Rpp Geografi Kelas X Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan   : SMA NEGERI 
Mata Pelajaran        : GEOGRAFI
Kelas/Semeter         : X/2
MateriPokok            : HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
· Karakteristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitasmanusialainnya.

Alokasiwaktu            : 3 JP


A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi  Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KD 3.5Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai jawaban dari dinamika atmosfera.

KOMPETENSI  + MATERI
·       Mendeskripsikan ciri iklim di Indonesia
·       Menjelaskankarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaberdasarkan data persebaran curah hujan

KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan bisa memakai metoda sesuai  kaidah keilmuan

KD. 4.5Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai efek dinamika Atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.
Mengamati:
·      Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang mengulas karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaserta hubungannya dengan  manusia dan lingkungan jawaban dinamikaatmosfer tersebut

Menanya:
·      Peserta didik diminta mengajukan  pertanyaan (perorangan atau kelompok) perihal  karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaserta hubungannya dengan  insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer tersebut

Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi):
·      Peserta didik diminta mencari gosip atau karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.
·      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasikarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadan .serta hubungannya dengan  insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer tersebut
Mengasosiasi:
·      Peserta didik ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadan .dengan tanda-tanda atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep dan teori tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan.

Mengomunikasikan:
·        Peserta didik Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  tentang karakteristik iklim di Indonesia serta pengaruhnya dalam kehidupan.
·        Peserta didik mempublikasikan  peta persebaran  iklim di Indonesia, kesannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet.
KI 2Menghayati, mengamalkan sikap jujur, disiplin,tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai serpihan dari solusi   atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KD 2.3. Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung jawaban terhadap duduk kasus yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
·       Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur )
·       Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
·       Menampilkan Tanya jawaban selama proses pembelajaran (Responsiv)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya

KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang sanggup berfikir ilmiah dan bisa mereview tentang lingkungannya.
KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
·       Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan final pelajaran

·       Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.


B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.  Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya
1.2.  Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.
·       Siswa sanggup menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan final pelajaran
·       Siswa sanggup menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut  memeliharanya.

2.3.Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung jawaban terhadap duduk kasus yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera
·       Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur )
·       Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
·       Menampilkan Tanya jawaban selama proses pembelajaran (Responsiv)
3.5.Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai jawaban dari dinamika  atmosfer.

·       Melalui diskusi siswa sanggup Mendeskripsikan ciri iklim di Indonesia
·       Melalui diskusi siswa sanggup menjelaskan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaberdasarkan data persebaran curah hujan

4.5.Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai efek dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.

·      siswa sanggup mengamati karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadan ciri iklim di Indonesia
·      siswa dapat  membuat pertanyaan terkena suatu permasalahan nyata  karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.
·      Siswa sanggup memilih suatu permasalahan nyata  perihalkarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.
·      siswa sanggup menganalisis suatu permasalahan nyata tentang karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.
·      Siswa sanggup membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  tentang pembagian terstruktur mengenai tipe iklim .
·      Siswa sanggup membuat peta persebaran  iklim di Indonesia, kesannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet.


C.  MATERI POKOK :
·       Klasifikasi iklim
·       Teknik memilih iklim berdasarkan para pakar

D.  Materi Pembelajaran
·       Fakta
Secara astronomis Indonesia teletak di tempat ekuatorial (doldrum) dan secara geografis memungkinkan adanya penguapan yang besar. Oleh alasannya itu, pada ekspresi dominan kemarau kadang kala masih banyak hujan. melaluiataubersamaini demikian, tidak ada batas yang terang antara ekspresi dominan kemarau dan ekspresi dominan penghujan

·       Konsep
Ciri Iklim di Indonesia
karakeristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data persebarancurahhujan

·       Prinsip
Jumlah curah hujandi tiap tempat dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai diberikut :
Letak tempat konvergensi antartropik
Bentuk medan dan arah lereng  medan
Arah angin yang sejajar dengan pantai
Jarak perjalanan angin di atas medan datar
Iklim memilih tinggi rendahnya kebudayaan,bahkan yaitu kunci perkembangan kebudayaan penduduk.

·       Prosedur
Ø Mendeskripsikanciriiklim di Indonesia
Ø Menjelaskankarakeristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data persebarancurahhujan

E.   METODE PEMBELAJARAN
·       Problem Based Learning
·       Diskusi
·       Presentasi
·       Penugasan

FMEDIA PEMBELAJARAN
·       Papantulis
·       Power point
·       LCD (multi media)
·       Peta Indonesia dandunia
·       KertasKerja

G.SUMBER BELAJAR
·       Geografi Sekolah Menengan Atas X Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
·       Sumber Internet : google, Wikipedia, serta website lainnya.
·       Lingkungan sekitarBuku .
     
H.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Penlampauan
·   Mengabsen, berdo’a
·   Tanya jawaban tentang acara insan kaitannya dengan karakteristik Iklim di Indonesia
·   Tanya jawaban tentang pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari;
·   Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·   Menyampaikan cakupan bahan dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·   Pretest
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati video/gambarperihalfenomenaserta kekerabatan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.)

Menanya
Pesertadidikbertanyaperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.) yang sudahdibacadandiamatinya

Mengeksperimen/mengeksplorasi
Mengumpulkan data dengandiskusikelompokperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya)

Mengasosiasi
Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data sertamenciptakanhubunganantarafenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.)
Dalamkehidupansehari-hari.


