Soal ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik beserta kunci jawabanan dan pembahasan soal kami posting untuk Anda selaku Mahasiswa Universitas Terbuka yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada jurusan S1 PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) semester 7. Pada artikel kami sebelumnya kami sudah menyebarkan pada Anda Soal Ujian UT PGSD PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKn SD lengkap dengan kunci jawabanan. Menjadi Mahasiswa di Universitas Terbuka memang diharuskan berguru secara mandiri, hal ini lantaran tutorial atau pertemuan yang spesialuntuk dilakukan beberapa kali dalam satu semester. Dari hal tersebut tentu tak tiruana materi sanggup di pelajari, belum lagi bila Anda mengulang mata kuliah sebelumnya, tentu akan menumpuk mata kuliah yang harus Anda ujiankan. Soal yang kami bagikan pada blog soal uas ut ini ialah hasil dari rangkuman soal-soal pada modul dan materi yang ada. melaluiataubersamaini mempelajari soal menyerupai ini yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya tentu akan megampangkan Anda dalam memahami materi pada modul dan mempersingkat waktu Anda.
Soal UT PGSD yang kami bagikan ini bisa menjadi materi berguru Anda sebelum ujian simpulan semester dimulai. Kami tahu bahwa banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan dan ditambah pertemuan atau tutorial yang spesialuntuk dilakukan beberapa kami dalam satu semester mengharuskan Anda selaku Mahasiswa ekstra dalam mempelajari materi secara mandiri. Oleh lantaran itu tentunya, Anda tak akan sanggup bila harus berguru tiruana mata kuliah dan materi tersebut. melaluiataubersamaini memanfaatkan tes menyerupai ini yang mana sudah dilengkapi oleh kunci jawabanan dan pembahasan soal, memungkinkan Anda bisa mencangkup tiruana materi pada modul Anda.
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 lainnya:
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 yang kami bagikan ini ialah hasil dari rangkuman materi pada modul dan soal-soal. Makara sangat besar kemungkinan bahwa soal yang akan keluar pada waktu ujian simpulan semester nantinya akan sama menyerupai soal yang sedang Anda pelajari, hal ini sudah dibuktikan oleh kawan-kawan Mahasiswa yang lainnya.
A. bayi
B. kanak-kanak pertama
C. kanak-kanak akhir
D. remaja
Jawab:
D. Benar
2. Budi bahagia bermain sendiri, ketika diajak untuk bermain puzzel bersama kawan-kawannya, ia menangis dan marah. Menurut Thomas dan Chess, Budi bertemperamen....
A. gampang
B. lembut
C. susah
D. sedang
Jawab:
C. Benar
3. Memiliki rasa tanggung balasan bagi seorang anak yang terpilih sebagai ketua kelompok kerja di kelasnya, menunjukkan terjadinya perkembangan afektif anak pada tahap ….
A. identitas
B. keakraban
C. generasi diberikut
D. integritas
Jawab:
A. Benar
4. Perilaku yang terlihat pada Yani yang sedang memasuki tahap sensori motor, ialah ....
A. Yani akan menunjuk pada sebuntut ayam yang ada di depannya, ketika ibunya menyampaikan ayam kepadanya
B. Yani berteriak-teriak memanggil ibunya ketika ada tukang es krim lewat
C. Yani selalu menangis apabila didiberikan masakan yang tidak disukainya
D. Yani menangis sambil memukul-mukul tembok, ketika apa yang diinginkan tidak terpenuhi
Jawab:
A. Benar
5. Perkembangan insan terjadi melalui perkembangan dan integrasi sel dan jaenteng yang berbedA. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan itu ….
A. berlangsung terus berkelanjutan
B. mencakup beberapa aspek hal-hal kuantitatif dan kualitatif
C. berlangsung terarah dan teratur
D. bersifat kompleks
Jawab:
C. Benar
6. Perkembangan seorang anak sangat dipengaruhi oleh pengalaman anak dengan lingkungan sekitarnyA. Pendapat di atas dikemukakan oleh seorang psikolog asal Rusia, yaitu ....
A. Jean Piaget
B. Lev V. Gotsky
C. Ivan Pavlov
D. B.F. Skinner
Jawab:
B. Benar
7. Kekurangan nutrisi sanggup menjadikan problem dalam perkembangan kognitif anak dan banyak sekali problem dalam korelasi keluargA. Akibat yang fatal pada anak adalah....
A. anak malas makan dan beraktifitas
B. tidak mempunyai energi untuk merespon perhatian ibunya
C. tidak mengembangkan kemampuan antar pribadi
D. agak pasif dan sangat bergantung pada orang dewasa
Jawab:
B. Benar
8. Pada usia 12 – 13 tahun pertumbuhan fisik perempuan lebih cepat daripada pria, tetapi pada dikala pertumbuhan menjadi matang, laki-laki lebih cepat daripada wanitA. Hal tersebut menunjukkan percepatan pertumbuhan….
A. remaja laki-laki sama dengan remaja wanita
B. ada perbedaan remaja laki-laki dengan wanita
C. tidak menunjukkan keteraturan
D. pada pertama remaja laki-laki lebih cepat
Jawab:
B. Benar
9. Anak-anak SD kadang kala melaksanakan konservasi dan kadang kala tidak melakukannyA. Berarti bawah umur itu sedang mengalami tahap konservasi ….
