Penjelasan Dan Perbedaan Bibit Dan Benih


Bibit dan benih miliki perbedaan dan persamaan. Benih dan bibit dalam bahasa Inggris sama-sama diterjemahkan seed. Dalam bahasa Indonesia keduanya mempunyai arti yang saling bersinggungan dan bersinonim. Dalam istilah pertanian keduanya tidak sama.


Benih ialah cikal bakal flora berupa biji yang sengaja disiapkan untuk ditanam.

Bibit ialah cikal bakal flora yang berupa flora muda (kecil) yang akan ditanam.


Dalam istilah pertanian, benih niscaya berasal dari biji. Tidak tiruana biji (bulir) ialah benih. Karena perkembangbiakan suatu tumbuhan yang berbiji belum tentu berasal dari bijinya. Misalnya biji jambu tidak menjadi benih jambu. Kebanyakan penanaman jambu memakai sistem stek. misal yang lain, bulir (biji) padi tidak otomatis menjadi benih padi. Benih padi ialah bulir yang didapat dari tumbuhan yang diolah khusus untuk dijadikan tumbuhan padi (akan ditanam lagi).

Sedangkan bibit tidak harus berasal dari benih. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, benih sanggup berasal dari proses stek atau pencangkokan. contohnya bibit yang tidak didapat dari benih ialah bibit pisang, bibit jeruk, dan bibit tumbuhan bambu. Masing-masing tumbuhan tersebut tidak ditanam bijinya (benihnya) melainkan tunas dan hasil stekannya.

Proses penanaman tumbuhan ada yang melalui proses:

benih - bibit - tanaman
bibit - tanaman
benih - tanaman

misal tumbuhan yang ada benihnya sekaligus bibit kemudian ditanam ialah padi.
Bulir padi yang dijual di toko pertanian ialah benih padi yang berupa bulir padi. Benih tersebut direndam kemudian disebar di persemaian jadilah bibit padi (tanaman muda), setelah siap dicabut untuk kemudian ditanam lagi di sawah.

misal tumbuhan yang melalui proses bibit kemudian menjadi tumbuhan ialah tumbuhan jeruk dan tumbuhan pisang. Yang ditanam di lahan ialah bibitnya. Tanpa melalui proses persemaian.

misal tumbuhan yang ditanam eksklusif benihnya di lahan pertanian atau perkebunan ialah jagung, kedelai, dan sejenisnya. Yang ditanam eksklusif di lahan jagung ialah benih jagung yang berupa biji. Ditanam di lahan, setelah itu semaiannya (tanaman muda) tidak perlu dipindah dan eksklusif dirawat di lahan pertanian hingga pguan.

Lain halnya dengan kata benih dalam bahasa Indonesia selain istilah pertanian. Dalam bahasa Indonesia makna benih dan bibit lebih luas. Benih bersinonim dengan bibit dan asal-usul atau sumber.

misal dalam kalimat
Sejak pandangan pertama mulai ada benih cinta di antara mereka.

Kata benih di atas tidak sanggup dimaknai sebagai bakal tanaman, tetapi sebagai asal-usul atau sumber adanya cinta.

Ada pula benih-benih yang terlarang antara lain:
Benih ganja, tidakboleh hingga ditanam alasannya ialah sanggup ditangkap polisi.

Menanam benih cinta pada rahim yang belum dinikahi, itu dilarang. Oleh polisi juga oleh hukum Tuhan.

Benih permusuhan, ini sanggup menjadikan kerusakan yang juga sanggup sangat dahsyat. Maka harus dihindari.

Sebelum muncul benih-benih kemarahan dari para pembaca yang membaca goresan pena ngelantur ini, maka disudahi saja tulisannya.


Salam Pustamun!
close