Cara Dan Langkah-Langkah Menulis Dongeng Fantasi Yang Benar, Paling Mudah, Dan Singkat

Cerita fantasi ialah salah satu jenis karya sastra. Pada dasarnya sama saja dengan cerpen maupun novel. Namun, di dalamnya ada hal atau bencana yang tidak masuk akal. Sedikit tidak sama dengan dongeng fiksi yang juga mempunyai arti tidak nyata.

Jika dongeng fiksi kebanyakan masih masuk akal, kecuali fiksi ilmiah dalam film-film produksi Hollywood. Maka dongeng fantasi niscaya meliputi hal yang sama sekali tidak masuk akal. Ketidak-masuk-akalan dongeng fantasi sanggup berupa perjalanan lintas waktu, kekuatan super, dan berkunjung ke tempat-tempat misterius lain. Atau sanggup juga berupa hal-hal tidak masuk nalar yang sangat tidak terbatas.


Nah, untuk mempergampang menulis dongeng fantasi, perlu dilakukan tahapan atau langkah-langkah menulis dongeng fantasi yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Memang ada langkah-langkah menulis dongeng fantasi yang terdapat dalam buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII yang memakai kurikulum 2013 revisi 2016. Namun, langkah-langkah menulis dongeng fantasi tersebut tidak aplikatif, terlalu bertele-tele bahkan cenderung membingungkan siswa dan guru.

Langkah-langkah menulis dongeng fantasi yang sederhana dan praktis dipahami yakni sebagai diberikut:

Pertama, berangkat dari pengalaman.

Cerita fantasi yang diambil, yang paling praktis yakni dongeng fantasi irisan. Cerita fantasi irisan yakni ada bab yang mungkin terjadi di kehidupan nyata, ada pula dongeng yang sama sekali mustahil terjadi dalam kehidupan nyata. Kita ambil saja teks dongeng fantasi yang irisan. Kaprikornus sanggup berangkat dari hal positif yang pernah kita alami.

Misalnya, kita pernah berkunjung ke sebuah daerah wisata. Maka kita sanggup memakai pengalaman itu untuk menulis dongeng fantasi. Buka saja dongeng dengan pengalaman eksklusif kita masing-masing.

Kedua, diberi sentuhan fantasi.

Maksudnya, buat atau belokkan alur dongeng dari pengalaman kita. Jika spesialuntuk menulis pengalaman berkunjung ke daerah wisata, itu akan menjadi cerpen atau cerit pada umumnya, bukan dongeng fantasi. Maka perlu didiberi hal yang tidak masuk nalar yang terjadi dalam cerita.

Misalnya, dikala berkunjung ke museum tiba-tiba sanggup kembali ke masa kemudian sesuai dengan benda yang sedang dilihat. Misalnya lagi dikala berkunjung ke daerah wisata, hubungkan dengan legenda yang ada dalam daerah wisata tersebut. Bisa juga dihubungkan dengan masa depan. Misalnya menjadi daerah pendaratan makhluk luar angkasa. Yang sanggup membawa jalan-jalan ke plguat lain.

Ketiga, munculkan masalah.

Inti dari sebuah dongeng sanggup dikatakan menarikdanunik alasannya yakni adanya masalah. Masalah ini yang menjadi daya tarik cerita. Maka perlu dimunculkan dilema berkaitan dengan hal abnormal yang sanggup terjadi.

Misalnya dongeng wacana legenda sebuah daerah wisata. Maka sanggup ditampilkan hubungannya. Misalnya bangkitnya Malin Kundang yang hendak balas dendam. Pasti menjadi masalah. Jika jalan-jalan keluar angkasa, dilema yang ditampilkan sanggup berupa pertemuan dengan alien jahat, atau kesusahan kembali ke bumi alasannya yakni pesawat rusak.

Keempat, selesaikan masalah.

Masalah yang sudah muncul dalam teks dongeng fantasi harus diselesaikan sehingga sanggup menjadi bab epilog dongeng alias menjadi bab resolusi. Untuk megampangkan menutup cerita, buat saja dongeng kita sanggup kembali ke kehidupan positif yang normal yang sudah tidak ada hal yang fantasi atau khayali.

Kelima, sunting teks.

Yang perlu disunting dalam teks dongeng fantasi yang lebih utama yakni penerapan tanda petik. Tanda petik selalu dipakai dalam perkataan seseorang. Pastikan bahwa, ucapan tokoh dalam dongeng fantasi didiberi tanda petik.

Demikian langkah-langkah menulis dongeng fantasi ala pustamun. Selamat menulis karya Anda sendiri. Untuk melihat pola teks dongeng fantasi karya kami sanggup dilihat di sini ya.....
close