A. tahap pra operasional
B. tahap operasional
C. tahap operasional konkret
D. tahap transisional
Jawab:
D. Benar
10. Anak yang mengalami gangguan emosional sering menunjukkan tanda-tanda sebagai diberikut kecuali ….
A. mencari mitra berkelompok
B. membutuhkan menolongan orang lain
C. perilakunya menunjukkan anti sosial
D. kadang membutuhkan menolongan psikiater
Jawab:
A. Benar
11. Andi yang berusaha 8 tahun menunjukkan tanda-tanda tidak sanggup serius, kurang pulas, selera makannya kurang, berbuat yang tidak baik di sekolah, dan selalu merasa bersalah. Kondisi Andi dikategorikan menderita ....
A. problem emosional
B. gangguan kecemasan
C. fobia sekolah
D. depresi masa kanak-kanak
Jawab:
D. Benar
12. Seorang siswa sehabis berhasil mengerjakan kiprah kemudian mendapat kebanggaan dari gurunya, selanjutnya ia menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Dari rujukan tersebut maka siswa tersebut ….
A. mendapat hadiah dari gurunya
B. mendapat semangat dari gurunya
C. meningkat motivasi belajarnya
D. meningkat hasil belajarnya
Jawab:
C. Benar
13. Budi suka sekali menirukan cara ayahnya minum kopi. Perilaku Budi tersebut terjadi pada usia ....
A. 2 tahun
B. 3 tahun
C. 4 tahun
D. 5 tahun
Jawab:
B. Benar
14. Guru yang mendorong peserta didik untuk berprestasi, sesungguhnya sedang memmenolong memenuhi kebutuhan anak dalam hal….
A. kasih akung
B. rasa saling memiliki
C. pertumbuhan fisik
D. aktualisasi diri
Jawab:
D. Benar
15. Perbedaan motorik anak laki-laki dan perempuan yang duduk di kelas 4 dan 5 ketika didiberi pendidikan jasmani yang sama adalah, anak perempuan akan lebih menonjol dari anak laki-laki dalam hal....
A. berlaku cepat
B. memanjat
C. meloncat jauh
D. melempar jauh
Jawab:
C. Benar
16. Hormon pertumbuhan yang merangsang pertumbuhan fisik remaja ialah hormon …
A. seksual
B. adrenalin
C. liphase
D. testosteron dan estrogen
Jawab:
D. Benar
17. Di koran dikemukakan bahwa siswa lebih muda sering menjadi bulan-bulanan abang kelasnya, hal ini ialah efek lingkungan sistem ….
A. mikro
B. meso
C. exo
D. makro
Jawab:
A. Benar
18. Upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran untuk menghadapi tingkat kecerdasan siswa yang tidak sama, di antaraya adalah....
A. memperhatikan kondisi sosial anak
B. memanfaatkan banyak sekali macam media pendidikan
C. mengelompokkan anak yang diberintelegensi tinggi
D. mengelompokkan anak yang diberintelegensi rendah
Jawab:
B. Benar
19. Antara remaja laki-laki dengan remaja perempuan mempunyai perbedaan. Remaja laki-laki lebih perhatian terhadap nilai ....
A. kejujuran
B. kesejahterahan
C. sosial
D. kekeluargaan
Jawab:
A. Benar
20. Menurut Cattel dan Horn, kecerdasan yang berkaitan dengan penguasaan kecakapan-kecakapan khusus yang dipelajari disebut dengan ….
A. kecerdasan umum
B. crystalised intelegence
C. fluid intelligence
D. kecerdasan intelektual
Jawab:
B. Benar
21. Siswa yang sungguh-sungguh belajar, mencapai hasil sebaik mungkin, menuntaskan problem yang rumit, dan bekerja lebih baik dari yang lain, ialah kebutuhan ….
A. abasement
B. achievement
C. affiliation
D. exhibition
Jawab:
B. Benar
22. Menurut Schaine, pada tahap aquisitive para remaja sudah menguasai pengetahuan dan keterampilan. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan tersebut oleh para remaja dipakai sebagai ....
A. pengetahuan saja dan disimpan untuk dirinya
B. alat untuk mencapai kemandirian
C. alat untuk memecahkan masalahnya
D. masukana untuk bersosialisasi dengan lingkungannya
Jawab:
A. Benar
23. Menurut Gilingan perkembangan moral seorang perempuan dari adanya kesadaran untuk tidak mau menyakiti orang lain maupun menyakiti dirinya sendiri, kepada prinsip persamaan dengan tahap....
A. kesadaran dan perubahan diri
B. moralitas tidak berbuat kekerasan
C. orientasi terhadap keberadaan diri
D. kebaikan sebagai pengorbanan diri
Jawab:
B. Benar
24. Ada tiga tingkatan perkembangan aspek moral yang dicapai pada usia adolesen, yaitu tahap ....
A. prakonvensional, konvensional, pasca konvensional
B. pemerolehan, penguasaan, dan tanggungjawaban
C. prakonvensi, konvensi, dan pasca konvensi
D. penerimaan, kejujuran, dan keadilan
Jawab:
C. Benar
25. Menurut para hebat psikologi, pakaian dan embel-embel bagi orang sampaumur mempunyai kiprah sebagai, kecuali alat ....
