Rpp Teks Dongeng Fantasi Siklus 2 Lengkap Kd 3.4 Dan 4.4

Berikut ini yaitu RPP alias Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 hasil Bimtek Pelaksanaan K13 di Kabupaten Jember. Adapun RPP ini ialah LK penyusunan RPP yang dilakukan oleh penerima Bimtek yang dipandu eksklusif Instruktur. 

Selanjutnya, RPP ini sudah mengalami perbaikan lantaran menjadi materi dan disusun ulang dalam pelaksaan In Service pelaksanaan Kuikulum 2013 sebagai tindak lanjut Bimtek K13 Bahasa Indonesia yang sebelumnya dilaksanakan di SMPN 3 Bangsalsari, lalu In Service dilaksanakan di kluster SMPN 2 Wuluhan. RPP ini juga dipakai sebagai RPP dalam On Service yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Plus Raudlatut Tholabah, Jenggawah.

Berikut ini RPP Teks Cerita Fantasi yang lengkap:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan     :  Sekolah Menengah Pertama Ma’arif 08 Ampel
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         :  VII/I
Materi Pokok              :  Teks Fantasi
                            Alokasi waktu             :  6 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar.
3.4.1Merinci struktur dongeng fantasi
3.4.2Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur dongeng fantasi(orientasi, komplikasi, resolusi).
3.4.3Menelaah  hasil melengkapi dongeng fantasi dari segi struktur dongeng fantasi.
3.4.4 Memperbaiki dongeng fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahantanda baca.
3.4.5Mengomentari dongeng fantasi dari segi struktur dan bahasanya.

2
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam
bentuk dongeng imajinasi secara lisan
dan tulis dengan memperhatikan
struktur, penerapan bahasa, atau
aspek lisan.
4.4.1Merencanakan  pengembangan  cerita fantasi
4.4.2Menulis dongeng fantasi dengan memperhatikan  pilihan kata, kelengkapanstruktur, dan kaidah penerapan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

C.Tujuan Pembelajaran
1.      Sesudah membaca teks dongeng fantasi penerima didik bisa merinci struktur teks fantasi dengan sempurna .
2.       Sesudah bertanya tanggapan  peserta didik bisa menyimpulkan karakteristik bab –bagian pada struktur dongeng fantasi (orientasi, komplikasi dan resolusi ) dengan benar.
3.      Sesudah berdiskusi dengan mitra penerima didik menelaah hasil melengkapi dongeng fantasi dari segi struktur dongeng fantasi dengan tepat.
4.      Sesudah menelaah  cerita fantasi  peserta didik mampu  memperbaiki dongeng fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahan tanda baca dengan teliti.
5.      Sesudah mengamati hasil diskusi kelompok  lain  penerima didik  mampu  mengomentari  cerita fantasi dari  segi  struktur  dan  bahasanya dengan tepat.
6.      Sesudah mengomentari teks dongeng fantasi penerima didik mampu  merencanakan  pengembangan  dongeng fantasi dengan benar.
7.      Sesudah  mengembangkan  teks dongeng fantasi  penerima didik  mampu  menulis dongeng fantasi dengan memperhatikan  pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penerapan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.

D.Materi
1. Pengetahuan Faktual
     Lampiran Materi Berupa misal Teks Cerita Fantasi: Bisa dilihat di sini.
2. Pengetahuan Konseptual
Pengertian dongeng fantasi adalah Cerita fantasi yaitu dongeng fiksi bergenre fantasi (dunia imajinatif yang diciptakan penulis). Pada dongeng fantasi hal yang mustahil dijadikan biasa. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia nyata. Tema fantasi yaitu majic, supernatural atau futuristik.

