Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Akuntansi MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FEKON (Fakultas Ekonomi) Non Pendas yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 8. Pada postingan kami sebelumnya kami sudah aneka macam Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4434 Sistem Informasi Manajemen, kami konsisten membangun blog Soal UAS UT sebagai wadah untuk membagikan kumpulan soal-soal ujian simpulan semester Universitas Terbuka. Yang kemudian bisa Anda pelajari sebelum menghadapi ujian nantinya. Setiap soal yang kami posting atau bagikan tentu sudah disertakan dengan kunci jawabanan dan pembahasan kunci jawabanannya. Tentu dengan hal tersebut Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari materi yang ada pada madul Anda. Tak spesialuntuk Soal Ujian UT saja, kami juga mempersembahkan aneka macam hal lainnya terkait kiprah Anda sebagai Mahasiswa Universitas Terbuka, menyerupai Soal Ujian UT Akuntansi dan aneka macam Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang sudah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari isi materi pada modul. melaluiataubersamaini hal ini Anda akan lebih bisa menghemat waktu Anda untuk mempelajari tiruana materi di mata kuliah Anda. Mempelajari soal-soal menyerupai ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soal tentu akan menghemat waktu Anda. Tak jarang soal yang Anda pelajari akan sama persis keluar pada waktu ujian nantinya, hal ini lantaran tiruana soal yang kami bagikan ini tak lepas dari materi yang ada pada modul Anda.
Soal Ujian UT Akuntansi Semester 8 lainnya:
Tentunya Anda akan sangat digampangkan dengan adanya soal menyerupai ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, lantaran dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya. Makara Anda sangat digampangkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada simpulan artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan pribadi pada link downloadnya. Makara Anda tidak perlu lagi melaksanakan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 hingga semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi.
Soal Ujian UT Akuntansi Semester 8 lainnya:
- Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4434 Sistem Informasi Manajemen
- Soal Ujian UT Akuntansi MKDU4110 Bahasa Indonesia
- Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4159 Komunikasi Bisnis
- Soal Ujian UT Akuntansi EKMA4414 Manajemen Strategik
- Soal Ujian UT Akuntansi ESPA4229 Ekonomi Pembangunan
Tentunya Anda akan sangat digampangkan dengan adanya soal menyerupai ini, selain bisa Anda download soal ini untuk kemudian Anda pelajari dirumah, Anda juga mempelajari soal ini secara online, melalui Handphone Anda, lantaran dalam hal ini, kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya. Makara Anda sangat digampangkan sekali dalam mempelajari soal-soal ini, kapanpun dan dimana saja Anda bisa belajar, asalkan Anda bisa internetan dengan handphone Anda. Pada simpulan artikel, kami juga sudah menyiapkan link untuk mendownload soal ini dalam bentuk file PDF yang mana Anda akan diarahkan pribadi pada link downloadnya. Makara Anda tidak perlu lagi melaksanakan copy-paste.
Untuk melihat daftar lengkap soal Majamen dari semester 1 hingga semester 8 silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi.
Soal UAS UT ini kami tidak spesialuntuk menyebarkan Soal untuk satu jurusan saja, namun kami juga menyebarkan aneka macam soal lainnya untuk jurusan yang tidak sama, nah untuk melihat lengkap soal-soal jurusan lainnya, silahkan Anda merujuk ke postingan kami Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Akuntansi ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 hingga dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Akuntansi.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
A. ialah bahasa para raja
B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara
C. mempunyai fonem lebih banyak dibandingkan dengan bahasa lain
D. mempunyai sifat bersahaja
Jawab:
B. Benar, Bahasa Melayu pada ketika itu sudah dikenal dan dipakai oleh aneka macam lapisan di banyak wilayah di Nusantara.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
2. Butir pertama sumpah perjaka berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .
A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
B. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.
C. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Jawab:
D. Benar, Khusus untuk bahasa Indonesia kata mengaku dipertinggi menjadi menjunjung.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
3. Bangsa Indonesia seharusnya mempunyai pujian dalam memakai bahasa IndonesiA. Dalam hal ini bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .
A. lambang pujian nasional
B. lambang identitas nasional
C. alat pemersatu aneka macam suku bangsa
D. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
Jawab:
A. Benar, Lambang pujian nasional bermakna bangsa Indonesia selalu besar hati akan bahasa nasional “Bahasa Indonesia”.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
4. misal penerapan kata yang benar dan berkaitan dengan pengetahuan agama yakni ... .
A. Ka’bah yakni bangunan berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.
B. Kaabah yakni bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.
C. Kabah yakni bangunan yang dikelilingi umat Islam ketika melaksanakan tawaf.
D. Kakbah yakni kiblat umat Islam ketika melaksanakan salat, bukan bangunan yang disembah.
Jawab:
D. Benar, Kakbah kata baku, terdapat dalam engkaus.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 2
5. Pernyataan yang menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa yakni ujar atau verbal yakni ... .
A. ragam bahasa terdiri atas ragam verbal dan ragam tulis
B. komunikasi sudah terjadi semenjak insan pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
C. orang lebih banyak memakai bahasa verbal ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis
D. bahasa tulis spesialuntuk sanggup dipakai oleh orang-orang terpelajar
Jawab:
B. Benar, Komunikasi sudah dilakukan insan semenjak Adam lahir dengan memakai bahasa lisan. Bahasa tulis muncul berjuta tahun kemudian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.
6. Sebagai alat komunikasi, bahasa gres dikatakan efektif bila dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti bahwa bahasa yakni ... .
A. ujaran
B. tulisan
C. mempunyai makna
D. mempunyai fungsi
Jawab:
C. Benar, Hal yang dipahami oleh pelaku komunikasi yakni makna-makna yang diujarkan (bahasa).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
7. Sondang yang berasal dari Batak belum sanggup melafalkan fonem /e/ menjadi /?/, kata apel selalu dilafalkan [apel). Hal ini menunjukkan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. dinamis
B. variatif.
C. konvensional
D. arbitrer
Jawab:
B. Benar, Variatif yakni sifat bahasa dengan aneka macam variasinya menyerupai dialek dan ideolek.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.
