang latar belakang keluarga anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam mengembangkan moral pada anak pendidik harus bersikap….
A. sistemik
B. aktif
C. komitmen
D. konsisten
Jawab:
D. Benar, konsisten ialah keajegan dalam menjalankan program
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul empat kegiatan mencar ilmu dua wacana kiprah pendidik dalam penerapan taktik pengembangan moral pada anak usia dini.
17. Dalam kegiatan menceritakan pendidik sanggup mengajarkan pada anak wacana Tuhan, kitab, nabi, malaikat, dan tata cara diberibadah agama yang dianut. Hal itu termasuk dalam salah satu makna menceritakan yaitu memberikan dongeng perihal….
A. budaya
B. alam sekitar
C. moral
D. keagamaan
Jawab:
D. Benar, nilai keagamaan terkait dengan keyakinan dan agama yang dianut
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul empat kegiatan mencar ilmu tiga wacana makna penting menceritakan bagi anak usia dini
18. Berikut ini ialah beberapa metode menceritakan yang sanggup dilakukan oleh pendidik PAUD, kecuali….
A. menggunakan buku
B. menceritakan dongeng
C. memanfaatkan papan flgual
D. memutarkan film
Jawab:
D. Benar, memutarkan film tidak termasukd alam metode menceritakan alasannya ialah biasanya film menceritakan sendiri
Pembahasan:
Pelajari materi kegiatan mencar ilmu tiga pada modul empat wacana metode menceritakan
19. Ketika anak mengikuti kegiatan karyawisata ke Plguatarium, mereka akan mencar ilmu wacana ilmu yang terkait dengan astronomi. Hal itu sesuai dengan manfaat karyawisata, yaitu….
A. mengenal banyak sekali pengetahuan dan konsep
B. melatih kedisiplinan dan ketaatan pada aturan
C. menanamkan nilai-nilai moral
D. melatih kemampuan fisik motorik anak
Jawab:
A. Benar, dengan karyawisata anak akan mengetahui banyak konsep dan pengetahuan gres secara langsung
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul empat kegiatan mencar ilmu tiga khususnya pada pembahasan terkena manfaat karyawisata bagi anak usia dini
20. Diantara kriteria diberikut yang tidak termasuk dalam kriteria lagu untuk anak usia dini adalah….
A. mengandung misi pendidikan
B. dinyanyikan oleh penyanyi cilik
C. praktis diingat dan dihafal anak
D. sesuai dengan huruf dan dunia anak
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah lagu yang dinyanyikan oleh bawah umur belum tentu meliputi lirik yang sesuai untuk anak usia dini
Pembahasan:
Pelajarilah materi yang terdapat dalam modul empat kegiatan mencar ilmu tiga wacana kriteria lagu untuk anak usia dini
21. Dalam mengembangkan pemahaman moral pada anak usia dini, sebaiknya dilakukan selalui adaptasi yang diterapkan secara berulang biar sejalan dengan sifat anak, yaitu....
A. verbalis
B. ritualis
C. imitatif
D. unreflective
Jawab:
B. Benar, ritual artinya tindakan yang dilakukan secara berulang dan terus menerus
Pembahasan:
Pelajari modul lima kegiatan mencar ilmu 1 wacana tahapan pemahaman terhadap nilai keagamaan pada anak usia dini
22. Penyajian materi dalam pendidikan anak usia dini harus sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Demikian pula dalam penanaman nilai agama pada anak usia dini juga harus sesuai dengan prinsip….
A. DAP
B. monitoring secara rutin
C. keteladanan
D. kesesuaian dengan kurikulum
Jawab:
A. Benar, prinsip DAP ialah pembelajaran sesuai dengan usia dan perkembangan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul lima kegiatan mencar ilmu satu wacana prinsip dasar yang harus diperhatikan dlm perkembangan nilai agama pada anak
23. Meskipun pendidik PAUD harus menjadi teladan bagi anak didiknya namun intinya anak usia dini mempunyai dorongan untuk tumbuh dan berkembang dari dalam dirinya sendiri sehingga salah satu prinsip penyelenggaraan di forum PAUD ialah ….
A. terpadu
B. otoaktivitas
C. kebebasan
D. pengamatan
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah intinya anak bisa membangun pengetahuannya sendiri
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul lima kegiatan mencar ilmu satu wacana prinsip dasar penyelenggaraan pendidikan TK
24. Dalam memahami moral, anak usia dini akan banyak mencar ilmu wacana norma dan nilai-nilai agama melalui hal-hal yang….
A.dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya
B. dipegangnya, didengarnya dan diamati, dijelaskan
C. dilihatnya, dicontohnya dan didengarnya
D. dijelaskan, disampaikan, dicontohkan dan diperagakan
Jawab:
A. Benar, anak akan banyak mencar ilmu melalui melihat, merasakan, mengalami dan melakukan
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul lima kegiatan mencar ilmu satu wacana esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan anak TK
25. Pada kondisi tertentu insan dihadapkan pada pilihan wacana nilai-nilai kehidupan, norma, dan moralitas manusiA. Pernyataan tersebut sesungguhnya ialah makna dari pernyataan ….
A. spiritual quotient ialah kecerdasan insan yang tertinggi
B. intelligence quotient ialah kecerdasan terpenting bagi manusia
C. emotional quotient ialah kecerdasan terbaik yang dimiliki manusia
D. tidak ada kecerdasan yang menguasai dalam kehidupan manusia
Jawab:
A. Benar, pernyataan tersebut ialah makna dari Spiritual Quotient ialah kecerdasan insan yang tertinggi
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat pada modul lima kegiatan mencar ilmu tiga wacana hakikat spiritual quotient
26. Menurut Badudu Zein, anak ialah keturunan pertama yang sudah dibekali potensi laten yang tersembunyi dari Allah Yang Maha KuasA. Maksud dari potensi laten ialah kemampuan….
A. jasmani, rohani dan spiritual
B. moral, sosial dan emosional
C. seni, motorik halus dan motorik kasar
D. jasmani, rohani dan emosi
Jawab:
A. Jawaban Benar, potensi laten yang tersembunyi terdapat dalam kemampuan jasmani (fisik motorik), rohani (kejiwaan) dan spiritual (moral dan nilai-nilai keagamaan)
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul enam kegiatan mencar ilmu satu wacana ruang lingkup penanaman nilai agama di TK
27. Anak usia dini mempunyai karakteristik sebagai peniru ulung, oleh akibatnya materi nilai keagamaan harus bersifat….
A. enjoyable
B. aplikatif
C. praktis ditiru
D. konsisten
Jawab:
C. Benar, cepatdangampang ditiru artinya materi tersebut praktis dipahami dan diikuti oleh anak-anak
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul enam kegiatan mencar ilmu satu wacana sifat-sifat materi Pembelajaran
28. Kegiatan praktik berwudhu dan sholat yang dilakukan di masjid bersahabat sekolah ialah salah satu kegiatan pengembangan nilai keagamaan yang dilakukan melalui strategi….
