RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI
Mata Pelajaran : GEOGRAFI
Kelas/Semeter : X/2
MateriPokok : HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKAATMOSFER
· Karakteristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitasmanusialainnya.
Alokasiwaktu : 3 JP
A.Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi;
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
KI 3 Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. | |
KD 3.5Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai jawaban dari dinamika atmosfera. | KOMPETENSI + MATERI · Mendeskripsikan ciri iklim di Indonesia · Menjelaskankarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaberdasarkan data persebaran curah hujan |
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan | |
KD. 4.5Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai efek dinamika Atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep. | Mengamati: · Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang mengulas karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaserta hubungannya dengan manusia dan lingkungan jawaban dinamikaatmosfer tersebut Menanya: · Peserta didik diminta mengajukan pertanyaan (perorangan atau kelompok) perihal karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaserta hubungannya dengan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer tersebut Mengumpulkan data (eksperimen/eksplorasi): · Peserta didik diminta mencari gosip atau karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya. · Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasikarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadan .serta hubungannya dengan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer tersebut Mengasosiasi: · Peserta didik ditugasi untuk menganalisis keterkaitan antara karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadan .dengan tanda-tanda atau fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga konsep dan teori tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan. Mengomunikasikan: · Peserta didik Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya tentang karakteristik iklim di Indonesia serta pengaruhnya dalam kehidupan. · Peserta didik mempublikasikan peta persebaran iklim di Indonesia, kesannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet. |
KI 2Menghayati, mengamalkan sikap jujur, disiplin,tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai serpihan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia | |
KD 2.3. Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung jawaban terhadap duduk kasus yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera | · Dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur ) · Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri) · Menampilkan Tanya jawaban selama proses pembelajaran (Responsiv) |
KI 1 Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya | |
KD 1.1Menghayati keberadaan dirinya sebagai makhluk Tuhan yang sanggup berfikir ilmiah dan bisa mereview tentang lingkungannya. KD 1.2Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. | · Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan final pelajaran · Menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. |
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.1. Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya 1.2. Mensyukuri penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. | · Siswa sanggup menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan final pelajaran · Siswa sanggup menunujukkansikapsyukuratas penciptaan bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara turut memeliharanya. |
2.3.Menunjukkan sikap responsif dan bertanggung jawaban terhadap duduk kasus yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera | · Siswa dalam mengerjakan ulangan tidak menyontek (jujur ) · Siswa dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri) · Menampilkan Tanya jawaban selama proses pembelajaran (Responsiv) |
3.5.Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai jawaban dari dinamika atmosfer. | · Melalui diskusi siswa sanggup Mendeskripsikan ciri iklim di Indonesia · Melalui diskusi siswa sanggup menjelaskan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaberdasarkan data persebaran curah hujan |
4.5.Menyajikan hasil analisis kekerabatan antara insan dengan lingkungannya sebagai efek dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau peta konsep. | · siswa sanggup mengamati karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadan ciri iklim di Indonesia · siswa dapat membuat pertanyaan terkena suatu permasalahan nyata karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya. · Siswa sanggup memilih suatu permasalahan nyata perihalkarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya. · siswa sanggup menganalisis suatu permasalahan nyata tentang karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya. · Siswa sanggup membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya tentang pembagian terstruktur mengenai tipe iklim . · Siswa sanggup membuat peta persebaran iklim di Indonesia, kesannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet. |
C. MATERI POKOK :
· Klasifikasi iklim
· Teknik memilih iklim berdasarkan para pakar
D. Materi Pembelajaran
· Fakta
Secara astronomis Indonesia teletak di tempat ekuatorial (doldrum) dan secara geografis memungkinkan adanya penguapan yang besar. Oleh alasannya itu, pada ekspresi dominan kemarau kadang kala masih banyak hujan. melaluiataubersamaini demikian, tidak ada batas yang terang antara ekspresi dominan kemarau dan ekspresi dominan penghujan
· Konsep
Ciri Iklim di Indonesia
karakeristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data persebarancurahhujan
· Prinsip
Jumlah curah hujandi tiap tempat dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai diberikut :
Letak tempat konvergensi antartropik
Bentuk medan dan arah lereng medan
Arah angin yang sejajar dengan pantai
Jarak perjalanan angin di atas medan datar
Iklim memilih tinggi rendahnya kebudayaan,bahkan yaitu kunci perkembangan kebudayaan penduduk.
