Hubungan Metode Bercerita Dalam Upaya Motivasi Kemampuan Berbahasa


Metode menceritakan ialah salah satu pemdiberian pengalaman berguru bagi anak Taman Kanak-kanak dengan menciptakankan kisah kepada anak secara lisan. Cerita yang dibuatkan guru harus menarikdanunik dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan.
Dunia kehidupan anak itu penuh suka cita maka kegiatan menceritakan harus diusahakan sanggup mempersembahkan perasaan gembira, lucu dan mengasikkan serta menjadi pengalaman bagi anak Tk yang bersifat unik dan menarikdanunik. Kemudian yang menggetarkan perasaan anak dan memotivasi untuk mengikuti kisah itu hingga tuntas.
Motivasi diartikan sebagai daya upaya yang mendorong seseorang untuk melaksanakan sesuatu.
Motivasi ialah daya penggagas dari dalamm diri subjek untuk melaksanakan acara tertentu demi tercapainya suatu tujuan.
Berdasarkan keterangan diatas maka metode dan motivasi saling berhubungan, sebab metode ialah suatu metode atau cara guru dalam mempersembahkan proses berguru mengajar, sedangkan motivasi ialah perjuangan guru dalam mempersembahkan dorongan-dorongan supaya anak mau melaksanakan kegiatan-kegiatan yang didiberikan oleh guru. Sehingga anak tersebut menjadi meningkat dari kemampuan pengetahuan keterampilan dan sikap.
Khususnya kemampuan berbahasa anak akan termotivasi untuk berbagi kemapuan berbahasa sebab metode menceritakan di taman kanak-kanak sangatlah disenangi oleh anak.
Anak akan termotivasi untuk berbagi imajinasi sebab ada rangsangan dorongan dari luar. Dan anak akan termotivasi untuk semangat berguru sebab ada alat peraga yang menarikdanunik untuk berbagi kemampuan berbahasa.
melaluiataubersamaini metode menceritakan anak akan melatih daya tangkap untuk berbagi pengetahuan dan sikapnya dalam kemampuan berbahasa.
Dalam perjuangan ini kiprah guru ialah memotivasi anak untuk berguru seraya bermain demi tercapainya tujuan yang dibutuhkan dan sebagai guru Tk haruslah kreatif, inovatif dan imajinasi untuk memotivasi anak supaya berusaha mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan acara yang sudah ditentukan. melaluiataubersamaini adanya kekerabatan yang terang pada motivasi dalam penerapan metode menceritakan maka kemampuan berbahasa menjadi tujuan supaya anak didik bisa berkomunikasi secara verbal dengan lingkungannya. Oleh sebab itu berkomunikasi mempunyai kiprah yang sangat penting dalam kegiatan bersosialisasi dengan orang lain.          


close