RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri
Mata Pelajaran : GEOGRAFI
Kelas/Semeter : X/2
MateriPokok : HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
· Klasifikasi iklim dan cara menentukannya
Alokasiwaktu : 3 JP
A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. | |
KD 3.5Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai akhir dari dinamika atmosfera. | KOMPETENSI + MATERI · Mendeskripsikan faktor-faktor yang menghipnotis iklim · Mengklasifikasikan aneka macam tipe iklim dari aneka macam pakar · Menentukan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data persebaran curah hujan |
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan | |
KD. 4.5Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai efek dinamika Atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep. | Mengamati: · Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang mengulas pembagian terstruktur mengenai iklimserta hubungannya dengan manusia dan lingkungan akhir dinamikaatmosfer tersebut Menanya: · Peserta didik diminta mengajukan pertanyaan (perorangan atau kelompok) perihal pembagian terstruktur mengenai iklimserta hubungannya dengan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer tersebut Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi): · Peserta didik diminta mencari isu atau pembagian terstruktur mengenai iklimdan cara menentukannya · Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasiklasifikasi iklim dan dan cara menentukannya serta hubungannya dengan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer tersebut Mengasosiasi: · Peserta didik ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara pembagian terstruktur mengenai iklim dan dan cara menentukannya dengan tanda-tanda atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep dan teori tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan. Mengomunikasikan: · Peserta didik Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya wacana pembagian terstruktur mengenai tipe iklim dan dan cara memilih iklim di Indonesia serta pengaruhnya dalam kehidupan. · Mempublikasikan laporan di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto |
KI 2Menghayati, mengamalkan sikap jujur, disiplin,tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan memberikan sikap sebagai belahan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia | |
KD 2.3. Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung tanggapan terhadap duduk masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera | · Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur ) · Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri) · Menampilkan Tanya tanggapan selama proses pembelajaran (Responsiv) |
KI 1 Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya | |
KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang sanggup berfikir ilmiah dan bisa mereview wacana lingkungannya. KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. | · Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan selesai pelajaran · Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. |
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya 1.2. Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. | · Siswa sanggup menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan selesai pelajaran · Siswa sanggup menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. |
2.3.Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung tanggapan terhadap duduk masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera | · Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur ) · Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri) · Menampilkan Tanya tanggapan selama proses pembelajaran (Responsiv) |
3.5.Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai akhir dari dinamika atmosfer. | · Melalui diskusi siswa sanggup mendeskripsikan faktor-faktor yang menghipnotis iklim · Melalui diskusi siswa sanggup mengklasifikasikan aneka macam tipe iklim di aneka macam pakar · Melalui diskusi siswa sanggup memilih pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data persebaran curah hujan |
4.5.Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai efek dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep. | · siswa sanggup mengamati pembagian terstruktur mengenai iklim dan ciri iklim di Indonesia · siswa dapat membuat pertanyaan terkena suatu permasalahan nyata pembagian terstruktur mengenai iklim dan cara menentukannya · Siswa sanggup memilih suatu permasalahan nyata perihalklasifikasi iklim dan cara menentukannya · siswa sanggup menganalisis suatu permasalahan nyata wacana pembagian terstruktur mengenai iklim dan cara menentukannya · Siswa sanggup membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya wacana pembagian terstruktur mengenai tipe iklim dan cara menentukannya · Siswa sanggup membuat pembagian terstruktur mengenai iklim dan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, kesudahannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar. |
