Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawabanan kami bagikan untuk Anda Mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) non Pendas yang kini ini sedang menempuh pendidikan pada semester 1. Pada arikel sebelumnya kami sudah menyebarkan lengkap Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4109 Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Akhir Semster tentu sangat perlu Anda lakukan, kalau Anda ingin mendapat nilai yang bagus. melaluiataubersamaini adanya soal menyerupai ini kami harap bisa memmenolong Anda dalam memahami materi yang ada, sehingga Anda lebih siap dalam mengikuti Ujian UT nantinya. Soal yang kami bagikan ini tentu sudah dilengkapi dengan kunci jawabanan dan pembahasannya. Kaprikornus Anda sangat digampangkan sekali, Anda juga bisa mempelajari tiruana soal ini secara online melalui Handphone Anda, lantaran dalam hal ini kami tidak memisahkan antara soal dan kunci jawabanannya.
melaluiataubersamaini adanya Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan dan aneka macam Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang sudah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Tak spesialuntuk soal saja, namun kami juga memposting aneka macam hal lainnya terkait kiprah dari Mahasiswa UT, menyerupai Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan ISIP4130 Pengantar Ilmu Hukum/PTHISoal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4107 Bahasa Inggris I Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4109 Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4111 Pendidikan Kewargguagaraan Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4221 Pendidikan Agama Islam Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4222 Pendidikan Agama Kristen Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4223 Pendidikan Agama Katolik Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4224 Pendidikan Agama Hindu Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4225 Pendidikan Agama Budha Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4226 Pendidikan Agama Khonghucu
Soal Ujian UT yang kami bagikan ini tak kami pisahkan antara soal dan kunci jawabanannya, jadi tentunya Anda sangat praktis sekali dalam mempelajarinya. Anda bisa mempelajari soal ini secara online. Kami juga sudah menyiapkan setiap soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana Anda bisa mendownload soal ini pada simpulan artikel.
melaluiataubersamaini adanya Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan dan aneka macam Soal UT untuk jurusan lainnya baik Pendas maupun Non Pendas yang sudah kami sajikan pada blog ini, tentu Anda akan lebih digampangkan dalam mempelajari isi materi pada modul. Tak spesialuntuk soal saja, namun kami juga memposting aneka macam hal lainnya terkait kiprah dari Mahasiswa UT, menyerupai Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan ISIP4130 Pengantar Ilmu Hukum/PTHI
Soal Ujian UT yang kami bagikan ini tak kami pisahkan antara soal dan kunci jawabanannya, jadi tentunya Anda sangat praktis sekali dalam mempelajarinya. Anda bisa mempelajari soal ini secara online. Kami juga sudah menyiapkan setiap soal dalam bentuk dokumen PDF yang mana Anda bisa mendownload soal ini pada simpulan artikel.
Soal Ujian UT. Soal yang kami bagikan untuk jurusan Ilmu Pemerintahan ini tentunya lengkap, mulai dari semester 1 hingga dengan semester 8, untuk melihat daftar lengkap soalnya, Anda bisa menuju artikel kami Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
A. ialah bahasa para raja
B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara
C. mempunyai fonem lebih banyak dibandingkan dengan bahasa lain
D. mempunyai sifat bersahaja
Jawab:
B. Benar, Bahasa Melayu pada dikala itu sudah dikenal dan dipakai oleh aneka macam lapisan di banyak wilayah di Nusantara.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
2. Butir pertama sumpah cowok berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .
A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
B. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.
C. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Jawab:
D. Benar, Khusus untuk bahasa Indonesia kata mengaku dipertinggi menjadi menjunjung.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
3. Bangsa Indonesia seharusnya mempunyai pujian dalam memakai bahasa IndonesiA. Dalam hal ini bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .
A. lambang pujian nasional
B. lambang identitas nasional
C. alat pemersatu aneka macam suku bangsa
D. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
Jawab:
A. Benar, Lambang pujian nasional bermakna bangsa Indonesia selalu gembira akan bahasa nasional “Bahasa Indonesia”.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
4. misal penerapan kata yang benar dan berkaitan dengan pengetahuan agama yakni ... .
A. Ka’bah yakni bangunan berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.
B. Kaabah yakni bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.
C. Kabah yakni bangunan yang dikelilingi umat Islam ketika melaksanakan tawaf.
D. Kakbah yakni kiblat umat Islam ketika melaksanakan salat, bukan bangunan yang disembah.
Jawab:
D. Benar, Kakbah kata baku, terdapat dalam engkaus.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 2
5. Pernyataan yang menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa yakni ujar atau verbal yakni ... .
A. ragam bahasa terdiri atas ragam verbal dan ragam tulis
B. komunikasi sudah terjadi semenjak insan pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
C. orang lebih banyak memakai bahasa verbal ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis
D. bahasa tulis spesialuntuk sanggup dipakai oleh orang-orang terpelajar
Jawab:
B. Benar, Komunikasi sudah dilakukan insan semenjak Adam lahir dengan memakai bahasa lisan. Bahasa tulis muncul berjuta tahun kemudian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.
6. Sebagai alat komunikasi, bahasa gres dikatakan efektif kalau dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti bahwa bahasa yakni ... .
A. ujaran
B. tulisan
C. mempunyai makna
D. mempunyai fungsi
Jawab:
C. Benar, Hal yang dipahami oleh pelaku komunikasi yakni makna-makna yang diujarkan (bahasa).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
7. Sondang yang berasal dari Batak belum sanggup melafalkan fonem /e/ menjadi /?/, kata apel selalu dilafalkan [apel). Hal ini menawarkan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. dinamis
B. variatif.
C. konvensional
D. arbitrer
Jawab:
B. Benar, Variatif yakni sifat bahasa dengan aneka macam variasinya menyerupai dialek dan ideolek.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.
8. Mengapa binatang kecil yang hidup bergerombol di lubang disebut tiruant bukan nyamuk atau gajah? Hal ini menawarkan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. variatif
B. dinamis
C. manusiawi
B. dinamis
Jawab:
C. Benar. Manusia sebagai sifat bahasa bermakna bahwa spesialuntuk insan yang mempunyai piranti berbahasa dalam tubuhnya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
9. Menyimak dan membaca ialah keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini yakni keterampilan yang berupa aktivitas ... .
A. menerapkan sebuah pengetahuan
B. memahami pesan atau gagasan
C. memberikan pesan atau gagasan
D. mengolah pengetahuan dengan metode tertentu
Jawab:
B. Benar, Reseptif dalam keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
10. Menyimak yang dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan yakni aktivitas ... .
A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
B. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
C. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
D. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
Jawab:
A. Benar, Menyimak yakni aktivitas memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.
11. Ilustrasi ini menawarkan adanya korelasi antara keterampilan menulis dengan membaca.
A. Amin sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada agenda pembukaan yayasan TPA As-Salam.
B. Rakhmat sedang membaca buku yang meliputi wacana falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya besok pagi.
C. Ridwan sedang menuntaskan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang awut-awutan di meja kerjanya.
D. Erni mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
Jawab:
C. Benar, Penjelasan tersebut menggambarkan adanya korelasi antara keterampilan menulis dan membaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.
