Arti Kata Cinta | Kata-Kata Cinta, Kalimat Cinta, Dan Segala Hal Perihal Cinta

Kata cinta dalam KBBI ada pada halaman 268. Kamus yang saya baca ialah yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa pada tahun 2008. Kata cinta ada di bawah kata cingur, ada di atas kata cintamani. Di bawah cintamani ada kata cinteng.

Arti cinta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ada empat. Arti cinta yang pertama ialah suka sekali atau akung benar. misal dalam kalimat orang tuaku cinta kepada kami tiruana. Arti cinta yang kedua adalah  kasih sekali atau terpikat (antara laki-laki dan perempuan). misal dalam kalimat sebenarnya ia tidak cinta kepada lelaki itu, tetapi spesialuntuk menginginkan kekayaannya.


Arti cinta yang ketiga ialah ingin sekali; rindu; berharap sekali. misal dalam kalimat makin ditindas makin terasa betapa cintanya akan kemerdekaan. Arti cinta yang  keempat ialah susah hati (khawatir); risau. Ini arti cinta ialah istilah klasik. misal dalam kalimat tiada terperikan lagi cintanya ditinggalkan ayahnya. Bentuk kata dasar cinta adalah berposisi sebagai kelas kata adverbia yaitu kata yang mempersembahkan keterangan pada verba, adjektiva, nomina predikatif, atau kalimat.

Baca Juga: 21 SINONIM DAN PERSAMAAN KATA CINTA

Selain keempat arti cinta di atas, kata cinta juga mempunyai bentuk gabung (frasa). Ada empat frasa kata cinta yang ditulis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat. Masing-masing ialah cinta bebas; cinta kiamat; cinta kilat; dan cinta monyet.

cinta bebas adalah kekerabatan antara laki-laki dan perempuan dalam hal kemesraan tanpa ada ikatan menurut aturan yang berlaku. Baik aturan negara, aturan agama, maupun aturan adatnya.

cinta tamat zaman adalah cinta atau suka, kasih sekali hingga mati.

cinta kilat adalah kekerabatan cinta  (kasih) antara laki-laki dan perempuan yang sangat singkat. Hubungan cinta yang tidak bertahan lama.

cinta monyet ialah (rasa) kasih antara laki-laki  dan perempuan dikala masih kanak-kanak. Oleh sebab itu kekerabatan cinta ini masih main-main dan simpel berubah.

Ada pula frasa kata cinta yang tidak tertulis dalam engkaus tetapi sudah jamak diketahui dan dipakai oleh masyarakat yaitu cinta satu malam. Frasa yang juga dijadikan judul lagu dangdut ini mempunyai makna cinta yang sangat kilat dan didasari atas transaksi semalam saja.

Dalam bagia atas artikel sudah ditulis terkena empat arti cinta dan empat frasa (gabungan kata) yang dibuat dengan kata cinta. Selanjutnya akan dibahas ihwal bentuk turunan dari kata cinta. Turunan kata cinta ini dibuat dari afiksasi dengan me-; me- -i; me- -kan; pe-; ter-; ber-; ber- -kan; per- -an; dan ke- -an.

mencinta adalah bentukan dari me- dan cinta. Kata ini ialah verba (kata kerja) yang mempunyai arti pertama kasih (kepada). Arti yang kedua yang ialah bahasa klasik, mempunyai arti: bersedih hati; selalu mengingat; dan menyesal. Kata mencinta dapat berposisi sebagai verba transitif sanggup juga berposisi sebagai verba intransitif.

mencintai adalah bentukan dari imbuhan (afiks) me- -i dan kata cinta. Mencintai ialah kata kerja (verba) transitif atau membutuhkan objek. Arti kata menyayangi ialah menaruh kasih akung kepada. misal dalam kalimat orang bau tanah itu menyayangi anak-anaknya.

mencintakan ialah bentukan dari imbuhan (afiks) me- -kan dan kata cinta. Mencintakan ialah verba yang artinya merindukan, menginginkan, dan sangat mengharapkan.

pencinta adalah bentukan dari imbuhan (afiks) pe-. Pencinta ialah nomina (kata benda) yang berarti orang yang sangat suka akan sesuatu.

tercinta adalah kata kerja yang berasal dari kata cinta dengan imbuhan ter-. Ter- mempunyai arti sangat. Kelas kata tercinta adalah verba. Arti kata tercinta ialah sangat dicintai (dikasihi, diakungi).

bercinta ialah bentukan dengan penambahan imbuhan ber-. Kata ini ialah verba (kata kerja) yang artinya ada dua. Arti bercinta yang pertama ialah menaruh rasa cinta. misal dalam kalimat, yang muda yang bercinta. berarti yang muda yang mempunyai rasa cinta. Arti bercinta yang kedua ialah bersenggama atau bersetubuh.

bercinta-cintaan ialah kata bentukan dari perulangan kata cinta, cinta-cinta kemudian menerima afiks gabung (pertamaan dan akhiran) ber- -an. Artinya bermain-main cinta atau berpacar-pacaran. misal dalam kalimat, Sekolah yang rajin tidakboleh spesialuntuk bercinta-cintaan di sekolah.

percintaan adalah nomina (kata benda)  mempunyai dua arti. Arti modern dan arti klasik. Arti percintaan yang pertama ialah ihwal saling mengasihi antara laki-laki dan perempuan. misal dalam kalimat percintaan mereka tidak direstui oleh keluarga. Arti klasiknya ialah perasaan sedih (susah atau menyesal).

kecintaan adalah lema terakhir yang ialah kata bentukan dari kata cinta dalam KBBI. Kata kecintaan mempunyai lima arti. Arti kecintaan yang pertama ialah hal yang dicintai atau sama dengan kekasih. Berkedudukan sebagai nomina. misal: Anak ini ialah kecintaan keluarganya. Arti yang kedua kata kecintaan ialah kerinduan. Arti cinta yang ketiga ialah ihwal cinta kasih. Dalam arti yang kedua dan ketiga ini, kata kecintaan juga sebagai nomina.

Arti kecintaan yang keempat dan kelima ialah sama-sama kata klasik (dalam KBBI didiberi instruksi kl). Arti kecintaan yang keempat ialah kesedihan atau kekhawatiran. Kata ini ialah nomina (kata benda). Arti kelima ialah menanggung kesedihan. Dalam arti kelima kecintaan diposisikan sebagai verba (kata kerja).

melaluiataubersamaini sekian banyaj arti cinta. Dalam bahasa Indonesia mutakhir (kekinian) cinta mempunyai makna kasih, contohnya kata jatuh cinta. Di samping itu, sering kali kata cinta digambarkan untuk mengungkapkan nafsu birahi. Seperti pada kata bercinta dan cinta satu malam. Padahal, dalam kata cinta yang dikenal dalam bahasa Indonesia klasik, juga ada makna khawatir dan sedih. Mungkin, cinta memang mempunyai dua sisi. Sisi kasih yang sangat senang diiringi kesedihan dan kekhawatiran, takut kehilangan.

Yang jelas, cinta ialah bahasa universal. Saling menyayangi sesama makhluk ilahi dalam arti positif. Yang terpenting lagi ialah tidakboleh hingga cinta yang ada justru merusak. Jangan pula menyayangi cinta lantas menumbuhkan kebencian kepada yang lain. Mencintai cinta disertai membenci benci. Mencintai tanpa harus membenci setelah tak lagi cinta.



close