A. identifikasi
B. sosialisasi
C. regresi
D. kompensasi
Jawab:
B. Benar
26. Alfred Adler mempunyai pendapat bahwa perbedaan individu orang sampaumur disebabkan oleh perbedaan ....
A. pendidikan dan pengalaman hidup
B. rasa puas dan tidak puas dalam diri seseorang
C. impian dan hasrat
D. kesadaran pribadi dalam mempertahankan dirinya
Jawab:
C. Benar
27. Ada individu yang sanggup bertindak dengan cepat, ada individu yang bertindak dengan lambat, tetapi ada juga individu yang bertindak dengan biasa-biasa sajA. Hal ini terjadi lantaran adanya perbedaan yang didasarkan pada ....
A. emosinya
B. kepribadiannya
C. intelegensinya
D. kematangannya
Jawab:
C. Benar
28. Sehubungan dengan kiprah perkembangan orang dewasa, maka Pak Hadi dan istrinya seharusnya memperhatikan putri tunggalnya yang bekerjasama dengan... ketika putri tunggalnya sudah menuntaskan kuliahnya dan bekerja
A. rencana anaknya untuk membeli rumah
B. mitra dekat yang akan menjadi suaminya
C. menganjurkan anaknya untuk aktif dengan organisasi sosial
D. pentingnya menabung untuk masa tuanya
Jawab:
B. Benar
29. Seorang Bupati sebelum mengakhiri masa jabatannya membuat patung peringatan di kotanyA. Menurut Maslow hal ini ialah rujukan pemenuhan kebutuhan ….
A. rasa aman
B. sosial
C. harga diri
D. aktualisasi diri
Jawab:
B. Benar
30. Karakteristik dari anak berkelainan fisik sanggup dilihat dari pernyataan di bawah ini, yaitu ....
A. Banyak bawah umur yang bahagia bergaul dengan Rita yang buta matanya semenjak bayi
B. Rita yang lumpuh semenjak lahir kadang menarikdanunik diri dari kegiatan kelas bersama kawan-kawannya
C. Walaupun Rita sering tidak masuk sekolah lantaran sakit, tetapi nilanya tidak terlalu buruk
D. Bu Rita selalu memperhatikan Bona yang menderita buta dan tuli dari kecil
Jawab:
B. Benar
31. Salah satu kesusahan yang dialami oleh anak yang mempunyai kelainan fisik ialah kesusahan berpartisipasi, yang sanggup dilihat pada rujukan diberikut .....
A. Susi sangat lamban dalam merespons informasi yang diterimanya dari luar
B. Dini berbadan besar tidak sanggup mengikuti kegiatan olahraga dengan baik
C. Rudi tidak sanggup mengikuti kegiatan lingkungan yang diadakan oleh kelasnya, lantaran keterbatasan gerak tubuhnya
D. lantaran merasa rendah diri dengan keadaan tubuhnya, maka Rina sering merasa malas untuk belajar
Jawab:
C. Benar
32. Yanti yang menderita celebral palsy semenjak kecil, berdasarkan Denhoff disebabkan oleh ....
A. gangguan saraf
B. ketidakmatangan saraf visual
C. membesarnya tulang kepala
D. kerusakan gangguan otak
Jawab:
D. Benar
33. Susi mempunyai kesusahan dalam memecahkan problem dan memahami konsep-konsep materi pelajaran, serta susah untuk berguru keterampilan akademik. Kondisi Susi ini dikategorikan sebagai ....
A. kebodohan
B. sakit jiwa
C. keterbelakangan mental
D. gangguan emosional
Jawab:
C. Benar
34. Yang termasuk dalam karakteristik anak autis, ialah ....
A. Dina selalu usil terhadap kawannya
B. Anton suka tertawa sendiri
C. Dian sangat susah untuk bersosialisasi terhadap lingkungannya
D. Andi gemar sekali dengan olahraga renang
Jawab:
C. Benar
35. Berdasarkan hierarki sasaran pembelajaran anak autis, yang fundamental untuk dikuasai anak dalam pembelajaran adalah....
A. mengembangkan kemampuan anak memmenolong dirinya untuk bersikap sanggup berdiri diatas kaki sendiri sesuai dengan usia perkembangannya, contohnya membuang air, menggunakan pakaian, dan makan
B. acara dalam masyarakat dan bisa memdiberi bantuan di banyak sekali bidang
C. mengembangkan kemampuan membaca dan berhitung sebagai bekal semoga sanggup bersosialisasi di rumah dan masyarakat
D. memahami perasaan orang lain dan sanggup mengungkapkan apa yang diinginkan dan tidak diinginkannya
Jawab:
A. Benar
36. Banyak siswa kelas IV SD belum sanggup menghitung perkalian yang simpel sesuai kurikulum, hal tersebut tidak perlu terjadi bila guru...
A. memdiberi rujukan soal perkalian dari yang simpel hingga yang susah
B. menggunakan metode mengajar yang simpel dipahami
C. memdiberi kiprah hitungan yang sesuai dengan kemampuannya
D. memdiberi kiprah perkalian dari satu hingga seratus
Jawab:
A. Benar
37. Konsep paling fundamental dalam pendidikan inklusif berdasarkan Johnsen dan Miriam Skojen ada tiga prinsip, kecuali....