12. Faktor intelegensi sangat kuat terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini disebabkan oleh ... .
A. menyimak sebagai suatu keterampilan
B. menyimak ialah suatu aktivitas yang susah
C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh seorang penyimak
D. menyimak yakni aktivitas yang dilakukan oleh para pelajar
Jawab:
C. Benar, Penyimak harus arif memaknai setiap unsur bahasa yang diucapkan pembicara, itu sebabnya kemampuan menyimak seseorang terkait dengan tingkat intelegensinya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.
13. Faktor kemampuan menarikdanunik kesimpulan sangat kuat terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang mempunyai kemampuan menyimak yang baik akan ... .
A. mempersembahkan kesimpulan yang salah pada simpulan aktivitas menyimak
B. membuktikan isi simakan yang tidak sama dengan materi simakan
C. mempersembahkan kesimpulan sesuai dengan materi yang disimaknya
D. menulis rangkuman yang tidak sesuai dengan materi simakan
Jawab:
C. Benar, Sesuai dengan klarifikasi rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada modul tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.
14. Kakak mitra Pak Gatot dari Jember/ gres hadir/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik kepada kakaknya dengan intonasi yang salah. Intonasi yang sempurna yakni ... .
A. Kakak/ mitra Pak Gatot dari Jember baru/ hadir tadi pagi.
B. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember gres hadir/ tadi pagi.
C. alat pemersatu aneka macam suku bangsa
D. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember/ gres hadir tadi pagi.
Jawab:
C. Benar, Yang gres hadir tadi pagi yakni mitra Pak Gatot dari Jember.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan mencar ilmu 1.
15. Bonar sedang mencuci motor, ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar yakni menyimak ... .
A. estetis
B. kritis
C. kreatif
D. sekunder
Jawab:
D. Benar, Menyimak sekunder yakni aktivitas menyimak yang dilakukan bersamaan dengan mengerjakan pekerjaan lain.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 3, Kegiatan mencar ilmu 2.
16. Para siswa dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis aktivitas menyimak yang dilakukan para siswa yakni menyimak ... .
A. interaktif
B. pasif
C. estetis
D. konsentratif
Jawab:
D. Benar, Menyimak pembacaan sebuah petunjuk termasuk jenis menyimak konsentratif, lantaran memerlukan daya serius yang memadai.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 2.
17. Membaca ialah suatu proses merekonstruksi maknA. Artinya membaca yakni aktivitas ... .
A. mengubah lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi
B. mengubah kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang sanggup dipahami
C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
D. membuktikan informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
Jawab:
C. Benar, Proses merekonstruksi makna dalam membaca yakni menangkap informasi yang disampaikan penulis dengan tepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
18. Beberapa kemampuan mikro yang harus dimiliki seorang pembaca intensif yakni sebagai diberikut, kecuali... .
A. mengenali lambang-lambang tulis
B. memahami makna tersirat
C. memahami kata-kata susah
D. memahami informasi tersurat
Jawab:
B. Benar, Memahami makna tersirat tidak termasuk kemampuan mikro dalam membaca intensif.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1
19. Pengertian pemahaman literal dalam aktivitas membaca yakni kemampuan pembaca dalam memahami ... .
A. makna kata yang dipakai penulis
B. makna kata-kata susah yang terdapat dalam bacaan
C. makna atau pesan secara tersurat
D. makna di balik pesan yang terdapat di dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Pemahaman literal yakni kemampuan memahami makna tersurat yang terkandung dalam bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan mencar ilmu 1.
20. Untuk memperoleh informasi dari karya-karya ilmiah pendek metode CATU sempurna untuk digunakan, yaitu dengan cara ... .
A. catat dan tulis kembali
B. catat, tulis-kembali, dan uji
C. catat, tanya, dan ulang
D. catat atau tuliskan
Jawab:
B. Benar, Teknik CATU dilakukan dengan cara catat, tulis-kembali, dan uji (informasi yang diperoleh).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
21. Salah satu karakteristik membaca ekstensif berkaitan dengan pembaca, yakni ... .
A. materi bacaan sesuai dengan minat atau keperluan pembaca
B. cakupannya lebih luas, lebih banyak, dan lebih variatif
C. kegiatannya bersifat individual
D. waktu membaca tidak mengikat
Jawab:
A. Benar, Pernyataan tersebut ialah karakteristik yang berkaitan dengan pembaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
22. Tujuan membaca cepat dengan metode skimming yakni ... .
A. mengisi waktu luang
B. memahami isi bacaan secara mendalam
C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan
D. menghayati isi bacaan biar sanggup menceritakan isinya dengan baik
Jawab:
C. Benar, Teknik skimming dipakai dengan tujuan mencari suatu informasi tertentu dengan cara yang cepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1
23. Karakteristik karya ilmiah terkenal yakni ... .
A. bentuknya lebih kecil dari karya ilmiah murni
B. isinya lebih sederhana dibandingkan karya ilmiah murni
C. bahasanya lebih enteng, praktis dimengerti, dan yummy dibaca
D. ilustrasinya lebih banyak sehingga maksudnya menjadi lebih jelas
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
24. Tesis yakni sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang ... .
A. calon mahasiswa
B. mahasiswa agenda S1
C. mahasiswa agenda S2
D. mahasiswa agenda S3
Jawab:
C. Benar, Seorang mahasiswa agenda S1 diwajibkan menyusun tesis untuk memperoleh ijazah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
25. misal karya ilmiah terkenal berbentuk deskriptif- ekspositoris yakni ... .
A. sejarah berdirinya Candi Borobudur
B. hasil penelitian wacana ragam bahasa Betawi
C. jenis-jenis ikan hias lokal
D. kisah 26 Desember 2004
Jawab:
A. Benar, Tulisan yang meliputi hal tersebut akan mengupas secara mendalam wacana kapan, mengapa, bagaimana Candi Borobudur berdiri (ekspositoris).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
26. Kemampuan tertinggi yang dimiliki pembaca dengan pemahaman literal yakni ... .
A. menghubungkan simbol-simbol bahasa menjadi kata yang bermakna
B. merekonstruksi makna-makna menjadi suatu informasi yang utuh
C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam bacaan
D. menangkap makna di balik informasi yang dituangkan dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Kemampuan tersebut ialah kemampuan tertinggi yang dimiliki seorang pembaca (pemahaman literal).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
27. Seorang pembaca yang mempunyai tingkat pemahaman interpretatif bisa ... .
A. menangkap makna kata-kata
B. menangkap makna tersurat
C. menangkap makna tersirat
D. menilai isi bacaan
Jawab:
C. Benar, Menangkap makna tersirat dimiliki oleh pembaca yang berada pada tingkat pemahaman interpretatif.
Pembahasan:
Anda dapt melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan mencar ilmu 1.
28. ”Tsunami yang menimpa Aceh terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca wacana tersebut akan ... .
