Kebutuhan Air Untuk Manusia


Menurut Kodoatie, 2005. Kebutuhan air yang dimaksud yaitu kebutuhan air yang dipakai untuk menunjang segala kegiatan manusia, mencakup air membersihkan domestik dan non domestik, air irigasi kolam pertanian maupun perikanan. Kebutuhan air untuk insan yaitu sebagai diberikut.
a.       Untuk keperluan domestik yaitu memanfaatkan air rumah tangga
b.      Untuk keperluan komersil dan industri, yaitu untuk; hotel, restouran, pabrik, dan sebagainya.
c.       Untuk keperluan pariwisata atau agrowisata
d.      Kebutuhan air untuk pertanian
e.       Untuk keperluan umum (publik) yaitu antara lain; kantor-kantor, tempat-tempat umum dan peribadatan dan sebagainya.
a.      Kebutuhan Air untuk Rumah Tangga
Kebutuhan dasar air membersihkan yaitu jumlah air membersihkan murni yang perlu disediakan semoga insan sanggup hidup secara layak yaitu sanggup memperoleh air yang diharapkan untuk melaksanakan acara dasar sehari-hari. Menurut Kodoatie 2005, Standar kebutuhan air untuk setiap orang perhari yaitu 125-140 liter. Adapun kebutuhan insan akan air membersihkan untuk keperluan sehari-hari atau sering disebut dengan kebutuhan primer yang tercantum pada Tabel 4.
Tabel 4
Kebutuhan Dasar Air Bersih Berdasarkan Kuantitas
No
Jenis Kebutuhan Air
Jumlah Liter/Orang/Hari
1
Mandi 2 x
60 – 90
2
Masak
15 – 30
3
Minum
5  - 10
4
Cuci Pakaian
35 – 50
5
Kebutuhan lain-lain
10 – 25
(Sumber: Surbakti, 1987 dalam Kodoatie 2005: 255)
Kebutuhan lainnya sanggup disebut kebutuhan sekunder menyerupai memmembersihkankan lantai, menyiram tanaman, mencuci kendaraan beroda empat dll. Saat ini kebutuhan air masyarakat kota diperkirakan mencapai 200 lt/hari (http://www.inawater.com/news-BeritaKAI). Kebutuhan insan akan sumber daya air sangat kasatmata bila dikaitkan dengan pertumbuhan penduduk, kebutuhan pangan atau peningkatan industrialisasi dan pemberian ekosistem terhadap teknologi.
b.      Kebutuhan Air untuk Fasilitas Umum
Kebutuhan air untuk kemudahan umum dan sosial diharapkan untuk kehidupan masyarakat, sebab kemudahan umum ialah salah satu hal yang berkaitan akrab dengan kegiatan manusia. Hal tersebut diatur dalam ketetapan WHO, menyerupai disajikan dalam Tabel 5.
Tabel 5
Kebutuhan Air untuk Fasilitas Umum dan Sosial
No
Fasilitas Umum /Sosial
Kebutuhan Air
1.
Puskesmas
5lt/pasen rawat jalan
2.
Sekolah
2 lt / siswa
3.
Tempat ibadah
5 lt / pengujung
4.
Rumah Sakit
220lt / kawasan pulas
5.
Kantor
30 lt / staf
6.
Musium
5lt / unit / hari
7.
Pasar
25 lt / unit / hari
(Sumber: WHO dalam laporan final Badan Perencanaan Pembangunan Daerah 2006)


Berdasarkan Tabel 5, sanggup diketahui bahwa jumlah kebutuhan air tergantung pada besar kecilnya kemudahan umum atau sosial dan acara yang terdapat di dalamnya. Kebutuhan air bagi masyarakat Desa Sumurugul antara lain dipakai untuk kemudahan sosial dan umum mencakup kebutuhan air untuk kantor desa, sekolahan (PAUD, TK, SD), Puskesmas, kawasan ibadah (masjid, mushola dan  berkelahi ). 
close