Pengertian Reklamasi Yang Lengkap Dan Komprehensif

Kartun Reklamasi Wahyu Kokkang

Pengertian Reklamasi yang Komprehensif 

Reklamasi yaitu perjuangan memunculkan (menciptakan) lahan (daratan) gres dari daerah yang sebelumnya basah baik berupa rawa, danau, pantai, atau sungai, untuk kepentingan manusia.


Pengertian reklamasi di atas ialah rangkuman dari aneka macam pengertian yang membuktikan wacana reklamasi. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) reklamasi mempunyai tiga makna. Pengertian reklamasi yang pertama yaitu sanggahan atau bantahan
(dengan nada keras). Pengertian reklamasi kedua dalam KBBI, ialah istilah di bidang pertanian yang berarti perjuangan memperluas tanah (pertanian) dengan memanfaatkan daerah yang tiruanla tidak mempunyai kegunaan contohnya dengan cara menguruk daerah rawa. Pengertian reklamasi dalam KBBI yang ketiga yaitu pengurukan (tanah).

Sementara itu, dalam usang Wikipedia Indonesia, reklamasi ditulis dalam bentuk reklamasi daratan dengan pengertian sebagai proses pembuatan daratan gres dari dasar maritim atau sungai. Hasil dari acara reklamasi tersebut disebut dengan landfill atau tanah reklamasi.

Dalam ilmu pengetahuan metode pantai, reklamasi dijelaskan sebagai perjuangan untuk meterbaikkan manfaat lahan yang masih belum dimanfaatkan secara terbaik. Lahan yang pertamanya basah dikeringkan untuk sanggup dimanfaatkan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia.

Dari segi bahasa, reklamasi berasal dari bahasa Inggris re claim yang bermakna menjadikan tanah ‘from the sea’. Berarti lautan yang diuruk untuk dijadikan daratan.

Dilihat dari pengertian di atas, sanggup diketahui bahwa pada pertamanya pengertian reklamasi ialah perjuangan di bidang pertanian. Yaitu pembuatan lahan gres dari yang sebelumnya basah menjadi daratan untuk dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Dalam perkembangannya, pembuatan lahan melalui proses reklamasi juga bertujuan untuk hal lain. Ada yang bertujuan sebagai tempat hunian.  Misalnya, proyek reklamasi pantai yang menjadi sorotan di Indonesia yaitu reklamasi Bali dan reklamasi Jakarta. Reklamasi di Bali ditolak oleh grup musik SID yang memang berbasis di Bali. Sementara perkara reklamasi Jakarta menjadi perhatian alasannya ada proses kolusi alias korupsi dalam proses pengerjaan dan perijinannya.

Ada pula reklamasi yang bertujuan untuk kepentingan militer. Misalnya Tiongkok yang membangun landasan pesawat tempur di sebuah pulau karang. Tiongkok mereklamasi pulau karang di Laut Tiongkok Selatan sebagai upaya memperkuat keberadaan angkatan perangnya di daerah tersebut.

Meskipun banyak yang menyetujui dengan aneka macam alasan di atas (pertanian, hunian, ekonomi, dan militer), reklamasi tidak sepenuhnya berdampak positif. Ada pula efek negatifnya yaitu perubahan (kerusakan) ekosistem alasannya habitat pertamanya yaitu air kemudian dikeringkan (diuruk) sehingga menjadi daratan. Otomatis ekosistemnya juga berubah. Selain problem lingkungan alam, reklamasi juga akan berdampak pada lingkungan sosial. Misalnya, Tiongkok yang mereklamasi pulau karang di Laut Tiongkok Selatan, membuat pemimpin jepang menolak kehadiran kapal-kapal tersebut sebagai bentuk protes. Reklamasi teluk Jakarta, sebagai teladan yang lain, berhasil membuat kehidupan nelayan semakin sengsara alasannya kesusahan mencari ikan, masih harus ke tengah samudera.

Lain halnya dengan pendapat Wahyu Kokkang, dalam kartunnya, Clekit, Wahyu menyampaikan bahwa reklamasi yaitu cara gres untuk sanggup menemukan problem untuk daerah yang sebelumnya baik-baik saja. Jadi, pada dasarnya berdasarkan Wahyu Kokkang, reklamasi yaitu perjuangan menjadikan masalah.

melaluiataubersamaini mengetahui pengertian dan klarifikasi reklamasi, kita tidak sekedar menolak sekaligus tidak asal mendukung. Kita sanggup mendudukkan permasalahan pada tempatnya untuk kemudian diselesaikan.



close