A. menangkap informasi tersebut apa adanya
B. menangkap makna di balik insiden yang terdapat dalam bacaan tersebut
C. membuat dongeng atau puisi menurut bacaan tersebut
D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu
Jawab:
D. Benar, Pembaca kritis akan memperbaiki fakta yang tertulis dalam bacaan (tanggal yang benar yakni 26 bukan tanggal 25).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
29. Sesudah membaca bacaan yang meliputi tingkah laris seujung binatang yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi wacana kebemasukan Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman ... .
A. literal
B. interpretatif
C. kritis
D. kreatif
Jawab:
D. Benar, Tingkat pemahaman kreatif bisa mencipta karya gres menurut isi bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
30. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian yakni Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut sudah melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas yakni ... .
A. kehidupan Paul Nipkow
B. penemu televisi elektris
C. stasiun televisi di Jerman
D. teknologi pertelevisian
Jawab:
B. Benar, Kata kunci wacana tersebut yakni teknologi pertelevisian, Paul Nipkow, dan electrische teleskop.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan mencar ilmu 1.
31. Rina membaca sebuah wacana yang terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawaban dengan benar 7 dari 10 pertanyaan bacaan yang diajukan. melaluiataubersamaini demikian, dikatakan Sella mempunyai kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .
A. 240 KPM
B. 260 KPM
C. 280 KPM
D. 300 KPM
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rumus mencari KEM yang terdapat pada modul 5.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
32. Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya sebuah goresan pena yakni menilai organisasi goresan pena yaitu ... .
A. penlampauan, isi, dan penutup
B. pilihan kata, penyusunan kalimat, dan penyusunan paragraf
C. daftar isi, kata pengantar, dan isi
D. daftar isi, isi, dan daftar pustaka
Jawab:
A. Benar, Organisasi dasar sebuah goresan pena meliputi kepingan penlampauan, isi, dan penutup.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 2
33. melaluiataubersamaini berbicara seseorang sanggup menyatakan perasaan dan pikirannyA. Pernyataan ini membuktikan bahwa berbicara ialah aktivitas ... .
A. yang dilakukan secara secara lisan
B. mengekspresikan diri
C. yang bersifat produktif
D. berbahasa yang unik
Jawab:
B. Benar, Melihat pernyataan tersebut maka dalam hal ini berbicara diartikan sebagai aktivitas mengekspresikan diri.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.
34. Salah satu pola konteks fisik yang kuat terhadap aktivitas berbicara nonformal yakni ... .
A. akseptor komunikasi
B. emosi para pelaku komunikasi
C. karakteristik budaya
D. malam hari
Jawab:
A. Benar, Konteks fisik berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan fisik menyerupai iklim, cuaca, suhu udara, bentuk ruangan, warna dinding, penataan tempat duduk, dan jumlah akseptor komunikasi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.
35. Para jagoan nasional yang ... di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahiD. Kata yang sempurna untuk mengisi kepingan yang kosong pada kalimat tersebut yakni ... .
A. gugur
B. meninggal
C. wafat
D. mati
Jawab:
A. Benar, Kata yang sempurna untuk para jagoan yang sudah mengorbankan nyawanya yakni ‘gugur’.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
36. Pandangan mata sebagai faktor nonkebahasaan sangat penting dalam aktivitas berbicara formal, lantaran ... .
A. sanggup memmenolong pendengar dalam memahami apa yang dibicarakan
B. menumbuhkan korelasi psikologis antara pembicara dengan pendengar
C. sanggup mengundang perhatian pendengar sehingga menjadi lebih serius
D. akan membangun penampilan dan percaya diri pembicara
Jawab:
B. Benar, Pandangan mata sanggup menumbuhkan korelasi psikologi atau kontak antara pembicara dan pendengar.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
37. Hal yang pertama dan sangat penting, harus dilakukan seorang pembicara yakni ... .
A. membuat persiapan
B. mencari referensi
C. latihan
D. membuat simpulan
Jawab:
A. Benar, Tanpa persiapan yang baik, seorang pembicara tidak akan memperoleh hasil yang baik.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
38. Isi kepingan pembuka sebuah goresan pena yang baik yakni ... .
A. pengantar menuju inti duduk kasus yang hendak disajikannya pada kepingan isi
B. pengalaman hidup si penulis
C. paparan pokok-pokok inti tulisan
D. simpulan, keinginan-keinginan, atau harapan-harapan yang ingin dicapai
Jawab:
A. Benar, Bagian pembuka sebuah goresan pena yang baik akan meliputi pengantar wacana apap yang akan dituangkan di dalam kepingan isi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, aktivitas mencar ilmu 1.
39. Satu dari beberapa syarat kalimat efektif yakni mempunyai bentuk yang sejajar, misalnya yakni ... .
A. Dia mencar ilmu dengan sungguh-sungguh biar memperoleh nilai yang baik.
B. Dia sangat tidak suka dengan orang yang memmembuang sampah tidak pada tempatnya.
C. Dia yang mencari uang, membeli materi makanan, memasak, dan menyajikan masakan tersebut untuk keluarganya.
D. Dia orang yang tidak pernah mengeluh, apapun kasus yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.
Jawab:
C. Benar, Kalimat tersebut pola kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran/paralel (perhatikan penerapan kata berpertamaan/kata kerjanya).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan wacana hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 1.
40. Sebuah goresan pena dikatakan baik kalau kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan membuat pembaca menjadi resah dan sanggup menjadikan salah penafsiran, menyerupai pola diberikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas yakni ... .
A. narasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. persuasi
Jawab:
B. Benar, Paragraf tersebut pendapat dan alasan, tidak menceritakan sebuah insiden atau kejadian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
41. Unsur-unsur bahasa diberikut ini terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .
A. repetisi atau pengulangan kata kunci
B. kata ganti (orang, tunjuk)
C. tiruana kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya
D. kata transisi dan paralelisme
Jawab:
C. Benar, Terkaitnya satu kalimat dengan kalimat yang lain ialah ciri kesatuan sebuah paragraf (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
42. Predikat yakni kepingan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek yakni kepingan kalimat yang bertindak sebagai pelaku. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini disebabkan oleh adanya kalimat ... .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ketiga
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua menyimpang dari kalimat topik/inti yang berbicara wacana predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2
43. Predikat yakni kepingan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Ia juga senantiasa diikuti oleh objek. Teknik yang dipakai dalam mengembangkan paragraf di atas yakni … .
A. secara alamiah
B. titikpuncak
C. perbandingan
D. alasannya yakni akibat
Jawab:
A. Benar, Paragraf tersebut dikembangkan dengan memakai metode alamiah; mengikuti susunan logis objek yang ditulis yakni predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
44. Indonesia ialah satu-satunya negara paling guah di duniA. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak sanggup diukur oleh garpu talA. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat sikap bangsa ini yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran, merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut agama yang baik, tetapi bahagia sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu, rotan, dan tumbuhan obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang kelaparan. Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf tersebut yakni pengembangan ... .
A. analogi
B. contoh-contoh
C. perbandingan
D. alasannya yakni akibat
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua dan seterusnya ialah klarifikasi berupa contoh-contoh wacana keguahan yang ada di Indonesia.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
45. Bogor dikenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi pegunungan dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun. Keadaan alam inilah yang sering kali bisa menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf di atas yakni pengembangan ... .
