Contoh Soal Penggunaan Kata Dalam Kalimat Efektif

Soal yang dibahas dalam goresan pena ini diambil dari soal UN 2016. Dipiliha spesialuntuk soal yang berkaitan dengan kalimat efektif dan penerapan katan.

Soal 1

Bacalah teks diberikut!
Tanaman yang dipupuk denganpupuk sangkar ternyata lebih rindang dan tahan terhadap penyakit. Daun dan bunga pada tumbuhan yang dipupuk dengan pupuk sangkar lebih banyak. Tanaman pun terlihat lebih berpengaruh dan sehat. Tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia mempunyai daun dan bunga yang lebih sedikit. Selain itu, pupuk sangkar bisa menjaga unsur keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tumbuhan tetaap mendapat gizi secara seimbang. Berbeda dengan pupuk kimia yang bisa membuat tanah menjadi rusak.

Perbaikan istilah gizi yang sempurna pada teks tersebut adalah....

a. nutrisi
b. vitamin
c. asupan
d. kalori

Jawaban:
Yang dibahas dalam teks soal di atas ialah tanaman. Kata gizi biasanya dipakai untuk manusia. Begitu juga dengann vitamin, dan asupan. Sementara kata kalori biasanya dipakai untuk zat yang diharapkan oleh insan atau hewan. Jadi, kata yang paling sempurna untuk mengganti kata gizi pada bacaan di atas ialah kata nutrisi.

Nutrisi ialah  a. nutrisi.

Soal 2

Perhatikan kalimat diberikut!

Sesudah mendapat klarifikasi dari pembina OSIS, kesannya mereka [....] untuk saling memaafkan.

Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....

a. bersalaman-bersalaman
b. salam-salaman
c. bersalam-salam
d. bersalam-salaman

Jawaban
Kata dasar yang dipakai untuk mengisi kekosongan kalimat di atas ialah sama yaitu kata 'salam'. Yang perlu dicari ialah makna imbuhan yang paling tepat. Dijelaskan dalam kalimat, makna yang diharapkan ialah makna 'saling'.

Maka, imbuhan yang bermakna saling ialah jawabanan yang paling tepat. Sementara pada pilihan jawabanan pada soal di atas yang paling memungkinkan ialah b) salam-salaman dan d) bersalam-salaman.

Sementara jawabanan a) bersalaman-bersalaman sudah tidak mungkin. Karena tidak ada imbuhan ber-an untuk masing-masing kata ulangnya. Jawaban c) bersalam-salam juga mustahil alasannya ialah tidak dikenal kata imbuhan tersebut.

Jawaban yang paling sempurna ialah d) bersalam-salaman alasannya ialah ini ialah bentuk imbuhan kata baku. Kata salam-salaman bisa muncul dalam ragam tidak baku.

Soal 3

Perhatikan teks diberikut!

Pelajaran Bahasa Indonesia penting dalam rangka memeroleh tujuan pendidikan nasional. Pendidikan berdsasarkan Pancasila bertujuan untun menambahkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Perbaikan penerapan kata memeroleh dan menambahkan yang sempurna adalah....

a. mencari, menumbuhkan
b. mencapai, meningkatkan
c. mendapatkan, menstabilkan
d. menggapai, mengembangkan


Jawaban:
Masing-masing jawabanan ialah sinonim dari soal. Tetapi harus dipiliha kata yang paling pas dan sesuai. Kata mencapai, mendapatkan, dan menggapai ialah sinonim atau persamaan kata memeroleh (memperoleh). 

Kata yang paling sempurna untuk dirangkai dengan frasa tujuan pendidikan nasional adalah kata mencapai karena tujuan berkaitan dengan tempat. Tempat atau tingkat, lebih sempurna kalau memakai kata dicapai daripada didapatkan. Sementara kata menggapai lebih bersifat puitis. Biasanya, menggapai dipakai untuk sesuatu yang ada di daerah lebih tinggi atau tergantung. Misalnya menggapai cita-cita atau menggapai buah yang ada di dahannya.