8. Mengapa binatang kecil yang hidup bergerombol di lubang disebut tiruant bukan nyamuk atau gajah? Hal ini menunjukkan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. variatif
B. dinamis
C. manusiawi
B. dinamis
Jawab:
C. Benar. Manusia sebagai sifat bahasa bermakna bahwa spesialuntuk insan yang mempunyai piranti berbahasa dalam tubuhnya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
9. Menyimak dan membaca ialah keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini yakni keterampilan yang berupa kegiatan ... .
A. menerapkan sebuah pengetahuan
B. memahami pesan atau gagasan
C. memberikan pesan atau gagasan
D. mengolah pengetahuan dengan metode tertentu
Jawab:
B. Benar, Reseptif dalam keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
10. Menyimak yang dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan yakni kegiatan ... .
A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
B. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
C. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
D. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
Jawab:
A. Benar, Menyimak yakni kegiatan memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.
11. Ilustrasi ini menunjukkan adanya kekerabatan antara keterampilan menulis dengan membaca.
A. Amin sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada kegiatan pembukaan yayasan TPA As-Salam.
B. Rakhmat sedang membaca buku yang meliputi tentang falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya besok pagi.
C. Ridwan sedang menuntaskan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang berantakan di meja kerjanya.
D. Erni mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
Jawab:
C. Benar, Penjelasan tersebut menggambarkan adanya kekerabatan antara keterampilan menulis dan membaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.
12. Faktor intelegensi sangat kuat terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini disebabkan oleh ... .
A. menyimak sebagai suatu keterampilan
B. menyimak ialah suatu kegiatan yang susah
C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh seorang penyimak
D. menyimak yakni kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar
Jawab:
C. Benar, Penyimak harus cendekia memaknai setiap unsur bahasa yang diucapkan pembicara, itu sebabnya kemampuan menyimak seseorang terkait dengan tingkat intelegensinya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.
13. Faktor kemampuan menarikdanunik kesimpulan sangat kuat terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang mempunyai kemampuan menyimak yang baik akan ... .
A. mempersembahkan kesimpulan yang salah pada simpulan kegiatan menyimak
B. menandakan isi simakan yang tidak sama dengan materi simakan
C. mempersembahkan kesimpulan sesuai dengan materi yang disimaknya
D. menulis rangkuman yang tidak sesuai dengan materi simakan
Jawab:
C. Benar, Sesuai dengan klarifikasi rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada modul tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.
14. Kakak mitra Pak Gatot dari Jember/ gres hadir/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik kepada kakaknya dengan intonasi yang salah. Intonasi yang sempurna yakni ... .
A. Kakak/ mitra Pak Gatot dari Jember baru/ hadir tadi pagi.
B. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember gres hadir/ tadi pagi.
C. alat pemersatu aneka macam suku bangsa
D. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember/ gres hadir tadi pagi.
Jawab:
C. Benar, Yang gres hadir tadi pagi yakni mitra Pak Gatot dari Jember.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan mencar ilmu 1.
15. Bonar sedang mencuci motor, ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar yakni menyimak ... .
A. estetis
B. kritis
C. kreatif
D. sekunder
Jawab:
D. Benar, Menyimak sekunder yakni kegiatan menyimak yang dilakukan bersamaan dengan mengerjakan pekerjaan lain.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 3, Kegiatan mencar ilmu 2.
16. Para siswa dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis kegiatan menyimak yang dilakukan para siswa yakni menyimak ... .
A. interaktif
B. pasif
C. estetis
D. konsentratif
Jawab:
D. Benar, Menyimak pembacaan sebuah petunjuk termasuk jenis menyimak konsentratif, lantaran memerlukan daya serius yang memadai.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 2.
17. Membaca ialah suatu proses merekonstruksi maknA. Artinya membaca yakni kegiatan ... .
A. mengubah lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi
B. mengubah kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang sanggup dipahami
C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
D. menandakan informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
Jawab:
C. Benar, Proses merekonstruksi makna dalam membaca yakni menangkap informasi yang disampaikan penulis dengan tepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
18. Beberapa kemampuan mikro yang harus dimiliki seorang pembaca intensif yakni sebagai diberikut, kecuali... .
A. mengenali lambang-lambang tulis
B. memahami makna tersirat
C. memahami kata-kata susah
D. memahami informasi tersurat
Jawab:
B. Benar, Memahami makna tersirat tidak termasuk kemampuan mikro dalam membaca intensif.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1
19. Pengertian pemahaman literal dalam kegiatan membaca yakni kemampuan pembaca dalam memahami ... .
A. makna kata yang dipakai penulis
B. makna kata-kata susah yang terdapat dalam bacaan
C. makna atau pesan secara tersurat
D. makna di balik pesan yang terdapat di dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Pemahaman literal yakni kemampuan memahami makna tersurat yang terkandung dalam bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan mencar ilmu 1.
20. Untuk memperoleh informasi dari karya-karya ilmiah pendek metode CATU sempurna untuk digunakan, yaitu dengan cara ... .
A. catat dan tulis kembali
B. catat, tulis-kembali, dan uji
C. catat, tanya, dan ulang
D. catat atau tuliskan
Jawab:
B. Benar, Teknik CATU dilakukan dengan cara catat, tulis-kembali, dan uji (informasi yang diperoleh).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
21. Salah satu karakteristik membaca ekstensif berkaitan dengan pembaca, yakni ... .
A. materi bacaan sesuai dengan minat atau keperluan pembaca
B. cakupannya lebih luas, lebih banyak, dan lebih variatif
C. kegiatannya bersifat individual
D. waktu membaca tidak mengikat
Jawab:
A. Benar, Pernyataan tersebut ialah karakteristik yang berkaitan dengan pembaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
22. Tujuan membaca cepat dengan metode skimming yakni ... .
A. mengisi waktu luang
B. memahami isi bacaan secara mendalam
C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan
D. menghayati isi bacaan biar sanggup menceritakan isinya dengan baik
Jawab:
C. Benar, Teknik skimming dipakai dengan tujuan mencari suatu informasi tertentu dengan cara yang cepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1
23. Karakteristik karya ilmiah terkenal yakni ... .
A. bentuknya lebih kecil dari karya ilmiah murni
B. isinya lebih sederhana dibandingkan karya ilmiah murni
C. bahasanya lebih enteng, praktis dimengerti, dan lezat dibaca
D. ilustrasinya lebih banyak sehingga maksudnya menjadi lebih jelas
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
24. Tesis yakni sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang ... .
A. calon mahasiswa
B. mahasiswa kegiatan S1
C. mahasiswa kegiatan S2
D. mahasiswa kegiatan S3
Jawab:
C. Benar, Seorang mahasiswa kegiatan S1 diwajibkan menyusun tesis untuk memperoleh ijazah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
25. misal karya ilmiah terkenal berbentuk deskriptif- ekspositoris yakni ... .