A. insidensial
B. spontanitas
C. rutinitas
D. khusus
Jawab:
D. Benar, materi tersebut sebaiknya dilakukan sebagai agenda khusus yang dilakukan sesekali salam satu semester
Pembahasan:
Pelajari materi wacana taktik pengembangan nilai keagamaan yang terdapat dalam modul enam kegiatan mencar ilmu dua
29. Berikut ini ialah beberapa hal yang harus dipertimbangkan pendidik ketika hendak menentukan pendekatan yang sesuai….
A. karakteristik anak didik
B. minat guru terhadap materi yang akan disampaikan
C. fasilitas/media yang perlu disediakan
D. tujuan yang ingin dicapai
Jawab:
B. Benar, minat guru tidak termasuk dalam hal yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan pendektan
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul enam kegiatan mencar ilmu tiga wacana hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan pendekatan yang akan dipilih
30. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mendengar, memahami dan berbicara ialah adanya interaksi pribadi antar guru dengan anak. Persyaratan tersebut termasuk dalam pendekatan….
A. bercakap-cakap
B. bermain peran
C. menceritakan
D. pemdiberian tugas
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut termasuk dalam pendekatan bercakap-cakap
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul enam kegiatan mencar ilmu tiga wacana delapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak.
31. “Anak mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya” berdasarkan Permendiknas 58 tahun 2009 ialah pencapaian perkembangan anak usia ….
A. 0-<2 2-="" 3-="" 4-="" b.="" b="" c.="" d.="" tahun="">Jawab:2>
D. Benar, Anak usia 4-<5 b="" cara="" dengan="" mengenal="" mulai="" sederhana="" sudah="" tahun="" tuhan="" yang="">Pembahasan:5>
Pelajari materi wacana pencapaian perk nilai agama dan moral berdasarkan permendiknas 58 tahun 2009 dalam modul tujuh kegiatan mencar ilmu satu
32. 1. melaksanakan kajian terhadap tema dan subtema 2. menentukan kompetensi dasar yang akan dicapai anak 3. Menentukan indikator yang cocok. 4. menentukan metode yang sesuai dengan hasil mencar ilmu yang diharapkan. Tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan kegiatan pengembangan adalah….
A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 4 – 2 – 3 – 1
C. 2 – 1 – 4 – 3
D. 4 – 3 – 2 – 1
Jawab:
A. Benar, tahapannya yang benar ialah 1 – 2 – 3 – 4
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul tujuh kegiatan mencar ilmu sati wacana tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan peng moral anak
33. Kegiatan inti dalam Rancangan kegiatan Harian meliputi banyak sekali kegiatan utama yang sanggup mengacu pada kegiatan yang….
A. adaptasi dan penanaman nilai yang bersifat rutinitas
B. sanggup mempersembahkan kebebasan terprogram pada anak
C. sanggup meentengkan kiprah anak secara umum
D. penugasan yang ketat dan terarah
Jawab:
B. Benar, kegiatan ini sebaiknya berupa kegiatan yang sanggup mempersembahkan kebebasan terprogram pada anak
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul tujuh kegiatan mencar ilmu dua wacana isi dari kegiatan inti yang harus dicantumkan dalam RKH
34. “Ayo siapa yang mau memmenolong ibu memmembersihkankan kertas sisa guntingan yang berantakan di bawah meja?” Kalimat tersebut menggambarkan teladan penerapan metode….
A. ajakan
B. sugesti
C. pujian
D. tantangan
Jawab:
A. Benar, kalimat tersebut ialah himbauan atau permintaan untuk berbuat baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul delapan kegiatan mencar ilmu satu wacana metode dlm membentuk TL anak yg sesuai dg nilai moral
35. Satu bulan sekali, Taman Kanak-kanak Mawar mengundang salah satu orang renta anakdidik untuk menandakan wacana acara pekerjaannya kepada bawah umur biar mereka menghargai dan mempunyai impian yang baik. Ilustrasi tersebut ialah teladan cinta….
A. rumah
B. profesi
C. orang tua
D. masyarakat
Jawab:
B. Benar, cinta profesi terkait dengan pekerjaan dan penghargaan terhadap suatu profesi
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul delapan kegiatan mencar ilmu dua wacana penanaman nilai cinta lingkungan pada anak
36. Setiap hari Jumat, Taman Kanak-kanak Lebah mewajibkan bawah umur menggunakan baju bebas dengan motif batik. Kegiatan ini menggambarkan salah satu upaya menanamkan cinta tanah air dengan cara….
A. pengenalan batik Jawa
B. pelestarian budaya
C. mempromosikan sekolah berbasis budaya
D. menyalahkan negara tetangga
Jawab:
B. Benar, upaya tersebut termasuk dalam cara melestarikan budaya bangsa
Pembahasan:
Pelajari materi yang terkait dengan penanaman nilai-nilai cinta tanah air yang terdapat dalam modul delapan kegiatan mencar ilmu tiga
37. Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia diterapkan materi muatan lokal yang mengajarkan pada anak wacana budaya dan masyarakat di sekitar forum tersebut beradA. Hal ini termasuk dalam landasan ….
A. sosiologis
B. filosofis
C. yuridis
D. psikologis
Jawab:
A. Benar, alasannya ialah landasan ini berdasarkan pada kehidupan masyarakat di sekitar
Pembahasan:
Pelajari materi modul sembilan kegiatan mencar ilmu satu wacana esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan bagi anak
38. Ibu Dewi selalu meminta bawah umur untuk menutup mata dan menadahkan kedua tangan ketika kegiatan berdoA. Hal itu bertujuan untuk ….
A. melatih sikap mental berserius ketika berdoa
B. membuat suasana sepi ketika berdoa
C. memmenolong anak menghafal isi doa
D. melatih anak berdoa sendiri
Jawab:
A. Benar, alasannya ialah menutup mata ialah salah satu cara untuk berserius
Pembahasan:
Pelajari materi modul sembilan kegiatan mencar ilmu dua wacana hal yang perlu diperhatikan pendidik dalampenerapan pembelajaran tata cara diberibadah pada AUD
39. Berikut ialah etika dalam berpakaian yang termasuk dalam ruang lingkup penanaman nilai keagamaan pada anak, kecuali….
