Rpp Kelas X Sms 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan   : SMA Negeri 
Mata Pelajaran        : GEOGRAFI
Kelas/Semeter         : X/2
MateriPokok            : HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
·      Klasifikasi iklim dan cara menentukannya
Alokasiwaktu            : 3 JP


A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi  Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KD 3.5Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai akhir dari dinamika atmosfera.

KOMPETENSI  + MATERI
·       Mendeskripsikan faktor-faktor yang menghipnotis iklim
·       Mengklasifikasikan aneka macam tipe iklim dari aneka macam pakar
·       Menentukan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data persebaran curah hujan

KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan bisa memakai metoda sesuai  kaidah keilmuan

KD. 4.5Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai efek dinamika Atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.
Mengamati:
·      Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang mengulas pembagian terstruktur mengenai iklimserta hubungannya dengan  manusia dan lingkungan akhir dinamikaatmosfer tersebut

Menanya:
·      Peserta didik diminta mengajukan  pertanyaan (perorangan atau kelompok) perihal  pembagian terstruktur mengenai iklimserta hubungannya dengan  insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer tersebut

Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
·      Peserta didik diminta mencari isu atau pembagian terstruktur mengenai iklimdan cara menentukannya
·      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasiklasifikasi iklim dan dan cara menentukannya serta hubungannya dengan  insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer tersebut
Mengasosiasi:
·      Peserta didik ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara pembagian terstruktur mengenai iklim dan dan cara menentukannya dengan tanda-tanda atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep dan teori tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan.

Mengomunikasikan:
·        Peserta didik Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  wacana pembagian terstruktur mengenai tipe iklim dan dan cara memilih iklim di Indonesia serta pengaruhnya dalam kehidupan.
·        Mempublikasikan  laporan di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto

KI 2Menghayati, mengamalkan sikap jujur, disiplin,tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan memberikan sikap sebagai belahan dari solusi   atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KD 2.3. Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung tanggapan terhadap duduk masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
·       Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur )
·       Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
·       Menampilkan Tanya tanggapan selama proses pembelajaran (Responsiv)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya

KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang sanggup berfikir ilmiah dan bisa mereview wacana lingkungannya.
KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
·       Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan selesai pelajaran

·       Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.


B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.  Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
1.2.  Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
·       Siswa sanggup menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan selesai pelajaran
·       Siswa sanggup menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.

2.3.Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung tanggapan terhadap duduk masalah yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
·       Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur )
·       Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
·       Menampilkan Tanya tanggapan selama proses pembelajaran (Responsiv)
3.5.Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai akhir dari dinamika  atmosfer.

·       Melalui diskusi siswa sanggup mendeskripsikan faktor-faktor yang menghipnotis iklim
·       Melalui diskusi siswa sanggup mengklasifikasikan aneka macam tipe iklim di aneka macam pakar
·       Melalui diskusi siswa sanggup memilih pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data persebaran curah hujan

4.5.Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai efek dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.

·      siswa sanggup mengamati pembagian terstruktur mengenai iklim dan ciri iklim di Indonesia
·      siswa dapat  membuat pertanyaan terkena suatu permasalahan nyata  pembagian terstruktur mengenai iklim dan cara menentukannya
·      Siswa sanggup memilih suatu permasalahan nyata  perihalklasifikasi iklim dan cara menentukannya
·      siswa sanggup menganalisis suatu permasalahan nyata wacana pembagian terstruktur mengenai iklim dan cara menentukannya
·      Siswa sanggup membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  wacana pembagian terstruktur mengenai tipe iklim dan cara menentukannya
·      Siswa sanggup membuat pembagian terstruktur mengenai iklim dan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, kesudahannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.