A. deduktif
B. induktif
C. titikpuncak
D. antititikpuncak
Jawab:
A. Benar, Kalimat pertama meliputi pengetahuan yang bersifat umum, sedangkan kalimat-kalimat diberikutnya bersifat khusus sebagai penjelas.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
46. Membaca yakni aktivitas yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini dilakukan untuk ... .
A. mengenali pengarang secara lebih dalam
B. memilah-milah kepingan inti dan bukan inti
C. mengetahui tujuan penulis, pokok kasus atau tema tulisan
D. gaya yang dipakai penulis dalam tulisannya
Jawab:
C. Benar, Pada tahap/kegiatan membaca buku yang akan diringkas, peringkas harus memperhatikan tujuan penulis dan kasus yang diungkap dalam buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
47. Abstrak yakni ringkasan sebuah karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai diberikut, kecuali ... .
A. disajikan dalam bentuk paparan informatif
B. bahasa yang dipakai lugas, singkat, padat, dan jelas
C. sekurang-kurangnya meliputi masalah, tujuan, kesimpulan dan masukan
D. riwayat hidup penulis
Jawab:
D. Benar, Abstrak tidak memerlukan riwayat hidup penulis (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 1.
48. Resensi sanggup diartikan sebagai ... .
A. goresan pena dalam bentuk buku
B. goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku
C. lukisan/gambar yang dipakai sebagai gambaran sebuah buku
D. lukisan/gambar yang dipakai sebagai sampul depan sebuah buku
Jawab:
B. Benar, Resensi yakni goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku atau ada juga yang menyebut timbangan buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat Pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
49. Resensi biasanya disusun dengan memakai pola sebagai diberikut ... .
A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
B. perwajahan, judul, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
C. pembukaan, judul, perwajahan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
D. identitas peresensi, judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup
Jawab:
A. Benar, Sistematika penulisan resensi pada umumnya memakai pola tersebut.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
50. Teknik cutting and glueing dalam pembuatan resensi yakni … .
A. memotong-motong bagian-bagian buku yang sedang diresensi
B. memotong bagian-bagian penting dan menarikdanunik dari isi buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya
C. mengambil kepingan penting isi buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama
D. mengambil kepingan yang sangat penting dalam buku yang sedang diresensi
Jawab:
B. Benar, Bagian-bagian buku yang dipotong yakni kepingan yang penting dan menarikdanunik, kemudian direkatkan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2
51. Penulisan resensi yang berserius pada kepingan yang sangat penting atau sangat menarikdanunik yakni penulisan yang memakai metode ... .
A. cutting and glueing
B. comparing
C. focusing.
D. scanning
Jawab:
C. Benar, Teknik untuk aktivitas menyerupai itu disebut metode comparing.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
52. Pengertian kerangka karangan dalam proses menulis yakni ... .
A. bahan-bahan yang akan dipakai di dalam aktivitas menulis
B. alat-alat yang akan dipakai di dalam aktivitas menulis
C. rencana atau rancangan yang meliputi topik dan subtopik yang disusun secara sistematis
D. pandangan gres atau gagasan yang akan dikembangkan menjadi sebuah kasus yang akan ditulis
Jawab:
C. Benar, Kerangka karang ialah rencana berupa taktik dalam menuangkan gagasan berupa tulisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada Modul 9, Kegiatan Belajar 1.
53. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990). Penulisan daftar pustaka tersebut tidak tepat, yang sempurna yakni … .
A. M., Akhmadi. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
B. M., Akhmadi. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
C. Akhmadi, M. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
D. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
Jawab:
D. Benar, Perhatikan tiruana rambu (A, B, dan C)
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.
54 ... Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”. Jika ini sebuah kutipan langsung, maka terdapat beberapa kesalahan, seharusnya yakni ... .
A. Lis beropini bahwa, “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
B. Lis beropini (2000: 14) ; “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
C. Lis beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
D. Lis (2000: 14) beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
Jawab:
D. Benar, Terdapat nama tokoh, tahun terbit, tanda kutip disusun sesuai kaidah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.
Kami berharap dengan adanya soal-soal ini sanggup memmenolong Anda dalam memahami materi yang ada pada modul. melaluiataubersamaini demikian Anda akan lebih siap dalam menghadapi Ujian Akhir Semester nantinya. Tak jarang soal yang keluar pada waktu ujian akan sama persis dengan soal yang sudah Anda pelajari. Kaprikornus Anda sangat termenolong sekali, spesialuntuk dengan mengingat soal dan jawabanan Anda akan lebih praktis menjawaban soal nantinya, kalau sewaktu soal yang keluar sama persis.
Jika Anda mengalami kasus atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh ragu untuk mengubungi kami melalui laman Contact. Sertakan email aktif Anda, biar kami bisa membalas pertanyaan Anda. Jangan lupa untuk merekomendasikan blog kami pada mitra Anda yang lainnya. Dan juga silahkan bagikan artikel kami ke sosial media dengan cara klik tombol share dibawah. Sekian artikel kami terkait Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia, semoga bermanfaa untuk Anda, terima kasih.
Nah diberikut ini soal lengkap dari mata kuliah MKDU4110 Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawabanan serta pembahasan soalnya yang bisa Anda pelajari untuk persiapan dalam mengikuti ujian simpulan semester nantinya.
Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110
1. Alasan bahasa Melayu menjadi dasar lahirnya bahasa Indonesia yakni ... .A. ialah bahasa para raja
B. sudah dikenal di banyak wilayah Nusantara
C. mempunyai fonem lebih banyak dibandingkan dengan bahasa lain
D. mempunyai sifat bersahaja
Jawab:
B. Benar, Bahasa Melayu pada dikala itu sudah dikenal dan dipakai oleh aneka macam lapisan di banyak wilayah di Nusantara.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
2. Butir pertama sumpah cowok berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.” Butir ketiga berbunyi ... .
A. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
B. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bernegara yang satu, negara Indonesia.
C. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa yang satu, bahasa Indonesia.
D. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Jawab:
D. Benar, Khusus untuk bahasa Indonesia kata mengaku dipertinggi menjadi menjunjung.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
3. Bangsa Indonesia seharusnya mempunyai pujian dalam memakai bahasa IndonesiA. Dalam hal ini bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dengan fungsi sebagai ... .
A. lambang pujian nasional
B. lambang identitas nasional
C. alat pemersatu aneka macam suku bangsa
D. alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya
Jawab:
A. Benar, Lambang pujian nasional bermakna bangsa Indonesia selalu gembira akan bahasa nasional “Bahasa Indonesia”.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 1, Kegiatan Belajar 1
4. misal penerapan kata yang benar dan berkaitan dengan pengetahuan agama yakni ... .
