Unduh Kisi-Kisi Pretest Ukg 2017 Bahasa Indonesia

UKG alias Uji Kompetensi Guru yaitu sebuah proses yang wajib dilakukan oleh guru yang ditunjuk (entah menurut apa penunjukannya) yang dilakukan untuk memtakan kemampuan guru di seluruh Indonesia.


UKG bagi seorang guru bisa dilakukan berulang-ulang. contohnya aku, pada tahun 2015 mengikuti UKG, karenanya empat modul tidak lulus, dan rapornya merah. Kemudian pada tahun 2016 mengikuti petes daring murni. Rasanya guah, daringnya murni bisa dilakukan di rumah, tapi post testnya harus di TUK dan harus bayar alasannya yaitu operasionalnya tidak ditanggung oleh negara. Sementara yang daring kombinasi, justru dibayar oleh negara. 

Kisi-Kisi Pretest UKG Tahun 2017


Apesnya, ketika mengikuti UKG doloe, yang alamatnya masih berjulukan GP alias Guru Pembelajar, kini sudah berjulukan SIMPKB, yang terang ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan salah satu partai politik. Dalam post test yang otomatis menjadi UKG, nilai saya sudah baik. Sudah sanggup sertifikat, malahan. Tapi di rapor pada tahun 2017, nilai merah saya masih tiga. Karena standar minimal yang dipakai alias KKMnya naik. Ini keguahan yang kedua. Jawaban test yang dipakai yaitu tiga tahun lalu, tapi KKM yang dipakai yaitu yang sekarang. Akhirnya, saya masih harus mengikuti petes lagi, alias UKG lagi, alasannya yaitu masih punya tiga nilai merah. 

Sampai kapan derita ini akan berakhir? hehehe. Mungkin hingga nanti, hingga nilai saya dan mungkin juga anda mencapai seratus. Untuk tiruana modul.

Mungkin alasan saya sama dengan beberapa guru yang lain. Kita kurang mengetahui apa yang harus dilakukan, dan apa yang harus dipelajari. Untungnya, ini sebuah perbaikan keadaan, sebelum dilakukan Uji Kompetensi, masing-masing guru sudah didiberi kisi-kisi untuk UKG 2017, pada UKG 2016 dan 2015 tidak menerima kisi-kisi yang jelas. 

Jadi, diperlukan dengan menerima kisi-kisi terlebih lampau, penerima UKG pada 2017 ini tidak terlalu ajaib dengan bahan yang akan ditanyakan. Meskipun bekerjsama secara umum, guru sudah mengetahui dan dekat dengan bahan dalam UKG alasannya yaitu yang ditanyakan yaitu segala sesuatu yang sudah diajarkan dan dipelajari.

Untuk semakin memmenolong, para guru yang hendak mengikuti UKG pada tahun 2017 ini, khususnya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, dalam blog ini disediakan link alias tautan untuk mengunduh (download) kisi-kisi UKG tahun 2017. 

Untuk mata pelajaran yang lain, saya mohon maaf, tidak ditampilkan dalam blog ini alasannya yaitu ini yaitu blog bahasa. :)

Dalam kisi-kisi ada tiga kolom. Kolom pertama, nomor. Kolom kompetensi, kolong materi, dan kolom indikator, serta kolom keterangan. Dalam kolom keterangan ada yang pedagogik (kemampuan wacana berguru dan teori belajar) dan profesional (yaitu bahan yang berkaitan dengan keilmuan masing-masing).

Kisi-Kisi UKG 2017 Sekolah Menengah Pertama | Download

Kisi-Kisi UKG 2017 SLB | Download

Kisi-Kisi UKG 2017 SMA/SMK | Download
close