A. sejarah berdirinya Candi Borobudur
B. hasil penelitian tentang ragam bahasa Betawi
C. jenis-jenis ikan hias lokal
D. kisah 26 Desember 2004
Jawab:
A. Benar, Tulisan yang meliputi hal tersebut akan mengupas secara mendalam tentang kapan, mengapa, bagaimana Candi Borobudur berdiri (ekspositoris).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
26. Kemampuan tertinggi yang dimiliki pembaca dengan pemahaman literal yakni ... .
A. menghubungkan simbol-simbol bahasa menjadi kata yang bermakna
B. merekonstruksi makna-makna menjadi suatu informasi yang utuh
C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam bacaan
D. menangkap makna di balik informasi yang dituangkan dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Kemampuan tersebut ialah kemampuan tertinggi yang dimiliki seorang pembaca (pemahaman literal).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
27. Seorang pembaca yang mempunyai tingkat pemahaman interpretatif bisa ... .
A. menangkap makna kata-kata
B. menangkap makna tersurat
C. menangkap makna tersirat
D. menilai isi bacaan
Jawab:
C. Benar, Menangkap makna tersirat dimiliki oleh pembaca yang berada pada tingkat pemahaman interpretatif.
Pembahasan:
Anda dapt melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan mencar ilmu 1.
28. ”Tsunami yang menimpa Aceh terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca wacana tersebut akan ... .
A. menangkap informasi tersebut apa adanya
B. menangkap makna di balik insiden yang terdapat dalam bacaan tersebut
C. membuat kisah atau puisi menurut bacaan tersebut
D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu
Jawab:
D. Benar, Pembaca kritis akan memperbaiki fakta yang tertulis dalam bacaan (tanggal yang benar yakni 26 bukan tanggal 25).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
29. Sesudah membaca bacaan yang meliputi tingkah laris seujung binatang yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi tentang kebemasukan Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman ... .
A. literal
B. interpretatif
C. kritis
D. kreatif
Jawab:
D. Benar, Tingkat pemahaman kreatif bisa mencipta karya gres menurut isi bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
30. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian yakni Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut sudah melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas yakni ... .
A. kehidupan Paul Nipkow
B. penemu televisi elektris
C. stasiun televisi di Jerman
D. teknologi pertelevisian
Jawab:
B. Benar, Kata kunci wacana tersebut yakni teknologi pertelevisian, Paul Nipkow, dan electrische teleskop.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan mencar ilmu 1.
31. Rina membaca sebuah wacana yang terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawaban dengan benar 7 dari 10 pertanyaan bacaan yang diajukan. melaluiataubersamaini demikian, dikatakan Sella mempunyai kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .
A. 240 KPM
B. 260 KPM
C. 280 KPM
D. 300 KPM
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rumus mencari KEM yang terdapat pada modul 5.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
32. Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya sebuah goresan pena yakni menilai organisasi goresan pena yaitu ... .
A. penlampauan, isi, dan penutup
B. pilihan kata, penyusunan kalimat, dan penyusunan paragraf
C. daftar isi, kata pengantar, dan isi
D. daftar isi, isi, dan daftar pustaka
Jawab:
A. Benar, Organisasi dasar sebuah goresan pena meliputi kepingan penlampauan, isi, dan penutup.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 2
33. melaluiataubersamaini berbicara seseorang sanggup menyatakan perasaan dan pikirannyA. Pernyataan ini menandakan bahwa berbicara ialah kegiatan ... .
A. yang dilakukan secara secara lisan
B. mengekspresikan diri
C. yang bersifat produktif
D. berbahasa yang unik
Jawab:
B. Benar, Melihat pernyataan tersebut maka dalam hal ini berbicara diartikan sebagai kegiatan mengekspresikan diri.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.
34. Salah satu tumpuan konteks fisik yang kuat terhadap kegiatan berbicara nonformal yakni ... .
A. penerima komunikasi
B. emosi para pelaku komunikasi
C. karakteristik budaya
D. malam hari
Jawab:
A. Benar, Konteks fisik berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan fisik menyerupai iklim, cuaca, suhu udara, bentuk ruangan, warna dinding, penataan tempat duduk, dan jumlah penerima komunikasi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.
35. Para pendekar nasional yang ... di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahiD. Kata yang sempurna untuk mengisi kepingan yang kosong pada kalimat tersebut yakni ... .
A. gugur
B. meninggal
C. wafat
D. mati
Jawab:
A. Benar, Kata yang sempurna untuk para pendekar yang sudah mengorbankan nyawanya yakni ‘gugur’.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
36. Pandangan mata sebagai faktor nonkebahasaan sangat penting dalam kegiatan berbicara formal, lantaran ... .
A. sanggup memmenolong pendengar dalam memahami apa yang dibicarakan
B. menumbuhkan kekerabatan psikologis antara pembicara dengan pendengar
C. sanggup mengundang perhatian pendengar sehingga menjadi lebih serius
D. akan membangun penampilan dan percaya diri pembicara
Jawab:
B. Benar, Pandangan mata sanggup menumbuhkan kekerabatan psikologi atau kontak antara pembicara dan pendengar.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
37. Hal yang pertama dan sangat penting, harus dilakukan seorang pembicara yakni ... .
A. membuat persiapan
B. mencari referensi
C. latihan
D. membuat simpulan
Jawab:
A. Benar, Tanpa persiapan yang baik, seorang pembicara tidak akan memperoleh hasil yang baik.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
38. Isi kepingan pembuka sebuah goresan pena yang baik yakni ... .
A. pengantar menuju inti dilema yang hendak disajikannya pada kepingan isi
B. pengalaman hidup si penulis
C. paparan pokok-pokok inti tulisan
D. simpulan, keinginan-keinginan, atau harapan-harapan yang ingin dicapai
Jawab:
A. Benar, Bagian pembuka sebuah goresan pena yang baik akan meliputi pengantar tentang apap yang akan dituangkan di dalam kepingan isi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, kegiatan mencar ilmu 1.