C. MATERI POKOK :
· Klasifikasi iklim
· Teknik memilih iklim berdasarkan para pakar
D. Materi Pembelajaran
· Fakta
Temperatur udara suatu tempat makin rendah jikalau letak dan posisinya makin jauh dari katulistiwa, itu ialah salah satu bukti proteksi kawasan iklim berdasarkan iklim matahari
Pada umumnya insan akan mencari tempat tinggal di kawasan yang diberiklim baik, artinya tidak terlalu gerah maupun terlalu hambar dan banyak sumber air membersihkan
· Konsep
Iklim matahari
Iklim Koppen
Iklim fisis
Iklim Schmidt-Fergusson
Iklim Oldeman
Iklim Junghuhn
· Prinsip
Iklim matahari yaitu proteksi iklim berdasarkan letak lintang
IklimKoppen ialah proteksi iklim berdasarkan suhu dan curah hujan
Iklim fisis ialah proteksi iklim berdasarkan kenyataan sesungguhnya
Iklim Schmidt-Fergusson ialah proteksi iklim berdasarkan tipe curah hujan
Iklim Oldeman ialah proteksi iklim berdasarkan jumlah bulan berair dan bulankering yang dikaitkan dengan sistem pertanian
Iklim Junghuhn ialah iklim ang berdarakan pada kelompok flora berdasarkan ketinggian tempat
· Prosedur
Ø Mendeskripsikanfaktor-faktor yang mempengaruhiiklim
Ø Mengklasifikasikanberbagaitipeiklim di berbagaipakar
Ø Menentukanklasifikasiiklimberdasarkan data persebarancurahhujan
E. METODE PEMBELAJARAN
· Problem Based Learning
· Diskusi
· Presentasi
· Penugasan
F. MEDIA PEMBELAJARAN
· Papantulis
· Power point
· LCD (multi media)
· Peta Indonesia dandunia
· KertasKerja
G.SUMBER BELAJAR
· Geografi Sekolah Menengan Atas X Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
· Sumber Internet : google, Wikipedia, serta website lainnya.
· Lingkungan sekitarBuku .
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Penlampauan | · Mengabsen, berdo’a · Tanya tanggapan wacana kegiatan insan kaitannya dengan pembagian terstruktur mengenai tipe iklim · Tanya tanggapan wacana pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari; · Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan · Menyampaikan cakupan bahan dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus · Pretest | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati video/gambar perihalfenomenaserta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya) Menanya Pesertadidikbertanyaperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya) yang sudahdibacadandiamatinya Mengeksperimen/mengeksplorasi Mengumpulkan data dengandiskusikelompokperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya) Mengasosiasi Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data sertamenciptakanhubunganantarafenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya) Dalamkehidupansehari-hari. Mengkomunikasikan Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya wacana pembagian terstruktur mengenai tipe iklim dan cara menentukannya serta pengaruhnya dalam kehidupan. Mempublikasikan laporan di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto | 90 menit |
Kegiatan Penutup | · Tanya jawaban wacana kegiatan pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh; · Memdiberikan umpan balik terhadap proses danhasilpembelajaran; · Pemdiberian kiprah mencari data curah hujan dari internet, tentukan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya! · Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan diberikutnya | 20 menit |
PENILAIAN KETERAMPILAN
1 | Mengamati | 1 | Tidak merangkum/tidak membaca | |
2 | Rangkuman kurang lengkap | |||
3 | Rangkuman lengkap | |||
4 | Rangkuman sangat lengkap | |||
2 | Menanya | 1 | Membuat pertanyaan tidak sesuai indikator | |
2 | Membuat pertanyaan sesuai indikator | |||
3 | Mengemukakan pertanyaan | |||
4 | Mengklarifikasi pertanyaan | |||
3 | Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi) | 1 | Tidak membaca buku teks | |
2 | Membaca buku teks | |||
3 | Membaca sumber lain selain buku teks | |||
4 | Melakukan pengamatan | |||
4 | Mengasosiasi | 1 | Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat kekerabatan antara insan dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |
2 | Terampil Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat kekerabatan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |||
3 | Sangat terampil Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat kekerabatan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |||
5. | Mengkomunikasikan | 1 | Belum terampildalam memberikan kekerabatan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |
2 | Terampildalam memberikan kekerabatan antara ruang manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan | |||
3 | Sangat terampildalam memberikan kekerabatan antara manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan | |||
