Fisika Gasing - Prof. Yohanes Surya

FISIKA GASING (Gampang, Asik dan Menyenangkan)

Gimana berguru Fisika yang susah dimengerti menjadi praktis dan asik untuk di pelajari? dan bagaimana cara memberikan materi Fisika semoga siswa praktis mengerti dan praktis memahami dengan materi yang didiberikan.  Selama 13 tahun sambil membina Tim Olimpiade Fisika Indonesia, Prof. Yohguas Surya melaksanakan penelitian  dalam menemukan  suatu pembelajaran fisika yang praktis diterima oleh siswa, praktis diajarkan oleh guru serta menciptakan  peserta didik merasa asyik dan sangat bahagia.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Yohguas Surya, untuk membuat fisika itu gampang, asyik dan sangat senang (Gasing)  beberapa hal perlu diperhatikan (sebenarnya ini tidak tiruananya baru) :
  1. Hindari matematika yang susah, jikalau perlu cari alternatif solusi yang memakai matematika lebih sederhana
  2. Manfaatkan pengertian konsep fisika  yang benar dan lebih menekankan pada budi dibandingkan dengan memakai rumus-rumus turunan.
  3. Gunakan angka-angka yang praktis dan lingkaran menyerupai 1 ,  2  , atau 10 saat sedang mengajarkan konsep melalui banyak sekali teladan soal.  Hindari angka-angka koma atau kepingan agar serius siswa tidak disimpangkan dari solusi fisika ke solusi matematika.
  4. Perbanyak obrolan pribadi dengan siswa terutama wacana konsep-konsep fisika yang gres diajarkan. Minta mereka mengeluarkan pendapatnya untuk menuntaskan soal-soal yang bekerjasama dengan konsep yang didiberikan.
  5. Perbanyak eksperimen dan demonstrasi fisika sehingga tiap anakdidik menikmati asyiknya fisika dan mereka sanggup mencicipi bahwa fisika itu sungguh sangat bahagia.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Yohguas Surya sekarang sedang disebarluaskan melalui gerakan cinta Fisika. Saya spesialuntuk salah satu pencinta Fisika yang menyukai metode pembelajaran ini. Berikut materi petes Fisika Gasing. Silakan klik tombol download di bawah ini




s    sumber : www.yohguassurya.com







close