39. Satu dari beberapa syarat kalimat efektif yakni mempunyai bentuk yang sejajar, misalnya yakni ... .
A. Dia mencar ilmu dengan sungguh-sungguh biar memperoleh nilai yang baik.
B. Dia sangat tidak suka dengan orang yang memmembuang sampah tidak pada tempatnya.
C. Dia yang mencari uang, membeli materi makanan, memasak, dan menyajikan masakan tersebut untuk keluarganya.
D. Dia orang yang tidak pernah mengeluh, apapun masalah yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.
Jawab:
C. Benar, Kalimat tersebut tumpuan kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran/paralel (perhatikan penerapan kata berpertamaan/kata kerjanya).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tentang hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 1.
40. Sebuah goresan pena dikatakan baik bila kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan membuat pembaca menjadi galau dan sanggup menimbulkan salah penafsiran, menyerupai tumpuan diberikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas yakni ... .
A. narasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. persuasi
Jawab:
B. Benar, Paragraf tersebut pendapat dan alasan, tidak menceritakan sebuah insiden atau kejadian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
41. Unsur-unsur bahasa diberikut ini terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .
A. repetisi atau pengulangan kata kunci
B. kata ganti (orang, tunjuk)
C. tiruana kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya
D. kata transisi dan paralelisme
Jawab:
C. Benar, Terkaitnya satu kalimat dengan kalimat yang lain ialah ciri kesatuan sebuah paragraf (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
42. Predikat yakni kepingan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek yakni kepingan kalimat yang bertindak sebagai pelaku. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini disebabkan oleh adanya kalimat ... .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ketiga
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua menyimpang dari kalimat topik/inti yang berbicara tentang predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2
43. Predikat yakni kepingan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Ia juga senantiasa diikuti oleh objek. Teknik yang dipakai dalam mengembangkan paragraf di atas yakni … .
A. secara alamiah
B. titikpuncak
C. perbandingan
D. lantaran akibat
Jawab:
A. Benar, Paragraf tersebut dikembangkan dengan memakai metode alamiah; mengikuti susunan logis objek yang ditulis yakni predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
44. Indonesia ialah satu-satunya negara paling guah di duniA. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak sanggup diukur oleh garpu talA. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat sikap bangsa ini yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran, merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut agama yang baik, tetapi bahagia sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu, rotan, dan tumbuhan obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang kelaparan. Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf tersebut yakni pengembangan ... .
A. analogi
B. contoh-contoh
C. perbandingan
D. lantaran akibat
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua dan seterusnya ialah klarifikasi berupa contoh-contoh tentang keguahan yang ada di Indonesia.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
45. Bogor dikenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi pegunungan dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun. Keadaan alam inilah yang sering kali bisa menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf di atas yakni pengembangan ... .
A. deduktif
B. induktif
C. titikpuncak
D. antititikpuncak
Jawab:
A. Benar, Kalimat pertama meliputi pengetahuan yang bersifat umum, sedangkan kalimat-kalimat diberikutnya bersifat khusus sebagai penjelas.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
46. Membaca yakni kegiatan yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini dilakukan untuk ... .
A. mengenali pengarang secara lebih dalam
B. memilah-milah kepingan inti dan bukan inti
C. mengetahui tujuan penulis, pokok masalah atau tema tulisan
D. gaya yang dipakai penulis dalam tulisannya
Jawab:
C. Benar, Pada tahap/kegiatan membaca buku yang akan diringkas, peringkas harus memperhatikan tujuan penulis dan masalah yang diungkap dalam buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
47. Abstrak yakni ringkasan sebuah karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai diberikut, kecuali ... .
A. disajikan dalam bentuk paparan informatif
B. bahasa yang dipakai lugas, singkat, padat, dan jelas
C. sekurang-kurangnya meliputi masalah, tujuan, kesimpulan dan masukan
D. riwayat hidup penulis
Jawab:
D. Benar, Abstrak tidak memerlukan riwayat hidup penulis (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 1.
48. Resensi sanggup diartikan sebagai ... .
A. goresan pena dalam bentuk buku
B. goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku
C. lukisan/gambar yang dipakai sebagai gambaran sebuah buku
D. lukisan/gambar yang dipakai sebagai sampul depan sebuah buku
Jawab:
B. Benar, Resensi yakni goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku atau ada juga yang menyebut timbangan buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat Pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
49. Resensi biasanya disusun dengan memakai pola sebagai diberikut ... .
A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
B. perwajahan, judul, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
C. pembukaan, judul, perwajahan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
D. identitas peresensi, judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup
Jawab:
A. Benar, Sistematika penulisan resensi pada umumnya memakai pola tersebut.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
50. Teknik cutting and glueing dalam pembuatan resensi yakni … .
A. memotong-motong bagian-bagian buku yang sedang diresensi
B. memotong bagian-bagian penting dan menarikdanunik dari isi buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya
C. mengambil kepingan penting isi buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama
D. mengambil kepingan yang sangat penting dalam buku yang sedang diresensi
Jawab:
B. Benar, Bagian-bagian buku yang dipotong yakni kepingan yang penting dan menarikdanunik, kemudian direkatkan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2
51. Penulisan resensi yang berserius pada kepingan yang sangat penting atau sangat menarikdanunik yakni penulisan yang memakai metode ... .
A. cutting and glueing
B. comparing
C. focusing.
D. scanning
Jawab:
C. Benar, Teknik untuk kegiatan menyerupai itu disebut metode comparing.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
52. Pengertian kerangka karangan dalam proses menulis yakni ... .
A. bahan-bahan yang akan dipakai di dalam kegiatan menulis
B. alat-alat yang akan dipakai di dalam kegiatan menulis
C. rencana atau rancangan yang meliputi topik dan subtopik yang disusun secara sistematis
D. wangsit atau gagasan yang akan dikembangkan menjadi sebuah masalah yang akan ditulis
Jawab:
C. Benar, Kerangka karang ialah rencana berupa seni administrasi dalam menuangkan gagasan berupa tulisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada Modul 9, Kegiatan Belajar 1.
53. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990). Penulisan daftar pustaka tersebut tidak tepat, yang sempurna yakni … .
A. M., Akhmadi. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
B. M., Akhmadi. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
C. Akhmadi, M. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
D. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
Jawab:
D. Benar, Perhatikan tiruana rambu (A, B, dan C)
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.
54 ... Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”. Jika ini sebuah kutipan langsung, maka terdapat beberapa kesalahan, seharusnya yakni ... .
A. Lis beropini bahwa, “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
B. Lis beropini (2000: 14) ; “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
C. Lis beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
D. Lis (2000: 14) beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
Jawab:
D. Benar, Terdapat nama tokoh, tahun terbit, tanda kutip disusun sesuai kaidah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.
Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk pribadi menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Akuntansi MKDU4110 Bahasa Indonesia, semoga soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca aneka macam soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog ini pada mitra Anda yang lainnya dan menyebarkan artikel ini ke sosial media, terima kasih.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
Soal Ujian UT Akuntansi MKDU4110
1. Alasan bahasa Melayu menjadi dasar lahirnya bahasa Indonesia yakni ... .A. ialah bahasa para raja
B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara
C. mempunyai fonem lebih banyak dibandingkan dengan bahasa lain
D. mempunyai sifat bersahaja
Jawab:
B. Benar, Bahasa Melayu pada ketika itu sudah dikenal dan dipakai oleh aneka macam lapisan di banyak wilayah di Nusantara.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
2. Butir pertama sumpah perjaka berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .
A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
B. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.
C. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Jawab:
D. Benar, Khusus untuk bahasa Indonesia kata mengaku dipertinggi menjadi menjunjung.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
3. Bangsa Indonesia seharusnya mempunyai pujian dalam memakai bahasa IndonesiA. Dalam hal ini bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .
A. lambang pujian nasional
B. lambang identitas nasional
C. alat pemersatu aneka macam suku bangsa
D. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
Jawab:
A. Benar, Lambang pujian nasional bermakna bangsa Indonesia selalu besar hati akan bahasa nasional “Bahasa Indonesia”.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
4. misal penerapan kata yang benar dan berkaitan dengan pengetahuan agama yakni ... .
A. Ka’bah yakni bangunan berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.
B. Kaabah yakni bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.
C. Kabah yakni bangunan yang dikelilingi umat Islam ketika melaksanakan tawaf.
D. Kakbah yakni kiblat umat Islam ketika melaksanakan salat, bukan bangunan yang disembah.
Jawab:
D. Benar, Kakbah kata baku, terdapat dalam engkaus.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 2
5. Pernyataan yang menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa yakni ujar atau verbal yakni ... .
A. ragam bahasa terdiri atas ragam verbal dan ragam tulis
B. komunikasi sudah terjadi semenjak insan pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
C. orang lebih banyak memakai bahasa verbal ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis
D. bahasa tulis spesialuntuk sanggup dipakai oleh orang-orang terpelajar
Jawab:
B. Benar, Komunikasi sudah dilakukan insan semenjak Adam lahir dengan memakai bahasa lisan. Bahasa tulis muncul berjuta tahun kemudian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.
6. Sebagai alat komunikasi, bahasa gres dikatakan efektif bila dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti bahwa bahasa yakni ... .
A. ujaran
B. tulisan
C. mempunyai makna
D. mempunyai fungsi
Jawab:
C. Benar, Hal yang dipahami oleh pelaku komunikasi yakni makna-makna yang diujarkan (bahasa).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
7. Sondang yang berasal dari Batak belum sanggup melafalkan fonem /e/ menjadi /?/, kata apel selalu dilafalkan [apel). Hal ini menunjukkan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. dinamis
B. variatif.
C. konvensional
D. arbitrer
Jawab:
B. Benar, Variatif yakni sifat bahasa dengan aneka macam variasinya menyerupai dialek dan ideolek.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.
8. Mengapa binatang kecil yang hidup bergerombol di lubang disebut tiruant bukan nyamuk atau gajah? Hal ini menunjukkan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. variatif
B. dinamis
C. manusiawi
B. dinamis
Jawab:
C. Benar. Manusia sebagai sifat bahasa bermakna bahwa spesialuntuk insan yang mempunyai piranti berbahasa dalam tubuhnya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
9. Menyimak dan membaca ialah keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini yakni keterampilan yang berupa kegiatan ... .
A. menerapkan sebuah pengetahuan
B. memahami pesan atau gagasan
C. memberikan pesan atau gagasan
D. mengolah pengetahuan dengan metode tertentu
Jawab:
B. Benar, Reseptif dalam keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
10. Menyimak yang dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan yakni kegiatan ... .
A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
B. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
C. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
D. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
Jawab:
A. Benar, Menyimak yakni kegiatan memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.
11. Ilustrasi ini menunjukkan adanya kekerabatan antara keterampilan menulis dengan membaca.
A. Amin sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada kegiatan pembukaan yayasan TPA As-Salam.
B. Rakhmat sedang membaca buku yang meliputi tentang falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya besok pagi.
C. Ridwan sedang menuntaskan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang berantakan di meja kerjanya.
D. Erni mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
Jawab:
C. Benar, Penjelasan tersebut menggambarkan adanya kekerabatan antara keterampilan menulis dan membaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.
12. Faktor intelegensi sangat kuat terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini disebabkan oleh ... .
A. menyimak sebagai suatu keterampilan
B. menyimak ialah suatu kegiatan yang susah
C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh seorang penyimak
D. menyimak yakni kegiatan yang dilakukan oleh para pelajar
Jawab:
C. Benar, Penyimak harus cendekia memaknai setiap unsur bahasa yang diucapkan pembicara, itu sebabnya kemampuan menyimak seseorang terkait dengan tingkat intelegensinya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.
13. Faktor kemampuan menarikdanunik kesimpulan sangat kuat terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang mempunyai kemampuan menyimak yang baik akan ... .