A. setiap anak termasuk dalam komunitas setempat dan dalam suatu kelas atau kelompok
B. hari sekolah diatur penuh dengan tugas-tugas pembelajaran kooperatif dengan perbedaan dan fleksibilitas dalam memilih
C. setiap anak akan mencapai kompetensi akademik dan sosial
D. guru bekerja bersama dan mendapat pengetahuan pendidikan umum
Jawab:
C. Benar
38. Tujuan dilakukannya penilaian kemajuan belajar, intinya untuk mengukur....
A. tercapainya tujuan pembelajaran umum dan khusus
B. tingkat keberhasilan berguru siswa
C. perbedaan antara kondisi sebelum dan sehabis pembelajaran
D. keberhasilan guru dalam mempersembahkan pembelajaran
Jawab:
A. Benar
39. Pada orang sampaumur terjadi penurunan kemampuan fisik dan kognitif, karenanya pendidikan yang cocok untuk orang sampaumur adalah....
A. menerapkan metode pemecahan problem yang sesuai dengan permasalahan dewasa
B. menyelenggarakan pendidikan luar sekolah bagi orang
C. menerapkan pembelajaran dengan menemukan sendiri (discovery method)
D. menggunakan alat peraga yang bisa memperkuat kelemahan fisik orang dewasa
Jawab:
D. Benar
40. Penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan prinsip pendidikan sepanjang hayat terdapat pada tingkat pendidikan....
A. SD
B. SLTP
C. SLTA
D. orang dewasa
Jawab:
D. Benar
41. Salah satu unsur yang harus dipertimbangkan dalam menilai peserta didik berkelainan adalah...
A. kemampuan berkomunikasi dengan kawan, guru, dan staf sekolah
B. kemampuan mengaplikasi apa yang sudah dipelajari
C. perubahan-perubahan yang sudah dilakukan khususnya dalam pembelajaran
D. kolaborasi antar pendidik dan peserta didik
Jawab:
B. Benar
42. Alasan perlunya mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik ialah untuk memahami ….
1). percepatan pertumbuhan fisik anak
2). kondisi pertama mempengaruhi perkembangan selanjutnya
3). penerapan nilai kehidupan di sekolah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
43. Menurut Carol Getwichi prinsip dasar perkembangan mencakup beberapa aspek ….
1). ada urutan/hirarki, waktu optimal, bergerak dari sederhana ke kompleks
2). ada urutan, interaksi faktor biologis-lingkungan, kesatuan dan waktu
3). ada interaksi faktor biologis, kesatuan dan sesuai waktu
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
44. Gangguan emosional pada anak sanggup diketahui melalui perilakunya, antara lain …
1). perbuatan yang merugikan orang lain
2). memerlukan menolongan orang lain untuk mengatasi masalahnya
3). takut berkonsultasi dengan psikiater
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
45. Karakteristik pertumbuhan fisik pada siswa sekolah menengah ialah …
1). ciri kelabuin primer
2). pertambahan berat badan
3). pertambahan tinggi badan
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
46. Perkembangan intelektual antara siswa SLTP dan siswa SLTA mempunyai perbedaan. Kemampuan siswa SLTP dalam hal mengoperasikan kaidah budi formal masih terbatas, sedangkan siswa SLTA sudah sanggup berpikir....
1). generalisasi
2). komprehensi
3). mendekati abstrak
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
A. Benar
47. Krisis identitas pada remaja berarti ….
1). kegagalan mengatasi banyak sekali tuntutan secara integratif
2). dikala yang menentukan pembentukan kepribadian seseorang
3). remaja yang tidak berhasil membangun jati dirinya
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
48. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan orang sampaumur ….
1). hereditas dan lingkungan
2). kekuatan fisik dan mental
3). motivasi untuk berkembang
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
C. Benar
49. Perkembangan fisik anak yang berkaitan dengan proposisi, bentuk, dan ukuran tubuh bahwasanya lebih dipengaruhi oleh banyak sekali kondisi, terutama...
1). sosial, ekonomi dan budaya
2). perkembangan aspek kecerdasan, emosional, dan moral
3). efek proses kelahiran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
A. Benar
50. Perbedaan paedagogi dan andragogi terletak pada...
1). konsep diri
2). pengalaman belajar
3). kesiapan berguru dan orientasi belajar
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
Kami berharap dengan adanya soal-soal menyerupai ini bisa atau sanggup megampangkan Anda dalam mempelajari dan memahami tiruana materi pada modul. Agar nantinya bisa mendapat nilai yang memuaskan.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik, semoga soal yang kami bagikan ini bisa mempunyai kegunaan dan bermanfaa untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian simpulan semester nantinya, tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada kawan-kawan Anda lainnya, terima kasih.