Kemudian, jawabanan yang paling sempurna untuk menambahkan adalah kata meningkatkan. Meskipun bersinonim, kata menambah dan meningkatkan memiliki perbedaan medan makna. Menambah berarti memperbanyak jumlahnya. Sementara meningkatkan mempunyai arti satu tetapi ditingkatkan kualitasnya.

misal, Pak Anton menambah rumahnya. Berarti rumah Pak Anton bertambah satu lagi. Beda dengan kalimat Pak Anton meningkat rumahnya. Berarti, Lantai Rumah Pak Anton bertambah tapi rumahnya tetap satu.

Begitu juga dengan ketakwaan. Masing-masing masyarakat negara pemeluk agama mempunyai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang satu. Jadi, yang perlu ialah meningkatkan ketakwaan tidak menambah ketakwaan. Kualitas ketakwaan yang ditingkatkan.

Soal 4

Perhatikan kaliamt diberikut!

pinjaman kepada pengunsi yang dalam bentuk daripada materi masakan sangat dianjurkan.

Perbaikan kalimat tersebut ialah menghilangkan kata ....

a. yang, daripada
b. dalam, sanat
c. bahan, daripada
d. bentuk, makanan

Jawaban:

Dalam menjawaban pertanyaan soal kalimat efektif menyerupai ini, bisa dilakukan dengan cara bongkar pasang jawabanan. Yaitu dengan cara mencoba tiruana kemungkinan jawabanan. Misalnya yang a. yang dihilangkan ialah kata yang dan kata daripada. Diaplikasikan ke dalam kalimatnya menjadi:

pinjaman kepada pengungsi dalam bentuk materi masakan sangat dianjurkan.

Kalimat tersebut sudah efektif. Berarti jawabanannya sudah benar.

Penggunaan kata yang bertujuan untuk menunjukan subjek sehingga tidak menjadi predikat. Misalnya:

Orang yang melaksanakan perjalanan jauh tersebut disambut dengan meriah.

Orang yang melaksanakan perjalanan jauh ialah subjek, predikatnya ialah disambut dengan meriah. Jika yang dihilangkan, maka akan diperikan lagi menjadi: Orang melaksanakan perjalanan jauh. Maka, orang ialah subjek, selanjutnya ialah predikat yang membutuhkan pelengkap. Misalnya: Orang melaksanakan perjalanan jauh untuk mengambil air. Mengambil air adalah pelengkap.


Soal No 5

Bacalah kalimat diberikut!

Grup pemberantasan korupsi akan menyidik pejabat yang terduga penerima suap. Pemeriksaan ini rencanaya akan diperiksakan di gedung KPK, Jakartaa.

Perbaikan kata bercetak miring yang sempurna adalah....

a. kelompok, menduga, dilakukan
b. kelompok, menduga, digelar
c. tim, diduga, dilakukan
d. tim, diduga, diperkirakan

Jawaban:

Kata yang bercetak miring ialah grup, terduga, dan diperiksakan. 

Grup pemberantasan korupsi. Penggunaan kata grup pada frasa tersebut tidak tepat. Grup biasanya dipakai untuk menyatakan kelompok musik. Misalnya grup band. Pilihannya antara kelompok dan tim. Kelompok bisa dipakai untuk menyatakan sekumpulan orang dalam forum tidak resmi. Yang resmi pemerintahan dipakai Tim.

Maka, kemungkinan jawabanannya ialah c, dan d. Selanjutnya, kata terduga pasti harus diganti dengan diduga karena klausa pejabat yang terduga peserta suap ialah klausa pasif. Maka yang benar ialah diduga. Yang menduga ialah Tim pemberantasan korupsi.

Kata diperiksakan tidak sesuai alasannya ialah sudah ada kata periksa di pertama kalimat Pemeriksaan ini rencananya akan dilakukan di gedung KPK, Jakarta. Kata diperiksakan diganti dengan kata dilakukan. Kareka kata pemeriksaan yang berarti proses dan aktivitas periksa sudah ditulis di pertama kalimat.

Demikian penejelasan perbaikan kata biar menjadi kalimat efektif. Semoga bermanfaa. Salam Pustamun!
close