Menulis Puisi Bebas | Teladan Puisi Dan Penjelasannya

Menulis Puisi Bebas itu tidak sepenuhnya bebas mau menulis apa. Karena Pengertian Puisi Bebas yaitu puisi yang tidak terikat oleh ketentuan yang kaku. Tetapi tetap ada aturannya.

Maka, saat menerima tugas: buatlah puisi bebas! atau tulislah puisi bebas maka tulislah puisi yang benar menyerupai pola yang akan dibahas di dalam artikel ini.

Sebelum pribadi menulis pola Puisi Bebas, ada baiknya kita terlebih lampau mengetahui pengertian puisi beserta batasannya.

Puisi yaitu kumPUlan ISI


Pengertian Puisi Menurut KBBI ada dua. Pengertian yang pertam ialah pengertian untuk puisi lama. Karena dalam artikel spesialuntuk mengulas puisi bebas, maka yang akan dipakai yaitu pengertian puisi yang kedua.



Puisi yaitu gubahan (karangan) dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingg mempertajam kesadaran orang akan pengalaman serta membangkitkan jawaban khusus melalui penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

Dalam pengertian tersebut terang disebutkan bahwa dalam puisi terdapat kata dipilih dan ditata secara cermat. Penataan tersebut juga memperhatikan penataan bunyi, irama, dan makna kata yang disusun.

Adapun yang dimaksud dengan puisi bebas, yaitu nama lain puisi baru, atau puisi modern. Puisi yang tidak terikat oleh jumlah baris, jumlah bait.

Jadi, kesalahpahaman selama ini ada guru bahasa Indonesia di sekolah yang salah memaknai puisi bebas. Mereka biasanya guru bahasa Indonesia yang biasanya tidak kuliah bahasa Indonesia, menganggap bahwa puisi bebas pokoknya puisi yang terserah termasuk kawanya.

Seharusnya, meskipun menulis puisi bebas, tema yang didiberikan juga terbatas. Misalnya menulis puisi bebas dengan tema cinta lingkungan. Pemilihan tema puisi harus sespesifik itu sebab biasanya siswa kesusahan dalam memilih hal apa yang ingin dipuisikan.

Misalnya, dalam pelajaran Sekolah Menengah Pertama ada materi menulis puisi menurut pengalaman pribadi. Jika spesialuntuk dibari kiprah tulislah puisi menurut pengalaman pribadimu. Maka siswa akan kesusahan. Perintah itu bisa lebih dipersempti cakupannya misalnya: tulislah puisi menurut pengalaman pribadimu saat pertama kali masuk sekolah! 

melaluiataubersamaini kalimat kiprah yang spesifik, siswa mempunyai citra terang apa yang ingin disampaikan dan dipuisikan.

Sesudah klarifikasi terkena arti puisi dan bentuk-bentuk kiprah wacana menulis puisi, maka di sini akan disampaikan pola menulis puisi bebas.

Teknik menulis puisi bebas yaitu dengan memakai nama diri sebagai kata depan masing-masing barisnya.

Misalnya: Menulis Puisi Bebas dengan Tema Hormat Pada Guru

Terlebih tulis aksara pertama. Huruf pertama yang dipakai dalam puisi ini yaitu P U S T A M U N. Sesuai dengan nama blog ini.

P
U
S
T
A
M
U
N

Kemudian masing-masing bari dicari kata yang berpertamaan aksara tersebut.
Jadilah begini:

Pagi menjelang, fajar sudah meninggi
Untuk masa depan generasiku, engakau berangkat
Semangat membara tak pernah padam
Tak peduli gerah atau hujan menghunjam
Alasan apapun tak bisa meredam
Meski problem acap kali hadir
Usahamu mengajar kami tak kan usang
Nanti, kan kubalas itu pasti

misal Puisi bebas di atas sesuai dengan tema, yaitu Hormat Pada Guru. Murid yang menghormati gurunya niscaya akan menghargai jasa dan perjuangan gurunya dalam mengajar. Sementara, di samping menghargai juga niscaya akan membalas jasa gurunya dangan kemampuan yang dimiliki.

Demikian artikel menulis pola puisi bebas beserta klarifikasi dan pengertiannya. Semoga bisa menulis puisi sebebas imajinasimu!
close