Soal UT PGSD yang kami bagikan ini bisa menjadi materi berguru Anda sebelum ujian simpulan semester dimulai. Kami tahu bahwa banyaknya mata kuliah yang akan diujiankan dan ditambah pertemuan atau tutorial yang spesialuntuk dilakukan beberapa kami dalam satu semester mengharuskan Anda selaku Mahasiswa ekstra dalam mempelajari materi secara mandiri. Oleh lantaran itu tentunya, Anda tak akan sanggup bila harus berguru tiruana mata kuliah dan materi tersebut. melaluiataubersamaini memanfaatkan tes menyerupai ini yang mana sudah dilengkapi oleh kunci jawabanan dan pembahasan soal, memungkinkan Anda bisa mencangkup tiruana materi pada modul Anda.
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 lainnya:
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4306 Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan
- Soal Ujian UT PGSD PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKn SD
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik
- Soal Ujian UT PGSD MKDK4005 Profesi Keguruan
- Soal Ujian UT PGSD PEMA4210 Statistika Pendidikan
- Soal Ujian UT PGSD PKNI4317 Hak Asasi Manusia
Soal Ujian UT PGSD Semester 7 yang kami bagikan ini ialah hasil dari rangkuman materi pada modul dan soal-soal. Makara sangat besar kemungkinan bahwa soal yang akan keluar pada waktu ujian simpulan semester nantinya akan sama menyerupai soal yang sedang Anda pelajari, hal ini sudah dibuktikan oleh kawan-kawan Mahasiswa yang lainnya.
Soal Ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik Beserta Kunci Jawaban
Kami memposting lengkap kumpulan soal-soal ujian UT PGSD mulai dari semester 1 hingga dengan semester 10. Tak spesialuntuk soal saja, namun kami juga membagikan rujukan laporan UT dan hal lainnya yang berkaitan dengan Universitas Terbuka. Nah untuk melihat tiruana daftar soal untuk jurusan S1 PGSD silahkan Anda menuju artikel kami Soal Ujian UT PGSD. Berikut ini kami bagikan pada Anda Soal Ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.Soal Ujian UT PGSD MKDK4002
1. Perubahan fisik yang sangat cepat yang disertai dengan pembentukan identitas diri terjadi pada fase ....A. bayi
B. kanak-kanak pertama
C. kanak-kanak akhir
D. remaja
Jawab:
D. Benar
2. Budi bahagia bermain sendiri, ketika diajak untuk bermain puzzel bersama kawan-kawannya, ia menangis dan marah. Menurut Thomas dan Chess, Budi bertemperamen....
A. gampang
B. lembut
C. susah
D. sedang
Jawab:
C. Benar
3. Memiliki rasa tanggung balasan bagi seorang anak yang terpilih sebagai ketua kelompok kerja di kelasnya, menunjukkan terjadinya perkembangan afektif anak pada tahap ….
A. identitas
B. keakraban
C. generasi diberikut
D. integritas
Jawab:
A. Benar
4. Perilaku yang terlihat pada Yani yang sedang memasuki tahap sensori motor, ialah ....
A. Yani akan menunjuk pada sebuntut ayam yang ada di depannya, ketika ibunya menyampaikan ayam kepadanya
B. Yani berteriak-teriak memanggil ibunya ketika ada tukang es krim lewat
C. Yani selalu menangis apabila didiberikan masakan yang tidak disukainya
D. Yani menangis sambil memukul-mukul tembok, ketika apa yang diinginkan tidak terpenuhi
Jawab:
A. Benar
5. Perkembangan insan terjadi melalui perkembangan dan integrasi sel dan jaenteng yang berbedA. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan itu ….
A. berlangsung terus berkelanjutan
B. mencakup beberapa aspek hal-hal kuantitatif dan kualitatif
C. berlangsung terarah dan teratur
D. bersifat kompleks
Jawab:
C. Benar
6. Perkembangan seorang anak sangat dipengaruhi oleh pengalaman anak dengan lingkungan sekitarnyA. Pendapat di atas dikemukakan oleh seorang psikolog asal Rusia, yaitu ....
A. Jean Piaget
B. Lev V. Gotsky
C. Ivan Pavlov
D. B.F. Skinner
Jawab:
B. Benar
7. Kekurangan nutrisi sanggup menjadikan problem dalam perkembangan kognitif anak dan banyak sekali problem dalam korelasi keluargA. Akibat yang fatal pada anak adalah....
A. anak malas makan dan beraktifitas
B. tidak mempunyai energi untuk merespon perhatian ibunya
C. tidak mengembangkan kemampuan antar pribadi
D. agak pasif dan sangat bergantung pada orang dewasa
Jawab:
B. Benar
8. Pada usia 12 – 13 tahun pertumbuhan fisik perempuan lebih cepat daripada pria, tetapi pada dikala pertumbuhan menjadi matang, laki-laki lebih cepat daripada wanitA. Hal tersebut menunjukkan percepatan pertumbuhan….
A. remaja laki-laki sama dengan remaja wanita
B. ada perbedaan remaja laki-laki dengan wanita
C. tidak menunjukkan keteraturan
D. pada pertama remaja laki-laki lebih cepat
Jawab:
B. Benar
9. Anak-anak SD kadang kala melaksanakan konservasi dan kadang kala tidak melakukannyA. Berarti bawah umur itu sedang mengalami tahap konservasi ….