A. mempersembahkan kesimpulan yang salah pada simpulan kegiatan menyimak
B. menandakan isi simakan yang tidak sama dengan materi simakan
C. mempersembahkan kesimpulan sesuai dengan materi yang disimaknya
D. menulis rangkuman yang tidak sesuai dengan materi simakan
Jawab:
C. Benar, Sesuai dengan klarifikasi rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada modul tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.
14. Kakak mitra Pak Gatot dari Jember/ gres hadir/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik kepada kakaknya dengan intonasi yang salah. Intonasi yang sempurna yakni ... .
A. Kakak/ mitra Pak Gatot dari Jember baru/ hadir tadi pagi.
B. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember gres hadir/ tadi pagi.
C. alat pemersatu aneka macam suku bangsa
D. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember/ gres hadir tadi pagi.
Jawab:
C. Benar, Yang gres hadir tadi pagi yakni mitra Pak Gatot dari Jember.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan mencar ilmu 1.
15. Bonar sedang mencuci motor, ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar yakni menyimak ... .
A. estetis
B. kritis
C. kreatif
D. sekunder
Jawab:
D. Benar, Menyimak sekunder yakni kegiatan menyimak yang dilakukan bersamaan dengan mengerjakan pekerjaan lain.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 3, Kegiatan mencar ilmu 2.
16. Para siswa dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis kegiatan menyimak yang dilakukan para siswa yakni menyimak ... .
A. interaktif
B. pasif
C. estetis
D. konsentratif
Jawab:
D. Benar, Menyimak pembacaan sebuah petunjuk termasuk jenis menyimak konsentratif, lantaran memerlukan daya serius yang memadai.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 2.
17. Membaca ialah suatu proses merekonstruksi maknA. Artinya membaca yakni kegiatan ... .
A. mengubah lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi
B. mengubah kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang sanggup dipahami
C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
D. menandakan informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
Jawab:
C. Benar, Proses merekonstruksi makna dalam membaca yakni menangkap informasi yang disampaikan penulis dengan tepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
18. Beberapa kemampuan mikro yang harus dimiliki seorang pembaca intensif yakni sebagai diberikut, kecuali... .
A. mengenali lambang-lambang tulis
B. memahami makna tersirat
C. memahami kata-kata susah
D. memahami informasi tersurat
Jawab:
B. Benar, Memahami makna tersirat tidak termasuk kemampuan mikro dalam membaca intensif.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1
19. Pengertian pemahaman literal dalam kegiatan membaca yakni kemampuan pembaca dalam memahami ... .
A. makna kata yang dipakai penulis
B. makna kata-kata susah yang terdapat dalam bacaan
C. makna atau pesan secara tersurat
D. makna di balik pesan yang terdapat di dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Pemahaman literal yakni kemampuan memahami makna tersurat yang terkandung dalam bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan mencar ilmu 1.
20. Untuk memperoleh informasi dari karya-karya ilmiah pendek metode CATU sempurna untuk digunakan, yaitu dengan cara ... .
A. catat dan tulis kembali
B. catat, tulis-kembali, dan uji
C. catat, tanya, dan ulang
D. catat atau tuliskan
Jawab:
B. Benar, Teknik CATU dilakukan dengan cara catat, tulis-kembali, dan uji (informasi yang diperoleh).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
21. Salah satu karakteristik membaca ekstensif berkaitan dengan pembaca, yakni ... .
A. materi bacaan sesuai dengan minat atau keperluan pembaca
B. cakupannya lebih luas, lebih banyak, dan lebih variatif
C. kegiatannya bersifat individual
D. waktu membaca tidak mengikat
Jawab:
A. Benar, Pernyataan tersebut ialah karakteristik yang berkaitan dengan pembaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
22. Tujuan membaca cepat dengan metode skimming yakni ... .
A. mengisi waktu luang
B. memahami isi bacaan secara mendalam
C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan
D. menghayati isi bacaan biar sanggup menceritakan isinya dengan baik
Jawab:
C. Benar, Teknik skimming dipakai dengan tujuan mencari suatu informasi tertentu dengan cara yang cepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1
23. Karakteristik karya ilmiah terkenal yakni ... .
A. bentuknya lebih kecil dari karya ilmiah murni
B. isinya lebih sederhana dibandingkan karya ilmiah murni
C. bahasanya lebih enteng, praktis dimengerti, dan lezat dibaca
D. ilustrasinya lebih banyak sehingga maksudnya menjadi lebih jelas
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
24. Tesis yakni sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang ... .
A. calon mahasiswa
B. mahasiswa kegiatan S1
C. mahasiswa kegiatan S2
D. mahasiswa kegiatan S3
Jawab:
C. Benar, Seorang mahasiswa kegiatan S1 diwajibkan menyusun tesis untuk memperoleh ijazah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
25. misal karya ilmiah terkenal berbentuk deskriptif- ekspositoris yakni ... .
A. sejarah berdirinya Candi Borobudur
B. hasil penelitian tentang ragam bahasa Betawi
C. jenis-jenis ikan hias lokal
D. kisah 26 Desember 2004
Jawab:
A. Benar, Tulisan yang meliputi hal tersebut akan mengupas secara mendalam tentang kapan, mengapa, bagaimana Candi Borobudur berdiri (ekspositoris).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
26. Kemampuan tertinggi yang dimiliki pembaca dengan pemahaman literal yakni ... .
A. menghubungkan simbol-simbol bahasa menjadi kata yang bermakna
B. merekonstruksi makna-makna menjadi suatu informasi yang utuh
C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam bacaan
D. menangkap makna di balik informasi yang dituangkan dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Kemampuan tersebut ialah kemampuan tertinggi yang dimiliki seorang pembaca (pemahaman literal).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
27. Seorang pembaca yang mempunyai tingkat pemahaman interpretatif bisa ... .
A. menangkap makna kata-kata
B. menangkap makna tersurat
C. menangkap makna tersirat
D. menilai isi bacaan
Jawab:
C. Benar, Menangkap makna tersirat dimiliki oleh pembaca yang berada pada tingkat pemahaman interpretatif.
Pembahasan:
Anda dapt melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan mencar ilmu 1.
28. ”Tsunami yang menimpa Aceh terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca wacana tersebut akan ... .
