Ini ialah RPP yang disusun oleh penerima Bimtek Penerapan Kurikulum 2013 di SMPN 3 Bangsalsari Kabupaten Jember tahun 2017. Bimtek dilaksanakan pada Akhir Mei hingga pertama Juni 2017.
RPP ini sudah meliputi beberapa aspek tiga ranah Standar Kompetensi Lulusan yang diaharapkan yaitu meliputi Sikap (Sikap Spiritual dan Sikap Sosial); Pengetahuan (Konseptual, Faktual, Prosedural, Metakognitif); serta Keterampilan (Konkret dan Abstrak).
RPP ini juga sudah mengandung Penguatan Pendidikan Karakte (PPK) yang termaktub dalam Indikator, tujuan pembelajaran, serta langkah-langkah pembelajaran.
Penguatan Pendidikan Karakter harus termaktub dalam RPP |
Silahkan dibaca RPP diberikut ini!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Kita
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ Satu
Materi Pokok : Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (12 JP x 40 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung balasan dalam diberinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan tempat regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan tragedi tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah aneh sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | ||
3.2 | Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks deskripsi ihwal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca | 3.2.1 3.2.2 3.2.3 3.2.4 3.2.5 | Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi Menentukan pecahan identifikasi dan deskripsi pecahan pada teks deskripsi yang disajikan Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi Menelaah pecahan struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan Menentukan dan memperbaiki kesalahan penerapan kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca |
4.2 | Menyajikan data, gagasan, pesan dalam bentuk teks deskripsi ihwal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan ekspresi dengan memerhatikan struktur, kebahasaan baik secara ekspresi dan tulis | 4.2.1 4.2.2 4.2.3 4.2.4 | Merencanakan penulisan teks deskripsi Menulis teks deskripsi dengan memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penerapan kata, kalimat/tanda baca/ejaan Menyunting teks deskripsi dengan memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penerapan kata, kalimat/tanda baca/ejaan Menyajikan secara ekspresi teks deskripsi dalam konteks pembawa program televisi mendeskripsikan objek |
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Sesudah mengikuti serangkaian acara pembelajaran, peserta didikdapat:
1. merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
2. menentukan pecahan identifikasi dan deskripsi pecahan pada teks deskripsi yang disajikan dengan tepat.
Pertemuan Kedua
Sesudah mengikuti serangkaian acara pembelajaran, peserta didikdapat:
1. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
2. Menelaah pecahan struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan dengan tepat.
Pertemuan Ketiga
Sesudah mengikuti serangkaian acara pembelajaran, peserta didikdapat:
1. Merencanakan penulisan teks deskripsi dengan tepat.
2. Menulis teks deskripsi dengan memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penerapan kata, kalimat/tanda baca/ejaan.
Pertemuan Keempat
Sesudah mengikuti serangkaian acara pembelajaran, peserta didikdapat:
1. menyunting teks deskripsi dengan memerhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penerapan kata, kalimat/tanda baca/ejaan
2. menyajikan secara ekspresi teks deskripsi dalam konteks pembawa program televisi mendeskripsikan objek secara faktual
Fokus nilai-nilai sikap: teliti, jujur dan bertanggung jawaban
D. Materi Pembelajaran
a. Faktual
Air terjun Seputih
Sesuai dengan namanya yang terletak di desa Seputih, kecamatan Mayang. Untuk menuju ke lokasi jeram dari kota Jember menuju arah timur ke Banyuwangi, sehabis datang di SPBU Mayang, belok ke kanan hingga hingga di perempatan dan ambil arah lurus hingga bertemu petunjuk jalan yang bertuliskan arah jeram Seputih. Selanjutnya perjalanan melewati permukiman penduduk dengan jalan tanah yang spesialuntuk sanggup dilewati kendaraan roda dua atau motor. Pengunjung sanggup menitipkan kendaraannya atau parkir di rumah penduduk di ujung jalan perkampungan, dari sini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan pada ekspresi dominan penghujan cukup licin jadi hati-hati. Sesudah hingga di lokasi pengunjung akan disambut bunyi gemercik air yang memecah kesunyian dengan pemandangan alamnya yang indah yang dihiasi persawahan dan perbukitan dengan pepohonan yang rimbun. Air terjun Seputih ini mempunyai dua tingkat, dengan tingkatan pertama lebih landai dan diatasnya lagi terdapat menyerupai kolam penampungan yang airnya berasal dari jeram di tingkat dua yang terletak lebih tinggi. Di tempat ini pengunjung sanggup berendam sepuasnya mencicipi segarnya air pepegununganan yang membersihkan, alami dan dingin.
a) Konseptual
· Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian
Deskripsi bagian berdasarkan ruang
Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian tengah, bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruang- ruang dan ciri-cirinya.
Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek
Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tumbuhan dan hewan pantai).
Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung.
Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.
Deskripsi bagian berupa pemfokusan
Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memdiberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.
· Penggunaan kata khusus
Kata umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat meliputi beberapa aspek banyak hal. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata khusus adalah kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata khusus sebenarnya sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus.
Kata Umum | Kata Khusus |
Indah | elok, molek, cantik, menawan, menakjubkan, memesona, manis |
Melihat | menonton, menyaksikan, memandang, mengamati, dan memerhatikan. |
hewan peliharaan | kucing, anjing, kelinci, marmut, hamster, ikan, burung |
Kata khusus merupakan sinonim kata umum tetapi dengan tambahan makna atau lebih formal. Misalnya, kata keren dan dahsyat sinonim kata menarikdanunik tetapi ragam tidak formal.
· Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Koma, Tanda Titik pada Teks
1) Tanda koma (,) dipakai di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau pembilangan.
misal
Pantai Senggigi berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
2) Tanda koma dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
3) Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya ukiran Jepara, sarung Makasar
4) Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)
· Penggunaan Kata Depan di dan Awalan di-
Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jika diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di bagian barat, di samping). Sebagai awalan di ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Dalam hal ini di berfungsi sebagai imbuhan pada kata kerja pasif.
b) Prosedural
· Struktur teks tanggapan deskriptif meliputi beberapa aspek: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan. Untuk lebih jelasnya sanggup dilihat pada skema diberikut.
· Struktur teks deskripsi sebagai diberikut
Identifikasi/ gambaran umum
Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.
Struktur Teks Tanggapan Deskriptif |
1. Identifikasi |
2. Deskripsi Bagian |
3. Simpulan/Kesan |
Deskripsi bagian
Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis. Perincian dapat mencakup apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis). Perincian juga dapat mencakup perincian apa yang didengar (mendengar suara apa saja, seperti apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian juga dapat mencakup apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek
c) Metakognitif
Prinsip penyuntingan teks deskripsi meliputi:
1) Penggunaan bahasa
2) Keruntutan struktur
E. Metode Pembelajaran
Pembelajaran saintifik
F. Media Pembelajaran
1. misal teks deskripsi
2. Kertas Plano
3. Lembar Kegiatan Belajar Peserta didik (LKBS)
G. Sumber Belajar
a. Kemdikbud. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud RI.
b. Kemdikbud.2017. Buku Peserta didik Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud RI.
c. Pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3JP)
Kegiatan Pembelajaran | Langkah-langkah Pembelajaran | Waktu |
Penlampauan | 1. Guru memberikan salam dan berdoa 2. Guru melaksanakan memberikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran 3. Guru mengondisikan kelas dengan memdiberi motivasi kepada penerima didikterkait materi pembelajaran | 15 menit |
Inti | Peserta didikdipandu guru membentuk kelompok 1. MENGAMATI · Peserta didikmembaca teks deskripsi · Peserta didikmengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi 2. MENANYA Peserta didikmerumuskan banyak sekali pertanyaan ihwal karakteristik identifikasi dan deskripsi pecahan secara mandiri. 3. MENGUMPULKAN INFORMASI Peserta didikmengidentifikasi definisi dan struktur teks deskripsi (kerjasama) 4. MENGASOSIASI/ MENALAR · Peserta didikmenggunakan data yang sudah dikumpulkan untuk menjawaban pertanyaan-pertanyaan yang mereka rumuskan. · Peserta didikmenghubung-hubungkan data yang diperoleh untuk membuat kesimpulan definisi dan struktur teks deskripsi. Peserta didikmelengkapi struktur teks deskripsi yang dirumpangkan. (integritas = jujur) 5. MENGOMUNIKASIKAN · Peserta didikmenyampaikan jawabanan terhadap pertanyaan-pertanyaan dan struktur teks deskripsi yang rumpang secara lisan melalui presentasi atau kunjung kerja. · Peserta didikmenempelkan hasil kerjanya di papan tempel. (tanggung jawaban) | 90 menit |