C.  MATERI POKOK :
·       Klasifikasi iklim
·       Teknik memilih iklim berdasarkan para pakar

D.  Materi Pembelajaran
·       Fakta
Temperatur udara suatu tempat makin rendah jikalau letak dan posisinya makin jauh dari katulistiwa, itu ialah salah satu bukti proteksi kawasan iklim berdasarkan iklim matahari
Pada umumnya insan akan mencari tempat tinggal di kawasan yang diberiklim baik, artinya tidak terlalu gerah maupun terlalu hambar dan banyak sumber air membersihkan

·       Konsep
Iklim matahari
Iklim Koppen
Iklim fisis
Iklim Schmidt-Fergusson
Iklim Oldeman
      Iklim Junghuhn

·       Prinsip
Iklim matahari yaitu proteksi iklim berdasarkan letak lintang
IklimKoppen ialah proteksi iklim berdasarkan suhu dan curah hujan
Iklim fisis ialah proteksi iklim berdasarkan kenyataan sesungguhnya
Iklim Schmidt-Fergusson ialah proteksi iklim berdasarkan tipe curah hujan
Iklim Oldeman ialah proteksi iklim berdasarkan jumlah bulan berair dan bulankering yang dikaitkan dengan sistem pertanian
Iklim Junghuhn ialah iklim ang berdarakan pada kelompok flora berdasarkan ketinggian tempat

·       Prosedur
Ø Mendeskripsikanfaktor-faktor yang mempengaruhiiklim
Ø Mengklasifikasikanberbagaitipeiklim di berbagaipakar
Ø Menentukanklasifikasiiklimberdasarkan data persebarancurahhujan

E.   METODE PEMBELAJARAN
·       Problem Based Learning
·       Diskusi
·       Presentasi
·       Penugasan

FMEDIA PEMBELAJARAN
·       Papantulis
·       Power point
·       LCD (multi media)
·       Peta Indonesia dandunia
·       KertasKerja

G.SUMBER BELAJAR
·       Geografi Sekolah Menengan Atas X Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
·       Sumber Internet : google, Wikipedia, serta website lainnya.
·       Lingkungan sekitarBuku .
     
H.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Penlampauan
·   Mengabsen, berdo’a
·   Tanya tanggapan wacana kegiatan insan kaitannya dengan pembagian terstruktur mengenai tipe iklim
·   Tanya tanggapan wacana pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari;
·   Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·   Menyampaikan cakupan bahan dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·   Pretest
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati video/gambar perihalfenomenaserta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya)

Menanya
Pesertadidikbertanyaperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya) yang sudahdibacadandiamatinya

Mengeksperimen/mengeksplorasi
Mengumpulkan data dengandiskusikelompokperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya)

Mengasosiasi
Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data sertamenciptakanhubunganantarafenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (klasifikasi iklim dan cara menentukannya)
Dalamkehidupansehari-hari.


Mengkomunikasikan
Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  wacana pembagian terstruktur mengenai tipe iklim dan cara menentukannya serta pengaruhnya dalam kehidupan.
Mempublikasikan  laporan di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto

90 menit






                                          
Kegiatan Penutup
·        Tanya jawaban  wacana kegiatan pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh;
·        Memdiberikan umpan balik terhadap proses danhasilpembelajaran;
·        Pemdiberian kiprah mencari data curah hujan dari internet, tentukan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
·        Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan diberikutnya
20 menit

PENILAIAN KETERAMPILAN

1
Mengamati
1
Tidak merangkum/tidak membaca

2
Rangkuman kurang lengkap

3
Rangkuman lengkap

4
Rangkuman sangat lengkap

2
Menanya
1
Membuat pertanyaan tidak sesuai indikator

2
Membuat pertanyaan sesuai indikator

3
Mengemukakan pertanyaan

4
Mengklarifikasi pertanyaan

3
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
1
Tidak membaca buku teks

2
Membaca buku teks

3
Membaca sumber lain selain buku teks

4
Melakukan pengamatan

4
Mengasosiasi
1
Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat kekerabatan antara insan  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

2
Terampil Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat kekerabatan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

3
Sangat terampil  Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat kekerabatan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

5.
Mengkomunikasikan
1
Belum terampildalam memberikan kekerabatan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

2
Terampildalam memberikan kekerabatan antara ruang manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan

3
Sangat  terampildalam memberikan kekerabatan antara manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan





PENILAIAN HASIL BELAJAR
Postest
1.         Jelaskanfaktor-faktor yang mempengaruhiiklim ?
2.         Jelaskan proteksi iklim matahari ?
3.         Jelaskan faktor penentu proteksi iklim  menurut Koppen, fisis,Schmidt-Fergusson, Oldeman dan Junghuhn ?


