Contoh Tawaran Tunjangan Pemerintah Bagi Kkg/Mgmp/Mkks Tahun 2017

Berikut ini (draf) misal Proposal pinjaman Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter)


Kata Pengantar

          Usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan secara terus menerus sudah dilakukan oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ). Dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam upaya melakukan kebijakan tersebut, Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan akan pinjaman Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter)

          Berdasar dari kebijakan tersebut kami sudah membuat usulan dalam bentuk Proposal untuk acara pinjaman Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal Dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter), sehingga diperlukan sanggup mempersembahkan sumbangan untuk meningkatkan mutu pendidikan supaya sanggup mencapai Standar Nasional Pendidikan.

          Proposal ini mencakupkan kegiatan-kegiatan pokok agenda pinjaman Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 dengan mengacu pada kesesuaian agenda peningkatan mutu pendidikan serta kesinambungan pembangunan dimasa yang akan hadir.

          cepatdangampang-gampangan proposal ini sanggup diterima dan bermanfaa.

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

          Perubahan paradigma pendidikan di kurun globalisasi ini mengharuskan adanya perubahan pola pikir guru. Guru harus mengantisipasi dan mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, reoriantasi pembelajaran dari teaching menjadi learning, pengakuan dan kultur kelas, keterampilan guru dalam membuat soal yang berkarakter serta pengembangan pendidikan karakter. Perubahan pola pikir guru dalam mengelola dan melakukan dan mengevaluasi proses pembelajaran, menuntut untuk lebih kreatif dan diberinovasi dalam melakukan perubahan proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan.

          Kelompok Kerja Guru ( KKG )  ialah suatu wadah asosiasi atau perkumpulan bagi guru di SD ( SD ) yang berada dalam satu Gugus, berfungsi sebagai masukana saling berkomonikasi, berguru dan bertukar pikiran serta pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi / pelaku perubahan reoriantasi pembelajaran di kelas.

          Sejalan dengan agenda Kementerian Pendidikan dan kebudayaan  yang berupaya meningkatkan kompetensi guru terutama terkait keterampilan guru dalam membuat soal yang berkarakter serta pengembangan pendidikan karakter dengan menetapkan kebijakan berupa pemdiberian dana pribadi ( Block Grant ) kepada KKG / MGMP yang ada di Kota/Kabupaten melalui Ditjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kami sangat mendukung agenda tersebut alasannya pertolongan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS sanggup mendukung secara optimal peningkatan kemampuan profesional guru dalam pembelajaran.

Sehubungan dengan adanya gosip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan ihwal adanya pinjaman Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS pada tahun Anggaran 2017, untuk itu kami mengajukan proposal ini untuk mendapat menolongan dana Block Grant tersebut.


B. Tujuan
          Program pemdiberian pertolongan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS atau Block Grant kepada Kelompok Kerja Guru ( KKG) bertujuan untuk :
          Meningkatkan kompetensi guru melalui aneka macam aktifitas di KKG terutama dalam kaitanya dengan Pengembangan Soal yang berstandar Nasional (USBN)
          Memdiberikan Pembekalan Pengembangan Pendidikan Karakter bagi guru-guru
          Memetakan dilema pembelajaran yang dihadapi oleh guru sehari-hari dengan saling mengembangkan pengalaman dari contoh praktek yang baik ( Best Practice )


C. Samasukan
          Samasukan agenda revitalisasi melalui pertolongan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS atau Block Grant kepada Kelompok Kerja Guru ( KKG) adalah guru-guru yang menjadi anggota kelompok KKG kecamatan ..........  kab...................(Untuk MGMP Mapel ............... Kab...............)


D. Hasil yang diharapkan

          Melalui pemdiberian dana Block Grant diperlukan hal-hal sebagai diberikut :
          Adanya peningktan Kompetensi guru dalam pembuatan soal yang berkarakter (USBN untuk MGMP)
          Adanya peningkatan pengetahuan guru ihwal peningkatan Pengembangan Pendidikan Karakter 9ppk0
          Kinerja guru akan meningkat
          Adanya masukan pribadi terhadap permasalahan dan hambatan yang dihadapi guru dilapangan.

E. Manfaat  
          Block Grant akan mendiberikan manfaat kepada aneka macam pihak, antara lain :
1. Bagi Guru            : Dapat meningkatkan kompetensi guru terutama terkait penyusunan soal yang berkarakter dan Pengembangan Pendidikan Karakter

2. Bagi Siswa       : Dapat meningkatkan prestasi berguru siswa di sekolah

3. Bagi Sekolah    : Terciptanya guru-guru yang kompeten dan propesional terutama terkait penyusunan soal yang berkarakter dan Pengembangan Pendidikan Karakter di SD penerima Gugus KKG Kec......../  di Sekolah Menengah Pertama penerima MGMP mapel ................

4.Bagi Pemerintah : Tersedianya soal Ujian Sekolah (US) / Soal Ujian Sekolah Berstandar Naional yang berkarakter.
    


BAB II DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN

Pada tahun 2014 dan 2015, lembaga KKG Guru Kelas Gugus ........ Kecamatan .............   kab/Kota .................. melakukan aneka macam acara yang meliputi :
        Penyusunan Prota dan Prosem  
        Menyusun Silabus
        Sosialisasi Kurikulum 2013
        Menyusun Rencana Pembelajaran pada tiruana tingkatan kelas
        Mencari dan mengulas aneka macam metode yang digunakan dalam pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013
        Membuat Kisi-kisi soal
        Melaksanakan Analisis SKL

Dari sejumlah acara yang dilaksanakan di atas, para guru yang menjadi penerima KKG Gugus .......... menerangkan kemajuan yang cukup baik. Tingkat pemahaman mereka terhadap materi acara tersebut menerangkan peningkatan dari tahun sebelumnya. Sebagai contoh pada tahun 2015 pemahaman mereka ihwal kurikulum 2013 spesialuntuk 55 % maka pada tahun 2016 meningkat menjadi 80 %. Disamping itu, para pendidik semakin menyadari akan pentingnya pendidikan dalam pengembangan karir mereka dan tuntutan kiprah mereka di sekolah. Ini artinya Forum menyerupai Kelompok kerja Guru ( KKG ) ini mempunyai konstribusi dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan juga propesionalisme guru.