Penutup | 1. Guru memandu penerima didikmelakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang sudah didapat dan hal-hal yang masih belum diketahui dalam acara mencar ilmu mengajar. 2. Guru mempersembahkan penguatan. 3. Guru memberikan informasi materi pertemuan diberikutnya. 4. Guru bersama dengan penerima didikberdoa dan menutup acara pembelajaran dengan ucapan salam. | 15 menit |
Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran | Langkah-langkah Pembelajaran | Waktu |
Penlampauan | 1. Guru memberikan salam dan berdoa 2. Guru melaksanakan memberikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran 3. Guru mengondisikan kelas dengan memdiberi motivasi kepada penerima didikterkait materi pembelajaran | 15 menit |
Inti | Peserta didikdimenolong guru membentuk kelompok 1. Mengamati
2. Menanya
3. Mengumpulkan informasi
4. Mengasosiasi
5. Mengomunikasikan
| 90 menit |
Penutup | 1. Guru memmenolong penerima didikmelakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang sudah didapat dan hal-hal yang masih belum dipahami dala acara mencar ilmu mengajar 2. Guru mempersembahkan penguatan 3. Guru memberikan informasi materi pertemuan diberikutnya 4. Guru bersama dengan penerima didikberdoa dan menutup acara pembelajaran dengan mengucapkan salam | 15 menit |
Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran | Langkah-langkah Pembelajaran | Waktu |
Penlampauan | 1. Guru memberikan salam dan berdoa 2. Guru melaksanakan memberikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran 3. Guru mengondisikan kelas dengan memdiberi motivasi kepada penerima didikterkait materi pembelajaran | 15 menit |
Inti | Peserta didikdimenolong guru membentuk kelompok 1. Mengamati
2. Menanya
3. Mengumpulkan informasi
4. Mengasosiasi
5. Mengomunikasikan
| 90 menit |
Penutup | 1. Guru memmenolong penerima didikmelakukan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang sudah didapat dan hal-hal yang masih belum dipahami dala acara mencar ilmu mengajar secara tertulis 2. Guru mempersembahkan penguatan 3. Guru memberikan informasi materi pertemuan diberikutnya 4. Guru bersama dengan penerima didikberdoa dan menutup acara pembelajaran dengan mengucapkan salam | 15 menit |
Pertemuan Keempat (3 JP)
Kegiatan Pembelajaran | Langkah-langkah Pembelajaran | Waktu |
Penlampauan | 1. Guru memberikan salam dan berdoa 2. Guru melaksanakan memberikan KD, tujuan, dan cakupan pembelajaran 3. Guru mengondisikan kelas dengan memdiberi motivasi kepada penerima didik terkait materi pembelajaran | 15 menit |
Inti | Peserta didik dimenolong guru membentuk kelompok 1. Mengamati
2. Menanya
3. Mengumpulkan informasi
4. Mengasosiasi
5. Mengomunikasikan
| 90 menit |
Penutup | 1. Guru memmenolong penerima didik melaksanakan refleksi dengan mengungkapkan hasil yang sudah didapat dan hal-hal yang masih belum dipahami dala acara mencar ilmu mengajar 2. Guru mempersembahkan penguatan 3. Guru memberikan informasi materi pertemuan diberikutnya 4. Guru bersama dengan penerima didik berdoa dan menutup acara pembelajaran dengan mengucapkan salam | 15 menit |
I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap: Observasi – Jurnal
b. Penilaian Pengetahuan: Tes tulis – Uraian
c. Penilaian Keterampilan: Unjuk kerja
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap:
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama Sekolah : SMP ...
Kelas/Semester : ...
Tahun pelajaran : ...
Guru : ...
No | Waktu | Nama Peserta didik | Catatan Perilaku | Butir Sikap | TTD Siswa | Renc. Tindak Lanjut |
1. | ||||||
2. | ||||||
3. | ||||||
4. | ||||||
5. | ||||||
... |
b. Penilaian Pengetahuan:
Pertemuan Kedua
Isilah teks deskripsi rumpang diberikut dengan kalimat yang tepat!
Dari balik tirai hujan sore hari pohon-pohon kelapa di seberang lembah itu seperti penari yang sedang memainkan tubuhnya dengan lincah. Pelepah- pelepah yang kuyup menambah keunikan gerakan sang penari. Batang- batang yang ramping dan meliuk-liuk oleh hembusan angin seperti ..............................................……………………………………………………………………… Ketika angin tiba-tiba bertiup lebih kencang, pelepah-pelepah serempak terjulur sejajar satu arah, seperti .....................................................