· Prosedur
Ø Mendeskripsikanciriiklim di Indonesia
Ø Menjelaskankarakeristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data persebarancurahhujan
E. METODE PEMBELAJARAN
· Problem Based Learning
· Diskusi
· Presentasi
· Penugasan
F. MEDIA PEMBELAJARAN
· Papantulis
· Power point
· LCD (multi media)
· Peta Indonesia dandunia
· KertasKerja
G.SUMBER BELAJAR
· Geografi Sekolah Menengan Atas X Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
· Sumber Internet : google, Wikipedia, serta website lainnya.
· Lingkungan sekitarBuku .
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Penlampauan | · Mengabsen, berdo’a · Tanya jawaban tentang acara insan kaitannya dengan karakteristik Iklim di Indonesia · Tanya jawaban tentang pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari; · Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan · Menyampaikan cakupan bahan dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus · Pretest | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati Pesertadidikmembacaliteraturedanmengamati video/gambarperihalfenomenaserta kekerabatan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.) Menanya Pesertadidikbertanyaperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.) yang sudahdibacadandiamatinya Mengeksperimen/mengeksplorasi Mengumpulkan data dengandiskusikelompokperihalfenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya) Mengasosiasi Menganalisisdanmenyimpulkaninformasi/data sertamenciptakanhubunganantarafenomena serta kekerabatan insan dan lingkungan jawaban dinamika atmosfer (karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya.) Dalamkehidupansehari-hari. Mengkomunikasikan Membuat laporan diskusi dan mempresentasikannya perihalkarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya serta pengaruhnya dalam kehidupan. Mempublikasikan Peta persebaran iklim di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan foto | 90 menit |
Kegiatan Penutup | · Tanya jawaban tentang acara pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh; · Memdiberikan umpan balik terhadap proses danhasilpembelajaran; · Pemdiberian kiprah mencari data curah hujan dari internet, tentukan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyaberdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya! · Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan diberikutnya | 20 menit |
PENILAIAN KETERAMPILAN
1 | Mengamati | 1 | Tidak merangkum/tidak membaca | |
2 | Rangkuman kurang lengkap | |||
3 | Rangkuman lengkap | |||
4 | Rangkuman sangat lengkap | |||
2 | Menanya | 1 | Membuat pertanyaan tidak sesuai indikator | |
2 | Membuat pertanyaan sesuai indikator | |||
3 | Mengemukakan pertanyaan | |||
4 | Mengklarifikasi pertanyaan | |||
3 | Mengumpulkan Data(Eksperimen/Eksplorasi) | 1 | Tidak membaca buku teks | |
2 | Membaca buku teks | |||
3 | Membaca sumber lain selain buku teks | |||
4 | Melakukan pengamatan | |||
4 | Mengasosiasi | 1 | Belum terampil Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat kekerabatan antara insan dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |
2 | Terampil Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat kekerabatan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |||
3 | Sangat terampil Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta membuat kekerabatan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |||
5. | Mengkomunikasikan | 1 | Belum terampildalam memberikan kekerabatan manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari | |
2 | Terampildalam memberikan kekerabatan antara ruang manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan | |||
3 | Sangat terampildalam memberikan kekerabatan antara manusia dengan dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-haridengan lisan, tulisan, dan bagan | |||
