Masjid Cheng Hoo Jember: Ibadah Dan Wisata

Hari ini, saya salat magrib di Masjid Cheng Hoo Jember untuk kesekian kalinya. Ada sedikit perubahan. Jalan masuk Masjid Cheng Hoo Jember yang melalui halaman SD Negeri didiberi goresan pena "Pelan-pelan". Perubahan lainnya ialah adanya paving blok di halaman Masjid Cheng Hoo Jember, juga perbaikan kamar mandi plus daerah wudu. Tambah alasannya ialah aja nih Masjid Cheng Hoo Jember.
Memang terusan ke Masjid Cheng Hoo ini tidak begitu kelihatan. Seperti halaman kantor, sempurna di samping SD Negeri Sempusari. Tetapi posisinya yang tidak jauh dari Jalan Protokol Jember, yaitu Jalan Gajah Mada membuat orang yang mampir salat ke daerah ini tidak sedikit, meskipun tidak sebanyak masjid lain.

Ruang Utama Masjid Cheng Hoo Jember
Seandainya ada papan yang cukup besar di pintu masuknya, niscaya lebih keren. Menara Masjid Cheng Hoo Jember yang "tidak begitu tinggi" spesialuntuk kelihatan dari jalan arah Surabaya. Itupun harus memicingkan mata semoga terlihat jelas. Sementara dari arah kota Jember, bangunan Masjid Cheng Hoo Jember sama sekali tidak kelihatan.

Ada yang lebih asyik melihat pemandangan yang terjadi di Masjid Cheng Hoo Jember dibanding kunjungan sebelumnya. Di pertama-pertama pelantikan Masjid Cheng Hoo Jember, orang yang hadir ke Masjid dengan warna merah yang secara umum dikuasai ini, spesialuntuk sekadar foto-foto. Malah ada sepasang muda-mudi yang foto.

Masjid kok dijadikan daerah pacaran. Tapi setidaknya pacaran di sekitar masjid mustahil mengarah ke hal negatif lainnya. Paling ya cuma foto-foto. Daripada pacaran dan foto-foto di pantai.
Kali pemandangan lebih menyentuh. Kebetulan saya masuk ke halaman Masjif Cheng Hoo bersamaan dengan sebuah mobil. Yang jeluar dari kendaraan beroda empat tersebut ialah seorang pemuda, mungkin usianya di bawah aku. Dia bergegas menuju daerah wudu, alasannya ialah salat jamaah sudah mulai.
Meskipun sudah bergegas wudu dan berlali untuk mrngikuti jamaah, sang cowok ini terlambat. Hanya ikut tahiyat terakhir. Setidaknya sanggup pahala salat berjamaah.

Seusai salat, tampak beberapa anak muda bersama orang tuanya berswafoto dengan latar menara Masjid Cheng Hoo. Tadi keluarga tersebut juga ikut salat jamaah di dalam masjid.
Masjid Cheng Hoo, sesuai dengan fungsinya yaitu daerah ibadah. melaluiataubersamaini arsitektur yang menarikdanunik, juga membuat daerah ini sebagai daerah wisata. Intinya daerah wisata ialah untuk menghibur diri.

Sudahkah anda berkunjung ke Masid Cheng Hoo Jember?
close