Standar Kompetensi Lulusan dalam Kurikulum 2013 (K13)| Ranah dan Pengertiannya
Standar Kompetensi Lulusan alias SKL yang dibutuhkan dalam muatan Kurikulum 2013 mencakup beberapa aspek tiga ranah. Yaitu setiap siswa mempunyai kecakapan dalam ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan.
SIKAP
Pengertian Sikap
Meliputi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial. Sikap spiritual ialah ranah kompetensi yang dimiliki oleh lulusan yang bisa mememiliki rasa iman dan ketaatan (ketakwaan) sesuai dengan pemikiran agama yang dianut.
Sikap Sosial ialah kecakapan atau kompetensi yang dibutuhkan dimiliki oleh lulusan yang berkaitan dengan hubungan dengan sesama manusia. Sesama mitra dan orang lain. misal perilaku sosial antara lain, menghargai perbedaan, saling tolong menolong, dan sebagainya.
Meskipun dalam aplikasinya, tidak bisa dibedakan secara mutlak antara perilaku sosial dan perilaku spiritual. Keduan saling diberirisan. Misalnya, perilaku tanggung jawaban, seorang hamba Tuhan harus bertanggung balasan terhadap diri sendiri juga terhadap orang lain, sesuai dengan pemikiran agama.
RANAH PENGETAHUAN
Ranah pengetahuan dalam SKL Kurikulum 2013 mencakup empat jenis pengetahuan yaitu Pengetahuan Faktual; Pengetahuan Konseptual; Pengetahun Prosedural; Pengetahuan Metakognitif.
Pengetahuan ialah kemampuan berpikir yang berkaitan dengan kecerdasan koginitif. Yaitu pengetahuan wacana konsep dan teori wacana konsep.
Pengertian Pengetahuan Faktual
Pengetahuan faktual ialah pengetahuan yang berkaitan dengan fakta sekitar penerima didik. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia misalnya, penerima didik harus didiberikan fakta-fakta yang sanggup dirasakan pribadi oleh penerima didik. Misalnya pembelajaran wacana Teks Laporan Hasil Observasi, maka mereka (peserta didik) harus didiberi teks LHO secara langsung.
Pengertian Pengetahuan Konseptual
Pengetahuan konseptual ialah pengetahuan yang berkaitan dengan teori-teori wacana fakta yang sebelumnya sudah dipelajari. Misalnya dalam pembelajaran bahan Teks Cerita Fantasi, maka teori-teori wacana teks Cerita Fantasi ialah pengetahuan konseptual. Pengertian konsep wacana teks yang sedang dipelajari.
Pengertian Pengetahuan Prosedural
Pengetahuan Prosedural ialah pengetahuan wacana cara melaksanakan sesuatu. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pengetahuan prosedural mencakup pengetahuan wacana ciri dan cara menciptakan. Misalnya cara menulis teks deskripsi, itu termasuk pada pengetahuan prosedural.
Pengertian Pengetahuan Metakognitif
Pengetahuan Metakognitif berkaitan dengan pemahaman wacana diri. Yaitu wacana kelemahan dan kelebihan diri sendiri wacana pengetahuan sesuatu. Maksudnya, pengetahuan metakognitif ialah pengetahuan diri sendiri untuk bisa melaksanakan sesuatu. Pengetahuan metakognitif bekerjasama dekat dengan keterampilan konkret.
KETERAMPILAN
Keterampilan ialah kemampuan untuk melaksanakan sesuatu dan berbuat sesuatu. Maka dari itu, orang yang bisa membuat beberapa hal atau suatu hal disebut dengan orang yang terampil. Maka dari itu, keterampilan berkaitan dengan kemampuan gerak motorik.
Jenis keterampilan yang perlu didapat oleh siswa di sekolah untuk memenuhi standar kompetensi lulusan ialah keterampilan konkret dan keterampilan abstak.
Keterampilan Konkret
Keterampilan konkret ialah keterampilan yang berkaitan dengan tindakan gerak badan secara langsung. Misalnya kemampuan memainkan alat musik, ialah keterampilan konkret. Keterampilan untuk membaca puisi dengan baik ialah keterampilan konkret.
Keterampilan Abstrak
Keterampilan abnormal ialah keterampilan yang berkaitan dengan tindakan abnormal yang bisa dilakukan oleh siswa. Hal ini susah diukur. Misalnya keterampilan untuk berpikir mudah yang tidak berbelit. Hal ini ialah keterampilan abnormal yang memang cara mengukurnya sangat susah untuk dilakukan. Berbeda dengan keterampilan konkret yang bisa pribadi dipraktikkan dan disimulasikan.
Demikian klarifikasi mengeni SKL alias Standar Kompetensi Lulusan yang dibutuhkan tercapai dalam Kurikulum KTSP 2013 yang lebih dikenal dengan nama K13.
Salam Pustamun!