A. memulai selalu dari tangan dan kaki kanan
B. membuka pakaian dengan benar
C. memasangkan pakaian dengan benar
D. melepaskan pakaian sesegera mungkin
Jawab:
D. Benar, melepaskan pakaian sesegera mungkin tidak termasuk dalam etika berpakaian
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul sembilan kegiatan mencar ilmu dua wacana ruang lingkup penanaman nilai-nilai keagamaan yang mungkin dipraktikan AUD
40. Dalam implikasi penanaman nilai-nilai keagamaan, kemajuan perkembangan anak perlu diamati secara terus menerus secara bersiklus dalam periode waktu tertentu. Hal ini sesuai dengan prinsip….
A. monitoring yang rutin
B. peningkatan kemajuan perkembangan anak
C. pemfokusan pada standar pendidikan nasional
D. berdasarkan pada RKM dan RKH yang sudah disusun
Jawab:
A. Benar, pengamatan perkembangan anak secara rutin termasuk dalam prinsip monitoring
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sepuluh kegiatan mencar ilmu satu wacana prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengimplikasikan materi pengembangan nilai keagamaan pada anak TK
41. Untuk mengenalkan tata tertib silam lintas pada anak usia dini, pendidik PAUD sanggup melaksanakan hal diberikut ini kecuali….
A. memperkenalkan hukum berjalan kaki di jalan raya
B. menunjukkan atau menceritakan ramainya jalan raya
C. bercakap wacana pendapat anak terhadap kegiatan di jalan raya
D. mengajak anak bermain game online cara mengemudi kendaraan beroda empat dengan benar
Jawab:
D. Benar, mengajak anak bermain game online cara mengemudi kendaraan beroda empat dengan benar
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul sepuluh kegiatan mencar ilmu satu wacana teladan penyusunan taktik dlm peng moral anak TK
42. Menurut Doni Koesoema sebagai seorang pendidik karakter, guru berperan bukan spesialuntuk sebagai ….
A. penggerak pendidikan huruf pada anak usia dini
B. pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
C. pengembang rencana perubahan pendidikan karakter
D. pembaharu dalam pengembangan huruf bangsa
Jawab:
B. Benar, guru berperan bukan spesialuntuk sebagai pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat pada modul sepuluh kegiatan mencar ilmu dua wacana kiprah guru sebagai pendidik huruf pada anak TK
43. Pendidikan moral sanggup menjadi pengalaman yang dalam dan menempel pada pola pikir anak sepanjang hidupnya alasannya ialah intinya insan mempunyai piranti penunjang berupa….
A. kecerdasan
B. panca indra
C. nurani
D. kalbu
Jawab:
B. Benar, panca indra ialah piranti penunjang yang sanggup menangkap pengetahuan hingga menjadi pengalaman yang melekat
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul sepuluh kegiatan mencar ilmu 2 wacana kiprah dan fungsi pendidikan moral dan nilai agama bagi anak TK
44. Lingkungan sekolah yang baik tidak spesialuntuk ditentukan oleh akomodasi fisik indoor dan outdoor yang baik dan lengkap, tetapi juga harus didukung oleh….
A. guru yang bergelar sarjana
B. agenda yang jelas, terukur dan berkesinambungan
C. anak didik yang berprestasi international
D. pendidik yang sudah mempunyai akta pendidik
Jawab:
B. Benar, agenda yang jelas, terukur dan berkesinambungan menjadi syarat sekolah yang baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan mencar ilmu satu wacana analisis terhadap faktor yang terkait dengan pengembangan moral dan nilai keagamaan di lingkungan TK
45. Salah satu fenomena sosial yang muncul pada ketika ini adalah….
A. orang renta bersaing untuk membuat anak juara
B. orang renta menjadi rajin bekerja di luar rumah
C. guru berusaha mendapat gelar sarjana
D. guru berlomba mengejar sertifikasi pendidik
Jawab:
A. Benar, ketika ini banyak orang renta yang berusaha keras biar anaknya menjadi juara baik di sekolah maupun dalam kegiatan non formal
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan mencar ilmu dua wacana fenomena sosial di masyarakat
46. Beberapa kriteria forum PAUD yang baik ialah sebagai diberikut, kecuali lokasinya….
A. tidak terlalu bersahabat dengan jalan raya
B. tidak terlalu bersahabat dengan pusat perbelanjaan
C. mempunyai halaman yang luas
D. mempunyai akomodasi yang lengkap dan modern
Jawab:
D. Benar, mempunyai akomodasi yang lengkap dan modern bukan kriteria sekolah yang baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan mencar ilmu dua wacana upaya sekolah dalam menanggulangi imbas lingkungan yang kurang kondusif
47. Penilaian yang dilakukan guru sanggup dipakai untuk memperbaiki kegiatan pembelajarannyA. Hal ini termasuk dalam….
A. fungsi penilaian
B. tujuan penilaian
C. manfaat penilaian
D. hakikat penilaian
Jawab:
A. Benar, pernyataan tersebut termasuk dalam fungsi penilaian
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan mencar ilmu satu wacana hakikat penilaian
48. Untuk menilai perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak secara alamiah dan sewajarnya, guru sanggup melaksanakan ….
A. portofolio
B. penilaian performa
C. asesmen otentik
D. penilaian diri
Jawab:
C. Benar, asesmen otentik ialah penilaian yang bersifat alamiah dan sewajarnya
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan mencar ilmu dua wacana penilaian yang bekerjsama (asesmen otentik)
49. Penilaian wacana insiden penting yang sanggup dilakukan sewaktu-waktu yang ditulis dengan format buatan guru termauk dalam cara penilaian dengan metode ….
A. guakdot
B. observasi
C. portofolio
D. wawancara
Jawab:
A. Benar, catatan guakdot ialah catatan insiden penting dalam waktu tertentu dengan insiden yang tidak biasa
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul dua belas kegiatan mencar ilmu satu wacana macam-macam instrument penilaian yang dipakai dalam asesmen otentik
50. Laporan hasil perkembangan anak kepada orang renta sebaiknya disampaikan oleh guru dalam bentuk….
A. tertulis dan rekaman
B. portofolio dan tertulis
C. portofolio dan lisan
D. tertulis dan lisan
Jawab:
D. Benar, laporan dibentuk dalam bentuk tertulis dan verbal biar sanggup lebih praktis dipahami orang renta dan sanggup merangkum seluruh kemajuan perkembangan anak
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan mencar ilmu dua wacana pelaporan hasil penilaian anak TK
Sudah selayaknya Anda mulai mempelajari soal-soal ini, alasannya ialah akan sangat merugikan Anda selaku Mahasiwa kalau nilai yang Anda dapatkan tidak memuaskan, bahkan mengharuskan Anda untuk mengulang kembali mata kuliah tersebut. Waktu yang tidak memadai serta kesibukan Mahasiswa akan sangat susah dalam memahami tiruana materi pada modul, untuk itu dengan mempelajari soal-soal ini setidanya Anda bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi dan mengikuti ujian final semester nantinya.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama untuk mahasiswa jrusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini semester 1. Jika Anda mengalami kesusahan dalam menemukan soal yang Anda buruhkan, serta kalau ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Dan tidakboleh lupa untuk menyebarkan artikel dan merekomendasikan blog soal uas ut ini pada mitra kuliah Anda yang lainnya, sekian dan terima kasih.
