Contoh Kisah Fantasi Singkat 1 Paragraf: Kisah Dari Surabaya Di Abad Lalu

Sesingkat apapun kisah yang ingin ditulis, tetap harus sesuai dengan struktur kisah fantasi yang meliputi Orientasi, Komplikasi, dan Resolusi. Jadi, jikalau ingin menulis kisah fantasi satu paragraf, maka akan sangat kesusahan. Bisa sebuah kisah fantasi ditulis dengan sangat singkat tapi tetap harus tiga paragraf.

Jadi, sebuah kisah fantasi paling singkat yaitu kisah fantasi yang orientasinya satu paragraf, komplikasi satu paragraf, dan resolusi satu paragraf. Agar lebih singkat, kisah fantasi yang ditulis tidak perlu memakai percakapan pribadi para tokoh, tetapi cuku kisah dan kalimat tak langsung.


Berikut ini pola kisah fantasi paling singkat yang spesialuntuk terdiri dari tiga paragraf. Masing-masing bab terdiri dari satu paragraf.

Selamat membaca pola kisah fantasi yang berjudul: Carita dari Surabaya di Masa Lalu

ORIENTASI

Daniel Santoso yaitu pelajar yang sangat malas. Bahkan untuk sekedar mengikuti upacara bendera saja tidak mau. Suatu pagi, gurunya murka alasannya Daniel tidak semangat dikala menghormat bendera. Saat itu, gurunya pribadi membentak Daniel, "Kamu tidak dapat menghargai usaha para Pahlawan!" sambil menempeleng Daniel.

KOMPLIKASI

Daniel yang merasa sakit memejamkan mata, kemudian membuka mata tapi beliau sudah ada di medan pertempuran. Dia sedang ada di Surabaya 10 November 1945. Peluru berdesingan, banyak para pejuang yang tewas tertembak. Daniel berusaha berlari menghindari tembakan dari tentara musuh. Ada tank sekutu yang menembak ke arah persembunyiannya. Blarr!!! Ledakan dahsyat terjadi.

RESOLUSI

Daniel segera sadar, beliau kembali di lapangan sekolah. Dengn sepenuh hati Daniel kembali ke tengah lapangan. Menghormat kepada bendera Merah Putih sepenuh hati, sambil menyanyikan Indonesia Raya tiga stanza.

Cerita Fantasi di atas sangatlah singkat. Bagian orientasi yang terdiri dari satu paragraf spesialuntuk meliputi lima kalimat. Bagian Komplikasi yang terdiri dari satu paragraf spesialuntuk ada 6 kalimat. Sementara bab resolusi yang paling singkat, spesialuntuk terdiri dari tiga kalimat dalam satu paragrafnya.

Meskipun sangat singkat, tapi alur kisah cukup jelas. Daya fantasinya juga ada, yaitu dikala tokoh Daniel kembali ke masa lalu, 10 November 1945 yang kemudian diperingati sebagai hari pahlawan. Tapi juga dapat kembali. Itu sekaligus menjadi bab problem (komplikasi). Akhir kisah juga menarikdanunik alasannya tokoh Daniel dapat bermetamorfosis pribadi yang lebih menghormati jasa para pendekar dengan sepenuh hati menghormati upacara bendera.

Semoga pola kisah fantasi di atas yang berjudul Cerita dari Surabaya di Masa Lalu di atas dapat menjadi pandangan gres untuk menulis kisah fantasi sendiri. Untuk pola lain silahkan download dan baca contoh-contoh dalam blog ini. 
close