BAB III RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN KKG GUGUS ...... KOTA...................  (MGMP MAPEL .............. KAB...........)

A. Jenis Program, Tujuan dan Kegiatan
1. Jenis Program
Program Kegiatan yang akan dilaksanakan ialah Peningkatan Kompetensi guru dalam Penulisan Soal yang berkarakter dan Pengembangan Pendidikan Karakter.

2. Tujuan
          Secara umum tujuan Pelaksanaan Program tersebut di atas ialah untuk meningkatkan Kompetensi dan propesionalisme guru dan juga meningkatkan daya kreasi dan penemuan guru dalam acara pembelajaran di kelas. Secara khusus tujuan Pelaksanaan Program adalah:
a.  Meningkatkan Kemampuan guru dalam Penyusunan Soal yang Bermutu
b.  Meningkatkan kemampuan guru dalam memahami Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)
c.  Meningkatkan kemampuan Guru dalam Penyusunan Soal US / USBN
d. Meningkatkan kemampuan guru dalam Pengembangan Pendidikan Karekater
f.  Meningkatkan kemampuan guru dalam penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah


3. Kegiatan
a.  Workshop Penyusunan Soal yang Bermutu
b.  Bedah Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)
c.  Praktek Penyusunan Soal US / USBN
d.  Workshop Pengembangan Pendidikan Karekater
f. Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah




B. RENCANA ANGGARAN BIAYA
NO
KEGIATAN/ SUB KEGIATAN

VOLUME
SATUAN
(Rp)
JUMLAH
( Rp)
I
PERSIAPAN
1.Rapat Persiapan
   a. Konsumsi ( 13 Orang x1 acara )    
   b. ATK
2. Transport pengantaran proposal


13 OK
13 OK

1 OK


                    JUMLAH  I                                                                                   500.000,-
II
PELAKSANAAN
1. Nara sumber ( 1 Orang x 10 Kegiatan )
    a. Transport
    b. Honor
2. Peserta ( 10 Orang x 10 Kegiatan )
    a. Transport
    b. Honor
3. Panitia ( 2 Orang x 10 Kegiatan )
    a. Transport
    b. Honor
4. ATK
5. Konsumsi


10 OK
10 OK

100 OK
100 OK

20 OK
20 OK

130 OK
\


               JUMLAH II                                                                            
III
LAPORAN PEMANTAUAN INTERNAL
1. ATK
2. Dekomentasi / Penggandaan
3.Transport Pengantaran Laporan





             JUMLAH  III                                                                           
IV
DESIMININASI / SEMINAR
1. Transport Nara Sumber (1 Orang )
2. Honor Nara Sumber ( 1 Orang )
3. Transport Peserta (30 Orang x 1 Kegiatan )
4. Transport Panitia ( 2 Orangx 1 Kegiatan )
5. Konsumsi ( 33 Orang x 1 Kegiatan )
6. ATK dan Penggandaan Desiminasi

1 OK
1 OK
30 OK
2 OK
33 OK


              JUMLAH    IV                                                                            
              JUMLAH I + II + III + IV                                                        
    
                                               
C. JADWAL KKG KELAS V GUGUS ...................
No
PERTEMUAN /TANGGAL
MATERI
NARA SUMBER
HASIL YANG DIHARAPKAN
1
I

Workshop Penyusunan Soal yang Bermutu


2
II

Bedah Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)


3
III

Praktek Penyusunan Soal US / USBN


4
IV

Praktek Penyusunan Soal US / USBN


5
V

Praktek Penyusunan Soal US / USBN


6
VI

Praktek Penyusunan Soal US / USBN


7
VII

Workshop Pengembangan Pendidikan Karekater


8
VIII

Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah



9
IX

Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah





BAB IV PENUTUP

A. KESIMPULAN
          Dari uraian diatas sanggup disimpulkan bahwa :
          KKG Guru Kelas sangat berperan dalam meningkatkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan supaya mempunyai kompetensi, kualifikasi dan propesionalisme yang standar.
          KKG sanggup menjadi wadah mengembangkan ilmu dan pengalaman sekaligus memetakan aneka macam dilema yang dihadapi dalam proses pembelajaran .
          Hasil pertemuan KKG sanggup menjadi teladan bagi guru dalam melakukan proses pembelajaran di kelas.
          Dana pendukung dalam acara operasional KKG berupa Dana pinjaman Langsung ( Block Grant ) sangat diperlukan oleh sekolah inti sebagai penyelenggara acara maupun SD Imbas sebagai anggota dalam Gugus ..........
          melaluiataubersamaini adanya KKG diperlukan sanggup menumbuhkan daya kreasi dan penemuan guru dalam pembelajaran, sehingga akan diberimbas pada peningkatan proses pembelajaran dan pencapaian hasil berguru siswa.

B. SARAN
Agar KKG sanggup berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, tentunya harus didukung oleh aneka macam pihak.
    Dana pinjaman Langsung ( Block Grant ) supaya berkesinambungan dan ditindaklanjuti pada masa-masa yang akan hadir.
          Semoga terjalinnya kerjasama yang serasi antara sekolah Inti sebagai penyelenggara dengan sekolah Imbas sebagai anggota Gugus.

============================================





close