Contoh Puisi Dengan Aliterasi Dan Asonansi

Asonansi yaitu perulangan suara vokal yang berulang-ulang dalam satu baris kalimat. Asonansi biasanya dipakai dalam puisi. misal aliterasi: aku akan bawakan awan. 

Dalam larik di atas, ada penerapan suara a yang berulang-ulang. Masing-masing pertama kata dan pertengahan kata.

Alitersi dan Asonansi dalam Puisi
Aliterasi yaitu perulangan suara konsonan yang berulang-ulang dalam satu baris kalimat. Seperti halnya asonansi, aliterasi juga kerap muncul dalam larik baris puisi.



Salah satu puisi populer yang mengandung aliterasi yaitu karya Chairil Anwar yang berjudul Cintaku Jauh di Pulau. Baris yang mengandung aliterasi dalam puisi tersebut berbunyi: gadis bagus iseng sendiri. 

Dalam baris tersebut ada penerapan karakter s yang berulang-ulang. Yaitu pada kata gadis, manis, iseng, dan sendiri. Keempatnya ada pada satu baris puisi.

Berikut ini yaitu tumpuan puisi yang mengandung aliterasi dan asonanasi

Segerakan Semangat
(Karyamun)

Pagi menjulang awan menggantung
Siap sedia segerakan semangat

Berseri menjalani ini hari
Bersama kicau burung
Bersama alunan daun
Bersama dengungan kumbang pada daun

Juga bersama hentakan nyaring knalpot butut
dan asap yang mengepul

Aku tahu masa depan lebih gemilang
bersama orang yang selalu riang

Puisi di atas mengandung aliterasi yaitu pada baris kedua bait pertama. Baris: sepa sedia segerakan semangat mengandung karakter s pada masing-masing kata yang digunakan. Kaprikornus sanggup dikatakan mengandung aliterasi /s/.

Sementara asonansi terdapat pada baris pertama bait kedua yaitu baris: berseri menjalani ini hari. Masing-masing kata dalam baris tersebut mengandung karakter i, maka disebut dengan asonansi /i/.

Tulisan ini sudah direvisi dan diupdate menurut masukan dari Antonius Donny melalui komentar.

Demikian tumpuan puisi yang mengandung aliterasi dan asonansi. Baca dan download juga tumpuan puisi yang lainnya melalaui label misal Puisi
close