A. tahap pra operasional
B. tahap operasional
C. tahap operasional konkret
D. tahap transisional
Jawab:
D. Benar
10. Anak yang mengalami gangguan emosional sering menunjukkan tanda-tanda sebagai diberikut kecuali ….
A. mencari mitra berkelompok
B. membutuhkan menolongan orang lain
C. perilakunya menunjukkan anti sosial
D. kadang membutuhkan menolongan psikiater
Jawab:
A. Benar
11. Andi yang berusaha 8 tahun menunjukkan tanda-tanda tidak sanggup serius, kurang pulas, selera makannya kurang, berbuat yang tidak baik di sekolah, dan selalu merasa bersalah. Kondisi Andi dikategorikan menderita ....
A. problem emosional
B. gangguan kecemasan
C. fobia sekolah
D. depresi masa kanak-kanak
Jawab:
D. Benar
12. Seorang siswa sehabis berhasil mengerjakan kiprah kemudian mendapat kebanggaan dari gurunya, selanjutnya ia menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Dari rujukan tersebut maka siswa tersebut ….
A. mendapat hadiah dari gurunya
B. mendapat semangat dari gurunya
C. meningkat motivasi belajarnya
D. meningkat hasil belajarnya
Jawab:
C. Benar
13. Budi suka sekali menirukan cara ayahnya minum kopi. Perilaku Budi tersebut terjadi pada usia ....
A. 2 tahun
B. 3 tahun
C. 4 tahun
D. 5 tahun
Jawab:
B. Benar
14. Guru yang mendorong peserta didik untuk berprestasi, sesungguhnya sedang memmenolong memenuhi kebutuhan anak dalam hal….
A. kasih akung
B. rasa saling memiliki
C. pertumbuhan fisik
D. aktualisasi diri
Jawab:
D. Benar
15. Perbedaan motorik anak laki-laki dan perempuan yang duduk di kelas 4 dan 5 ketika didiberi pendidikan jasmani yang sama adalah, anak perempuan akan lebih menonjol dari anak laki-laki dalam hal....
A. berlaku cepat
B. memanjat
C. meloncat jauh
D. melempar jauh
Jawab:
C. Benar
16. Hormon pertumbuhan yang merangsang pertumbuhan fisik remaja ialah hormon …
A. seksual
B. adrenalin
C. liphase
D. testosteron dan estrogen
Jawab:
D. Benar
17. Di koran dikemukakan bahwa siswa lebih muda sering menjadi bulan-bulanan abang kelasnya, hal ini ialah efek lingkungan sistem ….
A. mikro
B. meso
C. exo
D. makro
Jawab:
A. Benar
18. Upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran untuk menghadapi tingkat kecerdasan siswa yang tidak sama, di antaraya adalah....
A. memperhatikan kondisi sosial anak
B. memanfaatkan banyak sekali macam media pendidikan
C. mengelompokkan anak yang diberintelegensi tinggi
D. mengelompokkan anak yang diberintelegensi rendah
Jawab:
B. Benar
19. Antara remaja laki-laki dengan remaja perempuan mempunyai perbedaan. Remaja laki-laki lebih perhatian terhadap nilai ....
A. kejujuran
B. kesejahterahan
C. sosial
D. kekeluargaan
Jawab:
A. Benar
20. Menurut Cattel dan Horn, kecerdasan yang berkaitan dengan penguasaan kecakapan-kecakapan khusus yang dipelajari disebut dengan ….
A. kecerdasan umum
B. crystalised intelegence
C. fluid intelligence
D. kecerdasan intelektual
Jawab:
B. Benar
21. Siswa yang sungguh-sungguh belajar, mencapai hasil sebaik mungkin, menuntaskan problem yang rumit, dan bekerja lebih baik dari yang lain, ialah kebutuhan ….
A. abasement
B. achievement
C. affiliation
D. exhibition
Jawab:
B. Benar
22. Menurut Schaine, pada tahap aquisitive para remaja sudah menguasai pengetahuan dan keterampilan. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan tersebut oleh para remaja dipakai sebagai ....
A. pengetahuan saja dan disimpan untuk dirinya
B. alat untuk mencapai kemandirian
C. alat untuk memecahkan masalahnya
D. masukana untuk bersosialisasi dengan lingkungannya
Jawab:
A. Benar
23. Menurut Gilingan perkembangan moral seorang perempuan dari adanya kesadaran untuk tidak mau menyakiti orang lain maupun menyakiti dirinya sendiri, kepada prinsip persamaan dengan tahap....
A. kesadaran dan perubahan diri
B. moralitas tidak berbuat kekerasan
C. orientasi terhadap keberadaan diri
D. kebaikan sebagai pengorbanan diri
Jawab:
B. Benar
24. Ada tiga tingkatan perkembangan aspek moral yang dicapai pada usia adolesen, yaitu tahap ....
A. prakonvensional, konvensional, pasca konvensional
B. pemerolehan, penguasaan, dan tanggungjawaban
C. prakonvensi, konvensi, dan pasca konvensi
D. penerimaan, kejujuran, dan keadilan
Jawab:
C. Benar
25. Menurut para hebat psikologi, pakaian dan embel-embel bagi orang sampaumur mempunyai kiprah sebagai, kecuali alat ....
