RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri
Mata Pelajaran : GEOGRAFI
Kelas/Semeter : X/2
MateriPokok : HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
· Dampak perubahan iklim global
· Penelitian Tentang iklim dan memanfaatkannya
Alokasiwaktu : 3 JP
A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. | |
KD 3.5Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai akhir dari dinamika atmosfera. | KOMPETENSI + MATERI · Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global · Membedakan insiden El nino dan La nina · Menjelakan akhir yang ditimbulkan oleh pemanasan global · Menjelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akhir dari pemanasan global · Menjelaskan cara pengukuran suhu,curah hujan, kelembaban udaradn tekanan tekanan udara |
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan | |
KD. 4.5Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai imbas dinamika Atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep. | Mengamati: · Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang mengulas dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannyaserta hubungannya dengan manusia dan lingkungan akhir dinamikaatmosfer tersebut Menanya: · Peserta didik diminta mengajukan pertanyaan (perorangan atau kelompok) perihal dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannyaserta hubungannya dengan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer tersebut Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi): · Peserta didik diminta mencari isu atau dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannya · Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasidampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannyadan dan cara menentukannya serta hubungannya dengan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer tersebut Mengasosiasi: · Peserta didik ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannyadan dan cara menentukannya dengan tanda-tanda atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep dan teori tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan. Mengomunikasikan: · Peserta didik Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya wacana dampak perubahan iklim global dan pengunaan iptek serta pengaruhnya dalam kehidupan. · Mempublikasikan laporan di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto |
KI 2Menghayati, mengamalkan sikap jujur, disiplin,tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan memberikan sikap sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia | |
KD 2.3. Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung balasan terhadap duduk kasus yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera | · Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur ) · Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri) · Menampilkan Tanya balasan selama proses pembelajaran (Responsiv) |
KI 1 Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya | |
KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang sanggup berfikir ilmiah dan bisa mereview wacana lingkungannya. KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. | · Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan final pelajaran · Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. |
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya 1.2. Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. | · Siswa sanggup menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan final pelajaran · Siswa sanggup menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. |
2.3.Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung balasan terhadap duduk kasus yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera | · Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur ) · Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri) · Menampilkan Tanya balasan selama proses pembelajaran (Responsiv) |
3.5.Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai akhir dari dinamika atmosfer. | · Melalui diskusi siswa sanggup mengidentifikasi 3 faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global · Melalui diskusi siswa sanggup membedakan insiden El nino dan La nina · Melalui diskusi siswa sanggup menjelakan akhir yang ditimbulkan oleh pemanasan global · Melalui diskusi siswa sanggup membuktikan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akhir dari pemanasan global · Melalui diskusi siswa sanggup membuktikan cara pengukuran suhu,curah hujan, kelembaban udaradn tekanan tekanan udara |
4.5.Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai imbas dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep. | · siswa sanggup mengamati dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannya · siswa dapat membuat pertanyaan terkena suatu permasalahan nyata dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannya · Siswa sanggup memilih suatu permasalahan nyata perihaldampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannya · siswa sanggup menganalisis suatu permasalahan nyata wacana dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannya · Siswa sanggup membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya wacana penjabaran tipe iklim dan cara menentukannya · Siswa sanggup membuat dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannyadan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, akhirnya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar. |
C. MATERI POKOK :
· Dampak perubahan iklim global
· Penelitian Tentang iklim dan memanfaatkannya
D. Materi Pembelajaran
· Fakta
Pemanasan global ialah permasalahan yang dirasakan oleh tiruana negara di dunia, pemanasan global yang disebabkan oleh kenaikan suhu permukaan maritim sanggup menimbulkan peristiwa di bumi.temperatur di bumi rata-rata mengalami kenaikan 1,50C setiap tahu. Kenaikan suhu tersebut meningkatkan jumlah evaprasi sehingga hujan turun lebih banyak di tempat tropis, sedangkan tempat diberiklim sedang mengalami demam isu kering yang usang dn demam isu hambar yang pendek.
· Konsep.