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Postest
1. JelaskanciriiklimIndonesia ?
2. Jelaskan 3 faktor yang memilih curah hujan di tiap tempat ?
3. Jelaskan mengapa iklim sanggup membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?
Observasi
No | Nama | Sikap sosial | Sikap spiritual | Jumlah /skor | Predikt sikap | ket | ||||
jujur | Percaya diri | Responsif | berdoa | Tadarus | Syu kur | |||||
16 | 16 | 16 | 16 | 16 | 16 | |||||
Jurnal
No | Hari/ Tanggal | Jam | Nama | Kekuatan/Kelemahan sikap dan perilaku | Tindak lanjut |
1 | |||||
2 |
PenilaianDiri
Nama :
Kelas :
No | Deskripsikriteriapembelajaran yang diharapkan | PenilaianDiri | |||
1 | Menampilan sikap berdoa dengan khusu dipertama dan final pelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Membaca Al quran sebelum belajar | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Menampilkan prilaku syukur terhadap ciptaan Tuhan YME | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | menampilkan prilaku tidak menyontek dalam ulangan (jujur ) | 1 | 2 | 3 | 4 |
4 | Dalam mengerjakan tugas, dikerjakan sendiri (Percaya diri) | 1 | 2 | 3 | 4 |
5 | Menampilkan Tanya jawaban selama proses pembelajaran | 1 | 2 | 3 | 4 |
6 | Menjelaskan faktor yang menghipnotis iklim di indonesia | 1 | 2 | 3 | 4 |
7 | Menjelaskan karakeristik iklim di Indonesia | 1 | 2 | 3 | 4 |
8 | Menjelaskan efek iklim di Indonesia terhadap perjuangan pertanian | 1 | 2 | 3 | 4 |
9 | Menjelaskan acara insan yang bekerjasama dengan iklim di Indonesia | 1 | 2 | 3 | 4 |
10 | Mengamati acara insan yang bekerjasama dengan iklim di Indonesia | 1 | 2 | 3 | 4 |
11 | Membuat pertanyaan terkena acara insan yang bekerjasama dengan iklim di Indonesia | 1 | 2 | 3 | 4 |
12 | Menentukan suatu permasalahan nyata tentang terkena acara insan yang bekerjasama iklim di indonesia | 1 | 2 | 3 | 4 |
13 | Menganalisis suatu permasalahan nyata terkena acara insan yang bekerjasama dengan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadalam kehidupan sehari-hari | 1 | 2 | 3 | 4 |
14 | Menyampaikan hasil analisis dan kesimpulan tentang terkena acara insan yang bekerjasama dengan karakteristik iklim di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dalam verbal dan tulisandengan lisan, tulisan, dan bagan | 1 | 2 | 3 | 4 |
15 | Mencapai KKM yang sudahdiputuskan (75) | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 : kurang
2 :cukup
3 :baik
4 :sangatbaik
Tes tertulis
Bentuk uraian
1. Jelaskanciriiklim Indonesia ?
2. Jelaskan 3 faktor yang memilih curah hujan di tiap tempat ?
3. Jelaskan mengapa iklim sanggup membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ?
Tugas proyek
Mencari data curahhujandari internet, tentukankarakeristikiklim di Indonesia danpengaruhnyaterhadapusahapertaniandanaktivitaslainnyaberdasarkan data tersebut, kemudianbuatlahtabel atau grafiknya!
NO | KI | KD | Materi pokok | Indikator Soal | Tehnik Penilaian | No Soal |
1 | Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah. | 3.4 Menganalisis kekerabatan antara insan dengan lingkungan sebagai jawaban dari dinamika atmosfer. | 1. Jelaskanciriiklim Indonesia ? 2. Jelaskan 3 faktor yang memilih curah hujan di tiap tempat ? 3. Jelaskan mengapa iklim sanggup membatasi atau mendukung kegiatan pertanian ? 4. Mencari data curah hujan dari internet, tentukan karakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnya berdasarkan data tersebut, kemudian buatlah tabel atau grafiknya! | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tugas proyek | 1 2 3 4 |
Tugas proyek
Membuatkarakeristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap perjuangan pertanian dan acara lainnyadan tabel atau grafik berdasarkan data curah hujan dari internet, kesannya dipublikasi di majalah dinding atau di internet dilengkapi dengan gambar.
Teknik Penilaian Proyek
Mata pelajaran :
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Guru pembimbing :
Nama siswa :
NIS :
Kelas :
NO | ASPEK | SKOR ( 1 -5 ) | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | PERENCANAAN : a. Persiapan b. Rumusan | |||||
2 | PELAKSANAAN : a. Sistematika penulisan b. Keakuratan sumber data/informasi c. Kuantitas sumber data d. Analisis Data e. Penarikan kesimpulan | |||||
3 | LAPORAN PROYEK : a. Performans b. Presentasi/Penguasan | |||||
TOTAL SKOR |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Menengan Atas NEGERI Guru Mata Pelajaran
_________________________ ______________________
NIP. 196 NIP.