A. identifikasi
B. sosialisasi
C. regresi
D. kompensasi
Jawab:
B. Benar
26. Alfred Adler mempunyai pendapat bahwa perbedaan individu orang sampaumur disebabkan oleh perbedaan ....
A. pendidikan dan pengalaman hidup
B. rasa puas dan tidak puas dalam diri seseorang
C. impian dan hasrat
D. kesadaran pribadi dalam mempertahankan dirinya
Jawab:
C. Benar
27. Ada individu yang sanggup bertindak dengan cepat, ada individu yang bertindak dengan lambat, tetapi ada juga individu yang bertindak dengan biasa-biasa sajA. Hal ini terjadi lantaran adanya perbedaan yang didasarkan pada ....
A. emosinya
B. kepribadiannya
C. intelegensinya
D. kematangannya
Jawab:
C. Benar
28. Sehubungan dengan kiprah perkembangan orang dewasa, maka Pak Hadi dan istrinya seharusnya memperhatikan putri tunggalnya yang bekerjasama dengan... ketika putri tunggalnya sudah menuntaskan kuliahnya dan bekerja
A. rencana anaknya untuk membeli rumah
B. mitra dekat yang akan menjadi suaminya
C. menganjurkan anaknya untuk aktif dengan organisasi sosial
D. pentingnya menabung untuk masa tuanya
Jawab:
B. Benar
29. Seorang Bupati sebelum mengakhiri masa jabatannya membuat patung peringatan di kotanyA. Menurut Maslow hal ini ialah rujukan pemenuhan kebutuhan ….
A. rasa aman
B. sosial
C. harga diri
D. aktualisasi diri
Jawab:
B. Benar
30. Karakteristik dari anak berkelainan fisik sanggup dilihat dari pernyataan di bawah ini, yaitu ....
A. Banyak bawah umur yang bahagia bergaul dengan Rita yang buta matanya semenjak bayi
B. Rita yang lumpuh semenjak lahir kadang menarikdanunik diri dari kegiatan kelas bersama kawan-kawannya
C. Walaupun Rita sering tidak masuk sekolah lantaran sakit, tetapi nilanya tidak terlalu buruk
D. Bu Rita selalu memperhatikan Bona yang menderita buta dan tuli dari kecil
Jawab:
B. Benar
31. Salah satu kesusahan yang dialami oleh anak yang mempunyai kelainan fisik ialah kesusahan berpartisipasi, yang sanggup dilihat pada rujukan diberikut .....
A. Susi sangat lamban dalam merespons informasi yang diterimanya dari luar
B. Dini berbadan besar tidak sanggup mengikuti kegiatan olahraga dengan baik
C. Rudi tidak sanggup mengikuti kegiatan lingkungan yang diadakan oleh kelasnya, lantaran keterbatasan gerak tubuhnya
D. lantaran merasa rendah diri dengan keadaan tubuhnya, maka Rina sering merasa malas untuk belajar
Jawab:
C. Benar
32. Yanti yang menderita celebral palsy semenjak kecil, berdasarkan Denhoff disebabkan oleh ....
A. gangguan saraf
B. ketidakmatangan saraf visual
C. membesarnya tulang kepala
D. kerusakan gangguan otak
Jawab:
D. Benar
33. Susi mempunyai kesusahan dalam memecahkan problem dan memahami konsep-konsep materi pelajaran, serta susah untuk berguru keterampilan akademik. Kondisi Susi ini dikategorikan sebagai ....
A. kebodohan
B. sakit jiwa
C. keterbelakangan mental
D. gangguan emosional
Jawab:
C. Benar
34. Yang termasuk dalam karakteristik anak autis, ialah ....
A. Dina selalu usil terhadap kawannya
B. Anton suka tertawa sendiri
C. Dian sangat susah untuk bersosialisasi terhadap lingkungannya
D. Andi gemar sekali dengan olahraga renang
Jawab:
C. Benar
35. Berdasarkan hierarki sasaran pembelajaran anak autis, yang fundamental untuk dikuasai anak dalam pembelajaran adalah....
A. mengembangkan kemampuan anak memmenolong dirinya untuk bersikap sanggup berdiri diatas kaki sendiri sesuai dengan usia perkembangannya, contohnya membuang air, menggunakan pakaian, dan makan
B. acara dalam masyarakat dan bisa memdiberi bantuan di banyak sekali bidang
C. mengembangkan kemampuan membaca dan berhitung sebagai bekal semoga sanggup bersosialisasi di rumah dan masyarakat
D. memahami perasaan orang lain dan sanggup mengungkapkan apa yang diinginkan dan tidak diinginkannya
Jawab:
A. Benar
36. Banyak siswa kelas IV SD belum sanggup menghitung perkalian yang simpel sesuai kurikulum, hal tersebut tidak perlu terjadi bila guru...
A. memdiberi rujukan soal perkalian dari yang simpel hingga yang susah
B. menggunakan metode mengajar yang simpel dipahami
C. memdiberi kiprah hitungan yang sesuai dengan kemampuannya
D. memdiberi kiprah perkalian dari satu hingga seratus
Jawab:
A. Benar
37. Konsep paling fundamental dalam pendidikan inklusif berdasarkan Johnsen dan Miriam Skojen ada tiga prinsip, kecuali....