Pohon-pohon kelapa itu, tumbuh di tanah lereng di antara pepohonan lain yang rapat dan rimbun. Kemiringan lereng membuat pemandangan seberang lembah itu seperti lukisan ..............................................................
Selain pohon kelapa yang memberi kesan lembut, batang sengon yang kurus dan langsing menjadi garis-garis tegak berwarna putih dan kuat. Ada beberapa pohon aren dengan daun mudanya mulai mekar, kuning, dan segar. Ada pucuk pohon jengkol yang bewarna cokelat kemerahan. Ada bunga bungur yang ungu berdekatan dengan pohon dadap dengan kembangnya yang berwarna merah. Dan batang-batang jambe rowe, sejenis pinang dengan buahnya yang bulat dan lebih besar, memberi kesan purba pada lukisan yang terpajang di sana.
Rubrik Penilaian
Kelas : ……………………………….
Materi : Melengkapi teks deskripsi yang rumpang
No | Nama | Aspek Penilaian | |||||
Ketepatan | Kesesuaian | ||||||
Tepat | Kurang Tepat | Tidak Tepat | Sesuai | Kurang Sesuai | Tidak Sesuai | ||
1 | |||||||
2 | |||||||
3 | |||||||
4 |
Keterangan:
Tepat/Sesuai : 5
Kurang Tepat/Sesuai : 3
Tidak Tepat/Sesuai : 2
Skor yang diperoleh x 100 = …
Skor terbaik
Pertemuan Keempat
Suntinglah teks deskripsi yang sudah dibentuk oleh kawanmu!
Rubrik Penilaian Kegiatan Menyunting Teks Deskripsi
Kriteria | Skor |
Judul | |
• mengungkapkan objek khusus | 4 = jika terdapat 4 unsur |
• bukan berupa kalimat | 3 = jika terdapat 3 unsur |
• menggunakan huruf besar kecil | 2 = jika terdapat 2 unsur |
• tanpa diberikan tanda titik | 1 = jika terdapat 1 unsur |
Identifikasi • terdapat pengenalan objek yang dideskripsikan • terdapat informasi umum tentang objek • tidak terdapat kesalahan struktur kalimat • tidak terdapat kesalahan tanda baca | 4 = terdapat 4 unsur/ lebih 3 = terdapat 3 unsur 2 = terdapat 2 unsur 1 = terdapat 1 unsur |
Deskripsi • terdapat penjelasan terperinci fisik objek • terdapat perincian beberapa bagian dari objek • tidak terdapat kesalahan struktur kalimat • pilihan kosakata yang segar dan bervariasi • tidak terdapat kesalahan tanda baca | 4 = terdapat 4 unsur/ lebih 3 = terdapat 3 unsur 2 = terdapat 2 unsur 1 = terdapat 1 unsur |
Penutup • terdapat simpulan tanggapan terhadap objek • terdapat kesan terhadap hal yang dideskripsikan • pilihan kosakata yang segar dan bervariasi • tidak terdapat kesalahan tanda baca | 4 = terdapat 4 unsur/ lebih 3 = terdapat 3 unsur 2 = terdapat 2 unsur 1 = terdapat 1 unsur |
Penggunaan bahasa | |
• terdapat perincian bahasa konkret, majas untuk menggambarkan seakan-akan pembaca melihat | 4 = terdapat 4 unsur/ lebih 3 = terdapat 3 unsur 2 = terdapat 2 unsur 1 = terdapat 1 unsur |
• terdapat perincian bahasa konkret, majas untuk menggambarkan seakan-akan pembaca mendengar | |
• terdapat perincian bahasa khusus, majas untuk menggambarkan seakan-akan pembaca merasakan | |
• terdapat perincian dengan kata konkret |
Penskoran
4 = jikalau terdapat tiruana unsur
3 = jikalau terdapat tiga unsur
2 = jikalau terdapat dua unsur
1 = jikalau terdapat satu unsur
Skor Akhir = Skor yang diperoleh x 100 = …
Skor terbaik
c. Penilaian Keterampilan:
Buatlah sebuah teks deskripsi menurut petunjuk yang terdapat pada LKBS!
