Strategi Pemasaran


            Terdapat beberapa macam pengertian seni manajemen dari para hebat sebagai diberikut:
            Menurut Chandra (2002:93), seni manajemen pemamasukan ialah planning yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari banyak sekali acara atau jadwal pemamasukan terhadap usul produk atau lini produknya di pasar samasukan tertentu. Program pemamasukan mencakup tindakan-tindakan pemamasukan yang sanggup mensugesti usul terhadap produk, diantaranya dalam hal mengubah harga, memodifikasi kampanye iklan, merancang promosi khusus, memilih pilihan terusan distribusi, dan sebagainya.
Menurut Purwanto (2008), analisis starategi mencakup “segitiga strategi”, yaitu: Pelanggan,Pesaing dan Perusahaan. Kebanyakan perusahaan/unit perjuangan melaksanakan kegiatan produksi dan operasinya spesialuntuk hingga berserius pada pembuatan produk saja, termasuk perusahaan berskala kecil hingga menengah. Perusahaan seharusnya juga memperhatikan seni manajemen perjuangan guna mempertahankan berbagi perjuangan yang sudah ada, supaya tetap sanggup bersaing.Strategi pemamasukan ialah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemamasukan sanggup dipandang sebagai salah satu  dasar yang digunakan dalam  menyusun  perencanaan perusahaan secara menyeluruh.
Dipandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam perusahaan, maka dibutuhkan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk dijadikan fatwa bagi segmen perusahaan dalam menjalankan kegiatannya. Alasan lain yang memperlihatkan pentingnya seni manajemen pemamasukan ialah semakin kerasnya persaingan yang dihadapi oleh perusahaan pada umumnya. Dalam situasi yang demikian, tidak ada lagi pilihan lain bagi perusahaan kecuali berusaha untuk menghadapinya atau sama sekali keluar dari arena persaingan. Perusahaan harus meningkatkan efektifitas dan nilai pelanggan, menyerupai yang dikemukakan Bestari (2003:85) bahwa respon bahwa respon yang paling baik untuk melindungi pasar yaitu dengan melaksanakan penemuan terus menerus (continous innovation). Perusahaan terus berusaha meningkatkan efektifitas kompetitif dan nilai perusahaan di mata konsumennya.
Uswara (2003 : 22) menyatakan bahwa: ” Strategi pemamasukan ialah sesuatu yang sangat penting bagi setiap perusahaan, sesuatu yang penting umumnya tidak simpel dirumuskan dan dilaksanakan ”. Dalam pengertian seni manajemen seringkali terkandung perencanaan ialah proses yang berlangsung secara terus- menerus dalam suatu perusahaan. Oleh alasannya itu seni manajemen pemamasukan dari setiap perusahaan ialah planning yang menyeluruh dimana perusahaan berharap mencapai samasukan yang sudah ditentukan, yang pada alhasil untuk merealisasikan tujuan dari perusahaan yang bersangkutan.
Menurut Philip Kotler (2004: 74) menyatakan bahwa:  Strategi pemamasukan ialah proses manajerial untuk berbagi dan menjaga supaya tujuan, keahlian, dan sumber daya organisasi sesuai dengan peluang pasar yang terus berubah. Tujuan perencanaan strategis ialah untuk membentuk serta menyempurnakan perjuangan bisnis dan produk perusahaan sehingga memenuhi sasaran keuntungan dan pertumbuhan.
Pemamasukan memegang peranan yang penting dalam proses perencanaan strategis. Manajemen pemamasukan mempersembahkan dukungan fungsional paling besar dalam proses perencanaan strategis dengan tugas kepemimpinan dalam mendefinisikan misi bisnis, menganalisa situasi lingkungan, persaingan, dan situasi bisnis.mengembangkan tujuan samasukan dan seni manajemen serta mendefinisikan planning produk, pasar distribusi dan kualitas untuk menerapkan seni manajemen usaha.
Suatu perusahaan yang maju didalam memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis dan beberapa unit-unit bisnis, tergantung kepada sejauh mana seni manajemen pemamasukan diterapkan dengan baik oleh pelaku bisnis atau pengambil ­ keputusan dalam mensosialisasikan item-item penting dari kegiatan pemamasukannya.
Strategi pemamasukan yang maju dan berkembang senantiasa memperhatikan adanya unsur menarikdanunik perhatian segmen pasar atau pangsa pasar yang produktif dalam kegiatan pemamasukan. Selain itu berupaya untuk menempatkan posisi pemamasukan yang strategis dalam memperoleh keuntungan dan berupaya untuk mencapai sasaran dari realisasi yang diterapakannya.