Mengkomunikasikan
Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya  perihalkarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya serta pengaruhnya dalam kehidupan.
Mempublikasikan  Peta persebaran iklim  di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto

90 menit






                                          
Kegiatan Penutup
·        Tanya jawaban  tentang acara pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh;
·        Memdiberikan umpan balik terhadap proses danhasilpembelajaran;
·        Pemdiberian kiprah mencari data curah hujan dari internet, tentukan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaberdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
·        Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan diberikutnya
20 menit

PENILAIAN KETERAMPILAN

1
Mengamati
1
Tidak merangkum/tidak membaca

2
Rangkuman kurang lengkap

3
Rangkuman lengkap

4
Rangkuman sangat lengkap

2
Menanya
1
Membuat pertanyaan tidak sesuai indikator

2
Membuat pertanyaan sesuai indikator

3
Mengemukakan pertanyaan

4
Mengklarifikasi pertanyaan

3
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi)
1
Tidak membaca buku teks

2
Membaca buku teks

3
Membaca sumber lain selain buku teks

4
Melakukan pengamatan

4
Mengasosiasi
1
Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat kekerabatan antara insan  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

2
Terampil Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat kekerabatan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

3
Sangat terampil  Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat kekerabatan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

5.
Mengkomunikasikan
1
Belum terampildalam memberikan kekerabatan manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

2
Terampildalam memberikan kekerabatan antara ruang manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan

3
Sangat  terampildalam memberikan kekerabatan antara manusia  dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan





PENILAIAN HASIL BELAJAR
Postest
1.         JelaskanciriiklimIndonesia ?
2.         Jelaskan 3 faktor yang memilih curah hujan di tiap tempat ?
3.         Jelaskan mengapa iklim sanggup membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?


Observasi
No
Nama
Sikap sosial
Sikap spiritual
Jumlah
/skor
Predikt sikap
ket
jujur
Percaya diri
Responsif
berdoa
Tadarus
Syu kur
16
16
16
16
16
16






















Jurnal
No
Hari/ Tanggal
Jam
Nama
Kekuatan/Kelemahan sikap dan perilaku
Tindak lanjut
1






2







PenilaianDiri
Nama                                      :
Kelas                                       :
No
Deskripsikriteriapembelajaran yang diharapkan
PenilaianDiri




1
Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan final pelajaran
1
2
3
4
2
Membaca Al quran sebelum belajar
1
2
3
4
3
Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME
1
2
3
4
3
menampilkan prilaku  tidak menyontek dalam ulangan (jujur )
1
2
3
4
4
Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri)
1
2
3
4
5
Menampilkan Tanya jawaban selama proses pembelajaran
1
2
3
4
6
Menjelaskan  faktor yang menghipnotis iklim di indonesia
1
2
3
4
7
Menjelaskan karakeristik iklim di Indonesia
1
2
3
4
8
Menjelaskan efek iklim di Indonesia terhadap perjuangan pertanian
1
2
3
4
9
Menjelaskan acara insan yang bekerjasama dengan iklim di Indonesia
1
2
3
4
10
Mengamati acara insan yang bekerjasama dengan iklim di Indonesia
1
2
3
4
11
Membuat pertanyaan terkena acara insan yang bekerjasama dengan  iklim di Indonesia
1
2
3
4
12
Menentukan suatu permasalahan nyata  tentang terkena acara insan yang bekerjasama iklim di indonesia
1
2
3
4
13
Menganalisis suatu permasalahan nyata terkena acara insan yang bekerjasama dengan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadalam kehidupan sehari-hari
1
2
3
4
14
Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan  tentang terkena acara insan yang bekerjasama dengan karakteristik iklim di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dalam verbal dan tulisandengan lisan, tulisan, dan bagan
1
2
3
4
15
Mencapai KKM yang sudahdiputuskan (75)
1
2
3
4
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik

Tes tertulis
Bentuk uraian

1.       Jelaskanciriiklim Indonesia ?
2.       Jelaskan 3 faktor yang memilih curah hujan di tiap tempat ?
3.       Jelaskan mengapa iklim sanggup membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?


Tugas proyek
Mencari data curahhujandari internet, tentukankarakeristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data tersebut, kemudianbuatlahtabel atau grafiknya!

NO
KI
KD
Materi pokok
Indikator Soal
Tehnik
Penilaian
No Soal
1
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 3.4 Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai jawaban dari dinamika  atmosfer.


1.     Jelaskanciriiklim Indonesia ?

2.     Jelaskan 3 faktor yang memilih curah hujan di tiap tempat ?

3.     Jelaskan mengapa iklim sanggup membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?

4.     Mencari data curah hujan dari internet, tentukan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya!
Tes tertulis


Tes tertulis




Tes tertulis






Tugas proyek
1


2




3






4




Tugas proyek
Membuatkarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, kesannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.

Teknik Penilaian Proyek

Mata pelajaran                     :
Nama Proyek                        :
Alokasi waktu                        :
Guru pembimbing                                :

Nama siswa                            :
NIS                                          :
Kelas                                       :


NO
ASPEK
SKOR ( 1 -5 )
1
2
3
4
5
1
PERENCANAAN :
a.        Persiapan
b.       Rumusan





2
PELAKSANAAN :
a.        Sistematika penulisan
b.       Keakuratan sumber data/informasi
c.        Kuantitas sumber data
d.       Analisis Data
e.       Penarikan kesimpulan





3
LAPORAN PROYEK :
a.        Performans
b.       Presentasi/Penguasan






TOTAL SKOR






Mengetahui,                                                              
            Kepala Sekolah Menengan Atas NEGERI                                                    Guru Mata Pelajaran




            _________________________                                     ______________________

            NIP. 196                                                                       NIP. 
close