Surat Ketua Ippnu Jember Kepada Pengurus Periodenya Dalam Konfercab Ippnu Jember Ke-18

Surat Ketua IPPNU Jember kepada Pengurus Periodenya dalam Konfercab IPPNU Jember Ke-18

Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kabupaten Jember menyelenggarakan Konferensi Cabang ke-18 di Pondok Pesantren Darul Arifin, Curah Kalong Kecamatan Bangsalsari. Acara berlangsung dua hari, 24-25 Desember 2016. Konferensi Cabang (Konfercab) ialah kegiatan tahunan untuk merumuskan kegiatan besar IPPNU satu periode ke depan (2 tahun) serta menentukan nahkoda baru.

Ketua IPPNU Kabupaten Jember demisioner yang menjabat selama periode 2014-2016 yaitu Ana Wijayanti. Kader IPPNU dari Dusun Karang Templek – Ambulu. Pada periode sebelumnya, 2012-2014, Ana Wijayanti menjabat sebagai Sekretaris PC IPPNU Jember, meskipun dalam pelaksanaanya sering menggantikan tugas ketua dikala itu yang berhalangan untuk melakukan amanat sebagai ketua PC IPPNU Jember.

Secara de jure, Ana Wijayanti menjabat satu kali sebagai ketua, tetapi secara de facto dia menjabat dua kali periode sebagai Ketua PC IPPNU Jember. Perlu diketahui bahwa, ketua demisioner dihentikan dipilih lagi.

Dalam menjalankan amanat sebagai Ketua Pimpinan Cabang IPPNU Jember, aneka macam hambatan yang dialami. Kendala yang paling krusial yaitu kesibukan pengurus. Mulai pengurus yang masih sibuk kuliah, sekolah, kerja, bahkan ada yang berkeluarga dan merawat anak.

melaluiataubersamaini segala keterbatasan tersebut, Ana Wijayanti meminta maaf dan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang sepengurusan yang turut serta memmenolongnya. Proses demisioner yang penuh haru, diwarnai dengan isak tangis sesama pengurus menandai berakhirnya kepengurusan Ana Wijayanti. Dalam proses selanjutnya, lembaga Konferensi Cabang IPPNU Jember menentukan Selly yang berasal dari Kecamatan Wuluhan sebagai nahkoda gres organisasi.

Sebagai ucapan terima kasih dan undangan maaf, Ana Wijayanti menulis surat untuk orang-orang yang sudah memmenolongnya. 

Adapun isi lengkap suratnya yaitu sebagai diberikut:

Assalamualaikum Wr. Wb.

2014 menuju 2016 tidaklah sebentar untuk sebuah kepemimpinan yang sarat dengan usaha demi menegakkan panjipanji NU melalui tugas pelajar. Pun keadaan geografis Kabupaten Jember yang begitu luas dan bermacam-macam terkadang memaksa kita untuk menebalkan sabr dikala kita mengunjungi kegiatan demi kegiatan dari PAC/PKPT/PK/PR yang sudah mengharapkan kita untuk hadir. Terkadang kita juga harus mengesampingkan kepentingan diri sendiri atau kepentingan keluarga spesialuntuk demi kegiatan yang tidak dapat saya membayarnya dengan uang.

Rekanita pengurus PC IPPNU Jember yang saya akungi, sebagai orang yang selama dua tahun didaulat untuk memimpin, saya merasa bahwa saya masih banyak belum sempurnanya. Saya belum dapat memimpin dengan bik. Saya bukan pemimpin yang baik bahkan lebih banyak hal yang perlu dikoeksi dari pribadi aku. Atas tiruana belum sempurnanya akan kesalahan yang pernah saya lakukan pada rekanita seklaian saya mohon maaf sebanyak-banyaknya. Berharap samudra maaf dari rekanita sekalian untuk pemimpin menyerupai aku.

Di simpulan kepengurusan ini, ucapan terima kasih seakan tidak dapat menggantikan jerih payah yang sudah kalian relakan untuk PC kita tercinta. Apresiasi meungkin juga ubkn hal yang sepadan untuk lelah kaliah selama dua tahun ini. Namun saya sellau mendoakan supaya tiruana ini Allah yang membalas. Allah lah sebaik-baikmdiberi jawaban atas tiruana yang pernah kalian korbankan untuk NU, Aswaja dan IPPNU kita tercinta.

Terimakasih rekanita sudah menemani saya selama dua tahun ini. Hanya selembar kain untuk epilog kepala yang dapat saya diberikan sebagai kenang-kenangan untuk kaliah.

Wassalamualaikum Wr. Wb

 -Ana Wijayanti-

Surat tersebut didiberikan kepada seluruh pengurus, bersma dengan kain kerudung. Salah satu pengurus yang menjabat sebagai Sekretaris PC IPPNU Jember di kepengurusan Ana Wijayanti tak tahan membendung pedoman air mata dikala membaca surat itu.

Sekadar catatan, Ana Wijayanti terpilih sebagai Ketua PC IPPNU Jember pada Konferensi Cabang yang dilaksanakan pada September 2016 di kompleks Yayasan IBU (Islam Bustanul Ulum), Pakusari. Akhir periode ditutup dalam Konferensi Cabang pada 25 Desember 2016 di Pondok Pesantren Darul Arifin, Curah Kalong Kecamatan Bangsalsari yang diasuh oleh Gus Aab. Gus Aab yaitu sapaan untuk KH Abdullah Samsul Arifin, Ketua PCNU Jember. Juga dikenal dengan sebutan Ra Abduh.

Semoga amal kegiatan kalian dicatat sebagai ibadah. Juga menghasilkan ilmu yang bermanfaa sesuai dengan slogan Belajar Berjuang Bertakwa. Belajar!


Salam!
close