| |
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Postest
1. Jelaskanfaktor-faktor yang mempengaruhiiklim ?
2. Jelaskan proteksi iklim matahari ?
3. Jelaskan faktor penentu proteksi iklim menurut Koppen, fisis,Schmidt-Fergusson, Oldeman dan Junghuhn ?
Observasi
No | Nama | Sikap sosial | Sikap spiritual | Jumlah /skor | Predikt sikap | ket | ||||
jujur | Percaya diri | Responsif | berdoa | Tadarus | Syu kur | |||||
16 | 16 | 16 | 16 | 16 | 16 | |||||
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
Jurnal
No | Hari/ Tanggal | Jam | Nama | Kekuatan/Kelemahan sikap dan perilaku | Tindak lanjut |
1 | | | | | |
2 | | | | | |
PenilaianDiri
Nama :
Kelas :
No | Deskripsikriteriapembelajaran yang diharapkan | PenilaianDiri | |||
| | | | ||
1 | Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan selesai pelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Membaca Al quran sebelum belajar | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | menampilkan prilaku tidak menyontek dalam ulangan (jujur ) | 1 | 2 | 3 | 4 |
4 | Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri) | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | Menampilkan Tanya tanggapan selama proses pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
6 | Menjelaskan faktor yang mempngaruhi iklim | 1 | 2 | 3 | 4 |
7 | Menjelaskan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan pakar | 1 | 2 | 3 | 4 |
8 | Menjelaskan cara memilih iklim berdasarkan oldemen | 1 | 2 | 3 | 4 |
9 | Menjelaskan cara memilih iklim berdasarkan Schmidt-Fergusson | 1 | 2 | 3 | 4 |
10 | Mengamati kegiatan insan yang bekerjasama dengan kalsifikasi iklim | 1 | 2 | 3 | 4 |
11 | Membuat pertanyaan terkena kegiatan insan yang bekerjasama dengan pembagian terstruktur mengenai iklim | 1 | 2 | 3 | 4 |
12 | Menentukan suatu permasalahan nyata wacana terkena kegiatan insan yang bekerjasama pembagian terstruktur mengenai iklim | 1 | 2 | 3 | 4 |
13 | Menganalisis suatu permasalahan nyata terkena kegiatan insan yang bekerjasama dengan pembagian terstruktur mengenai iklim dalam kehidupan sehari-hari | 1 | 2 | 3 | 4 |
14 | Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan wacana terkena kegiatan insan yang bekerjasama dengan kalsifikasi iklim dalam kehidupan sehari-hari dalam verbal dan tulisandengan lisan, tulisan, dan bagan | 1 | 2 | 3 | 4 |
15 | Mencapai KKM yang sudahdiputuskan (75) | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik
Tes tertulis
Bentuk uraian
1. Jelaskan faktor-faktor yang menghipnotis iklim ?
2. Jelaskan proteksi iklim matahari
3. Jelaskan faktor penentu proteksi iklim berdasarkan Koppen, fisis,Schmidt-Fergusson, Oldeman dan Junghuhn ?
Tugas proyek
Mencari data curahhujan dari internet, tentukan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
NO | KI | KD | Materi pokok | Indikator Soal | Tehnik Penilaian | No Soal |
1 | Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. | 3.4 Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai akhir dari dinamika atmosfer. | | 1. Jelaskanfaktor-faktor yang mempengaruhiiklim ? 2. Jelaskan proteksi iklim matahari ? 3. Jelaskan faktor penentu proteksi iklim berdasarkan Koppen, fisis,Schmidt-Fergusson, Oldeman dan Junghuhn ? 4. Mencari data curah hujan dari internet, tentukan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya! | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tugas proyek | 1 2 3 4 5 |
Tugas proyek
Membuat pembagian terstruktur mengenai iklim dan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, kesudahannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.
Teknik Penilaian Proyek
Mata pelajaran :
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Guru pembimbing :
Nama siswa :
NIS :
Kelas :
NO | ASPEK | SKOR ( 1 -5 ) | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | PERENCANAAN : a. Persiapan b. Rumusan | | | | | |
2 | PELAKSANAAN : a. Sistematika penulisan b. Keakuratan sumber data/informasi c. Kuantitas sumber data d. Analisis Data e. Penarikan kesimpulan | | | | | |
3 | LAPORAN PROYEK : a. Performans b. Presentasi/Penguasan | | | | | |
| TOTAL SKOR | | | | | |