Soal Glb Dan Glbb Horizontal


Soal GLB dan GLBB Horizontal
1.Soal
Sebuah kendaraan beroda empat melintas jalan lurus selama 40 menit dengan kecepatan tetap 1,5 km/menit. Jika lalu kendaraan beroda empat tersebut berbalik arah dan menempuh jarak 30 km dengan kecepatan yang sama besar, besar kecepatan rata - ratanya adalah? (SNMPTN 2011)
A. 2,5 km/mnt
B. 2,0 km/mnt
C. 1,5 km/mnt
D. 1,0 km/mnt
E. 0,5 km/mnt
Pembahasan







Jawaban E

2.Soal

Seorang sopir sedang mengendarai sebuah kendaraan beroda empat yang bergerak dengan kecepatan tetap 25 m/s. Ketika sopir melihat seorang anak yang datang - datang menyebrang jalan, dibutuhkan waktu 0,1 sekon bagi sopir untuk bereaksi dan mengerem. Akibatnya kendaraan beroda empat melambat dengan percepatan tetap  dan berhenti. Jarak total yang ditempuh kendaraan beroda empat tersebut semenjak sopir melihat anak menyebrang hingga kendaraan beroda empat berhenti adalah? (SNMPTN 2010)
A. 11,00 m
B. 37,00 m
C. 38,25 m
D. 65 m
E. 62,25 m
Pembahasan
Tinjau AB


Tinjau BC
    
     
 

Jawaban D

3.Soal

Besar kecepatan suatu partikel yang mengalami perlambatan konstan ternyata kecepatannya berubah dari 30 m/s menjadi 15 m/s setelah menempuh jarak sejauh 75 m. Partikel tersebut akan berhenti setelah menempuh lagi jarak sejauh? (SPMB 2003)
A. 15 m
B. 20 m
C. 25 m
D. 30 m
E. 50 m
Pembahasan
Tinjau AB

    
   



      
Tinjau BC

  

   

               

Jawaban C

4.Soal
Sebuah sedan melaju pada jarak 50 m di depan sebauh bus di satu jalur jalan tol dengan kelajuan yang sama. Secara datang - datang sedan direm dengan perlambatan sebesar 3 , pada ketika yang sama bus juga direm dengan perlambatan sebesar 2 , hingga hasilnya sedan berhenti dan pada ketika itu bus masih bergerak dengan kelajuan   dengan hidung bus sempurna menyentuh bab belakang sedan. Maka besarnya  adalah?
(A) 5 m/s
(B) 10 m/s
(C) 15 m/s
(D) 20 m/s
(E) 25 m/s
Pembahasan

Bus dan Sedan bertemu
                                
      
                                        sekon

Sedan


Bus



Jawaban B

5.Soal
Pada suaatu balapan mobil, kendaraan beroda empat A dan B bergerak dengan kecepatan maksimum, yaitu 70 m/s dengan arah sama. Mobil A melaksanakan pemberhentian sementara (pit stop) pada jarak 245 m dengan memperlambat hingga berhenti. Mobil A melakukan pit stop selama 5 detik dan mempercepat mobilnya hingga kecepatan maksimum menempuh jarak 350 m. Jarak antara kendaraan beroda empat A dan kendaraan beroda empat B kalau kendaraan beroda empat B bergerak dengan kecepatan konstan adalah? (SIMAK UI 2011)
A. 490 m
B. 595 m
C. 700 m
D. 945 m
E. 1540 m
Pembahasan
Gerak kendaraan beroda empat A dan kendaraan beroda empat B kalau digambarkan dalam grafik (v,t)
Grafik kendaraan beroda empat A yang ditunjukan warna biru dan grafik kendaraan beroda empat B yang ditunjukkan grafik warna merah. Jarak kendaraan beroda empat A dan kendaraan beroda empat B yaitu luas kawasan berwarna putih.
Jarak antara kendaraan beroda empat A dan kendaraan beroda empat B:



Jawaban D


6.Soal
Seorang pelari menempuh jarak total d selama waktu T detik, dimana t detik pertama gerakannya dipercepat beraturan tanpa kecepatan pertama, lalu sisanya bergerak dengan kecepatan konstan. Jika jarak yang ditempuh selama t detik pertama sama dengan jarak sisa waktunya, maka percepatan pelari pada t detik pertama adalah?
A. 

C. 
D. 
E. 

Pembahasan





Grafik (v,t), Jarak = luas grafik
      
Kecepatan pelari setelah t detik:
 
Dari persamaan di atas di peroleh
             
     
   
                             
                           
                    
                               
Jawaban  A
7. Soal                         


Seorang siswa (40 kg) bangun di atas lantai datar yang sangat licin. Sebuah peti (100 kg) berada di depannya sejauh 50 m dihubungkan dengan seutas tali yang sangat enteng. Mula - mula tiruana dalam keadaan siam, dan lalu siswa tersebut mulai menarikdanunik tali dengan gaya yang tetap. Bila mereka saling bertemu ketika t = 5 s, manakah dari pernyataan diberikut yang benar dalam selang waktu 0 - 5 sekon? (UM UNDIP 2012)
(1) Saat bertemu kecepatan keduanya masing  - masing 7,5 m/s dan 14,3 m/s
(2) Gaya yang bekerja pada keduanya sama besar
(3) Percepatan keduanya sama besar
(4) Saat bertemu, siswa tersebut sudah bergeser sejauh 35,7 m
Pembahasan
massa siswa (1) = 40 kg
massa peti (2) = 100 kg
jarak siswa ke peti (s) = 50 m
Waktu untuk kedua benda bertemu (t) = 5 sekon


percepatan relatif kedua benda

Benda 1  (siswa)

Benda 2 (Peti)

dari persamaan benda 1 dan 2 diperoleh

    
karena




(1) kecepatan benda 1
          
      kecepatan benda 2
      
(2) Gaya yang bekerja pada kedua benda sama sebesar T
(3) Percepatan kedua benda tidak sama
(4) Jarak yang ditempuh siswa (1)
      
Jawaban C (2 dan 4)
close