Unduh Rumus Kkm Bahasa Indonesia Smp Kelas 7, 8, 9 Excel

KKM ialah standar kemampuan minimal yang harus bisa dicapai oleh siswa di sekolah. Penentuan KKM harus dilakukan oleh masing-masing guru mata pelajaran dengan melihat kondisi penerima didik dan kondisi masukana pendukung di sekolah tersebut.

Berikut ini ialah tabel penentuan Kriteria Kelulusan Minimum (KKM).

KD
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Kriteria Kelulusan
KD. 1




KD. 2




KD. 3 dst.




RATA-RATA


Keterangan:


Kompleksitas
Adalah tingkat kesusahan materi pada setiap indikator, kompetensi dasar (KD), dan standar kompetensi / Standar Isi. 

Daya Dukung
ialah ketersediaan masukana dan pramasukana pendukung pembelajaran sesuai dengan masing-masing indikator, kompetensi dasar, dan standar kompentensi standar isi. Daya dukung mencakup ketersediaan materi bacaan, laboratorium, masukana pembelajaran, dan penguasaan pengajar (guru) terhadap materi tersebut.

Intake
ialah tingkat kemampuan siswa. Tingkat kemampuan siswa terhadap suatu materi pelajaran sanggup dilihat dari hasil tes yang sebelumnya dilakukan, atau melalui hasil pengamatan oleh guru. 

Masing-masing kriteria tersebut di atas dibagi menjadi tiga tingkatan. Yaitu tingkat tinggi, sedang, rendah. Ketiga tingkatan tersebut didiberi isyarat angka untuk mempergampang penghitungan. Agar lebih praktis lagi, konversinya disederhanakan menjadi: tinggi bernilai 3; sedang bernilai 2; rendah bernilai 1.

Misalnya untuk materi menulis puisi menurut pengalaman. Kompleksitasnya diisi 2 alasannya cukup susah; Daya Dukungnya diisi 3 alasannya tersedia berbagai pola penulisan puisi, dan terdapat laboratorium bahasa yang bisa digunakan; Intakenya diisi 3 alasannya akan diajarkan di kelas unggulan yang siswanya ialah hasil seleksi yang ketat.

Maka konversi tersebut sanggup ditulis sebagai diberikut:

KD
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Kriteria Kelulusan
Menulis Puisi
2
3
3
88,8






Angka 88,8 didapat dari hasil pemberian 8 (hasil penjumlahan Kompleksitas, Daya Dukung, dan Intake) dibagi dengan sembilan (angka terbaik dari kompleksitas, daya dukung, dan intake), dikalikan 100 (nilai terbaik per KD).

Begitu seterusnya dilanjutkan sesuai dengan jumlah KD dan Indikator yang sudah ditentukan sebelumnya. Selanjutnya, masing-masing Kriteria Kelulusan dari KD dijumlahkan dan dirata-rata. melaluiataubersamaini demikian akan ditemukan KKM yang sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Tampilan Tabel Rumus KKM Bahasa Indonesia Excel

     style="display:inline-block;width:320px;height:100px"
     data-ad-client="ca-pub-6414424360953509"
     data-ad-slot="2668174672">


Untuk mempergampang, sudah ada bentuk excel-nya sehingga tinggal memasukkan nilai daya dukung, intake, dan kompleksitasnya kemudaian akan otomatis muncul nilai KKM per KD dan nilai KKM keseluruhan.

Silahkan diunduh melalui google drive. Klik link diberikut ini!


Semoga bermanfaa, salam Pustamun!
close