Ana, Ani, Anu Dan Artinya Dalam Aneka Macam Bahasa

Selalu ada nama 'ana' dari kumpulan beberapa orang
Kata ana ada di banyak sekali macam bahasa Indonesia. Ada yang sama dalam bacaan, ada pula yang sama dalam bunyi. Misalnya suara ‘ana’ dalam bahasa Arab tulisannya tidak sama dengan bahasa Indonesa. Maka dari itu, nama ana memiliki arti yang tidak sama-beda dalam banyak sekali bahasa.

Dalam bahasa Indonesia (dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia) ada kata  ‘ana’ yang ialah ragam cakap yang searti dengan ‘aku’ dan ‘aku’. Tentu alasannya yaitu ragam cakap, berarti bahasa Jawa ini diserap dari bahasa Arab dengan suara yang sama.

Selanjutnya ana yang ialah kata dalam bahasa Arab mempunyai beberapa medan arti. Yaitu berarti prestise (kebanggaan),
dan penghargaan terhadap diri sendiri. Kaprikornus sanggup dianggap bahwa ana ialah bentuk keyakinan diri seseorang.

Sementara itu, dalam kata yang berbunyi ‘ana’ juga ada dalam bahasa Latin. Dalam bahasa latin, ‘ana’ berarti  ‘ramah’. Berarti nama ‘ana’ diperlukan orang tersebut sanggup ramah terhadap orang lain. Menghargai orang lain, sekaligus menghargai orang lain serta diri sendiri.

Ada pula kata ‘ana’ dalam bahasa Jawa. Sebagian melafalkan /ana/ sebagian dialek lain menuturkan ‘ana’ dengan /ono/, aksara /o/ dibaca ibarat aksara /o/ pada kata ‘obat’. Ana dalam bahasa Jawa berarti ‘ada’ atau berwujud.


Dalam bahasa-bahasa lain, arti kata ana juga tidak sama-beda. Kata ‘ana’ dalam bahasa Jepang berarti lubang. Sementara itu, dalam bahasa Azerbaijan ada kata ‘ana’ yang dalam bahasa Indonesi sama artinya dengan ‘lubang’.

Nama yang juga sering dipakai oleh orang Indonesia  dan negara lain yaitu ‘ani’. Nama ‘Ani’ ialah nama yang ngetop dalam dunia pendidikan. Saat buku pelajaran membaca mengenalkan ‘BUDI’ dan ‘ANI’ dalam contoh-contoh kalimat dalam pelajaran anak sekolah dasar.

Nama ‘ani’ juga menjadi lebih ngetop lagi sehabis masa-masa kejayaan ‘meme’. Dulu nama ‘Ani’ identik dengan film yang dibintangi oleh raja dangdut, Rhoma Irama. Kini foto Rhoma muda dan ani muda menjadi materi untuk memunculkan senyum dalam meme lucu-lucu.

Sementara itu dalam bahsa Indonesia juga ada kata ani. Bahkan ada beberapa kata. Kata  ‘ani’ dalam bahasa Indonesia berarti pemidangan dari kayu yang mempunyai kegunaan sebagai daerah memasang lungsin, yaitu  sebuah cuilan dalam alat tenun.

Bentuk dasar yang mengulang suara ani juga ada dalam bahasa Indonesia. Ani-ani. Dalam bahasa Indonesia ani-ani didefinisikan sebagai pisau pemotong khusus untuk tangkai padi yang terbuat dari bambu dan kayu yang saling menyilang. Pisau kecil yang ditancapkan pada cuilan muka kayu.

Kata ani juga ada dalam bahasa Rumania dan bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang, ani mempunyai makna saudara. Sementara dalam bahasa Rumania kata ‘ani’ mempunyai arti ‘Tahun’.


Kata yang ibarat dengan ana dan ani yaitu anu. Anu menawarkan ketabuan, yang tidak pantas dan dihentikan disebutkan. Dalam KBBI anu mempunyai dua makna. Kedua makna tersebut menawarkan bahwa kata ‘anu’ ialah nomina alias kata benda. Adapun makna ‘anu’ adalah,  Sesuatu dihentikan disebutkan namanya (benda, orang, dan sebagainya). Makna yang kedua dari kata ‘anu’. Anu dipakai (untuk sebut) sesuatu pernah tahu tapi yang namanya terlupa atau bahkan  tidak diketahui.

Dari klarifikasi makna di atas, kata anu menawarkan ‘keguahan-keguahan’ di duni ini.

Adapun kata ‘anu’ juga dipakai sebagai judul sebuah karya sastra. Salah satu karya naskah drama Putu Wijaya memakai kata 'anu'. Kata anu juga acapkali dipakai dalam naskah drama itu secara membabi buta. Bahkan  sampai-sampai menyulitkan pemahaman para pembacanya. melaluiataubersamaini banyaknya kata 'anu' yang dipakai mengkaibatkan perjuangan menawarkan banyak hal secara terpotong.


Demikian klarifikasi terkena arti kata nama ana dan nama ani. Diikuti juga dengan kata anu yang maknanya selalu absurd.

Lalu, apa arti namamu?


close