Seperti yang sudah kami sampaikan pada setiap postingan kami bahwa, Anda bisa memelajari soal-soal yang kami bagikan secara offline maupun online. Karena dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanan, bahkan pembahasan terkait soal tersebut juga kami sertakan. Makara Anda akan digampangkan untuk mempelajarinya secara online, dan kami juga tahu bahwa tak tiruana atau mungkin Anda lebih suka mempelajari soal secara offline, menyimpan kemudian print soal tersebut dan mempelajarinya. Untuk itu kami juga sudah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda download atau unduh secara pribadi pada link dibagikan final soal ini.
Soal Ujian UT PGPAUD Semester 1 lainnya:
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4101 Metode Pengembangan Kognitif
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4103 Metode Pengembangan Sosial Emosional
- Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4104 Psikologi Perkembangan Anak
Soal-soal UT PGPAUD Semester 1 yang kami posting ini tentu akan sangat memmenolong Anda dalam memahami setiap materi pada modul. melaluiataubersamaini mempelajari soal-soal yang sudah ada kunci jawabanan dan pembahasan soal untuk Anda yakinkan lagi kebenaran jawabanannya pada modul akan sangat memmenolong Anda dalam menyiapkan diri untuk menghadapi ujian final semester nantinya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama Beserta Kunci Jawaban
Pada umumnya tiruana soal yang akan keluar pada waktu ujian final semester nantinya baik itu mahasiswa pendas maupun non pendas tak akan lepas dari materi yang ada pada modul. Makara kemungkinan akan keluarnya soal-soal yang sama yang Anda pelajari pada soal ini. Untuk melihat tiruana soal terkait mahasiswa UT jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) untuk tiruana semester dari semester 1 hingga semester 9, Anda bisa pribadi menuju ke artikel kami Soal Ujian UT PGPAUD.Berikut ini kami bagikan khusus untuk Anda Mahasiswa Universitas Terbuka jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang sedang menempuh pendidikan pada semester 1 terkait Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.
Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102
1. Suatu cabang filsafat yang mengulas atau menilik nilai-nilai dalam tindakan atau sikap (akhlak manusia) ialah makna dari….A. moral
B. etika
C. moralitas
D. karakter
Jawab:
B. Benar, pengertian tersebut ialah makna dari etika
Pembahasan:
Pelajari materi modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana hakikat moral, moralitas dan etika
2. Kohlberg beropini bahwa moral anak usia dini termasuk dalam tahap pikiran sehat moral….
A. konvensional
B. heteronomous
C. prakonvensional
D. autonomous
Jawab:
C. Benar, prakonvensional ialah tahapan perkembangan moral menutut Kohlberg
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana tahapan moral anak Taman Kanak-kanak (anak usia dini)
3. Disonansi seringkali disebut dengan counter cultural values, artinya ialah ….
A. penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
B. penyangga masuknya imbas dalam perkembangan nilai-nilai budaya dan tradisi
C. pendorong masuknya nilai-nilai tradisi dalam kehidupan manusia
D. menyelia masuknya nilai-nilai baik dan jelek dalam hidup anak
Jawab:
A. Benar, counter cultural values artinya penghalang masuknya atau dihayatinya nilai-nilai budaya kehidupan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana disonansi moral
4. Premoral, konvensional dan autonomous ialah fase perkembangan moral yang dikemukakan oleh....
A. Kohlberg
B. Jean Piaget
C. John Dewey
D. Elizabeth Hurlock
Jawab:
C. Benar, Dewey membagi perkembangan moral menjadi premoral, konvensional dan autonomous
Pembahasan:
Materi soal ini terdapat dalam modul 1 kegiatan mencar ilmu 3 wacana pola orientasi moral pada anak
5. Prinsip diberikut yang tidak termasuk dalam sebelas prinsip dalam pengembangan huruf biar efektif adalah....
A. membuat kurikulum akademis yang bermakna dan menantang
B. mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki
C. mengembangkan nilai-nilai etika inti sebagai fondasi huruf yang baik
D. menggunakan pendekatan yang komprehensif dan disengaja
Jawab:
B. Benar, mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan anak untuk diperbaiki tidak termasuk dalam 11 prinsip berdasarkan Lickona
Pembahasan:
materi pada soal ini terdapat dalam modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana 11 prinsip dasar biar pengembangan moral anak usia
6. Di beberapa kawasan bermunculan “geng motor” yang cukup meresahkan masyarakat. Hal itu berdasarkan Lickona, termasuk sebagai salah satu tanda hancurnya tanda zaman, yaitu....
A. imbas peergroup yang besar lengan berkuasa dan tindak kekerasan
B. penerapan kata dan bahasa yang buruk
C. meningkatnya kecenderungan menyakiti diri sendiri
D. membudayanya ketidakjujuran
Jawab:
A. Benar, geng motor ialah citra adanya peergroup yang besar lengan berkuasa dan adanya tindak kekerasan
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul satu kegiatan mencar ilmu satu wacana salah satu dari 10 tanda zaman menuju kehancuran berdasarkan Lickona
7. Dalam peningkatan kecerdasan moral anak usia dini, pendidik harus mempunyai keahlian dalam sikap positif dan melengkapinya dengan sikap sabar dan konsisten. Hal itu termasuk kiprah sebagai....
A. pelatih
B. pembimbing
C. penilai
D. model
Jawab:
A. Benar, kiprah tersebut ialah bab dari kiprah pendidik sebagai pelatih
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua kegiatan mencar ilmu satu wacana peranan guru dalam meningkatkan kecerdasan moral
8. Jika pemahaman wacana moral sudah dimiliki maka seseorang akan mempunyai kecenderungan untuk mempertimbangkan banyak sekali hal dengan standar hati. Artinya orang tersebut sudah memiliki
A. moral knowing
B. moral feeling
C. social action
D. social feeling
Jawab:
B. Benar, moral feeling ialah standar hati yang selalu jujur
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul dua kegiatan mencar ilmu dua wacana proses training yang berkelanjutan dalam mendidik anak
9. Metode kedua yang diterapkan oleh sekolah Semai Benih Bangsa ialah menanamkan huruf anak melalui banyak sekali sentra, diantaranya ialah sentra….