 Menurut Sofyan Assauri (2008:168) seni manajemen pemamasukan ialah Serangkaian tujuan dan samasukan, kebijakan dan hukum yang memdiberi arah kepada usaha-usaha pemamasukan perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan contoh serta alokasinya, terutama sebagai balasan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah, Oleh lantaran itu, penentuan seni manajemen pemamasukan harus didasarkan atas analisa lingkungan dan internal perusahaan melalui analisa keunggulan dan kelemahan perusahaan, serta analisa peluang dan bahaya yang dihadapi perusahaan dari lingkungannya.
Berdasarkan pendapat diatas, maka seni manajemen pemamasukan pada hakekatnya ialah planning yang menyeluruh dan terpadu tentang pemamasukan, yang memuat secara rinci tentang rangkaian kegaiatan yang harus dijalankan perusahaan untuk tujuan pemamasukan. Strategi pemamasukan suatu perusahaan harus didasarkan atas analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis internal perusahaan ialah analisis keunggulan dan kelemahan perusahaan, sedangkan analisis eksternal ialah analisis atas banyak sekali faktor luar yang mensugesti perusahaan. melaluiataubersamaini analisis-analisis tersebut akan memungkinkan manajemen perusahaan sanggup mengambil keputusan dalam kegiatan pemamasukan yang strategis. Dalam relasi seni manajemen pemamasukan secara umum ini, Assauri (1999:163) membedakan tiga jenis seni manajemen pemamasukan yang sanggup ditempuh perusahaan, yaitu:
a.    Strategi pemamasukan yang tidak membeda-bedakan pasar (undifferentiated marketing).
melaluiataubersamaini seni manajemen ini, perusahaan menganggap pasar sebagai suatu keseluruhan, sehingga perusahaan spesialuntuk memperhatikan kebutuhan konsumen secara umum. Oleh lantaran itu perusahaan spesialuntuk menghasilkan dan memasarkan satu macam produk saja. Strategi ini bertujuan untuk melaksanakan penjualan secara massal, sehingga menurunkan biaya. Salah satu keuntungan seni manajemen ini ialah kemampuan perusahaan untuk menekan biaya sehingga sanggup lebih ekonomis. Sebaliknya, kelemahan ialah apabila banyak perusahaan lain juga menjalankan seni manajemen pemamasukan yang sama, maka akan terjadi persaingan yang tajam untuk menguasai pasar (hyper competetion), dan mengabaikan segmen pasar yang kecil lainnya. Akibatnya, seni manajemen ini sanggup mengakibatkan kurang menguntungkannya usaha-usaha pemamasukan perusahaan, lantaran banyak dan makin tajamnya persaingan.
b.        Strategi pemamasukan yang membeda-bedakan pasar (differentiated marketing).
melaluiataubersamaini seni manajemen ini, perusahaan spesialuntuk melayani kebutuhan beberapa kelompok konsumen tertentu dengan jenis produk tertentu pula. melaluiataubersamaini perkataan lain, perusahaan memperlihatkan banyak sekali variasi produk dan product mix, yang diubahsuaikan dengan kebutuhan dan impian kelompok konsumen atau pembeli yang tidak sama-beda, dengan jadwal pemamasukan yang tersendiri diharapkan sanggup dicapai tingkat penjualan yang tertinggi dalam masing-masing segmen pasar tersebut. Perusahaan yang memakai seni manajemen ini bertujuan untuk mempertebal kepercayaan kelompok konsumen tertentu. Keuntungan seni manajemen ini, penjualan sanggup diharapkan akan lebih tinggi dengan posisi produk yang lebih baik di setiap segmen pasar, dan total penjualan sanggup ditingkatkan dengan bervariasinya produk yang ditawarkan. Kelemahan seni manajemen ini ialah terdapat kecenderungan biaya akan lebih tinggi lantaran kenaikan biaya produksi untuk modifikasi produk, biaya administrasi, biaya promosi, dan biaya investasi.


c.    Strategi pemamasukan yang terserius(concentrated marketing).
melaluiataubersamaini seni manajemen ini, perusahaan mengkhususkan pemamasukan produknya dalam beberap segment pasar, dengan pertimbangan sumber daya perusahaan. Strategi ini mengutamakan seluruh perjuangan pemamasukan pada satu atau beberapa segment pasar yang akan mempersembahkan keuntungan yang lebih besar. Keuntungan memakai seni manajemen ini, perusahaan sanggup diharapkan akan memperoleh kedudukan atau posisi yang berpengaruh di dalam segment pasar tertentu yang dipilih. Sementara kelemahan seni manajemen ini ialah perusahaan akan menghadapi resiko yang besar jika spesialuntuk tergantung pada satu atau beberapa segmen pasar saja.

                                                                                                               
close