Mengaplikasikan (Menulis) Model Pembelajaran Berbasis Inovasi Bahasa Indonesia (Bagian 1)

Artikel ini ialah contoh mengaplikasikan atau menulis model pembelajaran berbasis inovasi mata pelajaran bahasa Indonesia. Karena postingan ini berupa tahap pertama, mohon menolongan dari tiruana pihak (pembaca blog ini) untuk mempersembahkan Koreksian dan masukan jikalau ada kesalahan.

misal Mengaplikasin Model Pembelajaran Berbasis Penemuan kali ini memakai bahan bahasa Indonesia dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Pemilihan KTSP sebagai kurikulum acuan, mengacu pada Kurikukulum Acuan yang diterapkan di sekolah aku.

Kompetensi Dasar :  Menulis syair dengan memperhatikan syarat-syarat syair.
Tingkat Sekolah : Sekolah Menengah Pertama


Tahap Awal Pemdiberian Rangsangan
Siswa diajak untuk menyimak lagu yang dipopulerkan oleh AA Gym (Abdullah Gymnastiar), setelah itu bahu-membahu dengan siswa, guru menyanyikan lagu ‘Jagalah Hati’.

Jagalah hati tidakboleh kamu kotori
Jagalah hati lentera hidup ini
Jagalah hati tidakboleh kamu nodai
Jagalah hati cahaya ilahi

Bila hati kian suci
Tiada yang tersakiti
Pribadi menawan hati
Ciri mukmin sejai

Bila hati kian busuk
Pikiran jahat merasuk
Akhlak kian terpuruk
Menjadi makhluk terkutuk

Bila hati kian membersihkan
Pikiranpun akan jerniah
Semangat hidup nan gigih
Prestasi simpel diraih

Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang merangsang siswa biar tertarik dengan lagu yang gres saja dinyanyikan bersama-sama.
misal pertanyaan yang mungkin diajukan ialah sebagai diberikut:
1. Apakah kalian tertarik dengan lagu tadi?
2. Apa isi kisah lagu tadi?
3. Bagus apa tidak lagu yang tadi kita nyanyikan?
4. Apa yang membuat lagu tadi indah?
5. Mengapa lagu tadi simpel dinyanyikan?


Catatan:
Ini gres tahap pertama, akan dilanjutkan dalam postingan selanjutnya.

Jangan lupa ikuti terus ya.....
close