La Contoh Nemo | Coretan Kolam Truk Dengan Goresan Pena Unik, Kreatif, Aspiratif, Dan Inspiratif

Coretan goresan pena pada kolam truk selalu menarikdanunik untuk dibaca. Tulisan yang tersaji pada bab truk juga selalu sarat dengan makna. Setidaknya, goresan pena pada bab kendaraan juga mengatakan identitas pemilik atau sopir truk.

Tulisan pada bab kendaraan truk dalam artikel ini disebut dengan Grafiti Bak Truk. Grafiti identik dengan corat-coret yang terkesan sekenanya. Bak truk yaitu bab truk yang sanggup menjadi daerah strategis untuk berkarya sehingga sanggup dibaca oleh banyak orang. Sementara truk adala kendaran pengangkut barang.

Grafiti Bak Truk dalam artikel ini berupa grafiti pada kendaraan kolam terbuka jenis pick up (dalam bahasa Inggris disebut 'truck'). Dalam kendaraan tersebut terdapat goresan pena yang disertai gambar.
Terdapat dua kata satu gambar. Kata yang pertama adala LA. Penulisan aksara LA identik dengan merek dagang produk t3mbakau alias 'r0k0k'. Kata yang kedua ditulis dengan aksara biasa berbunyi 'pola'. Kedua kata tersebut bekerjsama ialah satu kesatuan. Jika ditulis dengan kaidah penulisan yang baik berbentuk: 'la-pola'.

Gambar yang terdapat pada grafiti kolam truk tersebut yaitu karakter kartun (animasi) yang berjulukan Nemo. Nama 'Nemo' cara baca vokalnya yaitu aksara e dibaca ibarat pada kata edan. Sedangkan aksara o dibaca ibarat pada kata toko. Nemo.

Dalam grafiti kolam truk yang terdapat dalam foto ini, kalau ditulis lengkap yaitu sebagai diberikut: la-pola nemo. Kalimat ini ialah susunan kalimat dalam bahasa Madura. Padanannya dalam bahasa Jawa yaitu menowo-menowo nemu. Jika diterjemahkan bebas dalam bahasa Indonesia menjadi: siapa tahu nemu. Maksudnya, mungkin menemukan (rejeki).

la-pola ialah bentuk peruangan kata dari kata dasar pola. Pola dalam bahsa Madura berarti mungkin. La-pola memiliki padanan yang paling pas dalam bahasa Jawa yaitu menowo-menowo (dalam bahasa Arab ada: 'la'alla').

Kata nemo dalam bahasa Madura tidak dibaca ibarat nama karakter kartun animasi sebuntut ikan merah (juga disebut ikan badut). Kata nemo dalam bahasa Madura yang berarti menemukan ini dibaca dengan cara, aksara e dibaca ibarat pada kata elang sementara aksara o dibaca ibarat pada kata obat. Nemo. Dalam pelafalan oleh penutur Madura, cenderung ada suara h di simpulan kata. Nemoh.

Dari klarifikasi di atas, sanggup diketahui pembuat, kreator, atau pencipta grafiti kolam truk yang dicoretkan di kolam kendaraan beroda empat pick up tersebut sanggup dikatakan kreatif. Kreatif alasannya yaitu mempunyai ide untuk memakai sebuh gambar yang sudah terkenal untuk mewakili sebuah kata nemu. Adanya gambar, lebih menarikdanunik sebuah tulisan.

Selain kreatif, goresan pena pada kolam truk tersebut juga aspiratif. Maksudnya yaitu goresan pena ini grafiti kolam truk yang dicoretkan di bab belakang kendaraan tersebut meliputi pesan dan makna yang sangat dalam. Dalam bekerja, insan tidak sanggup memastikan, sanggup rejeki apa tidak. Yang penting berusaha, siapa tahu (lapola) menemukan rejeki. Betapa dalam makna yang terdapat dalam sebuah coretan. Dari sini, coretan pada kolam truk, (meskipun kadang tidak senonoh), tetap mempunyai makna yang mendalam.

Di samping kreatif, aspiratif, grafiti kolam truk la-pola nemo juga inspiratif. Grafiti kolam truk tersebut memungkinkan memdiberi pandangan gres kepada orang lain untuk membuat grafiti dan goresan pena yang serupa. Tidak jarang, goresan pena pada kolam truk yang diletakkan di bab belakang sehingg simpel dibaca ini, memunculkan grafiti-grafiti serupa.

Jadi, sanggup ditarik kesimpulan bahwa goresan pena pada kolam truk tersebut berbunyi lapola nemo (siapa tahu nemu [rejeki]). Tulisan tersebut bersifat kreatif, aspiratif, dan inspiratif.

Jika didiberi peluang mendesain dan menyusun kata-kata pada kolam truk, goresan pena apa yang ingin kalian tuangkan?

Kalau saya inginnya menulis:
Bak Truk, Jendela Makna Sang Sopir!


close