Observasi
No
Nama
Sikap sosial
Sikap spiritual
Jumlah
/skor
Predikt sikap
ket
jujur
Percaya diri
Responsif
berdoa
Tadarus
Syu kur
16
16
16
16
16
16






















Jurnal
No
Hari/ Tanggal
Jam
Nama
Kekuatan/Kelemahan sikap dan perilaku
Tindak lanjut
1






2







PenilaianDiri
Nama                                      :
Kelas                                       :
No
Deskripsikriteriapembelajaran yang diharapkan
PenilaianDiri




1
Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan selesai pelajaran
1
2
3
4
2
Membaca Al quran sebelum belajar
1
2
3
4
3
Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME
1
2
3
4
3
menampilkan prilaku  tidak menyontek dalam ulangan (jujur )
1
2
3
4
4
Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
1
2
3
4
5
Menampilkan Tanya tanggapan selama proses pembelajaran
1
2
3
4
6
Menjelaskan  faktor yang mempngaruhi iklim
1
2
3
4
7
Menjelaskan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan pakar
1
2
3
4
8
Menjelaskan cara memilih iklim berdasarkan oldemen
1
2
3
4
9
Menjelaskan cara memilih iklim berdasarkan Schmidt-Fergusson
1
2
3
4
10
Mengamati kegiatan insan yang bekerjasama dengan kalsifikasi iklim
1
2
3
4
11
Membuat pertanyaan terkena kegiatan insan yang bekerjasama dengan pembagian terstruktur mengenai iklim
1
2
3
4
12
Menentukan suatu permasalahan nyata  wacana terkena kegiatan insan yang bekerjasama pembagian terstruktur mengenai iklim
1
2
3
4
13
Menganalisis suatu permasalahan nyata terkena kegiatan insan yang bekerjasama dengan pembagian terstruktur mengenai iklim dalam kehidupan sehari-hari
1
2
3
4
14
Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan  wacana terkena kegiatan insan yang bekerjasama dengan kalsifikasi iklim dalam kehidupan sehari-hari dalam verbal dan tulisandengan lisan, tulisan, dan bagan
1
2
3
4
15
Mencapai KKM yang sudahdiputuskan (75)
1
2
3
4
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik

Tes tertulis
Bentuk uraian
1.         Jelaskan faktor-faktor yang menghipnotis iklim ?
2.         Jelaskan proteksi iklim matahari
3.         Jelaskan faktor penentu proteksi iklim  berdasarkan Koppen, fisis,Schmidt-Fergusson, Oldeman dan Junghuhn ?



Tugas proyek
Mencari data curahhujan dari internet, tentukan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!

NO
KI
KD
Materi pokok
Indikator Soal
Tehnik
Penilaian
No Soal
1
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 3.4 Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai akhir dari dinamika  atmosfer.


1.     Jelaskanfaktor-faktor yang mempengaruhiiklim ?

2.     Jelaskan proteksi iklim matahari ?


3.     Jelaskan faktor penentu proteksi iklim  berdasarkan Koppen, fisis,Schmidt-Fergusson, Oldeman dan Junghuhn ?

4.     Mencari data curah hujan dari internet, tentukan pembagian terstruktur mengenai iklim berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!

Tes tertulis




Tes tertulis




Tes tertulis








Tugas proyek
1




2



3


4



5

Tugas proyek
Membuat pembagian terstruktur mengenai iklim dan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, kesudahannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.

Teknik Penilaian Proyek

Mata pelajaran                     :
Nama Proyek                        :
Alokasi waktu                        :
Guru pembimbing                                :

Nama siswa                            :
NIS                                          :
Kelas                                       :


NO
ASPEK
SKOR ( 1 -5 )
1
2
3
4
5
1
PERENCANAAN :
a.        Persiapan
b.       Rumusan





2
PELAKSANAAN :
a.        Sistematika penulisan
b.       Keakuratan sumber data/informasi
c.        Kuantitas sumber data
d.       Analisis Data
e.       Penarikan kesimpulan





3
LAPORAN PROYEK :
a.        Performans
b.       Presentasi/Penguasan






TOTAL SKOR







close