Unsur-unsur / bagian-bagian dongeng fantasi, antara lain:
a. orientasi mencakup pengenalan tokoh, latar, adab tokoh dan konflik
b. komplikasi meliputi kekerabatan lantaran akhir sehingga muncul dilema sampai dilema itu memuncak
c. resolusi mencakup penyelesaian dilema dari konflik yang terjadi
3. Pengetahuan Prosedural
Langkah-langkah  menulis teks fantasi
1.    Membaca teks fantasi
2.    Menentukan Tokoh, Latar Tempat, Waktu, Alur,
3.    Menentukan bab teks, meliputi: orientasi, komplikasi dan resolusi
4.    Merangkai dongeng fantasi dengan memerhatikan kaidah pengunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

4.Pengetahuan Metakoginitif
1.      Menelaah struktur dan kebahasaan dongeng fantasi

E. Metode Pembelajaran
Kontekstual (Inquiri) Konstruktivisme
Komunitas Learning
F. Media Pembelajaran
Teks Fantasi
G. Sumber Belajar
Harsiati ,Titik, dkk.2016. Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016. Jakarta  :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .
Harsiati ,Titik, dkk.2016. Buku Guru Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016 .Jakarta :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .
H. Langkah –Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
Pertemuan 1
Penlampauan
1.    Guru memberikan salam dan mengajak Peserta Didik untuk berdoa.
2.    Guru mepresensi Peserta Didik
3.    Guru bertanya kesiapan Peserta Didik
4.    Guru memdiberi motivasi pada Peserta Didik
5.    Guru bertanya tanggapan terkena teks fantasi
6.    Guru memberikan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
7.    Guru Menyampaikan langkah–langkah aktivitas belajar
8.    Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 Peserta Didik


20 menit
Inti
1.   Peserta Didik mengamati  teks dongeng yang berjudul “Belajar dengan Gajah Mada” yang disajikan oleh guru. (Teliti)
2.   Peserta Didik mengajukan pertanyaan dengan sebut ciri-ciri pembangun yang ada pada teks dongeng fantasi. (Percaya Diri)
3.   Peserta Didik dalam kelompok mencari  rujukan untuk menjawaban pertanyaan. (Kreatif)
4.   Peserta Didik mendiskusikan hasil temuan. (Kerja sama)
5.   Peserta Didik menyusun struktur teks yang dibaca dalam bahasa yang baik dan benar. (Cermat)
6.   Peserta Didik mengkomunikasikan hasil diskusinya. (Percaya Diri)
90 menit

Penutup
1.   Guru dan Peserta Didik gotong royong menyimpulkan ihwal aktivitas pembelajaran hari ini.
2.   Guru mengaitkan materi yan sudah dipelajari dengan kehidupan sehari-hari
3.   Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan diberikutnya.
4.   Salam dan doa penutup.
                10 menit
             Pertemuan II
Penlampauan
1.      Guru mempersembahkan salam dan mengajak berdoa.
2.      Guru melaksanakan komunikasi  ihwal kehadiran Peserta Didik.
3.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengpertamai aktivitas pembelajaran serta menyapa anak.
4.      Guru mengajak Peserta Didik mengingat kembali pelajaran ihwal materi sebelumnya
5.      Guru memberikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.      Guru meminta untuk berkumpul dengan kelompok yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya .





1). Mengamati
Peserta Didik membaca Teks dongeng fantasi  yang didiberikanolehguru. (Teliti)
2)Menanya
Peserta Didik mengajukan pertanyaan ihwal hal-hal yang kurang dipahami dari teks dongeng fantasi yang sudah dibaca .  (Santun)
3)mengumpulkan data (mencoba)
Peserta Didik mencatat hal-hal yang belum dipahami dalam teks dongeng fantasi. (Cermat)
4)Menalar (menganalisis data )
Peserta Didik menceritakan kembali dongeng fantasi yang sudah dibaca dalam bentuk tulisan  dengan bahasa sendiri. (Kreatif)
5) Mengkomunikasikan
Peserta Didik menceritakan kembali  teks dongeng fantasi yang sudah dibaca dengan bahasa sendiri secara ekspresi di depan kelas. (Percya Diri)

Penutup
  1. Guru dan Peserta Didik gotong royong menyimpulkan ihwal aktivitas pembelajaran hari ini.
  2. Guru mengaitkan materi yan sudah dipelajari dengan kehidupan sehari-hari.
  3. Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan diberikutnya.
  4. Salam dan doa epilog .


