Unduh Rumus Penghitung Kubik Kayu | Download Cara Menghitung Kubik Kayu

pustamun.blogspot.com - Kita tiruana mengetahui bahwa satuan kubik yaitu m pangkat tiga. Akan tetapi kita masih kesusahan untuk mengonversi atau mengubah cara menghitung sebuah kayu balok maupun kayu gelondongan, berapa kubik. Padahal kebutuhan untuk mengetahui jumlah kubik kayu diharapkan apalagi untuk satuan harga yang memakai satuan kubik.

 Kita tiruana mengetahui bahwa satuan kubik yaitu m pangkat tiga Unduh Rumus Penghitung Kubik Kayu | Download Teknik Menghitung Kubik Kayu
Tampilan Aplikasi Rumus Penghitung Jumlah Kubik Kayu
Maka dari itu, satuan panjang (ini biasanya yang dipakai oleh pedagang kayu), harus diubah dan dikonversi menjadi kubik melalui proses kubikasi. Teknik menghitung kubik kayu cukup rumit apalagi jikalau angkanya serpihan dan dengan satuan panjang yang tidak sama.

Sebelum mendownload rumus yang ada dalam bentuk excel, ada baiknya kita bahasa doloe terkena rumus kubikasi kayu diberikut ini biar sanggup memahami dan sanggup memakai rumusnya dikala sudah diunduh nanti.


Biasanya para pedagang penjual kayu memakai dua satuan yang tidak sama, yaitu sentimeter (cm) dan meter (m). Misalnya kayu ukuran 3 x 2, maksudnya yaitu kayu yang ukuran tinggi dan lebarnya yaitu 3 cm lawan 2 cm, dan panjangnya biasanya 4 meter. Panjang empat meter ini harus dikonversi doloe ke dalam satuan cm biar praktis dan akurat dikala menghitung kubik kayu. Maka, panjangnya yaitu 400 cm.

Sesudah satuan disamakan, maka gres sanggup dikalikan. Misalnya dalam seikat kayu usuk, terdapat empat bilah kayu. Maka rumus yang dipakai yaitu sebagai diberikut:
3 cm dikali 2 cm diketahui 6 cm dikalikan 400 cm (ukuran panjangnya) maka diketahui sebilah kayu mempunyai volume 2.400 cm. Karena ada empat bilah kayu, maka dikalikan empat maka akibatnya yaitu 9.600 cm pangkat 3.

Maka dalam seikat kayu yang meliputi empat bilah kayu, volumenya yaitu 9.600 cm. Untuk diketahui kubikasinya maka dikonversikan ke meter pakat tiga dengan cara diubah satuannya. Satuan meter kubik yaitu 1 meter dikali 1 meter dikali 1 meter. Jika dikonversikan ke centi maka menjadi 100 X 100 X 100 sama dengan 1.000.000 cm. Jadi, jikalau diketahui volume kayu sebesar 9.600 berarti seikat kayu tersebut sebanyak 9.600 dibagi 1.000.000 cm. Maka akibatnya adalah: 0,096 kubik.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi cara menghitung rumus kubik kayu.
Klik Tautan Berikut ini!

Unduh Rumus 

Semoga bermanfaa!
close