A. menangkap informasi tersebut apa adanya
B. menangkap makna di balik insiden yang terdapat dalam bacaan tersebut
C. membuat kisah atau puisi menurut bacaan tersebut
D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu
Jawab:
D. Benar, Pembaca kritis akan memperbaiki fakta yang tertulis dalam bacaan (tanggal yang benar yakni 26 bukan tanggal 25).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
29. Sesudah membaca bacaan yang meliputi tingkah laris seujung binatang yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi tentang kebemasukan Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman ... .
A. literal
B. interpretatif
C. kritis
D. kreatif
Jawab:
D. Benar, Tingkat pemahaman kreatif bisa mencipta karya gres menurut isi bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
30. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian yakni Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut sudah melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas yakni ... .
A. kehidupan Paul Nipkow
B. penemu televisi elektris
C. stasiun televisi di Jerman
D. teknologi pertelevisian
Jawab:
B. Benar, Kata kunci wacana tersebut yakni teknologi pertelevisian, Paul Nipkow, dan electrische teleskop.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan mencar ilmu 1.
31. Rina membaca sebuah wacana yang terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawaban dengan benar 7 dari 10 pertanyaan bacaan yang diajukan. melaluiataubersamaini demikian, dikatakan Sella mempunyai kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .
A. 240 KPM
B. 260 KPM
C. 280 KPM
D. 300 KPM
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rumus mencari KEM yang terdapat pada modul 5.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
32. Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya sebuah goresan pena yakni menilai organisasi goresan pena yaitu ... .
A. penlampauan, isi, dan penutup
B. pilihan kata, penyusunan kalimat, dan penyusunan paragraf
C. daftar isi, kata pengantar, dan isi
D. daftar isi, isi, dan daftar pustaka
Jawab:
A. Benar, Organisasi dasar sebuah goresan pena meliputi kepingan penlampauan, isi, dan penutup.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 2
33. melaluiataubersamaini berbicara seseorang sanggup menyatakan perasaan dan pikirannyA. Pernyataan ini menandakan bahwa berbicara ialah kegiatan ... .
A. yang dilakukan secara secara lisan
B. mengekspresikan diri
C. yang bersifat produktif
D. berbahasa yang unik
Jawab:
B. Benar, Melihat pernyataan tersebut maka dalam hal ini berbicara diartikan sebagai kegiatan mengekspresikan diri.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.
34. Salah satu tumpuan konteks fisik yang kuat terhadap kegiatan berbicara nonformal yakni ... .
A. penerima komunikasi
B. emosi para pelaku komunikasi
C. karakteristik budaya
D. malam hari
Jawab:
A. Benar, Konteks fisik berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan fisik menyerupai iklim, cuaca, suhu udara, bentuk ruangan, warna dinding, penataan tempat duduk, dan jumlah penerima komunikasi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.
35. Para pendekar nasional yang ... di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahiD. Kata yang sempurna untuk mengisi kepingan yang kosong pada kalimat tersebut yakni ... .
A. gugur
B. meninggal
C. wafat
D. mati
Jawab:
A. Benar, Kata yang sempurna untuk para pendekar yang sudah mengorbankan nyawanya yakni ‘gugur’.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
36. Pandangan mata sebagai faktor nonkebahasaan sangat penting dalam kegiatan berbicara formal, lantaran ... .
A. sanggup memmenolong pendengar dalam memahami apa yang dibicarakan
B. menumbuhkan kekerabatan psikologis antara pembicara dengan pendengar
C. sanggup mengundang perhatian pendengar sehingga menjadi lebih serius
D. akan membangun penampilan dan percaya diri pembicara
Jawab:
B. Benar, Pandangan mata sanggup menumbuhkan kekerabatan psikologi atau kontak antara pembicara dan pendengar.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
37. Hal yang pertama dan sangat penting, harus dilakukan seorang pembicara yakni ... .
A. membuat persiapan
B. mencari referensi
C. latihan
D. membuat simpulan
Jawab:
A. Benar, Tanpa persiapan yang baik, seorang pembicara tidak akan memperoleh hasil yang baik.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
38. Isi kepingan pembuka sebuah goresan pena yang baik yakni ... .
A. pengantar menuju inti dilema yang hendak disajikannya pada kepingan isi
B. pengalaman hidup si penulis
C. paparan pokok-pokok inti tulisan
D. simpulan, keinginan-keinginan, atau harapan-harapan yang ingin dicapai
Jawab:
A. Benar, Bagian pembuka sebuah goresan pena yang baik akan meliputi pengantar tentang apap yang akan dituangkan di dalam kepingan isi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, kegiatan mencar ilmu 1.
39. Satu dari beberapa syarat kalimat efektif yakni mempunyai bentuk yang sejajar, misalnya yakni ... .
A. Dia mencar ilmu dengan sungguh-sungguh biar memperoleh nilai yang baik.
B. Dia sangat tidak suka dengan orang yang memmembuang sampah tidak pada tempatnya.
C. Dia yang mencari uang, membeli materi makanan, memasak, dan menyajikan masakan tersebut untuk keluarganya.
D. Dia orang yang tidak pernah mengeluh, apapun masalah yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.
Jawab:
C. Benar, Kalimat tersebut tumpuan kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran/paralel (perhatikan penerapan kata berpertamaan/kata kerjanya).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tentang hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 1.
40. Sebuah goresan pena dikatakan baik bila kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan membuat pembaca menjadi galau dan sanggup menimbulkan salah penafsiran, menyerupai tumpuan diberikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas yakni ... .
A. narasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. persuasi
Jawab:
B. Benar, Paragraf tersebut pendapat dan alasan, tidak menceritakan sebuah insiden atau kejadian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
41. Unsur-unsur bahasa diberikut ini terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .
A. repetisi atau pengulangan kata kunci
B. kata ganti (orang, tunjuk)
C. tiruana kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya
D. kata transisi dan paralelisme
Jawab:
C. Benar, Terkaitnya satu kalimat dengan kalimat yang lain ialah ciri kesatuan sebuah paragraf (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
42. Predikat yakni kepingan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek yakni kepingan kalimat yang bertindak sebagai pelaku. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini disebabkan oleh adanya kalimat ... .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ketiga
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua menyimpang dari kalimat topik/inti yang berbicara tentang predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2
43. Predikat yakni kepingan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Ia juga senantiasa diikuti oleh objek. Teknik yang dipakai dalam mengembangkan paragraf di atas yakni … .
