Pengaruh Sains, Teknologi, Dan Seni Bagi Insan Dan Budaya


1.      Pengaruh positif
a.       Meningkatkan kesejahteraan hidup insan (secara individu maupun kelompok) terhadap perkembangan ekonomi, politik, militer, dan pemikiran-pemikiran dalam bidang sosial budaya.
b.      Pemanfaatan sains, teknologi, dan seni secara sempurna sanggup lebih mempergampang proses pemecahan aneka macam dilema yang dihadapi oleh manusia.
c.       Sains, teknologi dan seni sanggup mempersembahkan suatu pandangan gres ihwal perkembangan suatu kebudayaan yang ada di Indonesia.    
2.      Pengaruh negatif
Selain untuk mempersembahkan imbas kasatmata sains, teknologi dan seni juga sanggup mempersembahkan imbas yang negatif bagi perubahan peradapan insan dan budaya terutama bagi generasi muda. Selain itu sains, teknologi dan seni sudah melunturkan nilai-nilai luhur kepribadian bangsa dan tata krama sosial yang selama ini menjadi ciri khas dan kebanggaan. Serta yang terakhir memanfaatkan dari sains, teknologi, dan seni sering kali menimbulkan dilema gres dalam kehidupan insan terutama dalam hal kerusakan lingkungan, mental dan budaya bangsa, seperti:
a)      Menipisnya lapisan ozon
b)      Terjadi polusi udara, air dan tanah
c)      Terjadi pemanasan global
d)     Rusaknya ekosistem laut
e)      Pergaulan dan seks bebas
f)       dan penyakit moral.
Oleh alasannya itu biar sains, teknologi dan seni sanggup mempersembahkan imbas yang kasatmata bagi insan dan budaya, maka sains, teknologi dan seni seharusnya bisa mengkolaborasikan antara nilai-nilai empiris dengan nilai-nilai budpekerti dan menyesuaikan dengan nilai-nilai religius, keagamaan, dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawaban.

close