Latar Waktu Dalam Teks Dongeng Fantasi

Teks Cerita Fantasi yaitu teks kisah yang meliputi kisah dengan tokoh, latar, dan insiden yang ajaib, tidak masuk akal, tapi menarikdanunik. Sama halnya dengan kaarya sastra lain yang berupa cerita, ada rangkaian insiden atau insiden yang dialami oleh para tokohnya.

Latar waktu yang dipakai dalam sebuah teks kisah fantasi ada dua jenis. Latar waktu yang pertama yaitu latar waktu yang sezaman. Latar waktu yang kedua yang dipakai dalam teks kisah fantasi yaitu latar lintas waktu.

Latar waktu sezaman dalam teks kisah fantasi berarti, insiden atau insiden yang dialami oleh para tokohnya spesialuntuk dalam satu waktu. Misalnya dalam kisah fantasi 'Kekuatan Ekor Biru Nataga' latar waktu yang dipakai yaitu latar waktu sezaman. Alasan atau buktinya yaitu seluruh rangkaian peristiwa, mulai ketika Pasukan Siluman Serigala menyerang sampai dikalahkan oleh kekuatan api ujung Nataga terjadi dalam satu waktu.

Selanjutnya, jenis kisah fantasi menurut latar yang kedua yaitu lintas waktu. Dalam kisah fantasi yang mempunyai latar waktu lintas zaman, ditunjukkan dengan adanya insiden perpindahan dari zaman kini ke zaman lampau atau sebaliknya. Bahkan sanggup juga pindahwaktunya ke masa depan.

misal latar waktu lintas zaman terdapat pada teks kisah fantasi yang berjudul 'Anak Rembulan'. Bukti bahwa kisah tersebut memakai latar lintas zaman yaitu adanya perpindahan waktu yang dialami tokoh Nono.


Pada mulanya, Nono yaitu seorang anakbl biasa yang sedang berlibur ke rumah kakeknya. Ketika bermain di Kali Njari tiba-tiba beliau ada di zaman penjajahan Belanda. Tidak spesialuntuk itu, Nono bahkan menjadi pemimpin perang.


Demikian klarifikasi jenis kisah fantasi menurut latar waktu yang menjalin rangkaianperistiwa. Senoga bermanfaa. Salam pustamun.

close