A. Ka’bah yakni bangunan berbentuk kubus yang berada di Masjidilharam di Mekah.
B. Kaabah yakni bangunan suci yang terletak di dalam Masjidilharam di Mekah.
C. Kabah yakni bangunan yang dikelilingi umat Islam ketika melaksanakan tawaf.
D. Kakbah yakni kiblat umat Islam ketika melaksanakan salat, bukan bangunan yang disembah.
Jawab:
D. Benar, Kakbah kata baku, terdapat dalam engkaus.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 1, Kegiatan Belajar 2
5. Pernyataan yang menyatakan bahwa pada hakikatnya bahasa yakni ujar atau verbal yakni ... .
A. ragam bahasa terdiri atas ragam verbal dan ragam tulis
B. komunikasi sudah terjadi semenjak insan pertama ada ketika itu belum ada bahasa tulis
C. orang lebih banyak memakai bahasa verbal ketika berkomunikasi dibandingkan dengan bahasa tulis
D. bahasa tulis spesialuntuk sanggup dipakai oleh orang-orang terpelajar
Jawab:
B. Benar, Komunikasi sudah dilakukan insan semenjak Adam lahir dengan memakai bahasa lisan. Bahasa tulis muncul berjuta tahun kemudian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.
6. Sebagai alat komunikasi, bahasa gres dikatakan efektif kalau dipahami oleh pelaku komunikasi. Hal ini berarti bahwa bahasa yakni ... .
A. ujaran
B. tulisan
C. mempunyai makna
D. mempunyai fungsi
Jawab:
C. Benar, Hal yang dipahami oleh pelaku komunikasi yakni makna-makna yang diujarkan (bahasa).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
7. Sondang yang berasal dari Batak belum sanggup melafalkan fonem /e/ menjadi /?/, kata apel selalu dilafalkan [apel). Hal ini menawarkan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. dinamis
B. variatif.
C. konvensional
D. arbitrer
Jawab:
B. Benar, Variatif yakni sifat bahasa dengan aneka macam variasinya menyerupai dialek dan ideolek.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1.
8. Mengapa binatang kecil yang hidup bergerombol di lubang disebut tiruant bukan nyamuk atau gajah? Hal ini menawarkan bahwa bahasa mempunyai sifat ... .
A. variatif
B. dinamis
C. manusiawi
B. dinamis
Jawab:
C. Benar. Manusia sebagai sifat bahasa bermakna bahwa spesialuntuk insan yang mempunyai piranti berbahasa dalam tubuhnya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
9. Menyimak dan membaca ialah keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Arti reseptif di sini yakni keterampilan yang berupa aktivitas ... .
A. menerapkan sebuah pengetahuan
B. memahami pesan atau gagasan
C. memberikan pesan atau gagasan
D. mengolah pengetahuan dengan metode tertentu
Jawab:
B. Benar, Reseptif dalam keterampilan berbahasa bermakna memahami pesan atau gagasan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 1
10. Menyimak yang dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia sering disebut mendengarkan yakni aktivitas ... .
A. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
B. memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
C. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan
D. memberikan pesan atau gagasan yang disampaikan secara tertulis
Jawab:
A. Benar, Menyimak yakni aktivitas memahami pesan atau gagasan yang disampaikan secara lisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.
11. Ilustrasi ini menawarkan adanya korelasi antara keterampilan menulis dengan membaca.
A. Amin sedang menulis garis-garis besar pembicaraan yang akan disampaikan pada agenda pembukaan yayasan TPA As-Salam.
B. Rakhmat sedang membaca buku yang meliputi wacana falsafah hidup yang akan disampaikan dalam ceramahnya besok pagi.
C. Ridwan sedang menuntaskan artikelnya, sesekali ia berhenti menulis untuk membaca buku-buku yang awut-awutan di meja kerjanya.
D. Erni mendengarkan ceramah agama sambil mencatat hal-hal yang dianggapnya penting.
Jawab:
C. Benar, Penjelasan tersebut menggambarkan adanya korelasi antara keterampilan menulis dan membaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 2, Kegiatan Belajar 2.
12. Faktor intelegensi sangat kuat terhadap daya simak kemampuan menyimak seseorang. Hal ini disebabkan oleh ... .
A. menyimak sebagai suatu keterampilan
B. menyimak ialah suatu aktivitas yang susah
C. banyaknya unsur bahasa yang harus dipahami oleh seorang penyimak
D. menyimak yakni aktivitas yang dilakukan oleh para pelajar
Jawab:
C. Benar, Penyimak harus arif memaknai setiap unsur bahasa yang diucapkan pembicara, itu sebabnya kemampuan menyimak seseorang terkait dengan tingkat intelegensinya.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.
13. Faktor kemampuan menarikdanunik kesimpulan sangat kuat terhadap daya simak seseorang. Artinya orang yang mempunyai kemampuan menyimak yang baik akan ... .
A. mempersembahkan kesimpulan yang salah pada simpulan aktivitas menyimak
B. membuktikan isi simakan yang tidak sama dengan materi simakan
C. mempersembahkan kesimpulan sesuai dengan materi yang disimaknya
D. menulis rangkuman yang tidak sesuai dengan materi simakan
Jawab:
C. Benar, Sesuai dengan klarifikasi rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada modul tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 1.
14. Kakak mitra Pak Gatot dari Jember/ gres hadir/ tadi pagi. Kalimat tersebut diucapkan oleh seorang adik kepada kakaknya dengan intonasi yang salah. Intonasi yang sempurna yakni ... .
A. Kakak/ mitra Pak Gatot dari Jember baru/ hadir tadi pagi.
B. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember gres hadir/ tadi pagi.
C. alat pemersatu aneka macam suku bangsa
D. Kakak mitra Pak Gatot/ dari Jember/ gres hadir tadi pagi.
Jawab:
C. Benar, Yang gres hadir tadi pagi yakni mitra Pak Gatot dari Jember.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan mencar ilmu 1.
15. Bonar sedang mencuci motor, ketika sebuah stasiun radio memperdengarkan lagu ‘Arti Sahabat’ yang dinyanyikan oleh kelompok Nidji, Bonar makin semangat mencuci motor sambil menyanyi. Jenis menyimak yang dilakukan Bonar yakni menyimak ... .
A. estetis
B. kritis
C. kreatif
D. sekunder
Jawab:
D. Benar, Menyimak sekunder yakni aktivitas menyimak yang dilakukan bersamaan dengan mengerjakan pekerjaan lain.
Pembahasan:
Pembahasan terkena hal tersebut terdapat pada Modul 3, Kegiatan mencar ilmu 2.
16. Para siswa dengan penuh perhatian mendengarkan pembacaan petunjuk yang dibacakan guru. Jenis aktivitas menyimak yang dilakukan para siswa yakni menyimak ... .
A. interaktif
B. pasif
C. estetis
D. konsentratif
Jawab:
D. Benar, Menyimak pembacaan sebuah petunjuk termasuk jenis menyimak konsentratif, lantaran memerlukan daya serius yang memadai.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 3, Kegiatan Belajar 2.
