Memilih Gambar Yang Baik Dalam Pengajaran


Dalam pemilihan gambar yang baik untuk acara pengajaran terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan antara lain:
a.     Keaslian gambar. Gambar menawarkan situasi yang sebenarnya, ibarat melihat keadaan atau benda yang sesungguhnya. Kekeliruan dalam hal ini akan mempersembahkan dampak yang tak dibutuhkan gambar yang tiruan dikatakan asli.
b.    Kesederhanaan. Gambar itu sederhana dalam warna, mengakibatkan kesan tertentu, memiliki nilai estetis secara murni dan mengandung nilai praktis. Jangan hingga akseptor didik menjadi gundah dan tidak tertarik pada gambar.
c.     Bentuk item. Hendaknya si pengamat sanggup memperoleh balasan yang tetap ihwal obyek-obyek dalam gambar.
d.    Perbuatan. Gambar hendaknya hal sedang melaksanakan perbuatan. Peserta didik akan lebih tertarik dan akan lebih memahami gambar-gambar yang sedang bergerak.
e.     Fotografi. Peserta didik sanggup lebih tertarik kepada gambar yang nilai fotografinya rendah, yang dikerjakan secara tidak profesional ibarat terlalu terperinci atau petang. Gambar yang anggun belum tentu menarikdanunik dan efektif bagi pengajaran.
f.     Artistik. Segi artistik pada umumnya sanggup menghipnotis nilai gambar. Penggunaan gambar tentu saja diadaptasi dengan tujuan yang hendak dicapai

Kriteria-kriteria menentukan gambar ibarat yang sudah dikemukakan di atas juga berfungsi untuk menilai apakah suatu gambar efektif atau tidak untuk dipakai dalam pengajaran. Gambar yang tidak memenuhi kriteria tidak sanggup dipakai sebagai media dalam mengajar.
close