Arti Kata Rumah Dan Pergeseran Maknanya

Rumah pada pertamanya berarti bangunan yang dijadikan kawasan tinggal. Masing-masing kelompok masyarakat mempunyai model rumah.

Pada dasarnya, rumah dipakai untuk melindungi diri. Hal ini tampak pada model rumah yang diadaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Rumah orang eskimo terbuat dari bongkahan es. Lingkungan mereka memang es. Yang dapat digunakan, materi bakunya juga es.

Lain lagi dengan orang di kalimantan, rumah adatnya berupa panggung yang tinggi. Bangunan rumqh model ini alasannya yaitu materi baku kayu tersedia melimpah. Lingkungannya juga simpel tergenang air. Maka, rumah panggung berfungsi untuk melindungi diri penghuni dari banjir dan binatang buas.

Dalam kehidupan modern, rumah bukan sekadar sebagai kawasan melindungi diri tetapi juga untuk unjuk diri. Rumah juga menunjukkan prestise dan status sosial serta status ekonomi. Orang kaya cenderung membuat rumah yang besar. Mewah. melaluiataubersamaini peralatan yang sangat canggih.

Rumah yang dibahas di atas sebatas pengertian rumah sebagai kawasan tinggal. Dalam perkembangannya, kata rumah mengalami perluasan.

Berikut ini ialah contoh-contoh ekspansi makna kata rumah.

Rumah yang berarti kawasan berobat.
Rumah yang mempunyai arti kawasan berobat yang menempel pada kata sakit, yaitu Rumah Sakit. Rumah Sakit yaitu terjemahan dari bahasa Inggris: hospital.

Perkembangan selanjutnya, rumah juga juga mempunyai arti 'tempat usaha'. Rumah yang mempunyai arti 'tempat usaha' ini saat dilekatkan dngan kata seperti, kata makan, internet, henna, parfum.

Rumah Henna - Berarti kawasan usaha memasang henna.
Rumah Makan - Berarti kawasan usaha berjualan makanan.
Rumah Parfum - Berarti kawasan usaha menjual parfum.
Rumah Internet - Berarti kawasan usaha jasa internet.

Rumah juga mempunyai arti kawasan perjuangan. Biasanya kata rumah juga dipakai oleh kalangan pencetus untuk menyebut sekretariat atau kawasan kantor perjuangan.

Adapun kata rumah yang dipakai dilekatkan dengan kata yang identik dengan arah perjuangannya. Misalnya: Rumah Lembang - Pusat pemenangan Ahok - Djarot.
Rumah Inspirasi
Rumah Aspirasi - Biasanya ini dipakai oleh para legislator.

Ada juga kiasan yang memakai kata rumah. Yaitu rumah masa depan. Yang dimaksud dengan rumah masa depan yaitu kuburan.

Demikianlah kata rumah dan perkembangannya. Selanjutnya rumah bagaimana yang diinginkan. Tentu kita juga harus memikirkan rumah masa depan kita. Bukan menyiapkan petak tanah mana yang ditempati, melainkan menyiapkan bekal untuk menghadapi kematian.

close