Perbedaan Bunga Dan Kembang | Klarifikasi Arti Kata Bahasa Indonesia

Perbedaan Bunga dan Kembang | Penjelasan Arti Kata Bahasa Indonesia

Pustamun.blogspot.com – Sudah jamak diketahui bahwa kata bunga dan kembang ialah sinonim. Kata yang saling sulih, saling menggantikan sebab mempunyai makna yang  serupa. Digunakan kata serupa karena tidak sepenuhnya sama, tetapi mempunyai irisan kesamaan.

Kata kembang dan bunga jika merujuk hal yang berkaitan dengan tumbuhan keduanya saling sulih.  Arti keduanya sama:
Kembang atau Bunga yaitu pecahan tumbuhan yang menjadi tempat  terjadinya perkawinan dan menjadi bakal buah.


misal dalam kalimat:
Sesudah dipupuk, bunga tumbuhan cabainya semakin banyak.
Sesudah dipupuk, kembang tumbuhan cabainya semakin banyak.

Meskipun sama-sama berkaitan dengan tumbuhan, bunga dapat bangun sendiri menjadi jenis tanaman. Sementara kata kembang (dalam Bahasa Indonesia) tidak sanggup bangun sendiri, harus selalu dikaitkan dengan jenis tanaman.

misal:
Dia menanam bunga di taman.
Dia menanam kembang di taman.

Kalimat kedua pada pola di atas tidak berterima dalam Bahasa Indonesia. Tidak pernah diucapkan. Sementara dalam bahasa Jawa, sanggup dimengerti dan diucapkan.

Kata bunga dan kembang bisa juga saling sulih saat dipakai sebagai kata kiasan. Misalnya sama-sama dipakai untuk menggambarkan wanita yang cantik.

misal:
Banyak perjaka yang menginginkan bunga desa itu.
Banyak perjaka yang mengingikan kembang desa itu.

Makna kata kembang dan bunga meskipun dilekati imbuhan yang sama akan memunculkan makna imbuhan yang tidak sama. Misalnya saat dilekati imbuhan atau afiks ber-.

misal:
Cabainya sudah berbunga.
Pertaniannya berkembang pesat.

Kata berbunga dalam pola kalimat di atas mempunyai makna memiliki bunga atau menghasilkan bunga. Jadi, sudah tumbuh bunga yang menjadi bakal buah dalam tumbuhan cabai.

Sementara pada kalimat kedua, kata berkembang tidak bermakna memiliki kembang melainkan bermakna: semakin bertambah banyak. Jadi, pertaniannya sudah bertambah baik dari segi luas lahan maupun banyaknya jenis tumbuhan yang ditanam.

Kata bunga dan kembang erat juga kaitannya dengan kata tumbuh. Khususnya kata kembang. Sering kita dengar istilah tumbuh dan berkembang. Jadi, kedua kata tersebut mempunyai perbedaan arti. Tumbuh punya arti yang seolah-olah dengan berkembang. Untuk klarifikasi lengkapnya sanggup dibaca dalam artikel yang berjudul: Perbedaan Tumbuh dan Berkembang | Penjelasan Arti Kata Bahasa Indonesia.

Selain perbedaan makna imbuhan yang melekat. Antara kata bunga dan kembang memiliki perbedaan lain yaitu: perbedaan imbuhan yang sanggup melekat.

IMBUHAN
BUNGA
KEMBANG
ARTI
Ber-
Berbunga
Berkembang
Berbunga: ada bunganya
Berkembang: bertambah
Meng- -kan
-
Mengembangkan
Membuat jadi banyak
di- -kan
-
Dikembangkan
Dibuat jadi banyak
Peng- -an
-
Pengembangan
Proses untuk dikembangkan

Demikian klarifikasi terkena persamaan dan perbedaan kata bungan dan kembang. Semoga bermanfaa!
close