Arti Valentine Dalam Bahasa Indonesia

14 Februari yang identik dengan perayaan Valentine’s Day alias Hari Valentine selalu memunculkan pro kontra. Tidak sedikit pemdiberitaan yang mengabarkan agresi demo menolak valentine. Tidak sedikit pula, acara dan promo yang berkaitan dengan hal itu.

Selanjutnya, Valentine selalu dikaitkan dengan kata kasih akung, cinta, dan pengorbanan. Hal ini didasarkan pada legenda di Eropa yang berkaitan dan saint Velentine alias Santo Valentinus. Dikisahkan bahwa, valentine alias valentinus adalah tokoh yang mengajarkan kasih akung. Bahkan dipenggal oleh penguasa di zaman itu alasannya ialah menentang larangan dari raja.

Larangan yang diperihal oleh Santo Valentine ialah larangan bagi prajurit untuk berkeluarga. Menikah ialah hak asasi insan termasuk para prajurit. Maka dari itu, sang santo tetap memmenolong prajurit yang ingin berkeluarga.


Akan tetapi, kisah itu tidak dilandasi insiden yang faktual dan benar-benar terjadi. Tidak mempunyai landasan historis yang kuat. Hanya menurut dongeng dari verbal ke mulut. Oleh alasannya ialah itu gereja Kristen balasannya menarikdanunik perayaan Hari Valentine sebagai salah satu perayaan hari besar Katolik.

Terlepas dari itu, artikel ini tidak akan mengulas perdebatan perayaan hari Valentine di Indonesia. Tetapi akan mengulas makna kata Velentine dan kata-kata lain yang berkaitan dengan Velentine.

Berikut ini daftar kata dan hal yang berkaitan dengan Valentine: Coklat, Bunga Mawar, Hati, dan Hadiah. Velentine juga identik dengan kata cinta, kasih, akung, dan nembak.

Valentine dalam Bahasa Indonesia

Sebagai representasi dari Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat sudah memuat lema Valentine dengan V kapita. Hal ini memberikan bahwa kata Valentine sudah dikenal juga dalam perbendaharaan kata atau kosakata Bahasa Indonesia.

Keterangan cara membaca kata Valentine yang ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah /valentin/ bukan /valentain/ yang sering didengar selama ini. Lema atau kata Valentine terdapat pada halaman 1543.

Penjelasan kata Valentine yang terdapat pada halaman 1543 KBBI tersebut tidak banyak. Bahkan sanggup dikatakan tidak ada klarifikasi sama sekali. Pada halaman tersbut, kata Valentine dirujuk pada kata hari. Maksudnya, untuk mengetahui klarifikasi terkena kata valentine bisa melihatnya dalam lema hari.

Kata atau lema hari dalam KBBI Pusat Bahasa Edisi Keempat terdapat pada halaman 483-484. Kata valentine berkaitan dengan dua frasa dan idiom. Yaitu dalam frasa Hari Kasih Sayang dan Hari Valentine.

Kata Hari Kasih Sayang terdapat pada halaman 483 dengan dua klarifikasi makna, yaitu: 1) hari untuk memberikan penghormatan kepada Santo Valentinus; 2) hari untuk memberikan hadiah atau salam, khususnya kepada orang yang dikasihi (pada setiap tanggal 14 Februari).

Frasa Hari Valentine dalam KBBI Pusat Bahasa terdapat pada halaman 484 dengan penjelasan: hari penyampaian  atau pernyataan kasih akung (pada tanggal 14 Februari).

Meskipun sudah diakui dan masuk ke dalam kosakata Bahasa Indonesia, kata Valentine tidak mempunyai sinonim dalam Bahasa Indonesia. Tidak mempunyai padanan kata yang berkaitan. Maka dari itu, kata ini tidak ditemukan dalam Tesarurus Alfabetis Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Kamus Sinonim).

Dari klarifikasi di atas, sanggup diketahui bahwa kata Valentine sudah diakomodasi dalam Bahasa Indonesia, membuktikan pula bahwa Bangsa Indonesia juga turut serta dalam tradisi Valentine. Meskipun sebagian besar penduduknya ialah muslim. Sementara, hari Valentine yang diperingati pada tanggal 14 Februari pertamanya ialah peringatan seorang santo, pemuka agama Katolik.

Penggunaan Valentine di Indonesia

Kata Valentine digunakan oleh masyarakat Indonesia tidak spesialuntuk untuk menyebut sebuah perayaan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari, tetapi juga dipakai sebagai nama. Orang Indonesia, terutama penggemar MotoGP niscaya sudah tidak absurd dengan nama Valentino Rossi. Valentino Rossi ialah pembalap MotoGP populer dari Italia.

Ada pula nama Valentino Simanjuntak yang lebih populer dengan nama panggilan Valent. Dia ialah seorang pembawa program olah raga, tepatnya pembawa program siaran sepak bola. Valent populer berkat pembawaannya yang khas ketika menyiarkan pertandingan sepak bola. Dia mempunyai kata-kata yang khas yaitu Jebret Jebret Jebret saat  tercipta gol dalam sebuah pertandingan.

Mungkin masih ada banyak lagi nama Valent, Valentino, Valentina, Valentinus, atau Valentini di Indonesia.

Bagaimana dengan Anda? Merayakan Valentine?
close