El Nino
La Nina
Greenhouse effect
Termometer
Higrometer
Ombrometer
Anemometer
· Prinsip
Terjadinya El Nino dan La Nina disebabkan adanya kenaikan suhu global. Penyebabnya antara lain :
1. Peningkatan serius gas rumah beling dan radiasi matahari yang dipancarkan kembali oleh bumi
2. Penyimpangan-penyimpangan kondisi cuaca rata-rata harian, bulanan, sampai tahunan
El Nino yaitu keadaan yang menimbulkan kekeenteng pada rentang waktu yang relatif lama, sedangkan la Nina kebalikannnya
Akibat yang ditimbulkan oelh pemanasan global adalah:
1. Terjadi perubahan iklim global
2. Kenaikan suhu permukaan laut
· Prosedur
ü Mengidentifikasifaktor-faktorpenyebabterjadinyapemanasan global
ü Membedakanperistiwa El ninodan La nina
ü Menjelakanakibat yang ditimbulkanolehpemanasan global
ü Menjelaskansikapdanusaha-usahauntukmengurangiakibatdaripemanasan global
ü Menjelaskancarapengukuransuhu,curahhujan, kelembabanudaradntekanantekananudara
E. METODE PEMBELAJARAN
· Problem Based Learning
· Diskusi
· Presentasi
· Penugasan
F. MEDIA PEMBELAJARAN
· Papantulis
· Power point
· LCD (multi media)
· Peta Indonesia dandunia
· KertasKerja
G.SUMBER BELAJAR
· Geografi Sekolah Menengan Atas X Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
· Sumber Internet : google, Wikipedia, serta website lainnya.
· Lingkungan sekitarBuku .
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Penlampauan | · Mengabsen, berdo’a · Tanya balasan wacana acara insan kaitannya dengan Dampak perubahan iklim global · Tanya balasan wacana pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; · Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan · Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus · Pretest | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati video/gambar perihalfenomenaserta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannya) Menanya Pesertadidikbertanyaperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannya) yang sudahdibacadandiamatinya Mengeksperimen/mengeksplorasi Mengumpulkan data dengandiskusikelompokperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannya) Mengasosiasi Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data sertamenciptakanhubunganantarafenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan akhir dinamika atmosfer (dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannya) Dalamkehidupansehari-hari. Mengkomunikasikan Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya wacana dampak perubahan iklim global dan penelitian iklim serta memanfaatkannya Mempublikasikan laporan di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto | 90 menit |
Kegiatan Penutup | · Tanya jawaban wacana acara pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh; · Memdiberikan umpan balik terhadap proses danhasilpembelajaran; · Pemdiberian kiprah mengukur dan mencatat suhu udara setiap jam kemudian hitunglah amplitudo suhu harian di tempat tinggalmu · Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan diberikutnya | 20 menit |
PENILAIAN KETERAMPILAN
1 | Mengamati | 1 | Tidak merangkum/tidak membaca | |
2 | Rangkuman kurang lengkap | |||
3 | Rangkuman lengkap | |||
4 | Rangkuman sangat lengkap | |||
2 | Menanya | 1 | Membuat pertanyaan tidak sesuai indikator | |
2 | Membuat pertanyaan sesuai indikator | |||
3 | Mengemukakan pertanyaan | |||
4 | Mengklarifikasi pertanyaan | |||
3 | Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi) | 1 | Tidak membaca buku teks | |
2 | Membaca buku teks | |||
3 | Membaca sumber lain selain buku teks | |||
4 | Melakukan pengamatan | |||
4 | Mengasosiasi | 1 | Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat kekerabatan antara insan dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |
2 | Terampil Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat kekerabatan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |||
3 | Sangat terampil Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat kekerabatan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |||
5. | Mengkomunikasikan | 1 | Belum terampildalam memberikan kekerabatan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |
2 | Terampildalam memberikan kekerabatan antara ruang manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan | |||
3 | Sangat terampildalam memberikan kekerabatan antara manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan | |||
| |
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Postest
1. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global ?
