Arti 'Tanggung Jawab' | Penulisan Dan Aplikasi Arti Dalam Masyarakat

Tanggung Jawab ialah satu istilah yang akar katanya terdiri dari kata tanggung dan kata jawaban. Tetapi dalam memaknai arti kata tersebut tidak sanggup dipisah satu persatu. Makara tidak sanggup dimaknai tanggung artinya menanggulangai atau mengambil alih, sementara kata jawaban adalah menuntaskan pertanyaan atau mempersembahkan jawabanan atas sebuah pertanyaan. Tidak bisa.

Tanggung Jawab adalah sebuah idiom yang mempunyai arti 1) keadaan wajib menaggung (mengambil alih) segala sesuatunya jikalau terjadi apa-apa sehingga boleh dituntut, dipesalahkan, dan diperkarakan. Dalam bidang aturan arti tanggung tanggapan ialah fungsi meneima pembebanan, sebagai akhir dari perilaku pihak sendiri atau pihak lain.


Penulisan Tanggung Jawab yang benar

Kata tanggung tanggapan adalah satu istilah tersendiri yang memliki arti sendiri. Maka saat menerima imbuhana gabung alias konfiks alias pertamaan dan akhiran sekaligus, maka penulisan tanggung tanggapan tanpa spasi dan harus digabung.

Misalnya menerima imbuhn per- -an ditulis pertanggungjawabanan atau pertanggung-jawabanan tidak boleh ditulis pertanggung jawabanan*.

Namun, jikalau imbuhan yang menempel spesialuntuk pertamaan saja alias prefiks, maka penulisannya tetap dipisah. Misalnya menerima imbuhan peN- maka ditulis  penanggung jawaban. Tidak boleh digabung penanggungjawaban*. Penulisan yang digabung justru salah.

Melihat dari pola penulisannya, maka istilah LPJ yang merujuk pada Laporan Pertanggungjawabanan tidak sempurna jikalau ditulis dengan abjad kapital tiruana. Maka penulisan yang benar menurut kaidah abjad kapitalnya maka yang benar ialah LPj. L dan P besar sementara j abjad kecil. Hal ini berlaku juga dalam rujukan penulisan SPJ, seharusnya ditulis SPj.

Misalnya singkatan-singkatan tersebut menerima imbuhan atau akhiran atau sufiks -kan maka penulisan yang sempurna ialah di-LPj-kan atau di-SPj-kan.

Arti Bentuk Turunan kata tanggung jawaban

bertanggung tanggapan artinya 1) berkewajiban untuk menanggung, atu memikul tanggung jawaban; 2) menanggung segala sesuatu pada yang tertentu.

menanggungjawabani artinya sama dengan 'mempertanggungjawabankan'.

penanggung tanggapan artinya orang yang behak untuk bertanggung jawaban.

pertanggungjawabanan artinya 1) perbuatan atas hal dan sebagainya untuk bertanggung jawaban; 2) segala sesuatu yang dipertanggungjawabankan.

mempertanggungjawabankan artinya mempersembahkan tanggapan dan menaggung segala akhir jikalau ada penyalahgunaan; mempersembahkan pertanggungjawabanan.


Arti Tanggung Jawab dalam Pemahaman Masyarakat

Arti tanggung tanggapan yang ditulis di atas menurut arti yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jika tidak percaya silahkan cari dan baca sendiri di dalam engkaus. Sementara dalam masyarakat arti kata tanggung tanggapan semakin melebar, meluas, dan berkembang.

Misalnya ada 'guyonan' tanggung tanggapan itu bukan berarti aku yang tanggung dan engkau yang jawaban. Jelas ini pengartian yang tidak sesuai dengan engkaus alasannya ialah kata tanggung tanggapan tidak boleh dipisah.

Arti tanggung tanggapan selanjutnya ialah berkeluargai.

Misalnya ada masalah seorang wanita hamil sebelum berkeluarga, maka lelaki yang berkeluargai wanita tersebut disebut lelaki yang betanggung jawaban. Sementara jikalau lelaki yang menghamili tidak mau berkeluargai, maka lelaki tersebut disebut tidak tanggung jawaban.

Arti tanggung tanggapan selanjutnya ialah laporan dan dilaporkan 

Ketika orang yang bertugas sebagai bendara sebuah lembaga, saat beliau menyampaikan "pengeluaran dini tidak sanggup dipertanggungjawabankan" artinya pengeluaran tersebut tidak sanggup ditulis dalam laporan. 

Masing galau memahami arti tanggung jawaban. Saya yakin kebingunan anda jauh lebih enteng dibandingkan dengan kebingunan seorang bendahara aktivitas yang harus menyelesaikan LPj dan SPj doloe padahal uangnya belum dicairkan sama sekali. Hehehehe.
close