I.            Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.      Teknik Penilaian Sikap Spiritual/Sosial

a.       Teknik evaluasi : observasi
b.      Bentuk instrumen : lembar observasi
c.       Kisi –kisi :


§  Sosial


Nama sekolah :
Kelas/semester : VII/1

No
Waktu
Nama Peserta Didik
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Ttd.
Tindak Lanjut
1.       
31 Mei 2017
Imron M.
Terlambat
Kedisiplinan

Didiberi pelatihan semoga lebih disiplin








§  Pedoman Penilaian Pengetahuan

Nama sekolah :
Kelas/semester : VII/1
Tahun pelajaran :  

NO
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik evaluasi
1
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan
teks narasi (cerita imajinasi) yang
dibaca dan didengar.
Teks Cerita Fantasi
3.4.1Merinci struktur dongeng fantasi
3.4.4 Memperbaiki dongeng fantasi dari segi diksi dan kalimat dialog, kesalahantanda baca.


Tes Tulis


§  Penilaian Keterampilan

Nama sekolah :
Kelas/semester : VII/1
Tahun pelajaran :  

NO
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik evaluasi
2
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam
bentuk cerita imajinasi secara lisan
dan tulis dengan memperhatikan
struktur, penerapan bahasa, atau
aspek lisan.
.
Teks Cerita Fantasi
4.4.2Menulis dongeng fantasi dengan memperhatikan  pilihan kata, kelengkapanstruktur, dan kaidah penerapan kata kalimat/ tanda baca/ejaan

Tes ekspresi

2.      Instrumen Penilaian
a.       Tes tulis
1.      Sebutkan ciri atau karakteristik ,bagian struktur dongeng fantasi !
Kunci Jawaban :
Orientasi, komplikasi, dan resolusi
2.      Tentukan penerapan bahasa yang ada dalam teks dongeng fantasi !
Kunci Jawaban
1)      Penggunaan kata ganti dan nama orang sebagai sudut pandang penceritaan (aku, mereka,  dan ia )
2)      penerapan kata yang mencerap panca indra untuk diskripsi latar (tempat,waktu dan suasana)

-          Rublik Penilaian
Soal nomor 1
No
Deskripsi
Nilai
1
Peserta Didik sanggup sebut 3 bab teks dongeng fantasi
3
2
Peserta Didik sanggup sebut 2 bab teks dongeng fantasi
2
3
Peserta Didik sanggup sebut 1 bab teks dongeng fantasi
1
4
Peserta Didik tidak bisa sebut bab teks dongeng fantasi
0


            Soal nomor 2
No
Deskripsi
Nilai
1
Peserta Didik sanggup memilih kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan lengkap
3
2
Peserta Didik sanggup sebut kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan kurang lengkap
2
3
Peserta Didik sanggup sebut kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak lengkap
1
4
Peserta Didik tidak sanggup sebut kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan lengkap
0

Soal nomor 3 keterampilan
No
Deskripsi
Nilai
2
Peserta Didik sanggup memilih kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan lengkap
3

Peserta Didik sanggup sebut kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan kurang lengkap
2

Peserta Didik sanggup sebut kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak lengkap
1

Peserta Didik tidak sanggup sebut kata ganti dan kata untuk  mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan lengkap
0

Materi Pengayaan dan Remidial
1.      Pengayaan : Menyunting dongeng dari segi bahasa
2.      Remidial : begian-bagian teks fantasi dan menuliskan kembali dongeng fantasi

                                                                                   Jember, ..............................
       Mengetahui,
       Kepala Sekolah                                                 Guru Mata Pelajaran






       Drs. Burhanuddin                                             Sri Endang Wahyuni, S.Pd


Demikian misal RPP Teks Cerita Fantasi Lengkap untuk siklus 2, semoga bermanfaa dan mempersembahkan citra dalam menyusun RPP Teks Cerita Fantasi di Sekolah.
close