Rubrik Penilaian
Kelas : ……………………………….
Materi : Membuat teks deskripsi
No | Nama | Aspek Penilaian | |||||
Keruntutan | Kesesuaian | ||||||
Runtut | Kurang Runtut | Tidak Runtut | Sesuai | Kurang Sesuai | Tidak Sesuai | ||
1 | |||||||
2 | |||||||
3 | |||||||
4 |
Keterangan:
Runtut/Sesuai : 5
Kurang Runtut/Sesuai : 3
Tidak Runtut/Sesuai : 2
Skor yang diperoleh x 100 = …
Skor terbaik
3. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi penerima didik yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu didiberikan acara pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a. Pembelajaran ulang, jikalau 50% atau lebih penerima didik belum mencapai ketuntasan.
b. Pemanfaatan tutor sebaya, jikalau 11-49% penerima didik belum mencapai ketuntasan.
c. Bimbingan perorangan, jikalau 1-10% penerima didik belum mencapai ketuntasan.
4. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi penerima didikyang sudah mencapai ketuntasan mencar ilmu didiberikan acara pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu kiprah berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam masakan dari materi pangan buah segar yang lain.
Jember, .......................... 2017
Mengetahui Kepala SMP ______________________________ NIP. ... | Guru Mata Pelajaran ______________________ NIP. ... |
LEMBAR KEGIATAN BELAJAR KELOMPOK
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ 2
Materi Pokok : Teks Deskripsi
KD : 4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi ihwal objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan ekspresi dengan memerhatikan struktur, kebahasaan, baik secara ekspresi dan tulis.
KELOMPOK : ……………………….
NAMA ANGGOTA : ………………………..
PANDUAN KEGIATAN
1. Amatilah puzzle bagian-bagian isi teks deskripsi tersebut!
2. Buatlah satu pertanyaan ihwal bagian-bagian isi teks deskripsi tersebut pada kolom di bawah ini!
3. Susun dan tempel puzzle bagian-bagian isi teks deskripsi “Sekolah Baruku” tersebut menjadi sebuah kerangka pada kertas plano!
4. Tunjuklah dua orang mitra kelompokmu sebagai wakil berkunjung ke kelompok lain untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompokmu ihwal bagian-bagian isi teks deskripsi “Sekolah Baruku”!
5. Berilah tanggapan ihwal hasil presentasi kelompok lain dengan menuliskan tanggapannya pada kertas post-it!
6. Berdasarkan kerangka bagian-bagian isi teks deskripsi tersebut, buatlah sebuah teks deskripsi pada kolom di bawah ini!
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- |
Baik |
Banyak |
Ramah |
Disiplin |
Ramah |
Bersih |
Indah |
Ukuran (Besar dan kecil) |
Kualitas (kokoh, modern, bagus) |
Warna (bercat biru) |
Luas |
Rindang |
Banyak |
Sekolah Baruku |
Teman |
Guru |
Halaman |
Gedung |
Lampiran Lembar Jawaban Teks Deskripsi
Sekolah Baruku
Liburan sudah silam, kini memasuki tahun aliran baru. Aku pun masuk ke SMP yang gres pula di kotaku. Gedung sekolahku berukuran besar, kualitas bangunannya kokoh, model bangunannya juga modern. Dan terlihat manis disertai dengan warna cat dindingnya yang didominasi warna biru.
Sekolah baruku mempunyai halaman yang sangat luas, ukurannya hampir seukuran lapangan sepak bola. Di sekelilingnya terdapat banyak pohon, menyerupai pohon akasia, tiara payung, serta pohon pinus sehingga suasananya menjadi rindang. Taman bunganya juga indah dan tertata dengan rapi. Lingkungannya juga membersihkan, sebab seluruh masyarakat sekolah selalu memmembuang sampah pada tempatnya.
Guru-guru di sekolah baruku sangat ramah dan perhatian. Ada lebih banyak guru wanita daripada laki-laki. Mereka selalu hadir sempurna waktu dan tidak pernah terlambat.
Selain guru, saya juga punya banyak mitra gres yang berasal dari banyak sekali sekolah dasar. Di kelasku terdapat 33 penerima didikyang terdiri dari 22 orang pria dan 11 orang perempuan. Bahasa yang mereka gunakan juga beragam, ada yang berkomunikasi dengan bahasa Madura dan dan bahasa Jawa. Itulah deskripsi ihwal sekolah baruku.