17. Membaca ialah suatu proses merekonstruksi maknA. Artinya membaca yakni aktivitas ... .
A. mengubah lambang visual (katon) menjadi lambang bunyi
B. mengubah kode-kode atau lambang-lambang verbal menjadi bunyi-bunyi bahasa yang sanggup dipahami
C. menangkap informasi atau makna sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
D. membuktikan informasi sesuai dengan informasi yang disampaikan penulis
Jawab:
C. Benar, Proses merekonstruksi makna dalam membaca yakni menangkap informasi yang disampaikan penulis dengan tepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
18. Beberapa kemampuan mikro yang harus dimiliki seorang pembaca intensif yakni sebagai diberikut, kecuali... .
A. mengenali lambang-lambang tulis
B. memahami makna tersirat
C. memahami kata-kata susah
D. memahami informasi tersurat
Jawab:
B. Benar, Memahami makna tersirat tidak termasuk kemampuan mikro dalam membaca intensif.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1
19. Pengertian pemahaman literal dalam aktivitas membaca yakni kemampuan pembaca dalam memahami ... .
A. makna kata yang dipakai penulis
B. makna kata-kata susah yang terdapat dalam bacaan
C. makna atau pesan secara tersurat
D. makna di balik pesan yang terdapat di dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Pemahaman literal yakni kemampuan memahami makna tersurat yang terkandung dalam bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan hal tersebut pada Modul 4, Kegiatan mencar ilmu 1.
20. Untuk memperoleh informasi dari karya-karya ilmiah pendek metode CATU sempurna untuk digunakan, yaitu dengan cara ... .
A. catat dan tulis kembali
B. catat, tulis-kembali, dan uji
C. catat, tanya, dan ulang
D. catat atau tuliskan
Jawab:
B. Benar, Teknik CATU dilakukan dengan cara catat, tulis-kembali, dan uji (informasi yang diperoleh).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
21. Salah satu karakteristik membaca ekstensif berkaitan dengan pembaca, yakni ... .
A. materi bacaan sesuai dengan minat atau keperluan pembaca
B. cakupannya lebih luas, lebih banyak, dan lebih variatif
C. kegiatannya bersifat individual
D. waktu membaca tidak mengikat
Jawab:
A. Benar, Pernyataan tersebut ialah karakteristik yang berkaitan dengan pembaca.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1.
22. Tujuan membaca cepat dengan metode skimming yakni ... .
A. mengisi waktu luang
B. memahami isi bacaan secara mendalam
C. mencari informasi tertentu dari sebuah bacaan
D. menghayati isi bacaan biar sanggup menceritakan isinya dengan baik
Jawab:
C. Benar, Teknik skimming dipakai dengan tujuan mencari suatu informasi tertentu dengan cara yang cepat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 1
23. Karakteristik karya ilmiah terkenal yakni ... .
A. bentuknya lebih kecil dari karya ilmiah murni
B. isinya lebih sederhana dibandingkan karya ilmiah murni
C. bahasanya lebih enteng, praktis dimengerti, dan yummy dibaca
D. ilustrasinya lebih banyak sehingga maksudnya menjadi lebih jelas
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rambu A.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
24. Tesis yakni sebuah karya ilmiah yang disusun oleh seorang ... .
A. calon mahasiswa
B. mahasiswa agenda S1
C. mahasiswa agenda S2
D. mahasiswa agenda S3
Jawab:
C. Benar, Seorang mahasiswa agenda S1 diwajibkan menyusun tesis untuk memperoleh ijazah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
25. misal karya ilmiah terkenal berbentuk deskriptif- ekspositoris yakni ... .
A. sejarah berdirinya Candi Borobudur
B. hasil penelitian wacana ragam bahasa Betawi
C. jenis-jenis ikan hias lokal
D. kisah 26 Desember 2004
Jawab:
A. Benar, Tulisan yang meliputi hal tersebut akan mengupas secara mendalam wacana kapan, mengapa, bagaimana Candi Borobudur berdiri (ekspositoris).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 4, Kegiatan Belajar 2.
26. Kemampuan tertinggi yang dimiliki pembaca dengan pemahaman literal yakni ... .
A. menghubungkan simbol-simbol bahasa menjadi kata yang bermakna
B. merekonstruksi makna-makna menjadi suatu informasi yang utuh
C. menangkap pesan atau informasi yang terdapat dalam bacaan
D. menangkap makna di balik informasi yang dituangkan dalam bacaan
Jawab:
C. Benar, Kemampuan tersebut ialah kemampuan tertinggi yang dimiliki seorang pembaca (pemahaman literal).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
27. Seorang pembaca yang mempunyai tingkat pemahaman interpretatif bisa ... .
A. menangkap makna kata-kata
B. menangkap makna tersurat
C. menangkap makna tersirat
D. menilai isi bacaan
Jawab:
C. Benar, Menangkap makna tersirat dimiliki oleh pembaca yang berada pada tingkat pemahaman interpretatif.
Pembahasan:
Anda dapt melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan mencar ilmu 1.
28. ”Tsunami yang menimpa Aceh terjadi pada tanggal 25 Desember 2004.” Seorang pembaca kritis yang membaca wacana tersebut akan ... .
A. menangkap informasi tersebut apa adanya
B. menangkap makna di balik insiden yang terdapat dalam bacaan tersebut
C. membuat dongeng atau puisi menurut bacaan tersebut
D. memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam wacana itu
Jawab:
D. Benar, Pembaca kritis akan memperbaiki fakta yang tertulis dalam bacaan (tanggal yang benar yakni 26 bukan tanggal 25).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
29. Sesudah membaca bacaan yang meliputi tingkah laris seujung binatang yang lucu, Anggi membuat sebuah puisi wacana kebemasukan Allah. Dalam hal ini Anggi tergolong pembaca dengan tingkat pemahaman ... .
A. literal
B. interpretatif
C. kritis
D. kreatif
Jawab:
D. Benar, Tingkat pemahaman kreatif bisa mencipta karya gres menurut isi bacaan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
30. Peletak dasar utama teknologi pertelevisian yakni Paul Nipkow dari Jerman. Pada tahun 1884 ia menemukan sebuah alat, kemudian disebut sebagai Jantra Nipkow. Penemuan tersebut sudah melahirkan electrische teleskop atau televisi elektris. Isi paragraf di atas yakni ... .
A. kehidupan Paul Nipkow
B. penemu televisi elektris
C. stasiun televisi di Jerman
D. teknologi pertelevisian
Jawab:
B. Benar, Kata kunci wacana tersebut yakni teknologi pertelevisian, Paul Nipkow, dan electrische teleskop.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 5, Kegiatan mencar ilmu 1.
31. Rina membaca sebuah wacana yang terdiri atas 1200 kata dalam waktu 3 menit. Ia mejawaban dengan benar 7 dari 10 pertanyaan bacaan yang diajukan. melaluiataubersamaini demikian, dikatakan Sella mempunyai kemampuan efektif membaca (KEM) yaitu ... .
A. 240 KPM
B. 260 KPM
C. 280 KPM
D. 300 KPM
Jawab:
C. Benar, Perhatikan rumus mencari KEM yang terdapat pada modul 5.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 1.
