Contoh Soal Kesalahan Penggunaan Tanda Baca

Berikut ini ialah teladan soal Kesalahan Penggunaan Tanda Baca sekaligus pembahasannya.

Soal yang dibahas dalam goresan pena ini ialah SOAL UN 2016.

SOAL PERTAMA KESALAHAN TANDA BACA

Bacalah kalimat diberikut!

"Surat itu dikirimkan oleh Susilo, SH a/n PT Megah Abadi."

Perbikan tanda baca pada kalimat tersebut adalah....

a. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, S.H. a.n. PT Megah Abadi.

b. Surat itu dikirmkan oleh Susilo, SH a.n. PT Megah Abadi.

c. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, SH a/n. PT Megah Abadi.

d. Surat itu dikirimkan oleh Susilo, S.H. a.n. P.T. Megah Abadi.


PEMBAHASAN 

Kesalahan penulisan tanda baca ada pada 'a/n'. Sementara penulisan tanda baca yang lain yang terdapat pada soal sudah tepat. Jadi, penulisan tanda baca yang sempurna yaitu adanya tanda koma (,) setelah nama orang pemilik gelar. Sementara, gelar tidak perlu didiberi tanda titik (.) kalau spesialuntuk ada dua kata yang keduanya yaitu abjad kapital.

Misalnya:
Pulung Agus Wijaya, SH

Ahmad Ainun Najib, SE

Sementara, kalau ada gelar akademik di simpulan yang terdiri dari tiga huruf, maka dibutuhkan tanda baca koma (,) dan tanda baca titik (.).

Misalnya:
Fusliyanto, S.Pd.

Atau, Fusliyanto, M.Pd.

Penulisan yang benar untuk 'a/n' yang ialah abreviasi dari atas nama yaitu a.n. Sama halnya dengan penulisan hingga dengan yang benar yaitu s.d.

BACA JUGA: misal Soal UN Penggunaan Kata dan Kalimat Efektif

SOAL KEDUA KESALAHAN TANDA BACA
Bacalah kalimat diberikut!

"Pembina OSIS akan memimpin rapat kerja aktivitas tahunan tetapi tiba-tiba ia ditugasi oleh Kepala Sekolah untuk rapat di Dinas Pendidikan Kota mewakili beliau."

Penggunaan tanda baca yang sempurna pada klimat tersebut yaitu mencantumkan....

a. tanda koma (,) setelah singkata OSIS
b. tanda koma (,) setelah kata tahunan
c. tanda titik koma (;) setelah abreviasi OSIS
d. tanda titik koma (;) setelah kata tetapi

PEMBAHASAN

Tanda baca koma (,) dipakai untuk memisahkan anak kalimat dengan induk kalimat, atau juga dipakai untuk memisahkan pemerian (beberapa hal yang disebutkan). Dalam kalimat teladan soal di atas, seharusnya terdapat tanda koma alasannya kalimat tersebut ialah kalimat majemuk. Ada anak kalimat dan induk kalimat.

Konjungsi antara klausa pertam dan klausa kedua yaitu kata tetapi. Jadi, sebelum kata tetapi perlu ada tanda baca koma (,). Makara jawabanan yang paling sempurna yaitu B. Tanda koma (,) setelah kata tahunan. Jadi, kata tetapi menjadi penanda pertama klausa kedua dalam kalimat beragam di atas.

SOAL KETIGA KESALAHAN TANDA BACA

Bacalah teks diberikut!

(1) Irene Sukandar lahir di Jakarta pada tanggal 7 April 1992. (2) Dia yaitu Gran Master Catur Putri Indonesia. (3) Dia sudah meraih aneka macam macam gelar, baik tingkat nasional maupun internasional. (4) Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide Wanita (MFW).

Perbaikan penulisan tanda baca pada kalimat (4) yang sempurna adalah....

a. Gelar yang berhasil diraihnya seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide perempuan (MFW)

b. Gelar yang berhasil diraihnya ibarat Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide perempuan (MFW)

c. Gelar yang berhasil diraihnya, seperti: Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide perempuan (MFW)

d. Gelar yang berhasil diraihnya, ibarat Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW) dan Master Fide perempuan (MFW)

PEMBAHASAN

Fokus pengamatan harus dilakukan pada kalimat keempat. Mempertimbangkan soal ibarat ini, maka perlu dibaca terlebih lampau perintah soal sebelum membaca tek bacaannya. melaluiataubersamaini terlebih lampau membaca soal, maka kalimat pertama hingga kalimat ketiga tidak perlu dibaca. Trik ini dibutuhkan supaya tidak memmembuang waktu dan mengefektifkan membaca kalimat soal selanjutnya lebih mendalam.

Pada kalimat keempat, terdapat tanda baca titik dua (:) yang kurang sempurna penerapanya. Kemudian, juga ada tanda baca koma (,) yang seharusnya ada.

Penggunaan tanda titik dua (:) tidak sempurna dalam kalimat keempat alasannya pemerian (pemaparan rincian) yang ada pada kalimat tersebut dilakukan di dalam kalimat. Sementara pemeriannya harus dipisahkan dengan tanda koma. Maka kalimat tersebut sanggup diperbaiki menjadi:

Gelar yang berhasil diraihnya ibarat Master Percasi (MP), Master Nasional Wanita (MNW), dan Master Fide perempuan (MFW)

Tanda titik dua (:) setelah kata ibarat dihilangkan, sementara setelah (HNW) sebelum kata hubung 'dan' didiberi tanda baca koma (,).

BACA JUGA: misal Soal Teks Sastra dan Teks Non-Sastra

SOAL KEEMPAT KESALAHAN TANDA BACA

Perhatikan kaliamt diberikut!

Kami duduk-duduk di bawah pohon kelengkeng. kami asik makan: jambu, belimbing, dan mangga.

Penggunaan tanda baca yang tidak sempurna adalah....

a. penghubung (-)
b. titik dua (:)
c. koma (,)
d. titik (.)

PEMBAHASAN

Tanda baca penghubung (-) terdapat pada kata ulang 'duduk-duduk'. Penggunaan tanda penghubung pada kata ulang tersebut sudah tepat. Yaitu memisahkan antara dua kata yang diulang tanpa spasi.

Tanda titik dua (:) terdapat setelah kata makan. Penggunaan tanda baca ini salah alasannya dalam satu kalimat tidak perlu tanda titik dua meskipun ialah pemerian atau pemerincian ibarat pada kalimat tersebut.

Tanda koma (,) terdapat di antara kata-kata pemerian. Tanda baca tersebut sudah sempurna sehingga tidak perlu diiperbaiki.

Tanda titik (.) terpat di simpulan masing-masing kaliamt. Kalimat dalam teladan soal di atas ada dua. Jadi, ada dua tanda titik di akhis masing-masing kalimat.

Demikian klarifikasi terkena teladan soal dan pembahasan soal yang berkaitan dengna tanda baca. Soal ini diambil dari soal UN tahun 2016.

Jika ada pertanyaan ihwal kesalahan tanda baca silahkan tulis di komentar.

Jika masih ada kesusahan mengerjakan soal dan ada yang perlu didiskusikan, silahkan tulis soalnya di komentar (lebih baik juga kalau ada pilihan jawabanannya :) ). Atau juga mengulas dan berdiskusi soal UN (khususnya bahasa Indonesia) melalui facebook kami di Pustamun atau kontak kami melalui 'Kontak'

Semoga misal dan Pembahasan Soal Kesalahan Tanda Baca in bermanfaa! Silahkan diunduh alias di-download untuk tes soal.

Download dan baca soal lain

close