A. balok, persiapan, seni dan imtaq
B. imajinasi, rancang bangun, seni kreasi dan eksplorasi
C. materi alam, micro dan macro play, imtaq
D. persiapan, materi alam, imajinasi dan eksplorasi
Jawab:
B. Benar, nama pusat tersebut terdapat pada sekolah Semai Benih Bangsa
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul dua kegiatan mencar ilmu dua wacana metode dalam pengembangan kecerdasan moral anak usia dini
10. “Ibu Lisa selalu mengucapkan”Tolong” ketika beliau meminta anak melaksanakan sesuatu. Hal itu dilakukannya pada tiruana anak didiknya tanpa kecuali. Tindakan Ibu Lisa mencerminkan pembentukan huruf pada anak usia dini melalui....
A. modelling
B. konsistensi
C. permisif
D. otoriter
Jawab:
B. Benar, konsistensi menerapkan sikap secara ajeg dan terus menerus
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada modul tiga kegiatan mencar ilmu satu wacana tiga faktor utama dalam pembentukan huruf pertama anak usia dini
11. Model pembelajaran yang meliputi konteks, pengalaman, refleksi untuk menangkap arti dan nilai dari hal yang dipelajari, agresi dan penilaian berdasarkan Diost termasuk model pembelajaran....
A. Ignasian
B. Tarakanita
C. Ora et labora
D. Raudhatul Athfal
Jawab:
A. Benar, pembagian terstruktur mengenai tersebut termasuk dalam model Ignasian
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat pada modul tiga kegiatan mencar ilmu satu wacana tiga faktor utama dalam pembentukan huruf pertama anak usia dini
12. “Andri gambarmu cantik sekali! Ibu ingin tahu, apa bekerjsama dongeng dalam gambarmu ini, coba ceritakan pada Ibu”. Ucapan Ibu Desi menggambarkan proses penanaman moral melalui proses....
A. informasi
B. konfirmasi
C. transformasi
D. partisipasi
Jawab:
B. Benar, konfirmasi: proses ketika guru mempersembahkan umpan balik dan pertanyaan atau kegiatan yang menantang
Pembahasan:
Pelajari materi modul tiga kegiatan mencar ilmu dua wacana acara yang sanggup dilakukan dalam penanaman nilai2 moral
13. Ketika Ani sakit, Ibu Dewi mengajak bawah umur kelompok A menjenguk Ani. Hal ini dilakukan biar kawan-kawan sekelas Ani ini mempunyai sikap....
A. toleransi
B. membutuhkan
C. setia kawan
D. partisipasi
Jawab:
C. Jawaban benar, menjenguk mitra termasuk salah satu sikap setia kawan
Pembahasan:
Pelajari materi modul tiga kegiatan mencar ilmu dua wacana kegiatan penanaman nilai2 moral dalam pembelajaran di TK
14. Setiap kali kegiatan menggunting atau mencocok, guru PAUD selalu menandakan ancaman gunting dan jarum cocokan kalau dipakai tidak benar. Hal itu dilakukan sebagai salah satu metode dalam membentuk sikap hati-hati pada anak, yaitu metode....
A. perjanjian
B. peringatan
C. meminta
D. sugesti
Jawab:
B. Benar, peringatan berupa ungkapan verbal dan non verbal yang bersifat adil untuk mengingatkan anak akan sesuatu
Pembahasan:
Materi siola ini terdapat dalam modul empat kegiatan mencar ilmu 1 wacana metode dalam membentuk tingkah laris anak
15. Salah satu taktik pengembangan moral pada anak usia 4-5 tahun, adalah….
A. menyusun agenda adaptasi yang sesuai dengan perkembangan anak
B. menitik beratkan pengembangan pada pertumbuhan fisik
C. mencari sumbangan dari forum yang peduli pada anak
D. mengisolir lingkungan anak secara terpadu
Jawab:
A. Benar, pengembangan moral memang sebaiknya dilakukan melalui pembiasaan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul empat kegiatan mencar ilmu 2 wacana taktik pengembangan moral yang perlu disiapkan guru pada anak
16. Pendidik harus menanamkan hukum yang sama terhadap tiruana anak didiknya tanpa memandang latar belakang keluarga anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam mengembangkan moral pada anak pendidik harus bersikap….
A. sistemik
B. aktif
C. komitmen
D. konsisten
Jawab:
D. Benar, konsisten ialah keajegan dalam menjalankan program
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul empat kegiatan mencar ilmu dua wacana kiprah pendidik dalam penerapan taktik pengembangan moral pada anak usia dini.
17. Dalam kegiatan menceritakan pendidik sanggup mengajarkan pada anak wacana Tuhan, kitab, nabi, malaikat, dan tata cara diberibadah agama yang dianut. Hal itu termasuk dalam salah satu makna menceritakan yaitu memberikan dongeng perihal….
A. budaya
B. alam sekitar
C. moral
D. keagamaan
Jawab:
D. Benar, nilai keagamaan terkait dengan keyakinan dan agama yang dianut
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul empat kegiatan mencar ilmu tiga wacana makna penting menceritakan bagi anak usia dini
18. Berikut ini ialah beberapa metode menceritakan yang sanggup dilakukan oleh pendidik PAUD, kecuali….
A. menggunakan buku
B. menceritakan dongeng
C. memanfaatkan papan flgual
D. memutarkan film
Jawab:
D. Benar, memutarkan film tidak termasukd alam metode menceritakan alasannya ialah biasanya film menceritakan sendiri
Pembahasan:
Pelajari materi kegiatan mencar ilmu tiga pada modul empat wacana metode menceritakan
19. Ketika anak mengikuti kegiatan karyawisata ke Plguatarium, mereka akan mencar ilmu wacana ilmu yang terkait dengan astronomi. Hal itu sesuai dengan manfaat karyawisata, yaitu….