32. Salah satu cara untuk mengetahui baik buruknya sebuah goresan pena yakni menilai organisasi goresan pena yaitu ... .
A. penlampauan, isi, dan penutup
B. pilihan kata, penyusunan kalimat, dan penyusunan paragraf
C. daftar isi, kata pengantar, dan isi
D. daftar isi, isi, dan daftar pustaka
Jawab:
A. Benar, Organisasi dasar sebuah goresan pena meliputi kepingan penlampauan, isi, dan penutup.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 5, Kegiatan Belajar 2
33. melaluiataubersamaini berbicara seseorang sanggup menyatakan perasaan dan pikirannyA. Pernyataan ini membuktikan bahwa berbicara ialah aktivitas ... .
A. yang dilakukan secara secara lisan
B. mengekspresikan diri
C. yang bersifat produktif
D. berbahasa yang unik
Jawab:
B. Benar, Melihat pernyataan tersebut maka dalam hal ini berbicara diartikan sebagai aktivitas mengekspresikan diri.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.
34. Salah satu pola konteks fisik yang kuat terhadap aktivitas berbicara nonformal yakni ... .
A. akseptor komunikasi
B. emosi para pelaku komunikasi
C. karakteristik budaya
D. malam hari
Jawab:
A. Benar, Konteks fisik berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan fisik menyerupai iklim, cuaca, suhu udara, bentuk ruangan, warna dinding, penataan tempat duduk, dan jumlah akseptor komunikasi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 1.
35. Para jagoan nasional yang ... di medan perang tergolong orang-orang yang mati sahiD. Kata yang sempurna untuk mengisi kepingan yang kosong pada kalimat tersebut yakni ... .
A. gugur
B. meninggal
C. wafat
D. mati
Jawab:
A. Benar, Kata yang sempurna untuk para jagoan yang sudah mengorbankan nyawanya yakni ‘gugur’.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
36. Pandangan mata sebagai faktor nonkebahasaan sangat penting dalam aktivitas berbicara formal, lantaran ... .
A. sanggup memmenolong pendengar dalam memahami apa yang dibicarakan
B. menumbuhkan korelasi psikologis antara pembicara dengan pendengar
C. sanggup mengundang perhatian pendengar sehingga menjadi lebih serius
D. akan membangun penampilan dan percaya diri pembicara
Jawab:
B. Benar, Pandangan mata sanggup menumbuhkan korelasi psikologi atau kontak antara pembicara dan pendengar.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
37. Hal yang pertama dan sangat penting, harus dilakukan seorang pembicara yakni ... .
A. membuat persiapan
B. mencari referensi
C. latihan
D. membuat simpulan
Jawab:
A. Benar, Tanpa persiapan yang baik, seorang pembicara tidak akan memperoleh hasil yang baik.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 6, Kegiatan Belajar 2.
38. Isi kepingan pembuka sebuah goresan pena yang baik yakni ... .
A. pengantar menuju inti duduk kasus yang hendak disajikannya pada kepingan isi
B. pengalaman hidup si penulis
C. paparan pokok-pokok inti tulisan
D. simpulan, keinginan-keinginan, atau harapan-harapan yang ingin dicapai
Jawab:
A. Benar, Bagian pembuka sebuah goresan pena yang baik akan meliputi pengantar wacana apap yang akan dituangkan di dalam kepingan isi.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, aktivitas mencar ilmu 1.
39. Satu dari beberapa syarat kalimat efektif yakni mempunyai bentuk yang sejajar, misalnya yakni ... .
A. Dia mencar ilmu dengan sungguh-sungguh biar memperoleh nilai yang baik.
B. Dia sangat tidak suka dengan orang yang memmembuang sampah tidak pada tempatnya.
C. Dia yang mencari uang, membeli materi makanan, memasak, dan menyajikan masakan tersebut untuk keluarganya.
D. Dia orang yang tidak pernah mengeluh, apapun kasus yang menimpanya dihadapinya dengan sabar.
Jawab:
C. Benar, Kalimat tersebut pola kalimat efektif yang memenuhi syarat kesejajaran/paralel (perhatikan penerapan kata berpertamaan/kata kerjanya).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan wacana hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 1.
40. Sebuah goresan pena dikatakan baik kalau kalimat-kalimatnya disusun secara efektif. Kalimat yang tidak efektif akan membuat pembaca menjadi resah dan sanggup menjadikan salah penafsiran, menyerupai pola diberikut ini “Gempa bumi di Tasikmalaya banyak memakan korban, 60 orang meninggal, tetapi tidak ada yang melapor.” Jenis paragraf di atas yakni ... .
A. narasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. persuasi
Jawab:
B. Benar, Paragraf tersebut pendapat dan alasan, tidak menceritakan sebuah insiden atau kejadian.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
41. Unsur-unsur bahasa diberikut ini terdapat dalam sebuah paragraf yang memenuhi syarat kepaduan, kecuali ... .
A. repetisi atau pengulangan kata kunci
B. kata ganti (orang, tunjuk)
C. tiruana kalimat saling berkaitan satu dengan lainnya
D. kata transisi dan paralelisme
Jawab:
C. Benar, Terkaitnya satu kalimat dengan kalimat yang lain ialah ciri kesatuan sebuah paragraf (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
42. Predikat yakni kepingan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Subjek yakni kepingan kalimat yang bertindak sebagai pelaku. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Paragraf tersebut tidak memenuhi syarat kesatuan. Hal ini disebabkan oleh adanya kalimat ... .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. ketiga
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua menyimpang dari kalimat topik/inti yang berbicara wacana predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2
43. Predikat yakni kepingan kallimat yang memdiberitahukan hal-hal yang berkenaan dengan subjek. Predikat sanggup berupa kata atau frasa, sebagian besar berkelas verba atau adjektivA. Letak predikat tidak pernah berjauhan dengan subjek. Ia juga senantiasa diikuti oleh objek. Teknik yang dipakai dalam mengembangkan paragraf di atas yakni … .
A. secara alamiah
B. titikpuncak
C. perbandingan
D. alasannya yakni akibat
Jawab:
A. Benar, Paragraf tersebut dikembangkan dengan memakai metode alamiah; mengikuti susunan logis objek yang ditulis yakni predikat.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
44. Indonesia ialah satu-satunya negara paling guah di duniA. Orang Barat terheran-heran mendengarkan nada-nada musik tradisional Indonesia yang pentatonis itu, tidak sanggup diukur oleh garpu talA. Orang-orang dari negara tetangga juga heran melihat sikap bangsa ini yang katanya murah senyum, tetapi sering kali bersikap anarkis (tawuran, merusak, membunuh) dan kekerasan yang lain. Katanya 90% penduduknya penganut agama yang baik, tetapi bahagia sekali menyusahkan orang lain. Negaranya sangat kaya dengan hasil pertanian/perkebunan, barang tambang, dan hasil hutan kayu, rotan, dan tumbuhan obat-obatan, tetapi rakyatnya banyak yang kelaparan. Peringkat orang kaya meningkat, tetapi jumlah si miskinnya bertambah. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf tersebut yakni pengembangan ... .