2. Jelaskan perbedaan insiden El nino dan La nina ?
3. Jelakan akhir yang ditimbulkan oleh pemanasan global ?
4. Jelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akhir dari pemanasan global ?
Observasi
No | Nama | Sikap sosial | Sikap spiritual | Jumlah /skor | Predikt sikap | ket | ||||
jujur | Percaya diri | Responsif | berdoa | Tadarus | Syu kur | |||||
16 | 16 | 16 | 16 | 16 | 16 | |||||
| | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | |
Jurnal
No | Hari/ Tanggal | Jam | Nama | Kekuatan/Kelemahan sikap dan perilaku | Tindak lanjut |
1 | | | | | |
2 | | | | | |
PenilaianDiri
Nama :
Kelas :
No | Deskripsikriteriapembelajaran yang diharapkan | PenilaianDiri | |||
| | | | ||
1 | Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan final pelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Membaca Al quran sebelum belajar | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | menampilkan prilaku tidak menyontek dalam ulangan (jujur ) | 1 | 2 | 3 | 4 |
4 | Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri) | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | Menampilkan Tanya balasan selama proses pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
6 | Menjelaskan faktor yang mempngaruhi iklim | 1 | 2 | 3 | 4 |
7 | Menjelaskan dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannyaberdasarkan pakar | 1 | 2 | 3 | 4 |
8 | Menjelaskan cara memilih iklim berdasarkan oldemen | 1 | 2 | 3 | 4 |
9 | Menjelaskan cara memilih iklim berdasarkan Schmidt-Fergusson | 1 | 2 | 3 | 4 |
10 | Mengamati acara insan yang bekerjasama dengan kalsifikasi iklim | 1 | 2 | 3 | 4 |
11 | Membuat pertanyaan terkena acara insan yang bekerjasama dengan penjabaran iklim | 1 | 2 | 3 | 4 |
12 | Menentukan suatu permasalahan nyata wacana terkena acara insan yang bekerjasama penjabaran iklim | 1 | 2 | 3 | 4 |
13 | Menganalisis suatu permasalahan nyata terkena acara insan yang bekerjasama dengan dampak perubahan iklim global dan penelitian wacana iklim serta memanfaatkannyadalam kehidupan sehari-hari | 1 | 2 | 3 | 4 |
14 | Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan wacana terkena acara insan yang bekerjasama dengan kalsifikasi iklim dalam kehidupan sehari-hari dalam verbal dan tulisandengan lisan, tulisan, dan bagan | 1 | 2 | 3 | 4 |
15 | Mencapai KKM yang sudahdiputuskan (75) | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik
Tes tertulis
Bentuk uraian
1. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global ?
2. Jelaskan perbedaan insiden El nino dan La nina ?
3. Jelakan akhir yang ditimbulkan oleh pemanasan global ?
4. Jelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akhir dari pemanasan global ?
Tugas proyek
Mengukurdanmencatatsuhuudarasetiap jam kemudianhitunglahamplitudosuhuharian di tempattinggalmu, berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
NO | KI | KD | Materi pokok | Indikator Soal | Tehnik Penilaian | No Soal |
1 | Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. | 3.4 Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai akhir dari dinamika atmosfer. | | 1. Jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya pemanasan global ? 2. Jelaskan perbedaan insiden El nino dan La nina ? 3. Jelakan akhir yang ditimbulkan oleh pemanasan global ? 4. Jelaskan sikap dan usaha-usaha untuk mengurangi akhir dari pemanasan global ? | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tugas proyek | 1 2 3 4 5 |
Tugas proyek
Mengukur dan mencatat suhu udara setiap jam kemudian hitunglah amplitudo suhu harian di tempat tinggalmu
.
Teknik Penilaian Proyek
Mata pelajaran :
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Guru pembimbing :
Nama siswa :
NIS :
Kelas :
NO | ASPEK | SKOR ( 1 -5 ) | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | PERENCANAAN : a. Persiapan b. Rumusan | | | | | |
2 | PELAKSANAAN : a. Sistematika penulisan b. Keakuratan sumber data/informasi c. Kuantitas sumber data d. Analisis Data e. Penarikan kesimpulan | | | | | |
3 | LAPORAN PROYEK : a. Performans b. Presentasi/Penguasan | | | | | |
| TOTAL SKOR | | | | | |