Ucapan Selamat Idulfitri 1438 H | Minal Aidin Wal Faizin Dan Artinya

Ucapan Selamat Idul  fitri  Tahun 2017 Minal Aidin Wal Faizin dan Artinya


Lebaran menjadi momen yang sangat dinanti oleh kebanyakan orang Indonesia. Tidak spesialuntuk orang Indonesia yang muslim, yang beragama selain Islam juga sangat bahagia saat Lebaran tiba. Kegiatan sosial keagamaan dan aktivitas ekonomi berputar dengan sangat cepat. Mulai dari tukang parkir sampai para pengusaha memanfaatkan momen idulfitri. 

Media kovensional dan media elektronik juga dimanfaatkan untuk menyambut idulfitri. Ucapan selamat Lebaran dengan membuatkan bentuk pilihan kata dan media ada di mana-mana. Mulai dari ucapan selamat Lebaran di spanduk-spanduk di pinggir jalan raya. Yang memdiberi ucapan selamat pulang kampung tidak spesialuntuk forum keagamaan. Hampir tiruana produk, instansi baik swasta maupun forum pemerintah, juga perusahaan-perusahaan, bahkan forum agama selain Islam juga mengucapkan selamat Idulfitri.
misal Desain Ucapan Selamat Lebaran yang Sederhana, Sekarang  2017 maka 1438 H.


Adapun wujud ucapan selamat idulfitri yang banyak dipakai yakni sebagai diberikut:
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

SELAMAT LEBARAN

SELAMAT IDUL FITRI

Biasanya, penulisan forum atau instansi yang mengucapkan idulfitri diletakkan di depan, atau sekadar menjadi catatan kaki.

misal penulisan selamat idulfitri dengan nama forum atau instansi yang mengucapkan ada di depan yakni sebagai diberikut:

Keluarga Besar ‘Organisasi Ini’ Mengucapkan
Selamat Idul Fitri

Sementara itu, tak jarang pula ada ucapan selamat hari raya idulfitri yang nama pengucapnya ditulis di belakang. Atau spesialuntuk logo yang forum yang mengucapkan

Penulisan lain biasanya disertai dengan goresan pena 1 Sypertama 1437 H (Tahun Hijriyah yang bertepatan dengan tahun 2016 ini). Penulisan 1 Sypertama dipilih alasannya penentuan hari raya Lebaran ditentukan oleh sidang isbat yang dilakukan pada sehari sebelumnya. Jika ditulis tanggal tahun masehinya, ditakutkan tidak sama dengan penetapan yang dilakukan menurut sidang isbat.


Kata-kata yang juga sering dipakai dalam ucapan selamat idulfitri yakni ‘Mohon Maaf Lahir Batin’. Ada pula kata-kata yang lebih panjang, yaitu adanya kata ‘Minal Aidin Walfaizin’ meskipun sebagian orang tidak mengerti arti susunan kata tersebut. Atau ada pula yang salah memahami kata Minal Aidin Wal Faizin dalam bahasa Indonesia berarti Mohon Maaf Lahir dan Batin. 

Ucapan Minal Aidin Wal Faizin ialah potongan terakhir dari ucapan yang berbunyi lengkap sebagai diberikut: taqabbalallahu minna waminkum waja’alna minal aidina wal faizin. Merupakan ungkapan dalam bahasa Arab. Pada dasarnya itu yakni doa yang diucapkan oleh sesama muslim untuk saudara-saudaranya yang sedang berlebaran atau merayakan hari raya idulfitri.

Adapun doa tersebut bila ditulis dalam bahasa arab yakni sebagai diberikut:
تقبل الله من ومنكم وجعلنا من العائدين والفائزين

Arti Doa Idulfitri:
biar Allah mendapatkan (puasa) kita dan mengakibatkan kita kembali (dalam keadaan suci) dan termasuk orang-orang yang mendapatkan kemenangan. 

Penulisan pola ucapan-ucapan di atas yakni ucapan yang biasa digunakan. Ucapan yang terlalu umum dipakai di hampir tiruana media pengucapan. Baik di sms maupun whatsapp ataupun dipakai sebagai DP BBM. Bedanya, biasanya yang dipakai dalam SMS maupun pesan siar (broadcast) BBM lebih panjang dan di bab tamat didiberi nama pengirim. Misalnya Muntijo, juga ditambah dengan sekeluarga sebelum kata mohon maaf lahir dan batin.

Ucapan-ucapan diberikut ini menjadi alternatif ucapan selamat idulfitri yang sanggup dipakai di spanduk maupun banner ataupun media lain sehingga tidak monoton dan itu-itu saja.

Selamat Lebaran
Mari Pertahankan Semangat Ramadan

BACA JUGA: Arti dan Asal-Usul Kata Lebaran

Selamat Idulfitri
Mari Saling Memdiberi Maaf dari Hati

Biasanya Penulisan SMS dan Pesan Siar (broadcast) juga terlalu monoton. Berikut ini beberapa alternatif penulisan undangan maaf:

Ucapan Lebaran Pertama:

Fajar idulfitri sudah bercahaya
khilaf dan dosa ikut menguap bersama gerahnya
menjadikan kita menjadi suci
bersama maaf dari lubuk hati


Ucapan Lebaran Kedua:
Takbir sudah berkumandang
Ramadan sudah melambaikan selendang
Idulfitri  sudah hadir
Semoga kesalahan hilang
jauh tinggi terbang
bersama maaf dari saudara dan teman bersahabat terakung

Ucapan Lebaran Ketiga:
Ini idulfitri
Ramadan sudah pergi
Diri masih belum suci
Ucapan maaf dari hati
Untuk segala sikap tak terpuji

Atau sanggup saja ucapan lain yang lebih kreatif dibanding ucapan-ucapan di atas. Demikian ulasan terkena ucapan idulfitri yang tidak monoton dan biar menjadi inspirasi.

close