A. mengenal banyak sekali pengetahuan dan konsep
B. melatih kedisiplinan dan ketaatan pada aturan
C. menanamkan nilai-nilai moral
D. melatih kemampuan fisik motorik anak
Jawab:
A. Benar, dengan karyawisata anak akan mengetahui banyak konsep dan pengetahuan gres secara langsung
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul empat kegiatan mencar ilmu tiga khususnya pada pembahasan terkena manfaat karyawisata bagi anak usia dini
20. Diantara kriteria diberikut yang tidak termasuk dalam kriteria lagu untuk anak usia dini adalah….
A. mengandung misi pendidikan
B. dinyanyikan oleh penyanyi cilik
C. praktis diingat dan dihafal anak
D. sesuai dengan huruf dan dunia anak
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah lagu yang dinyanyikan oleh bawah umur belum tentu meliputi lirik yang sesuai untuk anak usia dini
Pembahasan:
Pelajarilah materi yang terdapat dalam modul empat kegiatan mencar ilmu tiga wacana kriteria lagu untuk anak usia dini
21. Dalam mengembangkan pemahaman moral pada anak usia dini, sebaiknya dilakukan selalui adaptasi yang diterapkan secara berulang biar sejalan dengan sifat anak, yaitu....
A. verbalis
B. ritualis
C. imitatif
D. unreflective
Jawab:
B. Benar, ritual artinya tindakan yang dilakukan secara berulang dan terus menerus
Pembahasan:
Pelajari modul lima kegiatan mencar ilmu 1 wacana tahapan pemahaman terhadap nilai keagamaan pada anak usia dini
22. Penyajian materi dalam pendidikan anak usia dini harus sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Demikian pula dalam penanaman nilai agama pada anak usia dini juga harus sesuai dengan prinsip….
A. DAP
B. monitoring secara rutin
C. keteladanan
D. kesesuaian dengan kurikulum
Jawab:
A. Benar, prinsip DAP ialah pembelajaran sesuai dengan usia dan perkembangan
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul lima kegiatan mencar ilmu satu wacana prinsip dasar yang harus diperhatikan dlm perkembangan nilai agama pada anak
23. Meskipun pendidik PAUD harus menjadi teladan bagi anak didiknya namun intinya anak usia dini mempunyai dorongan untuk tumbuh dan berkembang dari dalam dirinya sendiri sehingga salah satu prinsip penyelenggaraan di forum PAUD ialah ….
A. terpadu
B. otoaktivitas
C. kebebasan
D. pengamatan
Jawab:
B. Benar, alasannya ialah intinya anak bisa membangun pengetahuannya sendiri
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul lima kegiatan mencar ilmu satu wacana prinsip dasar penyelenggaraan pendidikan TK
24. Dalam memahami moral, anak usia dini akan banyak mencar ilmu wacana norma dan nilai-nilai agama melalui hal-hal yang….
A.dilihatnya, dirasakannya, dialaminya dan dilakukannya
B. dipegangnya, didengarnya dan diamati, dijelaskan
C. dilihatnya, dicontohnya dan didengarnya
D. dijelaskan, disampaikan, dicontohkan dan diperagakan
Jawab:
A. Benar, anak akan banyak mencar ilmu melalui melihat, merasakan, mengalami dan melakukan
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul lima kegiatan mencar ilmu satu wacana esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan anak TK
25. Pada kondisi tertentu insan dihadapkan pada pilihan wacana nilai-nilai kehidupan, norma, dan moralitas manusiA. Pernyataan tersebut sesungguhnya ialah makna dari pernyataan ….
A. spiritual quotient ialah kecerdasan insan yang tertinggi
B. intelligence quotient ialah kecerdasan terpenting bagi manusia
C. emotional quotient ialah kecerdasan terbaik yang dimiliki manusia
D. tidak ada kecerdasan yang menguasai dalam kehidupan manusia
Jawab:
A. Benar, pernyataan tersebut ialah makna dari Spiritual Quotient ialah kecerdasan insan yang tertinggi
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat pada modul lima kegiatan mencar ilmu tiga wacana hakikat spiritual quotient
26. Menurut Badudu Zein, anak ialah keturunan pertama yang sudah dibekali potensi laten yang tersembunyi dari Allah Yang Maha KuasA. Maksud dari potensi laten ialah kemampuan….
A. jasmani, rohani dan spiritual
B. moral, sosial dan emosional
C. seni, motorik halus dan motorik kasar
D. jasmani, rohani dan emosi
Jawab:
A. Jawaban Benar, potensi laten yang tersembunyi terdapat dalam kemampuan jasmani (fisik motorik), rohani (kejiwaan) dan spiritual (moral dan nilai-nilai keagamaan)
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul enam kegiatan mencar ilmu satu wacana ruang lingkup penanaman nilai agama di TK
27. Anak usia dini mempunyai karakteristik sebagai peniru ulung, oleh akibatnya materi nilai keagamaan harus bersifat….
A. enjoyable
B. aplikatif
C. praktis ditiru
D. konsisten
Jawab:
C. Benar, cepatdangampang ditiru artinya materi tersebut praktis dipahami dan diikuti oleh anak-anak
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul enam kegiatan mencar ilmu satu wacana sifat-sifat materi Pembelajaran
28. Kegiatan praktik berwudhu dan sholat yang dilakukan di masjid bersahabat sekolah ialah salah satu kegiatan pengembangan nilai keagamaan yang dilakukan melalui strategi….
A. insidensial
B. spontanitas
C. rutinitas
D. khusus
Jawab:
D. Benar, materi tersebut sebaiknya dilakukan sebagai agenda khusus yang dilakukan sesekali salam satu semester
Pembahasan:
Pelajari materi wacana taktik pengembangan nilai keagamaan yang terdapat dalam modul enam kegiatan mencar ilmu dua
29. Berikut ini ialah beberapa hal yang harus dipertimbangkan pendidik ketika hendak menentukan pendekatan yang sesuai….
A. karakteristik anak didik
B. minat guru terhadap materi yang akan disampaikan
C. fasilitas/media yang perlu disediakan
D. tujuan yang ingin dicapai
Jawab:
B. Benar, minat guru tidak termasuk dalam hal yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan pendektan
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul enam kegiatan mencar ilmu tiga wacana hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan pendekatan yang akan dipilih
30. Salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mendengar, memahami dan berbicara ialah adanya interaksi pribadi antar guru dengan anak. Persyaratan tersebut termasuk dalam pendekatan….
A. bercakap-cakap
B. bermain peran
C. menceritakan
D. pemdiberian tugas
Jawab:
A. Benar, kegiatan tersebut termasuk dalam pendekatan bercakap-cakap
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul enam kegiatan mencar ilmu tiga wacana delapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak.
31. “Anak mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya” berdasarkan Permendiknas 58 tahun 2009 ialah pencapaian perkembangan anak usia ….