A. setiap anak termasuk dalam komunitas setempat dan dalam suatu kelas atau kelompok
B. hari sekolah diatur penuh dengan tugas-tugas pembelajaran kooperatif dengan perbedaan dan fleksibilitas dalam memilih
C. setiap anak akan mencapai kompetensi akademik dan sosial
D. guru bekerja bersama dan mendapat pengetahuan pendidikan umum
Jawab:
C. Benar
38. Tujuan dilakukannya penilaian kemajuan belajar, intinya untuk mengukur....
A. tercapainya tujuan pembelajaran umum dan khusus
B. tingkat keberhasilan berguru siswa
C. perbedaan antara kondisi sebelum dan sehabis pembelajaran
D. keberhasilan guru dalam mempersembahkan pembelajaran
Jawab:
A. Benar
39. Pada orang sampaumur terjadi penurunan kemampuan fisik dan kognitif, karenanya pendidikan yang cocok untuk orang sampaumur adalah....
A. menerapkan metode pemecahan problem yang sesuai dengan permasalahan dewasa
B. menyelenggarakan pendidikan luar sekolah bagi orang
C. menerapkan pembelajaran dengan menemukan sendiri (discovery method)
D. menggunakan alat peraga yang bisa memperkuat kelemahan fisik orang dewasa
Jawab:
D. Benar
40. Penyelenggaraan pendidikan yang menerapkan prinsip pendidikan sepanjang hayat terdapat pada tingkat pendidikan....
A. SD
B. SLTP
C. SLTA
D. orang dewasa
Jawab:
D. Benar
41. Salah satu unsur yang harus dipertimbangkan dalam menilai peserta didik berkelainan adalah...
A. kemampuan berkomunikasi dengan kawan, guru, dan staf sekolah
B. kemampuan mengaplikasi apa yang sudah dipelajari
C. perubahan-perubahan yang sudah dilakukan khususnya dalam pembelajaran
D. kolaborasi antar pendidik dan peserta didik
Jawab:
B. Benar
42. Alasan perlunya mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik ialah untuk memahami ….
1). percepatan pertumbuhan fisik anak
2). kondisi pertama mempengaruhi perkembangan selanjutnya
3). penerapan nilai kehidupan di sekolah
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
43. Menurut Carol Getwichi prinsip dasar perkembangan mencakup beberapa aspek ….
1). ada urutan/hirarki, waktu optimal, bergerak dari sederhana ke kompleks
2). ada urutan, interaksi faktor biologis-lingkungan, kesatuan dan waktu
3). ada interaksi faktor biologis, kesatuan dan sesuai waktu
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
44. Gangguan emosional pada anak sanggup diketahui melalui perilakunya, antara lain …
1). perbuatan yang merugikan orang lain
2). memerlukan menolongan orang lain untuk mengatasi masalahnya
3). takut berkonsultasi dengan psikiater
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
45. Karakteristik pertumbuhan fisik pada siswa sekolah menengah ialah …
1). ciri kelabuin primer
2). pertambahan berat badan
3). pertambahan tinggi badan
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
46. Perkembangan intelektual antara siswa SLTP dan siswa SLTA mempunyai perbedaan. Kemampuan siswa SLTP dalam hal mengoperasikan kaidah budi formal masih terbatas, sedangkan siswa SLTA sudah sanggup berpikir....
1). generalisasi
2). komprehensi
3). mendekati abstrak
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
A. Benar
47. Krisis identitas pada remaja berarti ….
1). kegagalan mengatasi banyak sekali tuntutan secara integratif
2). dikala yang menentukan pembentukan kepribadian seseorang
3). remaja yang tidak berhasil membangun jati dirinya
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
B. Benar
48. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan orang sampaumur ….
1). hereditas dan lingkungan
2). kekuatan fisik dan mental
3). motivasi untuk berkembang
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
C. Benar
49. Perkembangan fisik anak yang berkaitan dengan proposisi, bentuk, dan ukuran tubuh bahwasanya lebih dipengaruhi oleh banyak sekali kondisi, terutama...
1). sosial, ekonomi dan budaya
2). perkembangan aspek kecerdasan, emosional, dan moral
3). efek proses kelahiran
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
A. Benar
50. Perbedaan paedagogi dan andragogi terletak pada...
1). konsep diri
2). pengalaman belajar
3). kesiapan berguru dan orientasi belajar
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
D. Benar
Download Soal Ujian UT PGSD MKDK4002
Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa selain artikel, kami juga sudah menyiapkan soal ini dalam bentuk file dokumen PDF yang mana bisa Anda simpan eksklusif dengan cara mendownloadnya. Soal ini tentunya bisa Anda pelajari di rumah untuk mempersiapkan diri Anda dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya. Nah diberikut ini Anda bisa Download MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik lengkap dengan kunci jawabanan dan pembahasan soalnya.Kami berharap dengan adanya soal-soal menyerupai ini bisa atau sanggup megampangkan Anda dalam mempelajari dan memahami tiruana materi pada modul. Agar nantinya bisa mendapat nilai yang memuaskan.
Sekian artikel terkait soal ujian UT PGSD MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik, semoga soal yang kami bagikan ini bisa mempunyai kegunaan dan bermanfaa untuk Anda dalam menghadapi atau mengikuti ujian simpulan semester nantinya, tidakboleh lupa untuk merekomendasikan blog soal uas ut ini pada kawan-kawan Anda lainnya, terima kasih.