Menulis

   
1 Definisi Menulis
            Ada banyak pakar yang mempersembahkan pandangan wacana pengertian menulis. Rojak (1976:15), mendefinisikan menulis sebagai “penerapan lambang-lambang bahasa untuk melukiskan ide, pikiran, gagasan, dan sebagainya.” Pendapat senada dikemukakan oleh Tarigan (1992:21) diberikut :
            Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain sanggup membaca lambang grafik itu …..menulis ialah representasi bab dari kesatuan-kesatuan verbal bahasa.

Miharja (1985:2) mengemukakan bahwa menulis yaitu “berkomunikasi mengungkapkan pikiran, perasaan dan kehendak kepada orang lain secara tertulis”.
Dari uraian di atas, sanggup penulis kemukakan bahwa menulis ialah aktivitas mengkomunikasikan sesuatu (pikiran, perasaan, khayalan, kehendak) kepada orang lain dalam bahasa tulis dengan memakai secara konvensional tanda atau lambang bahasa.


2.        Fungsi Menulis
Tarigan (1992:22) mengemukakan bahwa “Pada prinsipnya fungsi utama menulis yaitu sebagai alat komunikasi yang tidak langsung”. Hal senada dikemukakan oleh Rusyana sebagai diberikut :
Kegunaan menulis setidak-tidaknya sebagai wahana untuk mencatat sesuatu biar tidak dilupakan, mencatat pikiran-pikiran, mencatat renungan-renungan dan gagasan, memberikan gagasan (1988:1).


3        Tujuan Menulis
Semi (1995:16-23) memberikan lima tujuan menulis yaitu :
1)        Untuk memilih sesuatu
2)        Memdiberikan petunjuk atau pengarahan
3)        Menjelaskan sesuatu
4)        Untuk meyakinkan
5)        Untuk merangkum
Sementara itu Tarigan (1992:23) mengemukakan empat tujuan menulis yaitu :
1)        Untuk memdiberitahukan atau mengajar
2)        Meyakinkan atau mendesak
3)        Untuk menghibur atau sangat bahagia
4)        Untuk mengutarakan atau mengekspresikan perasaan emosi.
Dari beberapa pendapat di atas sanggup penulis kemukakan bahwa tujuan utama menulis yaitu untuk  mengkomunikasikan sesuatu biar pembaca memahami isi dan maksud penulis.
 
close