A. 0-<2 2-="" 3-="" 4-="" b.="" b="" c.="" d.="" tahun="">Jawab:2>
D. Benar, Anak usia 4-<5 b="" cara="" dengan="" mengenal="" mulai="" sederhana="" sudah="" tahun="" tuhan="" yang="">Pembahasan:5>
Pelajari materi wacana pencapaian perk nilai agama dan moral berdasarkan permendiknas 58 tahun 2009 dalam modul tujuh kegiatan mencar ilmu satu
32. 1. melaksanakan kajian terhadap tema dan subtema 2. menentukan kompetensi dasar yang akan dicapai anak 3. Menentukan indikator yang cocok. 4. menentukan metode yang sesuai dengan hasil mencar ilmu yang diharapkan. Tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan kegiatan pengembangan adalah….
A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 4 – 2 – 3 – 1
C. 2 – 1 – 4 – 3
D. 4 – 3 – 2 – 1
Jawab:
A. Benar, tahapannya yang benar ialah 1 – 2 – 3 – 4
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul tujuh kegiatan mencar ilmu sati wacana tahapan yang harus dilakukan guru dalam menyusun rancangan peng moral anak
33. Kegiatan inti dalam Rancangan kegiatan Harian meliputi banyak sekali kegiatan utama yang sanggup mengacu pada kegiatan yang….
A. adaptasi dan penanaman nilai yang bersifat rutinitas
B. sanggup mempersembahkan kebebasan terprogram pada anak
C. sanggup meentengkan kiprah anak secara umum
D. penugasan yang ketat dan terarah
Jawab:
B. Benar, kegiatan ini sebaiknya berupa kegiatan yang sanggup mempersembahkan kebebasan terprogram pada anak
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul tujuh kegiatan mencar ilmu dua wacana isi dari kegiatan inti yang harus dicantumkan dalam RKH
34. “Ayo siapa yang mau memmenolong ibu memmembersihkankan kertas sisa guntingan yang berantakan di bawah meja?” Kalimat tersebut menggambarkan teladan penerapan metode….
A. ajakan
B. sugesti
C. pujian
D. tantangan
Jawab:
A. Benar, kalimat tersebut ialah himbauan atau permintaan untuk berbuat baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul delapan kegiatan mencar ilmu satu wacana metode dlm membentuk TL anak yg sesuai dg nilai moral
35. Satu bulan sekali, Taman Kanak-kanak Mawar mengundang salah satu orang renta anakdidik untuk menandakan wacana acara pekerjaannya kepada bawah umur biar mereka menghargai dan mempunyai impian yang baik. Ilustrasi tersebut ialah teladan cinta….
A. rumah
B. profesi
C. orang tua
D. masyarakat
Jawab:
B. Benar, cinta profesi terkait dengan pekerjaan dan penghargaan terhadap suatu profesi
Pembahasan:
Materi ini terdapat dalam modul delapan kegiatan mencar ilmu dua wacana penanaman nilai cinta lingkungan pada anak
36. Setiap hari Jumat, Taman Kanak-kanak Lebah mewajibkan bawah umur menggunakan baju bebas dengan motif batik. Kegiatan ini menggambarkan salah satu upaya menanamkan cinta tanah air dengan cara….
A. pengenalan batik Jawa
B. pelestarian budaya
C. mempromosikan sekolah berbasis budaya
D. menyalahkan negara tetangga
Jawab:
B. Benar, upaya tersebut termasuk dalam cara melestarikan budaya bangsa
Pembahasan:
Pelajari materi yang terkait dengan penanaman nilai-nilai cinta tanah air yang terdapat dalam modul delapan kegiatan mencar ilmu tiga
37. Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia diterapkan materi muatan lokal yang mengajarkan pada anak wacana budaya dan masyarakat di sekitar forum tersebut beradA. Hal ini termasuk dalam landasan ….
A. sosiologis
B. filosofis
C. yuridis
D. psikologis
Jawab:
A. Benar, alasannya ialah landasan ini berdasarkan pada kehidupan masyarakat di sekitar
Pembahasan:
Pelajari materi modul sembilan kegiatan mencar ilmu satu wacana esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan bagi anak
38. Ibu Dewi selalu meminta bawah umur untuk menutup mata dan menadahkan kedua tangan ketika kegiatan berdoA. Hal itu bertujuan untuk ….
A. melatih sikap mental berserius ketika berdoa
B. membuat suasana sepi ketika berdoa
C. memmenolong anak menghafal isi doa
D. melatih anak berdoa sendiri
Jawab:
A. Benar, alasannya ialah menutup mata ialah salah satu cara untuk berserius
Pembahasan:
Pelajari materi modul sembilan kegiatan mencar ilmu dua wacana hal yang perlu diperhatikan pendidik dalampenerapan pembelajaran tata cara diberibadah pada AUD
39. Berikut ialah etika dalam berpakaian yang termasuk dalam ruang lingkup penanaman nilai keagamaan pada anak, kecuali….
A. memulai selalu dari tangan dan kaki kanan
B. membuka pakaian dengan benar
C. memasangkan pakaian dengan benar
D. melepaskan pakaian sesegera mungkin
Jawab:
D. Benar, melepaskan pakaian sesegera mungkin tidak termasuk dalam etika berpakaian
Pembahasan:
Pelajari materi dalam modul sembilan kegiatan mencar ilmu dua wacana ruang lingkup penanaman nilai-nilai keagamaan yang mungkin dipraktikan AUD
40. Dalam implikasi penanaman nilai-nilai keagamaan, kemajuan perkembangan anak perlu diamati secara terus menerus secara bersiklus dalam periode waktu tertentu. Hal ini sesuai dengan prinsip….
A. monitoring yang rutin
B. peningkatan kemajuan perkembangan anak
C. pemfokusan pada standar pendidikan nasional
D. berdasarkan pada RKM dan RKH yang sudah disusun
Jawab:
A. Benar, pengamatan perkembangan anak secara rutin termasuk dalam prinsip monitoring
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sepuluh kegiatan mencar ilmu satu wacana prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengimplikasikan materi pengembangan nilai keagamaan pada anak TK
41. Untuk mengenalkan tata tertib silam lintas pada anak usia dini, pendidik PAUD sanggup melaksanakan hal diberikut ini kecuali….
