Om Telolet Om Mendunia, Arti Dan Kajian Bahasanya

Om Telolet Om Mendunia masih menjadi trending topik di google. Saking mendunianya om telolet om merambah tidak spesialuntuk di dunia maya saja melainkan juga memunculkan pandangan gres kreatif dari para tokoh politik, tokoh hiburan, dan tokoh-tokoh musik dunia.


Om Telolet Om diikuti oleh calon gubernur dengan membuat videonya. DJ mancguagara membuat musik berdasarkan suara khas telolet.

Hal yang menimbulkan om telolet om, hal yang sesungguhnya sangat sederhana, menjadi populer diseluruh dunia ialah sebab kesederhanaannya. Ingat video PAP. melaluiataubersamaini bahasa yang sederhana, i have pen, i have an aple. Penaple pen. Sederhana, meskipun tidak paham artinya sebab praktis diikuti, praktis saja disebar luaskan ke seluruh penjuru dunia.


Om telolet om juga begitu. Sederhana. cepatdangampang diikuti, praktis ditiru. Tapi mengena ke alam bawah sadarnya. Juga sesungguhnya dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini klarifikasi Om Telolet Om dari kajian Bahasa

Om Telolet Om!

Pada mulanya ialah ragam bahasa verbal atau percakapan, bukan bahasa tulis. Jika ditulis dengan  kaidah penulisan yang benar adalah:

Om! Telolet, Om!


Merupakan kalimat perintah (lebih tepatnya permintaan). Yaitu undangan dari sekelompok orang (anak) yang lebih kecil daripada sopir bus (maka memanggilnya 'om'). untuk membunyikan klakson yang ibarat 'telolet'.

Om! yang pertama ialah panggilan. Sama saja dengan hai. Kemudian, Telolet, Om! ialah permintaannya. Karena Om telolet om ialah bahasa percakapan ragam lisan, maka banyak kata yang dilesapkan. Jika ditulis dengan baik dan benar dalam ragam tulis maka sanggup ditulis begini:

Om, Bunyikan bel 'telolet'-nya dong, Om!

Itu ialah pengertian Om Telolet Om dari segi kebahasaan. Selanjutnya perlu juga dijelaskan terkena arti kata 'telolet'.

Bagian ini, yaitu serpihan arti kata telolet penting untuk saya tulisakan (penting berdasarkan saya sendiri) dengan beberapa alasan diberikut:

Arti om dan Telolet perlu dijelaskan sebab 1) orang Indonesia masih banyak yang tidak cerdas, sehingga praktis saja dipahami dengan salah setiap gosip yang masuk; 2) ada pula orang Indonesia yang cerdas tapi licik dengan memanfaatkan boomingnya om telolet om dengan menulis artikel yang sesat dan menyesatkan. 3) lebih parah lagi, ada bahayanya orang Indonesia ngeshare gosip sesat tersebut tanpa konfirmasi.

Arti Om

Yang merujuk pada ucapan umat Hindu, Om Suwastiastu. Keduanya, om dalam Om telolet om, dan Om dalam Om swastiastu ialah dua Om yang tidak sama. Om Suwastiastu ialah ucapan dalam agama Hindu. Saya tidak berani menunjukan sebab saya tidak paham artinya. Silahkan cari artin kata om swastiastu dari sumber yang sanggup dipercaya.

Sementara Om dalam Om Telolet Om ialah panggilan dalam ragam cakap untuk menyebut orang laki-laki. Dalam urutan kekerabatan, om ialah saudara pria dari orang bau tanah (ayah atau ibu). Dalam perkembangannya, kata 'om' juga dipakai untuk menyapa orang pria meskipun bukan saudara.

Om bersinonim dengan 'paman'. Di bebarapa wilayah di Sumatera, ada sapaan 'Oom' (Baca: O-om), artinya sama dengan Om. Dalam bahasa Jawa ada istilah Pak Lik, dan Pak Dhe, atau Pak Wo. Artinya sama dengan Om.

Arti Telolet

Jika mencari arti kata telolet, mustahil sanggup diketahui artinya dalam engkaus. Telolet ialah tiruan suara terompet atau klakson kendaraan yang terdiri dari beberapa tangga nada. Sehingga, seolah didengar oleh pendengaran insan ditirukan menjadi telolet.

Peniruan suara 'Telolet' ialah pentuk penyederhanaan dari suara klakson. Jika ditirukan secara presisi maka akan kesusahan. Sama halnya dengan suara bel 'tin-tin', bila diamati juga berbunyi 'din-din' atau juga sanggup berbunyi 'ding-ding'. Sama juga dengan tiruan suara 'tretetet' untuk sebut suara terompet tahun baru. Apa iya bunyinya begitu.

Mari bergegap gempita Om telolet om bersama. Rakyat Indonesia dan seluruh masyarakat dunia. Bahkan DJ-DJ populer dunia juga mengakibatkan suara klakson bus di Indonesia yang sedang naik daun tersebut sebagai latar musiknya.

Tanpa harus mempermasalahkan arti Om telolet om yang dibuat-buat (ingat Pikachu yang katanya dari bahasa Syiriac, padahal jelas-jelas dari bahasa Jepang). Juga Pak Polisi yang bertindak kelewatan dengan merazia bel telolet. Mengapa pegawapemerintah harus mengurangi hiburan rakyat yang murah meriah ini. Ah entahlah!

Mari bertelolet!
close