A. analogi
B. contoh-contoh
C. perbandingan
D. alasannya yakni akibat
Jawab:
B. Benar, Kalimat kedua dan seterusnya ialah klarifikasi berupa contoh-contoh wacana keguahan yang ada di Indonesia.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
45. Bogor dikenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan. Bogor memang berada di ketinggian beberapa ribu kaki di atas permukaan laut. Letaknya yang tinggi ini membuat awan-awan tebal di atas kota Bogor cepat mencair menjadi hujan. Di samping itu, Bogor juga dikelilingi pegunungan dan perbukitan dengan hutannya yang masih rimbun. Keadaan alam inilah yang sering kali bisa menahan awan-awan tebal untuk kemudian menghasilkan curahan hujan yang cukup banyak. Teknik pengembangan yang dipakai dalam menyusun paragraf di atas yakni pengembangan ... .
A. deduktif
B. induktif
C. titikpuncak
D. antititikpuncak
Jawab:
A. Benar, Kalimat pertama meliputi pengetahuan yang bersifat umum, sedangkan kalimat-kalimat diberikutnya bersifat khusus sebagai penjelas.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
46. Membaca yakni aktivitas yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang penulis ringkasan. Kegiatan ini dilakukan untuk ... .
A. mengenali pengarang secara lebih dalam
B. memilah-milah kepingan inti dan bukan inti
C. mengetahui tujuan penulis, pokok kasus atau tema tulisan
D. gaya yang dipakai penulis dalam tulisannya
Jawab:
C. Benar, Pada tahap/kegiatan membaca buku yang akan diringkas, peringkas harus memperhatikan tujuan penulis dan kasus yang diungkap dalam buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 7, Kegiatan Belajar 2.
47. Abstrak yakni ringkasan sebuah karya ilmiah yang disusun dengan memenuhi kriteria sebagai diberikut, kecuali ... .
A. disajikan dalam bentuk paparan informatif
B. bahasa yang dipakai lugas, singkat, padat, dan jelas
C. sekurang-kurangnya meliputi masalah, tujuan, kesimpulan dan masukan
D. riwayat hidup penulis
Jawab:
D. Benar, Abstrak tidak memerlukan riwayat hidup penulis (opsi pengecualian).
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 1.
48. Resensi sanggup diartikan sebagai ... .
A. goresan pena dalam bentuk buku
B. goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku
C. lukisan/gambar yang dipakai sebagai gambaran sebuah buku
D. lukisan/gambar yang dipakai sebagai sampul depan sebuah buku
Jawab:
B. Benar, Resensi yakni goresan pena yang meliputi ulasan terkena nilai sebuah buku atau ada juga yang menyebut timbangan buku.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat Pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
49. Resensi biasanya disusun dengan memakai pola sebagai diberikut ... .
A. judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
B. perwajahan, judul, pembukaan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
C. pembukaan, judul, perwajahan, pembahasan, penutup, identitas peresensi
D. identitas peresensi, judul, perwajahan, pembukaan, pembahasan, penutup
Jawab:
A. Benar, Sistematika penulisan resensi pada umumnya memakai pola tersebut.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
50. Teknik cutting and glueing dalam pembuatan resensi yakni … .
A. memotong-motong bagian-bagian buku yang sedang diresensi
B. memotong bagian-bagian penting dan menarikdanunik dari isi buku dan merekatkan satu dengan yang lainnya
C. mengambil kepingan penting isi buku dan memadukannya dengan isi buku lain yang bertema sama
D. mengambil kepingan yang sangat penting dalam buku yang sedang diresensi
Jawab:
B. Benar, Bagian-bagian buku yang dipotong yakni kepingan yang penting dan menarikdanunik, kemudian direkatkan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2
51. Penulisan resensi yang berserius pada kepingan yang sangat penting atau sangat menarikdanunik yakni penulisan yang memakai metode ... .
A. cutting and glueing
B. comparing
C. focusing.
D. scanning
Jawab:
C. Benar, Teknik untuk aktivitas menyerupai itu disebut metode comparing.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 8, Kegiatan Belajar 2.
52. Pengertian kerangka karangan dalam proses menulis yakni ... .
A. bahan-bahan yang akan dipakai di dalam aktivitas menulis
B. alat-alat yang akan dipakai di dalam aktivitas menulis
C. rencana atau rancangan yang meliputi topik dan subtopik yang disusun secara sistematis
D. pandangan gres atau gagasan yang akan dikembangkan menjadi sebuah kasus yang akan ditulis
Jawab:
C. Benar, Kerangka karang ialah rencana berupa taktik dalam menuangkan gagasan berupa tulisan.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan pada Modul 9, Kegiatan Belajar 1.
53. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990). Penulisan daftar pustaka tersebut tidak tepat, yang sempurna yakni … .
A. M., Akhmadi. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
B. M., Akhmadi. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
C. Akhmadi, M. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. (1990).
D. Akhmadi, M. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa IndonesiA. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
Jawab:
D. Benar, Perhatikan tiruana rambu (A, B, dan C)
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.
54 ... Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”. Jika ini sebuah kutipan langsung, maka terdapat beberapa kesalahan, seharusnya yakni ... .
A. Lis beropini bahwa, “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
B. Lis beropini (2000: 14) ; “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
C. Lis beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
D. Lis (2000: 14) beropini bahwa “Retorika ialah seni berbicara yang wajib dipelajari oleh para profesional muda”.
Jawab:
D. Benar, Terdapat nama tokoh, tahun terbit, tanda kutip disusun sesuai kaidah.
Pembahasan:
Anda sanggup melihat pembahasan terkena hal tersebut pada Modul 9, Kegiatan Belajar 2.
Download Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110
Soal yang kami bagikan ini tak spesialuntuk dalam bentuk artikel saja, namun kami juga sudah menyiapkan soal-soal ini dalam bentuk dokumen PDF yang mana bisa Anda unduh eksklusif untuk nanti Anda cetak dan pelajari di rumah, jadi Anda tidak perlu repot untuk melaksanakan copy-paste artikel ini. Nah diberikut ini bisa Anda Download Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia, diberikut silahkan klik link dibawah ini.Kami berharap dengan adanya soal-soal ini sanggup memmenolong Anda dalam memahami materi yang ada pada modul. melaluiataubersamaini demikian Anda akan lebih siap dalam menghadapi Ujian Akhir Semester nantinya. Tak jarang soal yang keluar pada waktu ujian akan sama persis dengan soal yang sudah Anda pelajari. Kaprikornus Anda sangat termenolong sekali, spesialuntuk dengan mengingat soal dan jawabanan Anda akan lebih praktis menjawaban soal nantinya, kalau sewaktu soal yang keluar sama persis.
Jika Anda mengalami kasus atau ada hal yang ingin Anda tanyakan, tidakboleh ragu untuk mengubungi kami melalui laman Contact. Sertakan email aktif Anda, biar kami bisa membalas pertanyaan Anda. Jangan lupa untuk merekomendasikan blog kami pada mitra Anda yang lainnya. Dan juga silahkan bagikan artikel kami ke sosial media dengan cara klik tombol share dibawah. Sekian artikel kami terkait Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan MKDU4110 Bahasa Indonesia, semoga bermanfaa untuk Anda, terima kasih.