A. memperkenalkan hukum berjalan kaki di jalan raya
B. menunjukkan atau menceritakan ramainya jalan raya
C. bercakap wacana pendapat anak terhadap kegiatan di jalan raya
D. mengajak anak bermain game online cara mengemudi kendaraan beroda empat dengan benar
Jawab:
D. Benar, mengajak anak bermain game online cara mengemudi kendaraan beroda empat dengan benar
Pembahasan:
Pelajari materi pada modul sepuluh kegiatan mencar ilmu satu wacana teladan penyusunan taktik dlm peng moral anak TK
42. Menurut Doni Koesoema sebagai seorang pendidik karakter, guru berperan bukan spesialuntuk sebagai ….
A. penggerak pendidikan huruf pada anak usia dini
B. pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
C. pengembang rencana perubahan pendidikan karakter
D. pembaharu dalam pengembangan huruf bangsa
Jawab:
B. Benar, guru berperan bukan spesialuntuk sebagai pelaku perubahan yang menggerakkan roda transformasi sosial ekonomi dalam masyarakat
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat pada modul sepuluh kegiatan mencar ilmu dua wacana kiprah guru sebagai pendidik huruf pada anak TK
43. Pendidikan moral sanggup menjadi pengalaman yang dalam dan menempel pada pola pikir anak sepanjang hidupnya alasannya ialah intinya insan mempunyai piranti penunjang berupa….
A. kecerdasan
B. panca indra
C. nurani
D. kalbu
Jawab:
B. Benar, panca indra ialah piranti penunjang yang sanggup menangkap pengetahuan hingga menjadi pengalaman yang melekat
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul sepuluh kegiatan mencar ilmu 2 wacana kiprah dan fungsi pendidikan moral dan nilai agama bagi anak TK
44. Lingkungan sekolah yang baik tidak spesialuntuk ditentukan oleh akomodasi fisik indoor dan outdoor yang baik dan lengkap, tetapi juga harus didukung oleh….
A. guru yang bergelar sarjana
B. agenda yang jelas, terukur dan berkesinambungan
C. anak didik yang berprestasi international
D. pendidik yang sudah mempunyai akta pendidik
Jawab:
B. Benar, agenda yang jelas, terukur dan berkesinambungan menjadi syarat sekolah yang baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan mencar ilmu satu wacana analisis terhadap faktor yang terkait dengan pengembangan moral dan nilai keagamaan di lingkungan TK
45. Salah satu fenomena sosial yang muncul pada ketika ini adalah….
A. orang renta bersaing untuk membuat anak juara
B. orang renta menjadi rajin bekerja di luar rumah
C. guru berusaha mendapat gelar sarjana
D. guru berlomba mengejar sertifikasi pendidik
Jawab:
A. Benar, ketika ini banyak orang renta yang berusaha keras biar anaknya menjadi juara baik di sekolah maupun dalam kegiatan non formal
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan mencar ilmu dua wacana fenomena sosial di masyarakat
46. Beberapa kriteria forum PAUD yang baik ialah sebagai diberikut, kecuali lokasinya….
A. tidak terlalu bersahabat dengan jalan raya
B. tidak terlalu bersahabat dengan pusat perbelanjaan
C. mempunyai halaman yang luas
D. mempunyai akomodasi yang lengkap dan modern
Jawab:
D. Benar, mempunyai akomodasi yang lengkap dan modern bukan kriteria sekolah yang baik
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul sebelas kegiatan mencar ilmu dua wacana upaya sekolah dalam menanggulangi imbas lingkungan yang kurang kondusif
47. Penilaian yang dilakukan guru sanggup dipakai untuk memperbaiki kegiatan pembelajarannyA. Hal ini termasuk dalam….
A. fungsi penilaian
B. tujuan penilaian
C. manfaat penilaian
D. hakikat penilaian
Jawab:
A. Benar, pernyataan tersebut termasuk dalam fungsi penilaian
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan mencar ilmu satu wacana hakikat penilaian
48. Untuk menilai perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak secara alamiah dan sewajarnya, guru sanggup melaksanakan ….
A. portofolio
B. penilaian performa
C. asesmen otentik
D. penilaian diri
Jawab:
C. Benar, asesmen otentik ialah penilaian yang bersifat alamiah dan sewajarnya
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan mencar ilmu dua wacana penilaian yang bekerjsama (asesmen otentik)
49. Penilaian wacana insiden penting yang sanggup dilakukan sewaktu-waktu yang ditulis dengan format buatan guru termauk dalam cara penilaian dengan metode ….
A. guakdot
B. observasi
C. portofolio
D. wawancara
Jawab:
A. Benar, catatan guakdot ialah catatan insiden penting dalam waktu tertentu dengan insiden yang tidak biasa
Pembahasan:
Materi dalam soal ini terdapat dalam modul dua belas kegiatan mencar ilmu satu wacana macam-macam instrument penilaian yang dipakai dalam asesmen otentik
50. Laporan hasil perkembangan anak kepada orang renta sebaiknya disampaikan oleh guru dalam bentuk….
A. tertulis dan rekaman
B. portofolio dan tertulis
C. portofolio dan lisan
D. tertulis dan lisan
Jawab:
D. Benar, laporan dibentuk dalam bentuk tertulis dan verbal biar sanggup lebih praktis dipahami orang renta dan sanggup merangkum seluruh kemajuan perkembangan anak
Pembahasan:
Pelajari materi yang terdapat dalam modul dua belas kegiatan mencar ilmu dua wacana pelaporan hasil penilaian anak TK
Download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102
Seperti yang sudah kami sampaikan pada pertama postingan ini, bahwa soal ini juga kami siapkan salam bentuk dokumen PDF yang memungkinkan dan megampangkan Anda selaku Mahasiswa untuk menyimpan yang kemudian nanti bisa di print dan dipelajari dirumah. Nah diberikut ini kami bagikan link untuk Anda download Soal Ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama lengkap dengan kunci jawabanannya serta pembahasan pada setiap soal.Sudah selayaknya Anda mulai mempelajari soal-soal ini, alasannya ialah akan sangat merugikan Anda selaku Mahasiwa kalau nilai yang Anda dapatkan tidak memuaskan, bahkan mengharuskan Anda untuk mengulang kembali mata kuliah tersebut. Waktu yang tidak memadai serta kesibukan Mahasiswa akan sangat susah dalam memahami tiruana materi pada modul, untuk itu dengan mempelajari soal-soal ini setidanya Anda bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi dan mengikuti ujian final semester nantinya.
Sekian artikel kami terkait soal ujian UT PGPAUD PAUD4102 Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama untuk mahasiswa jrusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini semester 1. Jika Anda mengalami kesusahan dalam menemukan soal yang Anda buruhkan, serta kalau ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh sungkan untuk menghubungi kami melalui halaman Contact, kami akan segera mungkin untuk membalas pertanyaan Anda. Dan tidakboleh lupa untuk menyebarkan artikel dan merekomendasikan blog soal uas ut ini pada mitra kuliah Anda yang lainnya, sekian dan terima kasih.