A. secara alamiah
B. titikpuncak
C. perbandingan
D. lantaran akibat
Jawab:
A. Benar, Paragraf tersebut dikembangkan dengan memakai metode alamiah; mengikuti susunan logis objek yang ditulis yakni predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
44. Indonesia ialah satu-satunya negara paling guah di duniA. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak sanggup diukur oleh garpu talA. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat sikap bangsa ini yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran, merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut agama yang baik, tetapi bahagia sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu, rotan, dan tumbuhan obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang kelaparan. Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf tersebut yakni pengembangan ... .
A. analogi
B. contoh-contoh
C. perbandingan
D. lantaran akibat
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua dan seterusnya ialah klarifikasi berupa contoh-contoh tentang keguahan yang ada di Indonesia.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
45. Bogor dikenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi pegunungan dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun. Keadaan alam inilah yang sering kali bisa menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf di atas yakni pengembangan ... .
A. deduktif
B. induktif
C. titikpuncak
D. antititikpuncak
Jawab:
A. Benar, Kalimat pertama meliputi pengetahuan yang bersifat umum, sedangkan kalimat-kalimat diberikutnya bersifat khusus sebagai penjelas.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
46. Membaca yakni kegiatan yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini dilakukan untuk ... .
A. mengenali pengarang secara lebih dalam
B. memilah-milah kepingan inti dan bukan inti
C. mengetahui tujuan penulis, pokok masalah atau tema tulisan
D. gaya yang dipakai penulis dalam tulisannya
Jawab:
C. Benar, Pada tahap/kegiatan membaca buku yang akan diringkas, peringkas harus memperhatikan tujuan penulis dan masalah yang diungkap dalam buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
47. Abstrak yakni ringkasan sebuah karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai diberikut, kecuali ... .
A. disajikan dalam bentuk paparan informatif
B. bahasa yang dipakai lugas, singkat, padat, dan jelas
C. sekurang-kurangnya meliputi masalah, tujuan, kesimpulan dan masukan
D. riwayat hidup penulis
Jawab:
D. Benar, Abstrak tidak memerlukan riwayat hidup penulis (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 1.
48. Resensi sanggup diartikan sebagai ... .
A. goresan pena dalam bentuk buku
B. goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku
C. lukisan/gambar yang dipakai sebagai gambaran sebuah buku
D. lukisan/gambar yang dipakai sebagai sampul depan sebuah buku
Jawab:
B. Benar, Resensi yakni goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku atau ada juga yang menyebut timbangan buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat Pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
49. Resensi biasanya disusun dengan memakai pola sebagai diberikut ... .
A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
B. perwajahan, judul, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
C. pembukaan, judul, perwajahan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
D. identitas peresensi, judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup
Jawab:
A. Benar, Sistematika penulisan resensi pada umumnya memakai pola tersebut.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
50. Teknik cutting and glueing dalam pembuatan resensi yakni … .
A. memotong-motong bagian-bagian buku yang sedang diresensi
B. memotong bagian-bagian penting dan menarikdanunik dari isi buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya
C. mengambil kepingan penting isi buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama
D. mengambil kepingan yang sangat penting dalam buku yang sedang diresensi
Jawab:
B. Benar, Bagian-bagian buku yang dipotong yakni kepingan yang penting dan menarikdanunik, kemudian direkatkan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2
51. Penulisan resensi yang berserius pada kepingan yang sangat penting atau sangat menarikdanunik yakni penulisan yang memakai metode ... .
A. cutting and glueing
B. comparing
C. focusing.
D. scanning
Jawab:
C. Benar, Teknik untuk kegiatan menyerupai itu disebut metode comparing.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
52. Pengertian kerangka karangan dalam proses menulis yakni ... .
A. bahan-bahan yang akan dipakai di dalam kegiatan menulis
B. alat-alat yang akan dipakai di dalam kegiatan menulis
C. rencana atau rancangan yang meliputi topik dan subtopik yang disusun secara sistematis
D. wangsit atau gagasan yang akan dikembangkan menjadi sebuah masalah yang akan ditulis
Jawab:
C. Benar, Kerangka karang ialah rencana berupa seni administrasi dalam menuangkan gagasan berupa tulisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada Modul 9, Kegiatan Belajar 1.
53. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990). Penulisan daftar pustaka tersebut tidak tepat, yang sempurna yakni … .
A. M., Akhmadi. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
B. M., Akhmadi. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
C. Akhmadi, M. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
D. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
Jawab:
D. Benar, Perhatikan tiruana rambu (A, B, dan C)
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.
54 ... Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”. Jika ini sebuah kutipan langsung, maka terdapat beberapa kesalahan, seharusnya yakni ... .
A. Lis beropini bahwa, “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
B. Lis beropini (2000: 14) ; “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
C. Lis beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
D. Lis (2000: 14) beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
Jawab:
D. Benar, Terdapat nama tokoh, tahun terbit, tanda kutip disusun sesuai kaidah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.
Download Soal Ujian UT Akuntansi MKDU4110
Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa Anda bisa mendownload soal diatas dalam bentuk file dokumen PDF yang sudah kami sediakan untuk Anda. Hal ini kami lakukan untuk mempergampang Anda menyimpan dokumen, lantaran terkadang ada dari Mahasiswa yang kesusahan untuk mengcopy-paste artikel, jadi untuk itu kami menyiapkan link download dalam bentuk file dokumen PDF. Nah untuk mendownload soal uas MKDU4110 Bahasa Indonesia, silahkan Anda klik link dibahwa ini.Jika Anda mengalami kesusahan dalam mencari soal-soal yang pada blog ini, tidakboleh sungkan untuk pribadi menghubungi kami melalui halaman Contact. Mempelajari soal-soal ini akan sangat memmenolong Anda dalam memahami materi dengan cepat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
Sekian ulasan kami terkait Soal Ujian UT Akuntansi MKDU4110 Bahasa Indonesia, semoga soal ini sanggup memmenolong Anda dalam menghadapi ujian nantinya. Terus baca aneka macam soal lainnya spesialuntuk di blog soal uas ut, dan tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog ini pada mitra Anda yang lainnya dan menyebarkan artikel ini ke sosial media, terima kasih.